Home / Blog / Mekari

Mekari Flex, Solusi All in One untuk Kesejahteraan Karyawan

Mekari Flex, Solusi All in One untuk Kesejahteraan Karyawan
Daftar isi
Mode

Kesejahteraan karyawan merupakan faktor penting yang memengaruhi produktivitas dan kesuksesan bisnis secara keseluruhan. Namun, faktanya, survei dari Deloitte mengungkapkan bahwa kurang dari dua per tiga pekerja yang merasa kesejahteraan mereka sebagai cukup baik. 

Data ini menegaskan pentingnya organisasi untuk memprioritaskan dan berinvestasi dalam kesejahteraan karyawan. Pada akhirnya, karyawan yang sejahtera tidak hanya lebih puas, tetapi juga lebih produktif dan berkomitmen pada pekerjaannya. 

Lebih dari 80% karyawan yang bekerja di perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan mereka mengatakan bahwa mereka menikmati pekerjaannya dan berniat untuk tetap bekerja di perusahaan tersebut. (Zippia, 2022)

Mekari Flex, Solusi All in One untuk Kesejahteraan Karyawan

Program kesejahteraan karyawan mendorong gaya hidup sehat baik secara fisik maupun mental. Jika Anda ingin merancang program yang efektif, baiknya adalah memberikan beberapa opsi kesejahteraan yang fleksibel dan mudah diterapkan untuk semua karyawan yang bekerja dari rumah dan di kantor.

Menurut survei yang dilakukan Mekari:

  • 72% karyawan mengatakan bahwa benefit yang sesuai dapat meningkatkan loyalitas mereka
  • 52% karyawan tidak puas dengan benefit yang didapatkan saat ini dan ingin benefit yang sesuai

Mekari Flex hadir sebagai solusi yang menawarkan skema benefit yang dapat disesuaikan secara komprehensif untuk karyawan Anda dengan dukungan fitur terlengkap. Berikut adalah fitur utama yang ditawarkan oleh Mekari Flex. 

 

 

Earned Wage Access

Mekari Flex Cover Brochure

Dengan fitur ini, karyawan dapat mengakses gaji lebih awal. Ini tentunya dapat membantu meningkatkan stabilitas finansial dan kesejahteraan karyawan secara keseluruhan. Beberapa manfaat lain dari EWA adalah sebagai berikut: 

1. Bantu pemenuhan kebutuhan dasar karyawan

Dengan akses segera ke sebagian gaji mereka sebelum jadwal gajian, mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti pembayaran tagihan, belanja makanan, atau mengatasi keadaan darurat tanpa harus menunggu gaji berikutnya. 

2. Menghitung potongan gaji lebih cepat dan tepat

Dengan integrasi antara sistem payroll dan Earned Wage Access, segala transaksi yang dilakukan oleh karyawan dicatat dan dipotong secara otomatis dari gaji mereka. Hal ini mengurangi beban kerja tim HR, serta membuat proses penghitungan dan pelaporan keuangan perusahaan lebih akurat.

3. Tanpa suku bunga dan biaya tambahan untuk karyawan

Tidak perlu khawatir tentang biaya tambahan atau bunga yang mungkin muncul seperti yang biasa terjadi dalam pinjaman konvensional. Karyawan dapat dengan mudah mentransfer dana ke rekening mereka dalam hitungan menit, dengan aplikasi Mekari Flex dari handphone masing-masing. 

4. Tidak mempengaruhi cash flow perusahaan

Perusahaan dapat memberikan akses awal ke gaji tanpa mempengaruhi cash flow mereka. Sehingga, tidak perlu ada alokasi budget tambahan dari perusahaan. 

5. Pengaturan budget yang fleksibel

Perusahaan dapat menentukan kebijakan penggunaan Earned Wage Access sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan internal. Sehingga, penggunaan EWA tidak disalahgunakan dan sesuai dengan rencana keuangan perusahaan.

Flexible Benefit

fitur mekari flex pilih vousher makan

Karyawan dalam satu perusahaan umumnya terdiri dari kelompok usia, keluarga, dan kebutuhan hidup yang berbeda-beda. Karena itu, paket benefit karyawan yang disamakan untuk semua karyawan jadi kurang tepat. 

Flexible benefit adalah satu-satunya cara yang bisa menyesuaikan kebutuhan karyawan yang beragam dengan efektif. Ini tidak hanya membuat karyawan lebih betah di perusahaan, tetapi juga membantu perusahaan untuk menarik talenta yang terbaik. 

1. Atur benefit sesuai kebutuhan

Karyawan diberikan banyak pilihan untuk memilih benefit yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini memungkinkan karyawan untuk memilih manfaat yang paling berguna bagi mereka secara pribadi. 

2. Kelola limit anggaran tiap karyawan

Perusahaan bisa menetapkan batas anggaran untuk setiap karyawan agar pengelolaan benefit lebih terkendali dan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Jadi, perusahaan dapat mengontrol pengeluaran dan memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan manfaat yang sesuai dengan jabatan dan kebutuhan mereka.

3. Hitung prorata untuk karyawan baru

Sistem akan secara otomatis menghitung benefit yang bisa didapatkan oleh karyawan baru secara proporsional. Ini memastikan bahwa karyawan baru tidak kehilangan manfaat yang seharusnya mereka dapatkan meskipun bergabung di tengah periode penggunaan benefit.

4. Banyak pilihan vendor 

Tersedia berbagai kategori vendor yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karyawan, mulai dari kategori kesehatan, perjalanan, hingga gaya hidup. Contohnya, ada asuransi kesehatan, kursus online, voucher belanja, transportasi, fasilitas gym, internet, dll. 

5. Dukungan skema reimburse

Bila merchant yang diinginkan belum tersedia, tidak perlu khawatir. Karyawan tetap dapat memanfaatkan berbagai jenis manfaat di luar merchant partner resmi, dengan fitur reimbursement yang ada dalam aplikasi. Proses reimburse pun mudah, sehingga karyawan dapat mengajukan klaim dengan lebih cepat. 

Flex Installment

flex installment mekari flex

Di tengah maraknya pinjaman online ilegal yang meresahkan masyarakat, solusi pinjaman karyawan yang fleksibel muncul sebagai alternatif yang aman dan terpercaya. Flex Installment dari Mekari Flex memberikan karyawan akses ke dana pinjaman dengan proses yang mudah, cepat, dan transparan. 

1. Tanpa mempengaruhi cash flow perusahaan

Tidak perlu lagi memakai sistem kasbon yang memerlukan alokasi budget khusus. Dengan Flex Installment, dana dapat segera dicairkan ke rekening karyawan tanpa memerlukan deposit dari perusahaan, sehingga tidak mempengaruhi arus kas perusahaan.

2. Hemat waktu administrasi

Proses administrasi terkait pemotongan gaji dari pembayaran pendanaan dilakukan secara otomatis. Informasi ini langsung terintegrasi dalam payroll karyawan berkat integrasi dengan Mekari Talenta, menghemat waktu dan upaya administratif.

3. Risiko kerugian minimal

Dengan skema pembayaran yang fleksibel, risiko kerugian akibat karyawan yang mengundurkan diri sebelum pembayaran selesai dapat diminimalkan. Sisa cicilan dapat ditagih langsung ke karyawan, mengurangi beban finansial perusahaan.

4. Meningkatkan employer branding

Memberikan opsi pendanaan yang terjamin dan aman kepada karyawan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan finansial mereka, tetapi juga mencerminkan citra perusahaan yang peduli terhadap kesejahteraan karyawan. 

Hal ini dapat meningkatkan employer branding dan membuat perusahaan menjadi tempat kerja yang lebih menarik bagi calon karyawan.

Bagaimana cara menggunakan Flex Installment

  1. Perusahaan mengaktifkan fitur Flex Installment untuk karyawan.
  2. Karyawan mengaktifkan fitur ini melalui Aplikasi Mekari Flex dan mengunggah dokumen yang diperlukan.
  3. Tim Mekari Flex melakukan analisis terhadap dokumen yang diunggah untuk menentukan batas dan jangka waktu pembayaran.
  4. Setelah persetujuan, karyawan dapat menarik dana sesuai dengan batas dan jangka waktu yang telah disepakati.
  5. Dana akan ditransfer langsung ke rekening bank karyawan dalam waktu maksimal 1×24 jam.

Untuk penjelasan langkah-langkah yang lebih komprehensif, Anda dapat merujuk pada artikel Panduan Memulai Menggunakan Flex Installment pada Mekari Flex Versi Mobile

Kesimpulan

Kini, perusahaan bisa memberikan benefit yang sesuai dengan kebutuhan karyawan tanpa memberatkan keuangan perusahaan, dan pengelolaan yang mudah. 

Dengan Mekari Flex, perusahaan dapat mengelola benefit karyawan dengan lebih efisien, meningkatkan engagement serta kesejahteraan karyawan tanpa harus terjebak dalam administrasi yang rumit.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Mekari Flex, Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut terkait produk dan fitur dengan menghubungi tim kami

Referensi

Deloitte. ‘’Workplace Well-being Research’’
Zippia. ‘’Employee Wellness Statistics’’

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami