Image

Cari Pinjaman Uang untuk Dana Pribadi Karyawan

Keadaan ekonomi yang fluktuatif, seringkali menimbulkan kenaikan harga barang yang signifikan. Sehingga masyarakat, termasuk karyawan, kesulitan untuk memenuhi kebutuhannya dan berakhir mencari dana melalui pinjaman uang.

Berdasarkan laporan Employee Financial Wellness Survey 2022 milik PwC yang berhasil mengumpulkan 3000 responden:

59% karyawan merasa kesulitan untuk memenuhi pengeluaran rumah tangganya

Gaji pun jadi terasa tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup lagi. Karyawan pun terpaksa untuk mencari alternatif lain, seperti meminjam uang.

Di sini, Mekari akan membahas tentang cara mencari pinjaman uang untuk dana pribadi dengan beserta syarat-syaratnya. Tak lupa, Mekari juga akan menjelaskan mengenai tips-tips agar pengajuan pinjaman uang cepat diterima. Simak artikelnya di bawah ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan sebelum Mengajukan Pinjaman Uang

tumpukan uang koin

Sebelum mengajukan pinjaman uang, karyawan harus memerhatikan beberapa hal berikut agar pengajuan pinjamannya dapat diterima oleh debitur:

1. Nominal Penghasilan Tetap

Besaran penghasilan tetap biasanya menjadi tolok ukur bagi debitur untuk memberikan dana. Sebab, debitur pastinya tidak ingin mengambil risiko besar untuk gagal bayar. Maka dari itu, karyawan harus memastikan apakah penghasilannya dapat menutup utang atau tidak.

2. Tujuan yang Jelas

Sebelum meminjam dana, karyawan harus menetapkan alasan yang logis. Jangan sampai karyawan meminjam hanya untuk memenuhi gengsi sematanya saja. 

Sebab, debitur akan mengukur urgensi alasan peminjaman untuk memutuskan diterima atau tidaknya pengajuan pinjaman tersebut.

3. Skor Kredit yang Baik

Sebelum memberikan pinjaman, debitur akan menelusuri profil peminjam untuk mengkalkulasi risiko yang akan mereka hadapi.

Skor kredit menjadi alat ukur kelayakan kredit yang akan dilakukan seseorang. Lazimnya, skor kredit berkisar dari angka 250 hingga 900. Semakin tinggi skor kredit seseorang, maka semakin rendah tingkat risiko peminjaman orang tersebut.

Baca juga: Inilah Macam-macam Pinjaman Karyawan yang Wajib Diketahui

Daftar Tempat Pengajuan Pinjaman Uang untuk Dana Pribadi Karyawan

Setelah memastikan hal-hal di atas, baru karyawan dapat melakukan pinjaman. Berikut adalah daftar tempat pengajuan pinjaman uang untuk dana pribadi karyawan:

1. Bank

Bagi banyak orang, tidak terkecuali karyawan, bank menjadi tempat tujuan pertama ketika ingin meminjam uang. 

Melakukan pengajuan pinjaman uang ke bank relatif lebih terjamin dan aman. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika ingin meminjam dana ke bank. Mulai dari dokumen-dokumen pribadi hingga barang berharga sebagai jaminan.

Pinjaman bank juga termasuk dalam pinjaman secara tunai. Terdapat beberapa jenis pinjaman tunai dengan bunga yang relatif rendah.

Jangan khawatir apabila tidak memiliki barang untuk jaminan. Bank juga memiliki tawaran KTA atau Kredit tanpa Agunan, yang memungkinkan kreditur untuk mengajukan pinjaman uang tanpa jaminan apapun.

Namun tanpa adanya jaminan, tentunya bank harus menanggung potensi risiko yang lebih besar. Dengan begitu, bank harus menerapkan suku bunga pinjaman tanpa jaminan yang lebih tinggi, yang berkisar sampai 20% per tahunnya. 

2. Koperasi Karyawan

Apabila ingin meminjam dana di koperasi karyawan, maka karyawan harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu.

Mengajukan pinjaman uang di koperasi karyawan cenderung lebih mudah daripada di bank, sebab koperasi memiliki suku bunga yang flat dan berkesempatan untuk mendapat Sisa Hasil Usaha (SHU).

Jika tertarik untuk mencari pinjaman uang di koperasi, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipenuhi:

  • KTP
  • Status anggota koperasi
  • Formulir pengajuan pinjaman
  • Kartu Keluarga dan slip gaji
  • Dokumen pendukung seperti sertifikat tanah dan lainnya

Setelah melengkapi dokumen, peminjaman uang dapat diajukan ke koperasi yang dituju. Namun, sebelumnya jangan lupa untuk memastikan koperasi yang dituju sudah terdaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI.

3. Perusahaan Tempat Karyawan Bekerja

Opsi selanjutnya adalah mengajukan pinjaman dana di perusahaan tempat karyawan bekerja. Umumnya, perusahaan sebagai pemberi kerja, pasti mau mengulurkan tangan bagi karyawannya yang kesusahan secara finansial.

Pengajuan pinjaman ke perusahaan biasanya memiliki persyaratan yang mudah seperti berikut:

  • Formulir pengajuan pinjaman
  • KTP, SIM, atau Paspor
  • Kartu Keluarga
  • Buku tabungan selama beberapa bulan terakhir

Baca juga: 5 Pinjaman Online Karyawan yang Diawasi OJK

Akses Gaji Lebih Awal sebagai Alternatif Pinjaman Uang Karyawan

Mungkin bagi sebagian karyawan, mengajukan pinjaman menjadi sesuatu yang menyulitkan dan berisiko tinggi, sebab pinjaman datang sepaket dengan bunga yang ditanggung. 

Di sini, perusahaan dapat membantu karyawannya dengan menawarkan alternatif yang bukan pinjaman. Salah satu contohnya adalah dengan menerapkan fitur Earned Wage Access.

Earned Wage Access dari Mekari Flex adalah fitur yang memungkinkan karyawan untuk mengakses gaji mereka lebih awal sebelum tanggal gajian. Dengan fitur ini, karyawan tidak perlu bersusah payah mencari pinjaman, apabila gajinya belum turun.

Perlu dicatat bahwa Earned Wage Access bukanlah pinjaman atau kasbon, jadi karyawan tidak perlu khawatir soal tenggat waktu pembayaran ataupun suku bunga pinjaman. Perusahaan pun juga tak perlu cemas akan terganggunya arus kas perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan Earned Wage Access dari Mekari Flex, Anda dapat menghubungi dan berdiskusi dengan tim kami di tautan ini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami