Home / Blog / Business & Economy

Contoh Laporan Laba Rugi Manufaktur Beserta Fungsinya

Laporan keuangan laba rugi perusahaan manufaktur
Daftar isi
Mode

Membuat laporan laba rugi perusahaan manufaktur adalah hal krusial yang harus dilakukan, karena berfungsi sebagai alat kontrol dan indikator kinerja dari sebuah perusahaan. Tidak hanya itu, membuat laporan laba rugi juga memiliki banyak fungsi lainnya untuk kebaikan perusahaan.

Selain itu, mengetahui apa itu laporan laba rugi penting untuk membedakan berbagai jenis laporan keuangan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Contoh laporan keuangan lainnya yaitu laporan perubahan modal, dan masih banyak lainnya.

Nah, agar Anda tidak salah membuat laporan, yuk ketahui ulasan seputar laporan laba rugi perusahaan manufaktur berikut ini.

Pengertian Laporan Laba Rugi

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah pengertian dari apa itu laporan laba rugi dan khususnya di perusahaan manufaktur. Laporan adalah sebuah kegiatan menyampaikan informasi yang berfungsi sebagai bentuk pertanggungjawaban yang bisa berbentuk lisan maupun tulisan.

Sedangkan, laporan laba rugi perusahaan manufaktur adalah laporan keuangan yang disusun oleh departemen keuangan tertentu yang berisi informasi mengenai keuntungan dan kerugian dalam satu periode tertentu di sebuah perusahaan manufaktur.

Tujuan dibuatnya laporan laba rugi pada umumnya adalah untuk menjelaskan bagaimana kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu. Maka dari itu, pada umumnya laporan laba rugi atau laporan keuangan lainnya dibuat saat akhir periode, seperti akhir tahun atau akhir bulan dengan mengikuti ketentuan setiap perusahaan.

Jadi, pemilik perusahaan atau pihak pemangku kepentingan bisa mengetahui kondisi keuangan dari perusahaan pada saat itu. Oleh karena itu, laporan laba rugi perusahaan manufaktur bisa berfungsi sebagai dasar untuk evaluasi atau untuk menentukan keputusan berikutnya.

Jenis Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis laporan laba rugi perusahaan manufaktur.

Nah, berikut ini jenis-jenis laporan laba rugi yang perlu Anda ketahui.

1. Laporan Laba Rugi Single Step

contoh laporan laba rugi single step

Laporan laba rugi jenis ini adalah laporan yang bersifat tunggal atau hanya menunjukkan 1 kategori pengeluaran dan 1 kategori pendapatan.

Lantas, siapa yang menggunakan laporan laba rugi jenis ini? Jenis laporan laba rugi ini sangat bermanfaat untuk para pengguna eksternal yang tidak dapat menghitung jumlah profitabilitas dan rasio efisiensi yang memiliki jangkauan data terbatas.

Kelebihan dari laporan laba rugi jenis ini adalah formatnya yang sederhana, sehingga tidak berisi perputaran keuangan yang rinci.

Baca Juga: Cara Menghitung Laporan Laba Rugi Perusahaan

2. Laporan Laba Rugi Multiple Step

contoh laporan laba rugi multi step

Laporan laba rugi multiple step adalah laporan yang memisahkan akun biaya ke akun relevan lainnya.

Sifatnya juga sangat detail dan bisa Anda gunakan sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, jenis laporan laba rugi satu ini juga memuat informasi lainnya, seperti beban pokok penjualan, laba kotor, laba bersih, laba operasi, dan masih banyak lainnya. Laporan ini biasanya digunakan oleh atas perusahaan dan para investor.

Fungsi Laporan Laba Rugi di Perusahaan Manufaktur

Anda juga harus tahu apa saja fungsi dari laporan laba rugi perusahaan manufaktur yang harus Anda pahami.

1. Sebagai Laporan Keuangan

Fungsi yang pertama yaitu berfungsi sebagai laporan keuangan, karena laporan laba rugi mengandung informasi tentang pendapatan perusahaan.

Ketika perusahaan tahu relasi pendapatan dengan biaya, maka perusahaan bisa menyusun strategi untuk meningkatkan pendapatan di tahun selanjutnya.

Selain itu, laporan laba rugi juga bisa memodifikasi biaya yang dapat dikurangi. Dengan demikian, margin yang perusahaan dapat bisa menjadi lebih besar.

2. Indikator Performa Perusahaan

Laporan laba rugi juga memiliki fungsi sebagai indikator performa dari sebuah perusahaan.

Khususnya untuk perusahaan publik, karena perusahaan publik kebanyakan menjual jasa atau layanannya secara aktif kepada masyarakat umum dalam bentuk saham.

3. Monitor Kesehatan Keuangan Perusahaan

Fungsi laporan laba rugi selanjutnya yaitu sebagai monitor kesehatan keuangan perusahaan bersamaan dengan cash flow statement dan neraca saldo.

Memonitor kesehatan keuangan sangat penting karena hal tersebut adalah penyokong eksistensi perusahaan tersebut.

4. Sebagai Data Pembanding

Laporan laba rugi disusun dengan tujuan untuk membandingkan data performa perusahaan dalam hal produksinya.

Jadi, dengan laporan laba rugi bisa diukur apakah pendapatan perusahaan mengalami peningkatan atau sebaliknya.

Selanjutnya, perusahaan juga bisa menggunakan laporan laba rugi sebagai dasar untuk menentukan strategi jangka pendek maupun jangka panjang. Menentukan prioritas perusahaan juga bisa menggunakan laporan laba rugi.

Akun-akun Dalam Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi memiliki akun-akun sebagaimana berikut ini.

1. Laba

Laba adalah peningkatan aktiva bersih dan modal yang telah Anda kurangi dengan total biaya.

2. Rugi

Selain akun laba, ada juga akan rugi yang berisi penurunan aktiva bersih yang ada dalam satu periode tertentu.

3. Pendapatan

Pendapatan adalah akun laporan laba rugi yang berisi aliran aktiva yang masuk lewat kegiatan usaha perusahaan.

4. Penghasilan

Mungkin Anda berpikir bahwa pendapatan dan penghasilan adalah hal yang sama. Namun, dalam dunia akuntansi, dua hal tersebut memiliki perbedaan.

Penghasilan yaitu jumlah total dari pendapatan perusahaan, kemudian dikurangi jumlah biaya operasional perusahaan.

5. Beban/Biaya

Akun selanjutnya adalah akun beban/biaya. Akun tersebut berisi tentang informasi aliran aktiva yang keluar karena kegiatan usaha perusahaan.

Contohnya yaitu biaya produksi barang, penyerahan jasa, pembayaran utang perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga: Biaya Overhead Pabrik: Arti, Fungsi dan Cara Menghitung

6. Harga Perolehan

Harga perolehan adalah akun terakhir. Akun harga perolehan adalah kas keluar karena kegiatan pembelian barang seperti bahan baku. Harga perolehan juga biasa disebut dengan biaya produksi.

Elemen Laporan Laba Rugi Perusahaan Manufaktur

Dalam membuat laporan laba rugi, terdapat 4 elemen dasar yang harus ada dan Anda perhatikan.

Hal ini karena elemen tersebut adalah indikator penting dalam membuat laporan laba rugi.

1. Revenues (Pendapatan)

Elemen laporan laba rugi yang pertama yaitu pendapatan atau revenues.

Pendapatan adalah jumlah hasil yang didapatkan dari penjualan produk dan bukan merupakan penghasilan bersih.

2. Expense (Biaya)

Selain elemen pendapatan, ada juga elemen expense atau biaya yang merupakan keseluruhan biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan, contohnya adalah biaya operasional.

3. Profit (Keuntungan)

Elemen laporan laba rugi yang selanjutnya adalah profit atau keuntungan.

4. Kerugian

Elemen yang terakhir yaitu kerugian yang merupakan biaya yang dibutuhkan oleh perusahaan yang ternyata lebih besar dari jumlah pendapatan yang didapatkan oleh perusahaan.

Nah, jadi itulah ulasan lengkap seputar laporan laba rugi perusahaan manufaktur yang penting untuk diketahui.

Penggunaan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal yang lengkap dan memiliki banyak fitur yang diperlukan oleh perusahaan manufaktur seperti aplikasi invoice online dan aplikasi pembukuan online akan sangat membantu dalam pembuatan laporan keuangan termasuk laporan laba rugi yang lebih akurat.

Untuk penjelasan lebih lanjut, pelajari kursus cara mengelola keuangan dan operasional bisnis manufaktur di Mekari University.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami