Home / Blog / Business & Economy

10 Fasilitas Kerja yang Diharapkan Karyawan Selain Gaji

fasilitas karyawan selain gaji
Daftar isi
Mode

Untuk mempertahankan dan menarik pekerja yang kekurangan pasokan di banyak tempat, perusahaan harus menyesuaikan fasilitas kerja untuk memenuhi kebutuhan karyawan dan kebutuhan tersebut bervariasi berdasarkan pendapatan, usia, dan tahap kehidupan mereka.

Namun, setidaknya ada tiga masalah di semua demografi: kesehatan fisik, kesehatan mental, dan keseimbangan kerja/hidup. Sejauh mana pengusaha memenuhi kebutuhan tersebut, bagaimanapun, sangat bervariasi.

Apa yang diinginkan karyawan dan apa yang menurut perusahaan mereka inginkan dalam hal tunjangan dan kompensasi seringkali tidak selaras. Faktanya, banyak perusahaan tidak mengetahui fasilitas kerja mana yang paling diharapkan oleh karyawan.

Kali ini, Mekari akan membahas tentang daftar fasilitas kerja yang paling diinginkan oleh karyawan, agar Anda dapat mengimplementasikannya di perusahaan Anda.

Baca Juga: 5 Strategi Mengurangi Turnover Karyawan

Daftar Fasilitas Kerja yang Diharapkan Karyawan

Menawarkan fasilitas kerja yang lengkap dapat membantu perusahaan Anda menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Tapi apa sebenarnya yang dianggap sebagai fasilitas kerja yang baik akhir-akhir ini?

Berikut adalah fasilitas kerja yang paling diinginkan karyawan.

1. Fasilitas Kesehatan

Bagi banyak karyawan, asuransi kesehatan adalah fasilitas yang paling penting. Mengingat tingginya biaya perawatan kesehatan saat ini seharusnya tidak mengejutkan. 

Karyawan memiliki kebutuhan yang berbeda, sehingga menawarkan beberapa pilihan asuransi kesehatan termasuk rencana kesehatan yang dapat dikurangkan dengan pilihan rekening tabungan kesehatan dapat memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke rencana yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain asuransi kesehatan standar, asuransi gigi dan asuransi penglihatan penting bagi banyak karyawan juga dapat perusahaan aplikasikan di dalam fasilitas ini.

2. Fasilitas Biaya Transportasi

Tunjangan karyawan lain berupa transportasi secara umum dapat berarti tunjangan yang diberikan untuk keperluan pengangkutan.

Perusahaan memberikan fasilitas tunjangan ini kepada karyawan untuk memenuhi pengeluarannya dalam rangka perjalanan pulang-pergi dari tempat tinggalnya ke kantor atau tempat tugas.

Tunjangan yang diberikan kepada karyawan yang bekerja pada usaha angkutan untuk memenuhi pengeluaran pribadinya selama menjalankan tugas pengangkutan dari suatu tempat ke tempat lain. 

3. Fasilitas Cuti Berbayar

Cuti berbayar adalah kebijakan manajemen HR yang memberi karyawan periode waktu yang dapat digunakan untuk cuti dalam tujuan apapun. Hal ini juga dikenal sebagai waktu istirahat pribadi.

Penegakan kebijakan cuti berbayar dapat berfungsi sebagai fasilitas kerja di rekrutmen untuk menarik karyawan. Selain itu, waktu liburan dan istirahat bagi karyawan dapat membantu mereka menjaga keseimbangan kehidupan kerja.

4. Jadwal Fleksibel

Selain cuti berbayar, banyak karyawan menginginkan fasilitas kerja yang fleksibel yang akan membantu mereka mencapai keseimbangan kehidupan kerja.

Selama pandemi, banyak karyawan beralih ke remote atau hybrid work. Meskipun transisi mendadak ini tidak selalu mulus, ini menunjukkan bahwa banyak pekerjaan dapat dilakukan dari jarak jauh.

Sekarang, banyak pekerja ingin terus bekerja dari rumah bahkan ketika pandemi berakhir – dan beberapa cukup menginginkannya sehingga mereka akan pergi jika tidak ada pilihan. 

Menurut survei dari LiveCareer menemukan bahwa 29% karyawan mengatakan mereka akan berhenti dari pekerjaan mereka jika mereka tidak diizinkan untuk terus bekerja dari jarak jauh.

Pekerjaan jarak jauh dapat membantu karyawan menghemat waktu dan uang dalam perjalanan, dan fasilitas ini juga dapat membantu pekerja merawat anak-anak mereka atau orang tua yang lanjut usia saat bekerja.

Bagian penting lainnya adalah waktu yang fleksibel dengan kemampuan untuk menyesuaikan jam kerja yang dibutuhkan alih-alih berpegang teguh pada jadwal yang ketat dari jam 9 hingga 5. 

5. Pengembangan Skill

Perusahaan dapat menyediakan fasilitas pelatihan dan pengembangan karyawan yang dapat membantu karyawan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam pekerjaan.

Karyawan dapat diberikan pelatihan seperti workshop tentang leadership, management, public speaking, dan lain-lain. Pelatihan skill ini dapat juga memberikan keuntungan perusahaan agar karyawan memiliki skill di bidang lain.

6. Fasilitas Hiburan

Selanjutnya perusahaan dapat menyediakan fasilitas rekreasi seperti ruang rekreasi, permainan, atau aktivitas karyawan yang bisa membantu karyawan merasa nyaman dan bahagia di tempat kerja.

Fasilitas hiburan sangat penting bagi karyawan agar memberikan refresh pada tubuh sehingga produktivitas karyawan dapat meningkat.

7. Apresiasi Performa Kerja

Perusahaan memberikan pengakuan prestasi seperti bonus atau penghargaan yang bisa membantu karyawan merasa dihargai dan termotivasi dalam bekerja.

Apresiasi ini bisa berupa performa kerja atau karyawan teladan. Hal ini dapat memotivasi karyawan lain untuk bersaing dengan sehat.

8. Adanya Beasiswa

Bagi karyawan yang ingin menimba ilmu untuk kontribusi, perusahaan dapat memberikan beasiswa penuh bagi karyawan yang ingin belajar lagi.

Namun, biasanya terdapat syarat setelah lulus kuliah, karyawan diharuskan mengabdi kepada perusahaan sesuai jangka waktu yang disepakati.

9. Fasilitas Khusus Perempuan

Nah, ini termasuk poin penting bagi pekerja perempuan. Adanya penambahan fasilitas bagi perempuan sangat penting dan sudah tertulis di Undang-Undang.

Sesuai UU No. 13 tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Pasal 81 ayat (1), menyebutkan bahwa pekerja atau buruh perempuan yang tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua haid jika mengalami nyeri parah.

Fasilitas lain yang bisa didapatkan berupa izin cuti hamil, ruang menyusui, maupun ruang penitipan anak.

10. Dukungan Kesehatan Mental

Ketika burnout, karyawan memiliki kemungkinan besar mengalami kesehatan mental. Risiko ini dapat terjadi karena tekanan pekerjaan maupun atasan.

Perusahaan dapat mendukung karyawan dengan memberikan layanan psikolog atau layanan kesehatan mental secara gratis. Hal ini agar karyawan memiliki tempat untuk bercerita, sehingga pekerjaan juga tidak akan terhambat.

 

 

Mekari Flex, Fasilitas Kerja yang Paling Diinginkan Karyawan

Mekari Flex hadir sebagai solusi yang menawarkan fasilitas kerja yang dapat disesuaikan secara komprehensif untuk karyawan Anda dengan dukungan fitur terlengkap.

Fasilitas-fasilitas yang disediakan Mekari Flex beragam mulai dari gaya hidup, kesehatan, hingga hobi dengan berbagai vendor yang dapat Anda pilih sendiri jangkauan harganya.

Berikut adalah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Mekari Flex:

1. EWA

Dengan fitur EWA Indonesia, karyawan dapat mengakses gaji lebih awal tanpa membebani perusahaan dan tanpa bunga untuk karyawan.

2. Flexible Benefit

Pilihan fasilitas yang beragam dan berdasarkan budget yang sudah ditetapkan sebelumnya. Anda dapat memilih kategori vendor yang sesuai dengan kebutuhan karyawan Anda, mulai dari wellness hingga gaya hidup.

3. Flex Installment

Akomodir kebutuhan pendanaan aman dan terpercaya untuk kebutuhan darurat karyawan. Fitur ini tidak memiliki sistem kasbon yang membutuhkan alokasi budget khusus. Lalu, dana dapat segera dicairkan ke rekening karyawan tanpa memerlukan deposit apa pun dari perusahaan.

Anda tertarik menggunakan Mekari Flex, Anda dapat mengetahui informasi lebih lanjut terkait produk dan fitur kami pada laman produk.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami