Home / Blog / Business & Economy

5 Rekomendasi Asuransi Kesehatan Karyawan: Jangan Salah Pilih!

Asuransi Kesehatan Karyawan
Daftar isi
Mode

Situasi yang tidak terduga seperti sakit, kecelakaan, dan gangguan kesehatan lainnya bisa menyerang karyawan kapan saja. Biaya pengobatan mahal tentunya menjadi masalah bagi mereka, dan berpotensi merugikan perusahaan karena mempengaruhi performa kerja.

Karena itu, sebagai perlindungan aset perusahaan dalam jangka panjang, asuransi kesehatan karyawan merupakan salah satu tunjangan atau benefit yang vital. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu menyadari peran asuransi kesehatan karyawan bagi masa depan bisnis. 

Pengertian asuransi

Secara umum, pengertian asuransi adalah sebuah perjanjian hukum yang terbentuk antara penanggung (dalam hal ini adalah perusahaan asuransi) dengan yang tertanggung (yaitu perorangan). 

Melalui perjanjian ini, dapat dikatakan bahwa asuransi adalahperjanjian yang terbentuk antara kedua belah pihak yang setara. Tertanggung menerima perlindungan finansial dari penanggung atas kerugian dalam situasi tertentu.

Dalam kontrak hukum polis asuransi, tertanggung harus membayar sejumlah premi secara rutin kepada penanggung. Kemudian, penanggung membayar uang jika suatu peristiwa yang tidak menguntungkan terjadi.

Dalam hal itu, seperti kematian tertanggung, ataupun kerusakan yang terjadi pada tertanggung atau aset yang mereka miliki.

 

 

Manfaat asuransi kesehatan

Secara umum, asuransi memberikan manfaat kepada tertanggung berupa perlindungan atas resiko yang terjadi secara tidak terduga. Salah satu yang sering terjadi secara tidak terduga dan memerlukan biaya darurat adalah sakit dan kecelakaan.

Hal itu mungkin ini akan menjadi momok yang cukup merepotkan bagi karyawan. Selain akan mengganggu aktivitas kerja, performa karyawan juga akan menurun sebab pikirannya berfokus pada biaya pengobatan.

Oleh karena itu, asuransi dapat menjadi bantuan dana darurat jika membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar. Maka dari itu, perusahaan juga harus menerapkan asuransi kesehatan sebagai benefit karyawan untuk melindungi pekerjanya.

Selain manfaat atau fungsi yang dari asuransi yang telah disebutkan diatas, berikut manfaat-manfaat lainnya yang dapat Anda rasakan:

Highlight

  • Memberikan perlindungan finansial pada keluarga jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak direncanakan pada si tertanggung.
  • Melindungi stabilitas dan keamanan finansial.
  • Dapat menjadi investasi jangka panjang untuk mencapai tujuan finansial.
  • Menjadi tindakan prevensi jika dibutuhkan ketika terjadi kecelakaan kerja.
  • Perlindungan masa depan atau di hari tua/ masa pensiun.

Kisaran biaya asuransi kesehatan karyawan

Rentang kisaran biaya yang perlu dibayarkan untuk asuransi kesehatan karyawan cukup bervariasi tergantung jenis asuransi kesehatannya.

Besaran biaya pada asuransi kesehatan karyawan melalui BPJS Kesehatan sebesar 5 persen dengan komponen berikut, 4 persen akan dibayarkan oleh pemberi kerja dan 1 persen dibayarkan oleh peserta program.

Sedangkan untuk asuransi swasta, beban besaran biaya yang ditawarkan cukup variatif mulai dari harga yang terbilang terjangkau hingga kelas premium namun dengan fasilitas yang lebih lengkap. Adapun, biaya asuransi juga dipengaruhi oleh kebijakan yang diterapkan oleh pihak pemberi asuransi.

Rekomendasi asuransi kesehatan karyawan

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan asuransi yang sudah berdiri dan membantu memberikan jasa pelayanan untuk melindungi masyarakat Indonesia. Baik perusahaan lokal maupun internasional, berikut rekomendasi dengan program asuransi kesehatan karyawan terbaik saat ini.

1. BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan karyawan yang memiliki dasar hukum yakni UU Nomor 40 Tahun 2004. Oleh karena itu, hampir semua perusahaan mewajibkan karyawannya untuk terdaftar dalam program asuransi ini.

Kelebihan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan adalah biaya programnya yang terjangkau yaitu 1 persen dari beban biaya yang dibayarkan oleh peserta program (4 persen oleh pemberi kerja) dan kelengkapan fasilitasnya.

Untuk gambaran iuran biaya BPJS Kesehatan sejatinya terbagi menjadi tiga kelas, yaitu:

  • Kelas 1 dengan biaya sebesar Rp150.000,00 per orang per bulan
  • Kelas 2 dengan biaya sebesar Rp100.000,00 per orang per bulan
  • Kelas 3 dengan biaya sebesar Rp35.000,00 per orang per bulan

2. Asuransi Manulife

Manulife asuransi kesehatan karyawan

Manulife Financial merupakan sebuah perusahaan asal Kanada yang berfokus pada industri asuransi kesehatan dan jiwa. Manulife juga memiliki asuransi kesehatan karyawan unggulan yang untuk korporat-korporat yang ingin melindungi aset perusahannya.

Dua di antaranya yaitu asuransi jiwa dan kesehatan karyawan Manulife Total Protection dan Manulife Direct Protection. Dalam program tersebut memberikan perlidungan yang cukup lengkap dan fleksibel pada karyawan seperti kecelakaan, penyakit kritis, hingga pembedahan.

Untuk biaya premi per orang per bulan untuk jenis asuransi ini minimal sebesar Rp4.000.000,00 per orang per bulan (Rp48.000.000,00 per orang per tahun) dengan bonus 750%.

3. Asuransi Kesehatan Karyawan Prudential

prudential asuransi kesehatan karyawan

Prudential Life Assurance merupakan salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia. Pilihan asuransi yang dikelola Prudential cukup beragam, salah satu di antaranya adalah asuransi kesehatan karyawan.

Banyak kelebihan jika Anda memilih Prudential sebagai asuransi kesehatan karyawan di perusahaan Anda, seperti kemudahan pengajuan polis secara online, kemudahan informasi melalui PRUWorks, dan kemudahan klaim melalui eClaim Submission.

Untuk biaya premi atau iuran per bulannya cukup terjangkau mulai dari Rp300.000,00 per bulan tergantung jenis premi yang diambil.

4. BRI Life

BRI Life

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai bank milik pemerintah terbesar di Indonesia juga menawarkan produk untuk melindungi kesehatan nasabahnya. Melalui BRI Life, terdapat produk asuransi kesehatan karyawan yang cukup lengkap dan terjangkau.

Program ini dapat menjadi program benefit karyawan yang cocok untuk perusahaan. Beberapa fasilitas yang dapat Anda gunakan dalam BRI Life antara lain biaya operasi, rawat inap, rawat jalan, dan rawat gigi.

Adapun untuk biaya premi bulanannya cukup terjangkau dibandingkan biaya premi dari asuransi yang dimiliki perusahaan swasta. Rentang biaya yang bisa Anda pilih cukup bervariatif mulai dari Rp50.000,00 per bulan hingga Rp269.000,oo per bulan sesuai dengan kelengkapan paket asuransi yang dipilih.

5. Asuransi Kesehatan Karyawan FWD

FWD Indonesia

FWD Life Indonesia merupakan perusahaan asuransi asal Hongkong yang kemudian meluas jangkauannya hingga ke Indonesia. FWD Indonesia memiliki asuransi kesehatan yang cukup lengkap dan beragam.

Selain itu, ada juga program asuransi employee benefits yang cocok Anda gunakan sebagai asuransi kesehatan karyawan. Kelebihan jika menggunakan asuransi dari FWD adalah kemudahan cek polis dan klaim secara online melalui aplikasi, biaya yang terjangkau, dan layanan 24/7.

Untuk biaya premi yang ditanggung penanggung tiap bulannya mencapai Rp5.000.000,00 per orang per bulan.

Cara memilih asuransi kesehatan terbaik untuk karyawan

Dengan banyaknya pilihan produk asuransi yang tersedia, Anda harus memastikan bahwa pilihan Anda tepat untuk kebutuhan karyawan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan yang terbaik: 

1. Mempertimbangkan produk asuransi

Ada beberapa jenis polis asuransi yang tersedia, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Setiap polis juga memiliki cakupan layanannya tersendiri, misalnya hanya bekerja sama dengan rumah sakit atau layanan kesehatan tertentu. 

Ada juga jenis manfaat asuransi yang dapat dipilih, seperti Hospital Benefit, dimana karyawan tinggal memberikan kartu asuransi saat berobat, tidak perlu membayar lagi. Atau, Hospital Cash Plan, bersifat reimbursement yang berarti karyawan harus membayar terlebih dahulu. 

2. Memahami kebutuhan karyawan

Pahami kebutuhan karyawan, untuk menentukan pilihan yang sesuai dengan kondisi mereka. Tidak perlu memilih asuransi yang menawarkan sejuta manfaat, namun sebenarnya hanya sedikit manfaat yang digunakan. 

Lakukan survei pada karyawan untuk mengetahui masalah kesehatan, frekuensi kunjungan rumah sakit, jumlah premi yang bersedia mereka bayarkan, dan preferensi polis yang diinginkan. 

3. Mengetahui manfaat dan cakupan asuransi

Untuk kemudahan akses, ada baiknya untuk memilih asuransi yang menjangkau banyak rumah sakit dan memiliki layanan digital. Selain itu, usahakan asuransi memberikan fasilitas rawat jalan dan rawat inap dan pastikan asuransi bisa diklaim selama 24 jam. 

Ketahui apa saja cakupan layanannya, misalnya perawatan gigi, penglihatan, dan resep obat. Sebagai bentuk kepedulian, Anda juga bisa memilih jenis yang tidak hanya mencakup pengobatan karyawan, namun juga anak dan istri. 

4. Lakukan evaluasi harga

Bandingkan biaya dari berbagai polis asuransi, dan sesuaikan dengan anggaran Anda. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah, namun tentukan mana yang memberikan value terbaik dalam jangka panjang. 

Beberapa biaya yang bisa dipertimbangkan adalah premi, deductible, dan biaya lainnya secara keseluruhan. 

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap mengenai asuransi kesehatan karyawan serta rekomendasinya. Semoga dapat memudahkan anda untuk mulai menerapkan asuransi kesehatan sebagai benefit karyawan di perusahaan Anda!

Selain asuransi, Anda pastinya ingin memberikan benefit lain kepada karyawan. Untuk mengelolanya, Anda dapat menggunakan Mekari Flex. Dengan Mekari Flex, Anda dapat memberikan tunjangan yang sifatnya fleksibel, sesuai dengan kebutuhan karyawan. 

Tunggu apalagi? Segera hubungi dan berkonsultasi dengan tim ahli kami!

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami