Home / Blog / Business & Economy

10 Jenis Benefit Karyawan Beserta Manfaatnya

tulisan health insurance di atas laptop
Daftar isi
Mode

Tak jarang dari beberapa orang yang mencoba mencari tahu terlebih dahulu tentang benefit kerja apa saja yang bisa mereka dapatkan, sebelum melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan tertentu. Benefit ini akan menjadi salah satu faktor penentu atas produktivitas kerja dari seorang karyawan.

Pada dasarnya, benefit untuk karyawan adalah suatu hal yang biasanya akan disertakan secara bersamaan dengan kompensasi, yang ditawarkan oleh suatu perusahaan tertentu kepada para karyawannya pada saat proses rekrutmen.

Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan dengan baik apa saja benefit yang bisa Anda dapatkan tersebut, supaya Anda tidak akan merasa dirugikan di kemudian hari. Perusahaan dapat memberikan benefit sesuai kebutuhan karyawan dengan pengelolaan yang mudah dan vendor-vendor pilihan melalui aplikasi flexible benefit seperti yang dimiliki oleh Mekari Flex.

Lalu, apa saja hak yang wajib dan perlu Anda dapatkan?

contoh jenis benefit karyawan dan manfaatnya

1. Gaji dengan Minimal UMK

Poin pertama ini sudah sering diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar kepada para karyawannya. Sebab, benefit yang berupa gaji minimal UMK (Upah Minimum Kota) ini sudah menjadi hak yang wajib didapatkan oleh para karyawan di Indonesia.

Biasanya, sebuah perusahaan profesional akan menjadi UMK (Upah Minimum Kota) sebagai nilai tolak ukur paling rendah gaji yang seharusnya diberikan pihak perusahaan kepada karyawannya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan, mengingat UMK (Upah Minimum Kota) sendiri telah ditetapkan pemerintah.

Jumlah UMK (Upah Minimum Kota) dari masing-masing daerah akan berbeda satu sama lain, karena hal ini akan ditentukan sendiri oleh pemerintah setempatnya. Bahkan, proses penentuan jumlah UMK (Upah Minimum Kota) ini juga terkadang membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Maka dari itu, ketika Anda akan atau sedang mengikuti proses rekrutmen dari sebuah perusahaan tertentu, ada baiknya jika Anda menanyakan tentang gaji yang diberikan oleh perusahaan itu terlebih dahulu. Kemudian, cari tahu apakah gaji tersebut sudah memenuhi kriteria di atas atau belum.

 

 

2. Uang Lembur

Terkadang, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan karyawannya untuk lembur, supaya kerjaannya bisa selesai di waktu yang tepat. Namun, tidak semua perusahaan akan memberikan uang lembur yang seharusnya menjadi hak bagi para karyawan tersebut.

Untuk itu, ketika Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu, Anda perlu memperhatikan kebijakan perusahaan terkait hal ini terlebih dahulu. Sebab, sudah menjadi hak Anda sebagai karyawan untuk mendapatkan uang lembur yang sesuai dengan tenaga yang sudah Anda keluarkan.

Sementara itu, umumnya perjanjian awal antara perusahaan dan karyawan mengatakan bahwa pihak karyawan akan bekerja selama 8 jam dalam sehari. Dengan begitu, ketika terjadi penambahan waktu yang tidak sesuai perjanjian tersebut, pihak perusahaan wajib memberikan kompensasi yang tepat.

Hal ini sudah menjadi peraturan umum yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang profesional, sehingga Anda perlu mengetahui akan hal tersebut.

Perhitungan uang lembur sering kali salah dan memakan waktu banyak. Agar tim HR bisa meminimalisir kesalahan tersebut, maka penggunaan software payroll otomatis akan sangat membantu dalam perhitungan uang lembur karyawan.

3. Jaminan Kesehatan

Sudah menjadi hal yang wajar bagi sebuah perusahaan profesional memberikan jaminan kesehatan kepada para karyawannya. Hal ini perlu dilakukan supaya ketika karyawan sedang jatuh sakit, mereka tidak akan kebingungan tentang biaya yang harus dibayarkan.

Untuk saat ini sendiri, sudah ada banyak perusahaan yang lebih memilih memberikan jaminan kesehatan kepada karyawannya dalam bentuk BPJS Kesehatan. Seperti yang sudah Anda ketahui, BPJS Kesehatan adalah produk asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah Indonesia.

Dengan memiliki asuransi BPJS Kesehatan seperti ini, kesehatan Anda bisa lebih terlindungi. Sebab, BPJS Kesehatan akan mencakup banyak aspek seperti kesehatan dan perlindungan jiwa bagi seorang karyawan.

Anda tidak perlu khawatir akan keamanan dari produk asuransi yang satu ini, karena jaminan kesehatan ini bersifat private dan memiliki skala yang besar. Maka dari itu, tidak mengherankan jika sudah ada banyak perusahaan profesional yang memilih produk asuransi kesehatan satu ini.

4. Dana Pensiun

Tidak hanya jaminan kesehatan saja yang sudah menjadi hal yang wajar untuk diberikan kepada para karyawan oleh sebuah perusahaan yang profesional, tapi dana pensiun pun juga seperti itu. Dengan adanya dana pensiun di sebuah perusahaan seperti ini, tingkat turnover karyawan akan menurun.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat ketika perusahaan memberikan dana pensiun seperti ini kepada para karyawannya, maka beban finansial di hari esok tidak akan terlalu berat bagi mereka. Maka dari itu, banyak orang yang menjadikan benefit satu ini sebagai pertimbangan yang besar.

Sementara itu, untuk saat ini sendiri sudah ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan program benefit satu ini, dan salah satunya adalah BPJS Ketenagakerjaan. Sudah ada banyak perusahaan profesional yang memanfaatkan produk asuransi ini untuk diberikan kepada karyawannya.

5. Tunjangan Perawatan Gigi

Untuk benefit yang satu ini, tidak semua perusahaan akan memberikannya kepada para karyawannya. Sebab, tunjangan perawatan gigi sebenarnya bukanlah benefit karyawan yang umum, dan hanya beberapa perusahaan tertentu sajalah yang mampu memberikan benefit ini kepada para karyawannya.

Terkadang, ada beberapa perusahaan yang memilih memasukkan tunjangan perawatan gigi seperti ini langsung ke jaminan kesehatan yang sudah dimiliki pihak karyawannya. Namun, ada juga beberapa perusahaan lainnya yang memberikan tunjangan perawatan gigi khusus.

Dengan adanya tunjangan perawataan gigi sebagai benefit karyawan seperti ini, Anda tidak perlu khawatir penyakit gigi yang Anda miliki bisa mengganggu aktivitas kerja Anda. Sebab, Anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter gigi tanpa perlu mengkhawatirkan biaya yang harus dikeluarkan.

6. Tunjangan Jabatan

Sebagai seorang karyawan, Anda membutuhkan dedikasi dan loyalitas tinggi supaya bisa bekerja di sebuah perusahaan tertentu dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, dedikasi dan loyalitas yang tinggi ini juga dibutuhkan untuk seorang karyawan dalam memikul tanggung jawabnya yang besar.

Seperti yang sudah Anda ketahui, pada dasarnya bekerja sebagai seorang karyawan bukanlah tugas yang mudah. Ada begitu banyak tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang karyawan, dan jika tanggung jawab ini tidak dilakukan dengan baik, maka perusahaan tidak akan mengerjakan Anda lagi.

Sementara itu, ada beberapa perusahaan tertentu yang akan memberikan tunjangan jabatan kepada para karyawannya, untuk mengapresiasi waktu para karyawannya yang telah didedikasikan kepada perusahaan tersebut.

Biasanya, tunjangan ini akan diberikan oleh pihak perusahaan ketika ada seorang karyawan tertentu yang naik jabatan. Jumlahnya pun biasanya akan disesuaikan dengan jabatan dari seorang karyawan itu sendiri, sehingga Anda bisa membahasnya dengan pihak perusahaannya langsung.

Baca Juga: Mari Mengenal Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan yang Terbaru

7. Tunjangan Makan dan Hari Raya

Tidak sedikit dari beberapa perusahaan di Indonesia yang memberikan benefit satu ini kepada para karyawannya. Pada dasarnya, untuk tunjangan makan itu sendiri akan berupa uang yang dapat digunakan oleh para karyawan ketika hendak makan.

Selain itu, tunjangan makan juga bisa diberikan oleh pihak perusahaan dalam bentuk catering yang bergizi. Dengan begitu, para karyawan dari perusahaan tersebut tidak perlu mencari makan sendiri di luar perusahaan, karena makanan sudah disediakan secara langsung oleh pihak perusahaan.

Sementara itu, untuk yang dimaksud dengan tunjangan hari raya disini akan diberikan ketika para karyawan merayakan hari-hari besar tertentu. Biasanya, tunjangan ini akan diberikan ketika menjelang hari raya keagamaan.

Dalam hal ini, mungkin Anda lebih mengenalnya sebagai THR. Ya, semua karyawan pasti pernah merasakan sendiri betapa menguntungkannya mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) di hari besar seperti ini. Dengan jumlahnya yang cukup banyak, tentu akan membuat Anda merasa diuntungkan.

8. Tunjangan Transportasi

Tidak hanya 1 atau 2 karyawan saja yang terkadang memiliki rumah jauh dari lokasi tempat kerjanya, sehingga mereka akan membutuhkan biaya transportasi untuk menjangkau lokasi tempat kerjanya tersebut.

Untuk membantu para karyawannya dalam menyiapkan dana transportasi seperti ini, terkadang ada beberapa perusahaan tertentu yang akan memberikan benefit dalam bentuk tunjangan transportasi juga. Jadi, para karyawan tidak perlu menyisihkan gajinya untuk memenuhi kebutuhan ini.

Selain dalam bentuk uang, ada juga beberapa perusahaan yang memberikan benefit ini dalam bentuk pemberian layanan ojek online yang bisa di-reimburse. Dengan begitu, benefit ini bisa dikatakan lebih praktis untuk pihak perusahaannya.

Dengan adanya benefit yang satu ini, para karyawan tidak perlu mengkhawatirkan tentang pengeluaran biaya transportasi yang mereka butuhkan, karena pihak perusahaan akan menanggungnya dengan baik.

9. Family Care

Biasanya, benefit ini akan diberikan kepada para karyawan yang sudah menikah dan akan diberikan dalam bentuk jaminan kesehatan maupun pendidikan keluarganya. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tunjangan ini hanya akan diberikan kepada keluarga intinya saja.

Nantinya, untuk jaminan kesehatan yang diberikan dalam benefit ini biasanya akan digabungkan dengan jaminan kesehatan dari karyawan itu sendiri. Sedangkan untuk jaminan pendidikan keluarga biasanya akan berupa biaya pendidikan anak.

Dengan melihat kedua aspek yang sangat menguntungkan tersebut, tidak mengherankan jika benefit yang satu ini sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia yang bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan tertentu.

Sebab, dengan adanya tunjangan yang sangat menguntungkan ini, mereka tidak perlu bingung lagi akan biaya yang harus mereka keluarkan di beberapa waktu tertentu.

10. Financial Support

Mungkin Anda sudah sering mendengar tentang istilah ini namun belum terlalu mengenal akan benefit ini secara jelas. Pada dasarnya, financial support adalah benefit yang dapat membantu kehidupan finansial karyawan menjadi lebih baik lagi.

Umumnya, benefit ini akan diberikan oleh pihak perusahaan dalam bentuk koperasi atau pinjaman perusahaan. Nantinya, seorang karyawan yang ingin memanfaatkan benefit ini bisa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan terlebih dahulu.

Perusahaan juga dapat menyediakan benefit berupa Earned Wage Access untuk mencukupi kesehatan finansial karyawan. Dengan begitu, pinjaman perusahaan tersebut bisa selalu terkontrol dengan baik, sehingga tidak ada salah satu pihak yang akan merasa dirugikan.

Sebagai seorang karyawan kantor, biasanya Anda akan membutuhkan metode alokasi gaji yang dapat berguna untuk mengatur keuangan Anda secara lebih baik lagi agar keuangan keluarga Anda tetap aman.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami