Home / Blog / Business & Economy

Corporate Card: Jenis, Cara Kerja, dan Syarat Mendapatkannya

manajemen pengeluaran bisnis dengan corporate card
Daftar isi
Mode

Bagi perusahaan besar maupun startup yang baru merintis, pengelolaan biaya merupakan salah satu faktor penting untuk mencapai kesuksesan. 

Karena itu, banyak perusahaan kini beralih ke corporate card untuk menyederhanakan pengelolaan pengeluaran. Kartu ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada karyawan dan meningkatkan manajemen arus kas.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang kartu corporate, termasuk jenis-jenisnya, cara kerja, serta cara mendapatkannya. 

Apa itu corporate card?

corporate credit card

Corporate card adalah jenis kartu—bisa kredit atau debit, yang diberikan kepada karyawan sebuah perusahaan untuk transaksi yang terkait dengan bisnis. Misalnya, biaya perjalanan dinas atau pembelian alat kantor. 

Dengan kartu corporate, karyawan tidak perlu repot menggunakan uang tunai atau kartu pribadi, sehingga pengelolaan pengeluaran perusahaan menjadi lebih mudah bagi kedua pihak. 

Jenis corporate card

jenis corporate card

Ada dua jenis kartu korporat yang umum digunakan, yaitu dan corporate debit card. 

1. Corporate credit card

Khususnya bagi perusahaan yang sudah mapan dengan pendapatan tahunan yang signifikan, kartu kredit korporat dapat menjadi alat pembayaran yang berguna. Karyawan dapat melakukan pembelian yang terkait dengan bisnis secara langsung menggunakan kartu tersebut, yang kemudian dibayarkan oleh perusahaan. 

Ada dua jenis utama kartu kredit korporat: kartu dengan tanggungan individu dan kartu dengan tanggungan korporat. 

Pada kartu dengan tanggungan individu, karyawan bertanggung jawab untuk melunasi tagihan dan kemudian akan mendapatkan penggantian dari perusahaan. Di sisi lain, untuk kartu dengan tanggungan korporat, perusahaan langsung bertanggung jawab untuk melunasi tagihan.

Baca Juga: Kartu Kredit Corporate dan Berbagai Kelebihannya Bagi Bisnis

2. Corporate debit card

Kartu debit korporat biasanya terhubung langsung ke rekening bank perusahaan, sehingga tidak memiliki saldo kredit yang harus dibayar pada akhir siklus penagihan. 

Kartu ini tidak membebankan bunga dan biasanya lebih mudah didapatkan, bahkan dengan skor kredit yang rendah. Sehingga, penggunaannya biasanya tidak mempengaruhi skor kredit bisnis dan tidak memiliki risiko kelebihan pengeluaran atau terjerat utang. 

Bagaimana cara kerja kartu corporate?

Cara kerja corporate card mirip dengan jenis kartu lainnya kredit maupun debit pribadi. Bedanya, ada banyak fitur tambahan pada kartu korporat yang dirancang khusus untuk berbagai transaksi bisnis. 

1. Expense management

Kartu korporat digunakan agar karyawan dapat membayar biaya bisnis dengan lebih mudah, seperti perjalanan bisnis tanpa harus menggunakan kartu kredit pribadi atau uang tunai mereka sendiri. 

Perusahaan dapat dengan mudah melacak pengeluaran dan menghasilkan laporan terperinci. Hal ini memudahkan pengelolaan biaya bagi kedua pihak, sehingga alokasi anggaran bisa lebih efektif. 

2. Batas pengeluaran yang disesuaikan

Perusahaan dapat menetapkan batas pengeluaran individu untuk karyawan berdasarkan jabatan atau departemen mereka. Hal ini memastikan bahwa karyawan memiliki dana yang diperlukan, namun pengeluaran secara keseluruhan tetap terkendali. 

77% responden melaporkan bahwa karyawan yang memiliki corporate card lebih patuh terhadap kebijakan pengeluaran dibandingkan mereka yang tidak memilikinya. (Ramp, 2023)

3. Integrasi dengan software akuntansi

Banyak corporate card yang sudah terintegrasi dengan software akuntansi populer. Dengan begitu, transaksi dapat secara otomatis disinkronkan, sehingga tidak perlu lagi entri data manual. Kesalahan input pun bisa diminimalisir. 

4. Kartu virtual untuk transaksi online

Beberapa penyedia kartu korporat juga menawarkan kartu virtual, khusus untuk transaksi online. Dengan kode unik sekali pakai, kartu virtual ini memberikan jaminan keamanan yang lebih baik. ‘

Baca Juga: Virtual Credit Card Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Penggunaan

5. Aplikasi mobile untuk manajemen

aplikasi mobile untuk corporate card

Sebagai pelengkap, penyedia corporate card juga menyediakan aplikasi yang bisa diakses melalui handphone. Karyawan dapat mengelola pengeluaran, melihat riwayat transaksi, dan mengirimkan bukti pembelian langsung dari smartphone mereka.

Cara mendapatkan corporate card dan persyaratannya

Bila Anda sudah memutuskan untuk menggunakan kartu korporat, langkah pertama adalah memilih penyedia kartu korporat yang sesuai. Cari corporate card dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. 

Informasi terkait biaya, tingkat bunga, batas kredit, layanan tambahan, dan hal penting lainnya biasanya dapat ditemukan di website resmi penerbit kartu corporate. Apabila tertarik dengan penawarannya, Anda bisa langsung mendaftar di situs yang sama. 

Persyaratan umum untuk pengajuan kartu biasanya sebagai berikut: 

  • Pemohon harus bertempat tinggal atau bekerja di daerah pemasaran penerbit kartu.
  • Pemohon harus melampirkan surat rekomendasi dari perusahaan.
  • Perusahaan harus telah bekerjasama dengan penerbit kartu untuk penerbitan kartu corporate.

Sementara itu, dokumen yang diperlukan adalah: 

  • Perjanjian Kerjasama (PKS)
  • Akta Perusahaan
  • Anggaran Dasar Perusahaan
  • TDP, NPWP, NIB Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • Copy Laporan Keuangan Perusahaan (audited/in-house) minimal 3 tahun terakhir dan tahun berjalan dengan kondisi keuangan positif
  • Rekening koran operasional 12 bulan terakhir dari bank, kecuali back to back cukup 3 bulan

Kesimpulan

Dengan fitur yang komprehensif, corporate card pastinya memberikan kemudahan pembayaran dan manajemen pengeluaran yang lebih baik.

Sebelum memberikan kartu korporat kepada karyawan, bisnis perlu menetapkan kebijakan pengeluaran terlebih dahulu, sehingga karyawan mengetahui transaksi apa saja yang dapat dibuat menggunakan kartu tersebut.

Salah satu pilihan kartu korporat yang pembuatannya cepat dan mudah adalah Mekari Expense. Berbentuk kartu kredit virtual, Mekari Expense dapat secara signifikan menyederhanakan manajemen pengeluaran, meningkatkan kontrol atas pengeluaran perusahaan, memberikan visibilitas real-time terhadap pengeluaran, dan meningkatkan keamanan.

Mekari Expense dapat membantu bisnis Anda mengelola pengeluaran dengan lebih efektif. Coba sekarang dan rasakan kemudahannya.

Referensi

Ramp. ”Research shows modern corporate cards bolster—not hinder—compliance

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami