Home / Blog / Business & Economy

Virtual Credit Card Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Penggunaan

virtual credit card untuk bisnis
Daftar isi
Mode

Sebuah studi oleh Juniper Research, Ltd melaporkan bahwa pada tahun 2026, transaksi kartu kredit virtual B2B di Amerika Serikat akan mencapai $3,7 triliun. 

Di era tren keuangan digital ini, kartu kredit virtual menawarkan banyak manfaat, jadi solusi untuk kebutuhan bisnis yang terus berubah, terutama yang terkait dengan perjalanan bisnis, pembelian online, dan keamanan digital.

Yang terpenting, perusahaan punya kemampuan untuk mengatur dan mengendalikan keuangan dengan lebih fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan tanggung jawab masing-masing tim atau divisi.

Apa itu virtual credit card?

Virtual credit card adalah versi digital dari kartu kredit fisik. Kartu kredit korporat ini menawarkan keamanan dan fleksibilitas ekstra dalam transaksi online tim Anda. VCC dilengkapi dengan serangkaian detail kartu unik seperti nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, dan CVV—yang bisa digunakan khusus untuk satu transaksi atau periode singkat. 

Apa perbedaannya dengan kartu kredit konvensional? 

1. Penggunaan

penggunaan VCC untuk berbelanja di ecommerce

VCC hanya dapat digunakan untuk belanja online, transaksi melalui telepon, atau transaksi internasional. Anda tidak dapat menggunakannya di mesin EDC seperti kartu fisik.

2. Keamanan

Kartu kredit virtual menyembunyikan informasi akun Anda dan memiliki detail kartu unik, mengurangi risiko penipuan. Di sisi lain, karena tersimpan di dompet—kartu fisik rentan terhadap pencurian, kloning, dan penyalahgunaan meskipun dilengkapi dengan chip dan PIN.

3. Fleksibilitas

Anda dapat mengajukan nomor transaksi yang berbeda untuk setiap transaksi yang berbeda. Anda juga dapat menetapkan batas pengeluaran, dan bahkan mengunci atau menghapus nomor kartu tanpa memengaruhi akun utama Anda.

Keamanan transaksi online dengan VCC 

Kartu kredit virtual memberikan bisnis lapisan keamanan ekstra untuk transaksi online dari berbagai tempat di seluruh dunia. Ini membantu mencegah peretas mencuri informasi kartu kredit perusahaan atau meretas pembelian online Anda.

1. Token unik 

Setiap transaksi kartu virtual menghasilkan token unik. Nomor sekali pakai berubah setiap kali Anda menggunakannya dan kedaluwarsa saat tidak digunakan. Ini berarti jika peretas mendapatkan nomor VCC, mereka tidak dapat menyalahgunakannya karena nomor tersebut tidak lagi valid.

2. Pemalsuan nomor kartu kredit asli

Kartu juga memiliki serangkaian nomor yang menyembunyikan nomor kartu kredit asli Anda sehingga peretas tidak dapat melihatnya.

3. Tidak ada bentuk fisik 

Hal ini membuatnya lebih aman, karena tidak dapat dicuri dari dompet Anda. Selain itu, data keuangan Anda tidak terlihat oleh merchant tempat Anda bertransaksi. Ini berarti adalah bentuk pembayaran yang lebih aman karena tidak ada data yang dapat dicuri.

Manfaat menggunakan virtual credit card

Ada beberapa kemudahan yang bisa Anda rasakan dengan VCC. Pertama-tama adalah kemudahan dalam pembuatan dan penggunaannya sehari-hari, sebagai berikut: 

  • Proses pembuatan instan
    Prosesnya mudah dan dilakukan secara online, hanya perlu mengajukan permohonannya via aplikasi. Pembuatannya pun tidak memakan waktu lama. 
  • User-friendly interface
    Beberapa penyedia VCC menawarkan aplikasi dengan interface yang mudah dipahami oleh semua kalangan. Karena itu, pengguna tidak akan mengalami kesulitan untuk mengajukan maupun menggunakannya. 

Tidak hanya itu, kartu kredit virtual punya manfaat lain yang dapat mempermudah manajemen pengeluaran bisnis Anda. 

  • Pengeluaran terkendali
    VCC memungkinkan bisnis menetapkan batas pengeluaran pada setiap kartu, membatasi penggunaan pada merchant tertentu, dan jangka waktu penggunaan. 
  • Alokasi anggaran lebih akurat
    Anda dapat menyesuaikan limit sesuai kebutuhan keuangan per tim, vendor, atau proyek. Dengan ini, Anda dapat menghindari risiko melebihi anggaran dan menjaga keuangan bisnis Anda tetap terkendali.
  • Manajemen vendor yang lebih simpel 
    Anda bisa menerbitkan kartu sebanyak apapun yang Anda perlukan untuk melakukan pembayaran online, serta bertransaksi dengan berbagai vendor. 
  • Pemantauan real-time
    VCC menyediakan cara yang nyaman untuk melacak dan mengelola pengeluaran. Setiap transaksi yang dilakukan dengan VCC langsung terupdate di dashboard, sehingga lebih mudah untuk memantau dan mengendalikan pengeluaran.
  • Keamanan finansial
    Kartu ini memiliki nomor yang unik dan dapat Anda gunakan khusus untuk pembelian atau transaksi tertentu, mengurangi risiko kebocoran informasi kartu kredit asli Anda.

Risiko virtual credit card dan tips mengatasinya

Walaupun lebih minim risiko, virtual credit card tidak benar-benar terbebas dari semua risiko. Berikut adalah beberapa risiko yang mungkin terjadi serta cara pencegahannya. 

  • Serangan penipuan
    Akun kartu kredit virtual yang terhubung bisa rentan terhadap penipuan pengambilalihan akun, penipuan phishing, dan serangan yang lebih rumit.
  • Pencurian identitas
    Penipu bisa menggunakan detail akun yang dicuri untuk membuat VCC, sehingga mungkin mengakibatkan pemeriksaan penipuan palsu saat menggunakan kartu virtual.

Untuk meminimalisir risikonya, Anda bisa melakukan tips berikut ini. 

  • Cek berkala pengeluaran Anda
    Ada dashboard terintegrasi di mana Anda bisa memantau setiap transaksi secara real-time. Karena itu, Anda bisa secara rutin periksa riwayat transaksi Anda untuk melihat apakah ada pengeluaran yang janggal. 
  • Alokasikan anggaran yang sesuai 
    Anda dapat menetapkan limit anggaran sesuai dengan tim atau proyek tertentu, sehingga Anda bisa memantau dan mengontrol seberapa banyak uang yang dibelanjakan. 
  • Jaga keamanan akun
    Gunakan kata sandi yang kuat dan aktifkan verifikasi dua langkah untuk menjaga akun Anda tetap aman.
  • Batasi penggunaan 
    Batasi penggunaan kartu kredit virtual agar pengeluaran tetap terkendali dan tidak berlebihan. 

Rekomendasi penyedia layanan virtual credit card

Berikut adalah beberapa penyedia Kartu Kredit Virtual (VCC) terpercaya di Indonesia beserta fitur-fiturnya:

1. Octo Card

Dengan penghasilan tetap minimal 5 juta per bulan, Anda sudah bisa menggunakan layanan kartu kredit virtual dari CIMB Niaga. Beberapa keuntungan yang didapatkan berupa cashback, asuransi perjalanan, hingga proteksi belanja. 

Kartu kredit ini memiliki biaya tahunan sebesar Rp 250.000 yang akan dikenakan setiap tahunnya. Jika ada keterlambatan pembayaran, biaya keterlambatan sebesar 3% dari jumlah tagihan akan dikenakan.

2. Mandiri Kredit Virtual

Mandiri Kredit Virtual adalah kartu kredit virtual yang dapat diakses melalui aplikasi Livin’ by Mandiri, tersedia untuk nasabah baru maupun lama. 

Dengan Mandiri Kredit Virtual di Livin’ by Mandiri, nasabah dapat melakukan transaksi online atau e-commerce, pembayaran QR, mengubah transaksi menjadi cicilan, dan mengakses transaksi Power Cash untuk nasabah terpilih.

3. Spenmo

Sementara itu, bagi korporasi yang mencari kartu kredit virtual, Spenmo menawarkan produk mereka dengan serangkaian manfaat. Kartu ini memungkinkan manajer untuk mengontrol penggunaan kartu oleh karyawan, sambil memberikan visibilitas yang jelas terhadap pengeluaran perusahaan. 

Selain itu, ada fitur perlindungan terhadap penipuan seperti merchant lock dan mendeteksi aktivitas penipuan dengan lebih cepat. 

4. UOB Purchasing Card

UOB Purchasing Card (PCard) adalah kartu kredit virtual khusus korporat, untuk membeli peralatan kantor maupun jasa. Kartu ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, misalnya batasan limit, transaksi di merchant tertentu, dan proses otorisasi. 

Dengan PCard UOB, proses pembelian lebih efisien karena mengurangi urusan administratif. Anda bisa menggunakan PCard UOB untuk membayar supplier peralatan kantor, layanan kurir, tagihan utilitas, dan hingga kebutuhan perjalanan dinas.

Virtual credit card Mekari Expense, kelola keuangan efisien! 

virtual credit card dari Mekari Expense

Kartu kredit virtual dari Mekari Expense diperuntukkan untuk bisnis yang mencari kemudahan dalam mengelola pengeluaran, terutama pengeluaran online. Berikut adalah beberapa kelebihan lainnya: 

1. Mengurangi kompleksitas pengelolaan transaksi online 

Anda punya lebih banyak fleksibilitas untuk mengontrol pengeluaran perusahaan. VCC dari Mekari Expense memfasilitasi keuangan sesuai dengan kebutuhan dan tanggung jawab masing-masing tim/divisi.

2. Menerbitkan nomor kartu unik 

Ini dapat digunakan untuk keperluan spesifik, mendukung berbagai vendor, proyek, atau tim dengan batasan sesuai anggaran, mempercepat respons terhadap kebutuhan bisnis.

3. Penuhi kebutuhan bisnis lebih cepat

Memberikan karyawan kebebasan untuk melakukan pembayaran transaksi tanpa menggunakan dana pribadi. Selain itu, pembayaran langganan secara rutin juga lebih mudah dan otomatis, tidak perlu berulang kali membayar saat jatuh tempo.

4. Diterima di seluruh dunia

Kartu virtual Mekari Expense didukung oleh Mastercard, diterima di lebih dari 30 juta merchant di seluruh dunia, memberikan kemudahan akses global untuk kebutuhan bisnis Anda.

Dengan kartu kredit virtual dari Mekari Expense, pengeluaran perusahaan Anda menjadi lebih terkontrol. Coba sekarang juga!

Referensi

Extend. ”An overview of virtual credit cards

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami