Home / Blog / Tech & Inovation

Kartu Kredit Corporate dan Berbagai Kelebihannya Bagi Bisnis

kartu kredit korporat dan manfaatnya
Daftar isi
Mode

Menurut survei dari Fundera, dua dari tiga pemilik bisnis memiliki kartu kredit corporate. Terbukti bahwa saat ini, banyak perusahaan mulai tertarik untuk menggunakan kartu kredit korporat. 

Kartu kredit dalam bisnis utamanya digunakan untuk meningkatkan daya beli dan akses ke solusi manajemen pengeluaran yang lebih modern. Seperti apa cara kerja kartu kredit corporate dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu kartu kredit korporat?

kartu kredit korporat dengan aplikasinya

Kartu kredit corporate adalah alat keuangan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kegunaannya adalah untuk mempermudah pengelolaan pengeluaran yang terkait dengan operasional perusahaan. 

Karyawan yang diberikan kartu ini dapat melakukan transaksi bisnis—misalnya perjalanan dinas, memungkinkan mereka untuk menginap di hotel atau membeli tiket kereta tanpa harus menggunakan uang pribadi. 

Corporate credit card berbeda dengan kartu kredit pribadi. Terhubung dengan akun perusahaan, artinya bisnis yang bertanggung jawab atas semua tagihan. Selain itu, kartu kredit bisnis juga memiliki batas kredit yang lebih tinggi. Dengan adanya kartu ini, Anda juga dapat memisahkan pengeluaran bisnis dengan pembelian pribadi. 

Manfaat kartu kredit corporate

Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu kredit korporat. Beberapa di antaranya adalah: 

1. Manajemen keuangan bisnis lebih mudah

Kartu kredit perusahaan menghasilkan catatan transaksi yang terperinci, memudahkan bisnis untuk melacak dan mengkategorikan pengeluaran untuk keperluan pajak. Selain itu, dengan laporan transaksi yang terpusat, perusahaan dapat mendapatkan gambaran menyeluruh terkait pengeluaran, membantu dalam perencanaan anggaran dan keuangan.

2. Pelacakan dan pengelolaan pengeluaran bisnis 

Kartu kredit perusahaan memberikan laporan terperinci terkait informasi transaksi. Beberapa penerbit kartu kredit korporat juga menawarkan platform online untuk melacak pengeluaran real-time. Ini meningkatkan transparansi dan memudahkan bisnis untuk memantau dan menganalisis pola pengeluaran. 

Selain itu, perusahaan dapat menetapkan batas pengeluaran pada kartu korporat, memastikan bahwa karyawan mematuhi pedoman anggaran, sehingga mencegah pengeluaran berlebihan. 

3. Fasilitas akses perjalanan dan reward bisnis

Banyak kartu kredit corporate menawarkan keuntungan untuk akses perjalanan seperti tiket penerbangan gratis, peningkatan kelas pesawat, akses ke lounge bandara, dll. Ada juga yang memberikan keuntungan eksklusif lainnya seperti poin hadiah, diskon, cashback, dan lain-lain sesuai dengan nominal pengeluaran tertentu. 

Baca Juga: Apa Itu Perjalanan Bisnis? Pengertian dan Manfaatnya

4. Pengembangan bisnis lebih cepat

Kartu kredit korporat memberikan pendanaan cepat untuk hal-hal seperti inventaris, peralatan, atau teknologi baru. Akses cepat ke uang tunai, tanpa harus mengajukan pinjaman dan menunggu persetujuan—memberikan bisnis kesempatan untuk memanfaatkan peluang pasar yang baru dengan cepat. 

Akses cepat ke dana mendorong 22,8% responden untuk menggunakan kartu kredit korporat sebagai metode pendanaan utama mereka.

– Dilansir dari Forbes, 2023

5. Kepuasan karyawan meningkat

Karyawan tentunya tidak perlu repot-repot menggunakan kartu pribadi mereka. Mereka menjadi lebih mudah mendapatkan akses ke dana darurat, penggantian kartu, serta risiko penyalahgunaan identitas menjadi berkurang. 

Fitur utama kartu kredit corporate

Ada beberapa fitur utama yang ditawarkan kartu kredit korporat. Perlu diingat bahwa fitur-fitur spesifik dapat bervariasi sesuai dengan penerbit kartu. 

1. Batas kredit perusahaan

credit limit

Batas kartu kredit korporat ditentukan dari ukuran kemampuan perusahaan itu sendiri, didasarkan pada skor kredit perusahaan, riwayat pembayaran, serta kesehatan keuangan. Limit ini biasanya lebih tinggi daripada kartu kredit pribadi. 

Beberapa penerbit kartu juga memberikan kewenangan bagi pemegang akun untuk menetapkan batas pengeluaran, baik untuk seluruh akun perusahaan atau pemegang kartu individu. Perusahaan dapat mengendalikan pengeluaran berdasarkan peran, kebutuhan, dan tanggung jawab. 

2. Pelaporan dan pemantauan

Platform kartu kredit korporat biasanya menyediakan pelaporan sistematis terkait semua pengeluaran. Fitur ini juga memungkinkan perusahaan untuk melakukan audit teratur pada semua transaksi, memastikan bahwa pengeluaran sudah sesuai dengan kebijakan perusahaan. Jadi, jika ada penyalahgunaan kartu, bisa segera ditemukan dan diatasi. 

Penting

Dengan Mekari Expense, tiap transaksi secara instan tercatat dalam dashboard, memudahkan pemantauan dan analisis pengeluaran.

3. Poin dan reward

Sama halnya dengan kartu kredit pribadi, kartu kredit corporate sering kali menawarkan program reward. Ini berarti perusahaan mendapatkan poin atau hadiah berdasarkan nominal uang yang dihabiskan oleh seluruh pemegang kartu. 

Sekitar satu dari lima responden yang menggunakan kartu kredit korporat untuk mendanai bisnis mereka dimotivasi oleh peluang untuk mendapatkan hadiah atau cashback.

– Dilansir dari Forbes, 2023

Poin tersebut biasanya bisa ditukarkan dengan beragam hadiah, seperti cashback, perjalanan gratis, dan manfaat lainnya. Ini tentunya membantu perusahaan untuk menghemat biaya. 

Bank yang menyediakan kartu kredit korporat

Layanan keuangan seperti bank dan fintech menyediakan kartu kredit corporate. Berikut adalah beberapa provider kartu kredit terbaik untuk perusahaan: 

1. Mandiri Corporate Card

Produk dari Bank Mandiri ini menawarkan berbagai manfaat seperti kemudahan kontrol pengeluaran pegawai, grace period 20 – 50 hari untuk mengatur cash flow, serta pembayaran tagihan efisien menggunakan Mandiri Cash Management. 

2. BCA Visa Corporate

Bank BCA juga menawarkan fleksibilitas dalam transaksi bisnis. Fasilitas yang ditawarkan antara lain akses informasi limit dan transaksi, serta pembayaran tagihan langsung melalui KlikBCA Bisnis. Ada juga program menarik setiap bertransaksi di merchant terpilih. 

3. BNI Corporate Card

Bank BNI juga mengeluarkan kartu kredit khusus yang diberikan kepada pegawai dengan level atau jabatan tertentu di perusahaan. Terdiri dari dua pilihan, Corporate Card Gold dan Platinum. Manfaat yang ditawarkan antara lain memudahkan monitoring pengeluaran, memperlancar cash flow, dan mengurangi penggunaan uang tunai. 

4. UOB Corporate Card

Kartu kredit korporat dari Bank UOB ini adalah solusi untuk pengusaha berskala menengah maupun besar yang dinamis. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah tailored card programme untuk memenuhi kebutuhan bisnis, asuransi sebagai perlindungan terhadap penyalahgunaan kartu, serta laporan pengeluaran secara real-time. 

Kemudahan pengeluaran bisnis dengan Mekari Expense 

Mekari Expense menyediakan solusi Kartu Kredit Virtual yang memungkinkan bisnis untuk menggunakan kartu kredit korporat tanpa perlu memiliki fisik kartu. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan kartu kredit korporat dalam bentuk virtual: 

1. Account payable lebih optimal

Penyelesaian pembayaran menjadi lebih cepat, tidak perlu memakan waktu berhari-hari, sehingga arus kas dapat dipantau secara langsung.

2. Keamanan lebih terjamin

Karena bentuknya virtual, keamanan kartu kredit korporat dari Mekari Expense lebih terjamin. 

3. Penggunaan lebih terkendali

Anda dapat menggunakannya sebagai kartu prabayar perusahaan dengan jumlah uang yang ditujukan untuk tujuan tertentu. Jadi, Anda bisa menentukan limit pembayaran maksimal dari setiap tim, vendor, atau proyek tertentu. 

4. Manajemen vendor yang mudah 

Anda juga dapat mengeluarkan kartu yang berbeda, sesuai kebutuhan untuk pembayaran online dan vendor yang berbeda. 

Anda dapat membayar subscription, iklan digital dan transaksi online lainnya dengan fitur Kartu Kredit Virtual dari Mekari Expense yang didukung Mastercard (dapat digunakan secara global). Kontrol pengeluaran bisnis Anda lebih mudah dengan Mekari Expense!

Ketahui lebih lanjut mengenai kartu kredit virtual dan manfaatnya yang berlimpah bagi bisnis Anda, melalui artikel Virtual Credit Card Adalah: Pengertian, Manfaat, Tips Penggunaan. 

Referensi

Forbes. ‘’Business Credit Cards: Statistics And Trends In 2023’’
Investopedia. ‘’Corporate Credit Card: Definition, How It Works, Types & Benefits’’

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami