Home / Blog / Tech & Inovation

15 Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik di Indonesia

aplikasi hr
Daftar isi
Mode

Studi HR yang dilakukan oleh Personio mengungkapkan, 55% pengambil keputusan di HR menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan administratif. Pekerjaan yang lebih strategis jadi cenderung terbengkalai.

Aplikasi HR muncul sebagai solusi atas masalah ini. Tugas seperti mengelola penggajian hingga rekrutmen, kini bisa dikerjakan secara otomatis dengan lebih cepat dan akurat.

Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi HR yang dapat digunakan? Yuk, simak artikel berikut ini.

Mengenal Aplikasi HR

Aplikasi HR adalah sistem yang bisa menyimpan dan mengelola data karyawan, seperti payroll, kehadiran, rekrutmen, cuti, dll.

Dengan HRIS, tim HR bisa bekerja lebih cepat dan efektif. Selain mengerjakan tugas administratif, sistem ini juga bisa membantu HR dalam mengambil keputusan akurat berdasarkan data, melalui fitur HR Dashboard.

Software HR ini juga cocok dengan standar sistem ERP yang bisa mengintegrasikan data dan informasi dalam satu tempat.

Sekarang, saatnya memilih aplikasi HR yang paling cocok dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Baca Juga: KPI HRD: Definisi, Indikator, Contoh dan Cara Mengukur KPI

Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi HR terbaik, diantaranya:

1. Mekari Talenta

mekari talenta

Mekari Talenta merupakan aplikasi HR terbaik di Indonesia yang dapat diakses secara online, efisien, dan real-time. Berbagai fitur komprehensif mulai dari:

  • Absensi online. Kehadiran bisa dimonitor secara real-time dan terhindar dari kecurangan, karena menggunakan deteksi wajah dan live GPS.
  • Payroll. Lakukan rekapitulasi data komponen penggajian, hitung secara akurat, dan transfer gaji secara otomatis.
  • Expense Management. Sistem pengajuan reimbursement secara mandiri, HR hanya tinggal monitor dan melakukan approval sesuai dengan saldo karyawan.
  • HR Helpdesk. Satu saluran untuk menghubungi HR, sehingga pertanyaan bisa langsung didistribusikan kepada penanggung jawab terkait.

Masih banyak lagi fitur menarik dari Mekari Talenta. Karena itu, silakan menghubungi sales untuk uji coba gratis software HR dari Mekari Talenta dan pilihan harga menarik sesuai kebutuhan perusahaan.

2. BambooHR

bamboohr

BambooHR merupakan aplikasi HR yang sangat populer dan digunakan oleh lebih dari 18.000 perusahaan di seluruh dunia. Terdapat fitur seperti:

  • Manajemen data karyawan
  • Manajemen performa
  • Manajemen rekrutmen
  • Manajemen absensi
  • Manajemen cuti.

Aplikasi BambooHR juga dapat terintegrasi dengan banyak sistem perangkat lunak lainnya seperti sistem keuangan dan sistem manajemen proyek.

3. Zenefits

zenefits

Selanjutnya terdapat Zenefits yang memungkinkan tim HR untuk mengelola proses onboarding, manajemen cuti, administrasi insentif, manajemen gaji, dan manajemen tunjangan.

Zenefits juga memiliki fitur manajemen compliance yang membantu perusahaan mematuhi peraturan perundang-undangan dan peraturan industri.

3. ADP Workforce Now

ADP Workforce Now

ADP Workforce Now menawarkan berbagai fitur seperti manajemen gaji, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen kinerja, dan manajemen kebijakan HR.

Software ini juga menawarkan berbagai laporan dan analisis data yang membantu tim HR dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

4. UKG Ready

UKG ready

UKG Ready menyediakan fitur manajemen absensi, manajemen gaji, manajemen karyawan, dan manajemen waktu.

Sama seperti aplikasi HR lainnya, UKG Ready juga terintegrasi dengan sistem keuangan dan sistem manajemen proyek yang umum digunakan.

5. Zoho People

Zoho People

Terdapat HR software lain, seperti Zoho People dengan fitur manajemen performa, manajemen cuti, manajemen gaji, dan manajemen rekrutmen karyawan baru.

Zoho juga terintegrasi dengan sistem keuangan dan sistem manajemen proyek, serta menyediakan laporan dan analisis data untuk membantu tim HR dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

6. Gusto

Gusto

Gusto adalah aplikasi HR yang menyediakan fitur manajemen gaji, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen cuti, dan manajemen dokumen karyawan.

Aplikasi ini juga menawarkan fitur manajemen pajak dan manajemen asuransi yang membantu tim HR dalam memenuhi kewajiban perpajakan dan asuransi karyawan.

7. Payroll Bozz

payroll bozz

Aplikasi Payroll Bozz membuat prosedur sistem penggajian secara online dan terintegrasi juga dengan sistem absensi.

Anda juga dapat mengajukan izin dan cuti karyawan menggunakan aplikasi tersebut.

8. Bambee

aplikasi hr bambee

Aplikasi ini cocok untuk perusahaan kecil yang belum memiliki tim HR berpengalaman. Bambee menyediakan konsultan HR khusus bagi penggunanya, sehingga masalah atau pertanyaan dapat segera ditangani langsung.

Bila perusahaan ingin mengadakan training bagi karyawan, aplikasi ini juga bisa memfasilitasinya.

9. Arcoro

aplikasi hr arcoro

Software berikut ini khusus dirancang untuk perusahaan konstruksi. Fitur yang ditawarkan terdiri dari rekrutmen, onboarding, hingga record management.

Arcoro menyediakan modul untuk melacak sertifikasi, lisensi, pelatihan keselamatan, memastikan kualitas pekerja dan standar dalam proyek. Selain itu, ada juga fitur untuk monitor kehadiran hingga jadwal pekerja.

10. Factorial

aplikasi hr factorial

Selain fitur penggajian dan kehadiran, Factorial juga menyediakan sistem rekrutmen, onboarding – offboarding karyawan, OKR tracking, hingga performance review. 

Aplikasi ini bisa diakses melalui komputer dan ponsel. Selain itu, Anda bisa mengecek karyawan yang berulang tahun atau merayakan anniversary kerja dalam bulan tertentu.

11. monday.com

aplikasi hr monday.com

Salah satu fitur menarik dari monday.com yaitu bisa menarik lamaran kandidat dari website perusahaan, kemudian menambahkannya ke alur kerja HR. Sehingga, HR bisa segera mengabari user yang berwenang untuk meninjau kandidat tersebut.

Monday.com juga bisa melacak jam kerja karyawan, merencanakan dan mengukur KPI, serta membuat template untuk proyek.

12. ClearCompany

aplikasi hr clearcompany

Aplikasi ini menawarkan fitur rekrutmen yang tidak biasa. Terdapat fitur otomatis yang bisa digunakan untuk menyaring kandidat, menjadwalkan wawancara, hingga melakukan background checking.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkan kandidat yang telah direkrut ke dalam fitur onboarding dari ClearCompany, sehingga proses transisi yang dilakukan oleh HR menjadi lebih cepat.

13. onHRD

Selanjutnya terdapat aplikasi HR berbasis website dari onHRD. Aplikasi ini dapat digunakan juga melalui smartphone.

Fitur yang ditawarkan mulai dari absensi, jadwal kerja, hingga pengajuan cuti.

14. Jojo Payroll

Satu lagi rekomendasi dari Jojo Payroll. Aplikasi ini menawarkan penggajian otomatis dengan fitur cetak slip gaji.

Terdapat fitur lainnya, seperti absensi, cuti lembur, dan lainnya.

15. KaryaOne

Pilihan aplikasi HR berikutnya ada pada KaryaOne. Apikasi ini memberikan kemudahan dalam mengelola sumber daya manusia dan kinerja karyawan.

KaryaOne dapat digunakan untuk UMKM hingga korporasi melalui website maupun smartphone.

Kesimpulan

Dari 15 rekomendasi aplikasi HR di atas, Anda bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Ada baiknya untuk memilih aplikasi all-in-one yang terintegrasi dengan berbagai kebutuhan HRD.

Mekari Talenta bisa menjadi jawaban yang tepat untuk Anda. Tidak perlu ragu lagi, hubungi sales sekarang juga.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami