Image 5 Peluang Usaha Rumahan Menguntungkan dengan Modal Kecil
Blog

Mengulik Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil

Dengan adanya pandemi, tentu berdampak pada sendi-sendi ekonomi. Hal ini yang kemudian mendorong masyarakat memanfaatkan peluang usaha rumahan terutama yang modalnya kecil dan ringan.

Pemberlakuan aturan pembatasan aktivitas masyarakat, memberi ide untuk menjalankan bisnis rumahan online. Selain menambah pemasukan, bisnis tersebut dapat dijalankan tanpa melanggar peraturan terkait kondisi pandemi yang tengah kita rasakan.

Tidak hanya di masa pandemi saja, bahkan pada kondisi normal seseorang bisa memanfaatkan peluang usaha rumahan. Tujuannya yakni sebagai usaha sampingan agar memiliki sumber keuangan selain gaji sebagai karyawan.

Hal itu tentu akan sangat membantu Anda dalam membuat perencanaan keuangan untuk masa depan. Semakin banyak sumber penghasilan, maka kondisi finansial lebih mudah untuk dijaga agar tetap aman.

peluang usaha rumahan dengan modal kecil

Kapan Saat yang Tepat Memanfaatkan Peluang Usaha Rumahan?

Sebagian orang menganggap bahwa kesuksesan dalam berkarir adalah ketika menduduki jabatan tinggi dan penting. Namun tidak sedikit juga yang berpikir jika sukses adalah ketika ia bisa membangun sebuah usaha.

Tidak ada yang salah, keduanya hanyalah perbedaan mindset saja. Bahkan jika bisa menjalankan keduanya, kenapa tidak dicoba karena tidak ada ruginya dan justru banyak keuntungannya.

Memiliki usaha sekecil apapun, tetap saja Anda bosnya. Tidak ada kekhawatiran dipecat secara sepihak dan untuk urusan rugi atau bangkrut tergantung pada strategi usaha Anda.

Jangan menunggu berada di masa sulit seperti ketika pandemi melanda untuk memulai usaha. Justru ketika pekerjaan Anda sedang baik-baik saja, itulah saatnya mulai membangun usaha.

Dengan begitu Anda memiliki satu sumber pemasukan baru yang juga menjadi investasi jangka panjang nantinya. Hal ini akan menjadi salah satu pondasi keuangan yang baik bagi kesehatan finansial Anda kedepannya.

Tidak perlu memulai usaha yang muluk-muluk dengan modal terlalu besar. Anda bisa mulai dengan memanfaatkan peluang usaha rumahan yang minim modal tetapi potensial.

Analisa usaha rumahan yang lagi trend di masyarakat luas maupun sekitar. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menyesuaikan jenis usaha yang akan dijalankan.

Lalu apa saja usaha rumahan yang bisa Anda coba sebagai tambahan pemasukan? Berikut ini beberapa contoh usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba jalankan.

5 Peluang Usaha Rumahan Minim Modal dan Menjanjikan

Ada banyak jenis usaha rumahan yang bisa dijalankan dengan sedikit modal. Terlebih dengan dukungan teknologi, maka Anda bisa memiliki lebih banyak peluang.

Diantara banyaknya peluang usaha rumahan yang bisa Anda jalankan. Di bawah ini contoh usaha minim modal tetapi hasilnya bisa sangat menjanjikan.

1. Dropshipper

Peluang usaha pertama ialah sebagai dropshipper. Di sini Anda hanya modal kuota untuk memasarkan produk milik supplier di media sosial dengan memajang foto produknya.

Anda tidak harus menyetok barang, karena sebagai dropshipper Anda hanya perlu memasarkan produk dan menaikkan harga dari supplier. Margin dari harga jual tersebut yang menjadi pendapatan Anda.

Soal packing dan pengiriman barang ke customer, itu menjadi tugas dari supplier. Produk akan dikirim dengan mengatasnamakan store atau online shop Anda.

Maka, hal pertama yang harus dipastikan sebelum menjadi seorang dropshipper adalah memilih supplier yang tepat. Barangnya berkualitas, diminati, harga memungkinkan Anda untuk mengambil untung dan amanah tentunya.

2. Reseller

Jika Anda mengawali usaha sebagai dropshipper, ketika modal sudah mencukupi Anda bisa upgrade usaha menjadi reseller. Mulai menyetok barang meski belum dalam jumlah besar.

Dengan memiliki stok barang sendiri, dapat memberi fasilitas pembayaran di tempat ataupun penjualan secara offline. Hal ini tentu dapat lebih menarik minat pelanggan.

Untuk rencana jangka panjang, Anda bisa menabung tambahan modal dan mengembangkan usaha menjadi supplier. Loyal customer yang sudah ada bisa Anda jadikan reseller ataupun dropshipper.

Dengan begitu usaha akan lebih mudah berkembang. Bukan tidak mungkin, dari peluang usaha rumahan yang minim modal Anda bisa membuka gerai offline di beberapa tempat.

Ketika usaha reseller Anda berjalan dengan lancar, maka Anda akan membutuhkan tempat penyimpanan seperti gudang sebagai tempat untuk menyimpan produk-produk yang dijual.

Mengelola stok produk di gudang dapat Anda lakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi gudang berbasis cloud yang mudah digunakan untuk mengetahui secara real time jumlah stok dimana saja dan kapan saja.

3. Kursus Online/Offline

Apabila Anda memiliki keahlian khusus seperti memasak, membuat kue atau kemampuan di bidang akademis, maka hal itu bisa dijadikan ide usaha rumahan.

Apabila Anda tidak memiliki kegiatan atau pekerjaan utama, maka bisa menerima kursus secara offline di rumah. Sementara jika ini dijadikan pekerjaan sampingan, maka Anda bisa membuka kursus online seperti yang sedang marak saat ini.

Anda tidak membutuhkan modal besar untuk menjalankannya. Cukup memasarkan jasa dengan gencar dan semenarik mungkin, disertai portofolio yang dapat membuktikan keahlian yang akan Anda ajarkan.

Ketika peserta kursus merasa puas dengan hasil yang didapatkan, maka mereka tidak akan segan merekomendasikan jasa Anda pada teman ataupun keluarganya. Pemasaran dari mulut ke mulut dipercaya lebih efektif menggaet konsumen dan mengembangkan usaha kita.

4. Catering

Usaha kuliner adalah usaha sepanjang masa. Sebab masyarakat akan selalu membutuhkan makan.
Selama Anda bisa berinovasi dan memberikan cita rasa yang spesial, maka lebih mudah memperoleh pelanggan loyal.

Anda bisa memasarkan usaha ini secara online lewat media sosial. Jangan lupa sertakan foto hasil masakan semenarik mungkin untuk menarik perhatian.

Pastikan menu yang Anda tawarkan cukup unik dan berikan berbagai promo penawaran yang membuat calon konsumen tertarik. Perhatikan kebersihan, cita rasa dan juga kualitas pelayanan agar pelanggan puas dan ketagihan.

Untuk memulai peluang usaha rumahan yang satu ini Anda bisa membuat open pre order. Dengan begitu jumlah masakan yang dibuat disesuaikan dengan jumlah pesanan.

Sistem open PO meminimalkan modal dan juga risiko hasil masakan tidak laku terjual. Dari usaha ini, Anda memperoleh keuntungan dari penjualan dan juga kelebihan masakan untuk dijadikan lauk makan bersama keluarga.

Perputaran uang masuk dan keluar pada bisnis ini sangatlah cepat, solusinya agar Anda tidak kewalahan dalam mengatur keuangan adalah menggunakan software akuntansi online.

5. Jasa Jahit

Memiliki keahlian menjahit dan juga mesinnya, Anda bisa membuka usaha jasa jahit. Untuk pemasaran jasa, Anda bisa memanfaatkan media sosial dan memasang banner atau papan nama di depan rumah.

Pajang hasil jahitan di rumah dan juga di laman media sosial sebagai bukti kualitas hasil kerja Anda. Jika hasilnya memuaskan, tentu akan banyak pelanggan yang merekomendasikan jasa Anda pada orang-orang di sekitarnya.

Dengan memberikan hasil jahitan yang bagus, usaha Anda bisa saja berkembang menjadi konveksi berskala besar. Jangan ragu untuk mengajukan proposal pada beberapa komunitas, organisasi maupun instansi untuk menggunakan jasa Anda dalam pengadaan seragamnya.

Nah, kira-kira peluang usaha rumahan apa yang sesuai dan akan Anda coba? Usahakan untuk menjalankan usaha yang memang merupakan passion Anda.

Mengerjakan sesuatu yang kita sukai akan menjadi kesenangan tersendiri. Hal itu tidak akan menjadi beban justru memberi kepuasan.

Tidak perlu overthinking untuk memulai usaha. Lakukan hal-hal yang Anda suka dan bisa, lalu mulai pasarkan agar orang lain mengetahuinya.

Tidak ada usaha yang berjalan mulus tanpa hambatan dan bisa sukses secara instan. Untuk itu pastikan agar tidak kehilangan motivasi dan bisa mengevaluasi kegagalan untuk meraih kesuksesan.

Untuk mendukung kesuksesan UKM dalam menjalankan usaha, Anda dapat mencoba produk dari Mekari. Mekari memiliki software ERP terbaik dan terlengkap yang dapat digunakan sesuai kebutuhan usaha dengan harga terjangkau.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp Hubungi sales