Home / Blog / Business & Economy

Loyalitas Karyawan: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mempertahankannya

loyalitas karyawan dan pengertian, manfaat, dan cara mempertahankannya
Daftar isi
Mode

Loyalitas karyawan merupakan salah satu bentuk kesetiaan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Memiliki karyawan yang memiliki sikap loyalitas tinggi merupakan salah satu aset penting yang perusahaan inginkan.

Selain tidak menguras banyak biaya secara terus-menerus untuk merekrut karyawan baru, karyawan dengan tipe seperti ini cenderung memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Namun, kebanyakan tim HRD perusahaan masih kesulitan mengenai bagaimana menanamkan dan mempertahankan sikap loyalitas kepada karyawan-karyawannya.

Padahal, salah satu cara dan strategi paling mudah sebagai solusi untuk menghadapi ini adalah dengan mengadakan program flexible benefit.

Di sini, Mekari akan memaparkan secara lengkap mengenai loyalitas karyawan, apa manfaatnya, dan bagaimana mempertahankannya.

Apa itu Loyalitas Karyawan?

Menurut Poerwopoespito (2000), loyalitas karyawan dalam pekerjaannya tercermin melalui bagaimana sikap karyawan yang mencurahkan kemampuan dan waktunya, melaksanakan tanggung jawabnya, jujur, hubungan yang membangun dalam lingkungan kerja, disiplin, dan mampu bekerja pada tempat yang sama dalam jangka waktu yang panjang.

Di sisi lain, loyalitas karyawan dapat dikatakan terbentuk ketika seorang karyawan dapat tetap bersama perusahaan dalam kurun waktu yang lama.

Sikap ini dapat muncul baik melalui internal maupun eksternal karyawan. Perusahaan dapat mendorong dan membentuk sikap ini dengan memberikan perhatian penuh terhadap pengelolaan karyawan. Karyawan-pun merasa dihargai dan diapreasi hingga percaya secara penuh terhadap manajemen perusahaan.

Karyawan yang setia kepada perusahaan cenderung lebih berinvestasi dalam kesuksesan perusahaan dan bekerja untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, kemungkinan kecil mereka akan mencari peluang kerja baru di perusahaan lain.

 

 

Pentingnya Loyalitas Karyawan 

Banyak manfaat yang dapat perusahaan rasakan dengan memiliki loyalitas karyawan yang tinggi.

Dari segi operasional perusahaan, loyalitas mencerminkan karyawan dengan kualitas produktif yang tinggi serta rendahnya turnover karyawan. Hal ini dapat meningkatkan daya saing perusahaan dengan perusahaan kompetitor.

Di sisi lain, perusahaan dapat meningkatkan brand image dan peluang pertumbuhan keuntungan yang kuat dan dalam jangka panjang.

Masih banyak keuntungan dan manfaat lainnya mengenai loyalitas karyawan, di antaranya:

Customer experience : Karyawan yang menghargai perusahaan dapat menyampaikan nilai-nilai tersebut kepada setiap pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perusahaan Anda.

Meningkatkan tingkat produksi: Karyawan yang termotivasi lebih mungkin untuk memenuhi atau melampaui sasaran produksi. Mereka juga dapat menemukan metode untuk membantu karyawan lain mencapai atau melampaui target produksi.

Membangun citra perusahaan: Tingginya indikator kepuasan kerja karyawan terhadap perusahaan juga dapat mengindikasikan bahwa tingkat loyalitas mereka juga akan tinggi. Ini dapat membangun citra perusahaan melalui employer branding. Ini dapat menjadi publikasi yang baik bagi perusahaan.

Cara Mempertahankannya

Melihat begitu pentingnya loyalitas karyawan untuk perusahaan, sudah sewajarnya jika perusahaan mulai menyusun strategi untuk mempertahankannya. 

Lalu bagaimana caranya?

Berikut beberapa cara yang bisa perusahaan terapkan untuk mempertahankan loyalitas karyawan:

Skema kompensasi yang tepat

Skema kompensasi yang tepat dan menarik tidak pernah berhenti memukau karyawan sampai saat ini.

Untuk mendapatkan loyalitas karyawan Anda, ada baiknya jika Anda memberikan skema kompensasi yang kompetitif dan sesuai dengan kondisi pasar SDM.

Peningkatan promosi karyawan secara berkala juga tidak kalah penting dan perlu mendapatkan perhatian lebih.

Ini menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar berkomitmen untuk mengapresiasi karyawan terhadap pekerjaannya dan menaikkan nilai perusahaan di mata karyawan itu sendiri.

Peningkatan Karir

Salah satu keinginan orang untuk bekerja adalah dapat mengembangkan karir hingga setinggi mungkin.

Sehingga, karyawan kebanyakan mengerjakan tanggung jawabnya sebagai bentuk untuk meningkatkan kapabilitas demi karir yang lebih baik.

Di sini, perusahaan dapat menjadi peran sebagai wadah untuk karyawan mencapai karir impiannya.

Hal ini dapat membuat mereka bertahan dalam perusahaan dan meningkatkan loyalitas karyawan seiring berjalannya waktu.

Perusahaan juga dapat mendorong peluang tersebut dengan menyediakan pelatihan dan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan karir tersebut.

Keamanan Pekerjaan

Pandemi tahun 2020 memberikan gambaran bahwa keamanan pekerjaan merupakan salah satu faktor yang cukup penting.

Perusahaan harus dapat memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi di masa depan yang mungkin dapat mempengaruhi keuangan dan operasional perusahaan.

Selain kematangan perusahaan dalam menghadapi krisis, budaya dan lingkungan kerja yang positif juga disambut dengan baik oleh karyawan perusahaan.

Ketiga faktor tersebut dapat menjadi faktor utama karyawan dalam melihat keamanan pekerjaan dalam suatu perusahaan.

Jika berhasil dengan baik dan sukses, produktivitas dan loyalitas karyawan akan semakin meningkat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Fleksibilitas

Fleksibilitas sudah menjadi suatu tren kerja terbarukan saat ini. Beragam perusahaan mengimplementasikan konsep kerja ini sebagai kebijakan baru dalam perusahaannya.

Bukan berarti mereka hanya sekedar mengikuti tren yang disukai oleh karyawan. Namun, banyaknya manfaat yang perusahaan rasakan juga menjadi salah satu faktornya.

Fleksibilitas di tempat kerja sangat mempermudah berbagai pihak, baik perusahaan maupun karyawan. Hal ini karena apapun kegiatannya dapat dikerjakan dengan cara apapun, kapanpun, dan di manapun karyawan berada.

Berbagai suasana yang bersifat fleksibel ini juga ditunjang oleh beragam fasilitas dan benefit yang diberikan oleh perusahaan.

Beberapa contohnya adalah gaya kerja yang hybrid atau bahkan work from anywhere, berbagai aplikasi dan software yang menunjang manajemen pekerjaan, tunjangan komunikasi dan internet, dan ragam bentuk lainnya

EWA sebagai flexible benefit pilihan untuk karyawan

Itu lah manfaat dan cara meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan. Ada pun perusahaan juga membutuhkan alat untuk pengelolaan berbagai benefit yang beragam.

Mekari Flex merupakan sebuah software yang dapat membantu perusahaan dalam mengakomodir berbagai tunjangan dan benefit karyawan dengan mudah melalui aplikasi mobile.

Salah satu fitur unggulan dari Mekari Flex adalah Earned Wage Access (EWA), yang memungkinkan karyawan untuk mengambil upah mereka sebelum tanggal penggajian.

Dengan fitur Earned Wage Access dari Mekari Flex ini, karyawan dapat menarik gajinya tanpa harus menunggu tanggal tertentu. 

Tunggu apa lagi, segera coba dan manfaatkan beragam fitur yang terdapat dalam Mekari Flex dengan menghubungi tim ahli kami.

 

 

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami