Home / Blog / Business & Economy

Kalender Pajak 2023, Tanggal Penting Lapor dan Bayar Pajak

kalender pajak 2023
Daftar isi
Mode

Kalender Pajak

Tahunan pajak sangat penting bagi setiap wajib pajak. Maksud dari tahun pajak yaitu berupa kalender pajak yang berisikan jadwal dan tanggal penting untuk mengetahui batas lapor wajib pajak.

Adanya tahun pajak juga sebagai perhitungan dalam 1 tahun kalender pajak, kecuali wajib pajak menggunakan tahun buku atau tahun yang tidak sama dengan tahun pajak. Setiap wajib pajak memiliki pengaturan tahun pajak tersendiri.

Kalender pajak hadir sebagai acuan, pedoman, dan pengingat bagi setiap wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban bayar dan lapor pajak agar terhindar dari sanksi pajak. Kalender pajak selalu berubah tiap tahun karena adanya hari libur nasional kalender 2023 atau ketentuan lainnya.

Jadwal Penting Pajak 2023

Setiap tahun, kalender pajak selalu berubah sesuai ketentuan hari libur maupun cuti bersama. Berikut kalender pajak 2023 yang dapat Anda gunakan sebagai pengingat jadwal lapor pajak.

jadwal penting kalender pajak 2023

Untuk tampilan yang lebih interaktif dan dapat diintegrasikan dengan Google Calendar, silahkan kunjungi halaman Kalender Pajak 2023 dari Klikpajak.

Setelah Anda mengetahui kalender perpajakan tahun 2023, Anda juga wajib tahu untuk mengetahui istilah pelaporan pajak sepeerti masa pajak, tahun pajak, dan bagian tahun pajak.

1. Masa Pajak

Berdasarkan Pasal 1 angka 7 Undang-Undang KUP, masa pajak merupakan jangka waktu yang menjadi dasar dalam menghitung, menyetor, hingga melaporkan pajak terutang dalam suatu jangka waktu tertentu.

Sementara itu, sesuai Pasal 2A UU KUP, masa pajak berupa jangka waktu yang sama dengan 1 bulan kalender atau jangka waktu lain yang diatur dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) paling lama 3 bulan kalender. Jadi, masa pajak merupakan waktu dalam 1 bulan, misalnya masa pajak Januari, masa pajak Februari, dan seterusnya.

2. Tahun Pajak

Tahun pajak dapat juga didefinisikan sebagai kalender pajak. Berdasarkan Pasal 1 angka 8 UU KUP, tahun pajak berupa jangka waktu 1 tahun kalender. Hal tersebut terdapat pengecualian jika wajib pajak menggunakan tahun buku.

Setiap wajib pajak diperbolehkan menggunakan tahun pajak yang tidak sama dengan tahun kalender, namun dengan syarat harus konsisten selama 12 bulan. Berikut contoh menentukan tahun pajak, diantaranya:

  • Tahun Pajak Sama dengan Tahun Kalender
    Awal pembukuan pajak mulai dari 1 Januari 2023 dan berakhir tanggal 31 Desember 2023, disebut tahun pajak 2023.
  • Tahun Pajak Tidak Sama Tahun Kalender
    Pembukuan dimulai tanggal 1 Juli 2022 dan berakhir tanggal 30 Juni 2023.

3. Bagian Tahun Pajak

Selanjutnya mengenai bagian tahun pajak yang diatur dalam Pasal 1 angka 9 UU KUP, bagian tahun pajak merupakan jangka waktu 1 tahun pajak atas 1 bulan kalender dan/atau 1 bulan kalender atau beberapa bulan kalender.

Misalnya, pemeriksaan SPT Masa PPN dengan status SPT lebih bayar untuk masa pajak Maret 2023, maka pemeriksaan SPT Masa PPN dan dokumen pendukung untuk masa pajak Januari hingga Maret 2023. Lapor SPT Masa PPN dapat menggunakan aplikasi efaktur pajak untuk menghemat waktu.

Baca Juga: Cara Lapor SPT Tahunan Badan secara Online, Paling Lengkap!

Manfaat Kalender Pajak

Nah, setelah mengetahui apa itu kalender pajak, Anda dapat mendapatkan manfaat dengan adanya kalender bagi setiap wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan.

Berikut manfaat kalender pajak bagi setiap wajib pajak, diantaranya:

  1. Pengingat jadwal penting lapor pajak bagi wajib pajak.
  2. Agar terhindar dari sanksi pajak, jika telat akan membayar denda telat bayar pajak.
  3. Membantu para akuntan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan dalam pelaporan pajak SPT  tahunan.
  4. Sebagai informasi perpajakan bagi wajib pajak pribadi maupun badan.

Pentingnya jadwal perpajakan dapat digunakan untuk keperluan pribadi, perusahaan, atau WP badan mulai dari pelaporan SPT, ebilling dan efiling.

Kalender Pajak 2024

Sebentar lagi sudah tiba saatnya untuk memasuki tahun pajak baru. Agar tidak ketinggalan jadwal pembayaran dan pelaporan pajak pada tahun 2024, Anda bisa langsung cek artikel Kalender 2024.

Cek artikel Kalender 2024 di sini

Tidak hanya jadwal perpajakan, Anda juga bisa mengetahui info penting terkait bisnis, hari libur nasional, dan cuti bersama.

Nah, itulah beberapa ulasan terkait kalender perpajakan 2023. Adanya kalender ini untuk memudahkan Anda dalam mengatur lapor pajak. Pastikan untuk melakukan proses perpajakan melalui aplikasi pajak online, supaya semua prosesnya lebih mudah dan cepat.

Selain pajak, masih ada berbagai operasional bisnis yang dapat Anda atur bersama Mekari. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami