Jurusan Kuliah untuk Berkarier sebagai HRD

jurusan kuliah untuk karir HRD

Apa saja jurusan kuliah yang tepat untuk bekerja sebagai HRD?

HRD (Human Resources Department) dalam sebuah perusahaan memegang peranan penting karena bertanggung jawab atas pengelolaan SDM (Human Resources) mulai dari perencanaan tenaga kerja, perekrutan, pengembangan, manajemen kinerja, penentuan gaji/kompensasi hingga pertumbuhan hubungan kerja.

HRD ini adalah salah satu deskripsi pekerjaan paling populer untuk pekerja. Dikatakan favorit karena tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk duduk di kursi ini.

Karena tidak semua orang bisa mencapai posisi ini, hanya yang terpilih. yang memiliki kesempatan dan keberuntungan di posisi ini. Jika Anda mendapatkan pekerjaan HRD, seharusnya ada perasaan syukur dalam diri Anda.

Karena Anda adalah orang pertama yang dituju oleh pencari kerja untuk diterima atau tidak diterima di perusahaan tersebut.

Ketika seorang HR menghadapi masalah, HR memiliki hak untuk melihat masalah tersebut, terlibat dalam dialog, dan memeriksa dirinya sendiri. juga menjadi salah satu penentu.

Jika Anda memiliki keinginan untuk melanjutkan studi dalam waktu dekat atau tahun depan, jurusan apa yang cocok untuk memenuhi syarat sebagai HRD di sebuah perusahaan? Ini rekomendasinya.

Jadi HRD Biasanya Lulusan Jurusan Apa?

Sebagai HRD (Human Resources Development), lulusan jurusan yang sering terkait dengan bidang ini adalah Psikologi, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), atau Ilmu Komunikasi dengan spesialisasi di bidang HR.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak ada ketentuan yang mengharuskan lulusan dari jurusan tertentu untuk menjadi HRD.

Banyak perusahaan juga membuka peluang bagi lulusan jurusan lain yang memiliki minat dan kemampuan di bidang HR untuk menjadi bagian dari tim HR mereka.

Jurusan Psikologi sangat relevan karena mempelajari tentang perilaku manusia, kepribadian, motivasi, dan dinamika kelompok, yang sangat penting dalam mengelola sumber daya manusia.

Jurusan MSDM (Manajemen Sumber Daya Manusia) secara khusus fokus pada manajemen tenaga kerja, hukum ketenagakerjaan, kompensasi, dan pengembangan karyawan.

Sedangkan Ilmu Komunikasi dapat memberikan pemahaman yang baik tentang komunikasi interpersonal, komunikasi organisasi, serta keterampilan komunikasi yang efektif.

Namun, penting untuk dicatat bahwa latar belakang pendidikan hanyalah salah satu aspek dalam mengembangkan karir sebagai HRD.

Kemampuan komunikasi, manajemen waktu, analitis, kepemimpinan, dan pemahaman tentang peraturan ketenagakerjaan juga sangat penting.

Selain itu, pengalaman kerja, pelatihan, dan sertifikasi HR juga dapat menjadi nilai tambah bagi seorang HRD.

Jurusan Manajemen Untuk HRD

Sarjana Manajemen, Magister Manajemen merupakan jurusan yang sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari untuk posisi HRD karena jurusan ini benar-benar akan melatih anda menjadi seseorang yang memiliki kemampuan menjalankan bisnis dengan baik.

Manajer/HRD/personil perusahaan menerima atau dilatih di fakultas ini. Fakultas manajemen ini biasanya sama seperti fakultas ekonomi. Karena di departemen, administrasi biasanya satu unit dengan keuangan, akuntansi, dan sumber daya manusia.

Masuk fakultas ini akan menjadikan Anda seorang wirausahawan yang kompeten. Kemampuan Anda dalam mengelola keuangan juga akan meningkat, jiwa kepemimpinan Anda akan terbangun dari tidur, keterampilan analitis Anda akan meningkat, Anda akan meningkatkan komunikasi di jejaring sosial, Anda akan menjadi orang yang gigih dan berhati-hati dengan laporan perusahaan.

Jika Anda memiliki gelar ini, peluang Anda untuk diterima atau dipromosikan menjadi Ketua Pengembangan Manusia sangat tinggi.

Jurusan Hukum Untuk HRD

Sarjana Hukum, Magister Hukum, salah satu jurusan yang sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari untuk posisi HRD.

Mengapa? Bagi yang pernah belajar hukum tentu akan mendominasi para pembela HAM ini pasal-pasal atau Undang-Undang (UU) tentang hak asasi manusia.

Beberapa kekeliruan dalam suatu peraturan yang diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan.

Selain itu, dalam bidang ini Anda akan dilatih untuk menjadi pribadi yang percaya diri dan komunikatif yang mampu merespon secara sensitif terhadap lingkungan dan keadaan di sekitar Anda.

Anda akan dilatih untuk jadilah orang yang mudah memecahkan masalah, yang melatih setiap karakter kita menjadi pribadi yang berani dan kritis.

Agar departemen ini juga memiliki kesempatan untuk duduk di kursi HRD perusahaan, antara pengetahuan hukum dan keamanan pengambilan keputusannya.

Jurusan Psikologi Untuk HRD

Sarjana Psikologi, Magister Psikologi juga merupakan salah satu gelar yang dapat dipilih di bidang HRD karena salah satu tugas utama pekerjaan ini adalah merekrut karyawan baru.

Pengajaran di jurusan ini juga sangat cocok untuk membaca karakter seseorang dari banyak hal yang hanya bisa diketahui secara tatap muka dan juga wawancara melalui jurusan.

Di fakultas ini Anda akan belajar banyak hal logis tentang banyak kepribadian manusia, Anda dapat membuat program atau modul pelatihan, meningkatkan keterampilan pemrosesan data kuantitatif dan kualitatif, memiliki diri yang karismatik dengan memahami filosofi, menjadi ahli penelitian.

Pada posisi HRD tidak hanya digunakan untuk rekrutmen, tetapi juga dapat digunakan untuk penilaian sumber daya manusia dengan kemampuan membaca berbagai hal di luar ilmu pendidikan umum lainnya.

Jadi departemen untuk posisi HRD ini sangat besar. Nah bagaimana dengan Anda yang ingin menjadi bagian penting di perusahaan seperti HRD, apakah Anda tertarik untuk menekuni salah satu dari tiga karir di atas?

Mekari Talenta Rekomendasi Aplikasi HRD Terbaik

Mekari Talenta adalah salah satu software untuk manajemen sumber daya manusia. Software HRIS atau aplikasi personalia biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Dengan dilengkapi fitur recruitment, Mekari Talenta akan mempermudah HR dalam mengelola proses rekrutmen karyawan secara online hanya dalam satu aplikasi saja dimulai dari job listing, penjadwalan interview, hingga onboarding.

Tunggu apa lagi? Konsultasi bersama tim sales kami sekarang juga dan coba gratis demo aplikasinya.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami