Image

Yuk, Intip Apa Saja Usaha Modal Kecil yang Menjanjikan!

Anda berencana membuka usaha atau memulai usaha sampingan? Jika, ya, maka patut mencoba beberapa usaha modal kecil yang akan kami rekomendasikan. 

Meski hanya membutuhkan sedikit modal, tetapi berpeluang memberi banyak keuntungan, lo! Bisa dijadikan sumber pendapatan utama, ataupun penghasilan tambahan.

Tentunya disesuaikan dengan beberapa hal yang mampu mendukung usaha Anda berjalan. Apa saja kira-kira contoh usaha modal kecil untung besar? Yuk, simak lanjutannya! 

seorang wanita sedang membuka usaha dengan modal kecil

7 Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar dan Potensial

Berbicara mengenai usaha modal kecil, maka hal pertama yang harus disederhanakan adalah pemikiran terkait lokasi usaha.

Jangan berpikir untuk menyewa bahkan membeli stand atau gerai untuk memulai usaha tersebut. Anda bisa memulai dengan membangun usaha rumahan

Dengan begitu tidak perlu ada pengeluaran untuk biaya sewa atau bahkan membeli tempat. Anda bisa memaksimalkan dana untuk produk juga pemasarannya.

Oleh karena lokasinya di rumah, maka pastikan usaha Anda sesuai kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar. 

Apabila Anda berkeinginan memperluas jangkauan pasar, maka bisa mempertimbangkan bisnis online yang memang tengah populer saat ini. 

Kalian juga bisa untuk mempermudah sistem keuangan usaha kalian dengan software akuntansi berbasis cloud seperti aplikasi akuntasi UKM

Lantas, jenis usaha apa saja yang membutuhkan modal kecil tetapi bisa memberi keuntungan besar? Ini dia beberapa diantaranya.

1. Usaha di Bidang Fashion

Apapun yang berkenaan dengan fashion, akan selalu menarik selama mengikuti trend dan murah. 

Dari kedua syarat tersebut, bisa diaplikasikan pada dua bisnis berbeda tetapi di bidang yang sama, yakni fashion

Anda bisa berjualan baju maupun item fashion lain secara online. Ada banyak supplier terpercaya yang bisa jadi pemasok produk Anda dengan harga terjangkau. Produk atau barang dari supplier juga dapat Anda kelola stok dan peletakannya dengan aplikasi stok barang

Bisa juga dengan membeli dari beberapa marketplace ternama dengan harga diskon, lalu menjual kembali. Jadi, tidak perlu banyak modal untuk usaha ini. 

Pilihan kedua bagi Anda terutama yang masih pelajar atau mahasiswa, bisa menjual item fashion bekas layak pakai. Istilah keren untuk bisnis ini adalah thrift shop

Dijamin, Anda bisa meraih untung besar sekaligus membangun bisnis yang menjanjikan untuk jangka panjang di bidang ini. 

2. Jasa Titip atau Jastip

Usaha ini juga kian populer belakangan ini. Sangat cocok bagi Anda yang hobi travelling

Anda bisa open jastip untuk makanan khas, barang-barang yang hanya bisa didapatkan di daerah tertentu yang sedang Anda kunjungi. 

Modal yang diperlukan tentu bisa disesuaikan dengan budget yang ada untuk membeli. Anda hanya perlu membatasi pesanan, jika dirasa sudah melebihi budget yang ada. 

Keuntungan akan didapat dari margin harga beli dengan harga jual Anda pada konsumen jastip. 

3. Usaha Aneka Kue

Salah satu usaha modal kecil yang juga menjanjikan dan memberi untung besar adalah dengan berjualan kue. 

Bisa cemilan yang sedang hits, seperti macaroon, crepes tart dan masih banyak lagi. 

Bisa juga dengan berjualan kue kering, meskipun lebih ramai saat jelang lebaran, tetapi usaha ini cukup menjanjikan di hari biasa. 

Pemasaran melalui media sosial juga akan mempercepat pengembangan usaha, terlebih jika kue Anda unik juga enak. 

Apabila Anda sudah punya alat yang memadai, maka modal hanya diperlukan untuk bahan-bahan juga kemasan. Jadi, cukup terjangkau bahkan bagi pemula. 

Sebagai langkah awal, Anda bisa open pre order agar tidak rugi karena kue sisa, terlebih kue yang tidak tahan lama. 

4. Jasa Setrika Kiloan

Contoh usaha modal kecil untung besar berikutnya adalah jasa setrika kiloan. Anda tidak butuh banyak modal untuk usaha ini. 

Hanya harus punya setrika, parfum laundry, pelicin, plastik untuk mengemas serta timbangan digital. 

Anda bisa menyebar brosur ke wilayah pemukiman, atau menawarkan jasa secara online. Bisa lewat sosial media ataupun broadcast message di aplikasi chatting

5. Menjalankan Usaha Franchise

Apabila dibandingkan dengan usaha-usaha sebelumnya, memang modal untuk usaha ini sedikit lebih besar. 

Namun, dengan segala fasilitas yang telah tersedia dari pihak pengelola franchise, maka bisnis ini termasuk usaha dengan modal kecil. 

Anda hanya harus pandai serta jeli melihat peluang serta permintaan pasar untuk memilih jenis usaha franchise. Tentu saja agar usaha dapat bertahan dan berkembang. 

6. Usaha Budidaya Hewan atau Tanaman

Usaha yang menjanjikan dan bermodal kecil berikutnya adalah budidaya. Baik budidaya tanaman maupun hewan. 

Jika Anda tertarik budidaya ikan konsumsi atau tanaman pangan seperti sayuran secara hidroponik misalnya, tentu akan lebih mudah memasarkan. 

Keuntungannya memang sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan budidaya tanaman hias ataupun hewan peliharaan. 

Namun budidaya tanaman pangan juga ikan maupun hewan konsumsi lainnya, tidak bersifat seasonal. Hal ini berhubungan dengan ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan pokok. 

Modal untuk usaha ini memang tidak terlalu besar, akan tetapi Anda harus benar-benar menguasai mekanismenya untuk menghindari kerugian.

Seperti budidaya tanaman misalnya. Anda harus paham betul mengenai jenis tanaman serta di suhu seperti apa tanaman tersebut bisa tumbuh dengan baik. 

Perawatan serta jangka waktu panen untuk tanaman pangan, juga harus benar-benar Anda pahami untuk menjaga kualitas hasil budidaya. 

Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan usaha Anda berpotensi untuk berkembang lebih besar dengan jangkauan pasar yang lebih luas. 

     Baca Juga: Mengulik Peluang Usaha Rumahan dengan Modal Kecil 

7. Kursus Online

Apabila Anda memiliki keahlian khusus seperti membuat kue, memasak atau make up misalnya, bisa memulai usaha kursus online. 

Saat ini banyak orang yang tidak memiliki waktu luang untuk mengikuti kursus offline. Jadi, usaha ini terbilang menjanjikan apalagi jika keahlian Anda memang terbukti kualitasnya. 

Anda bisa mulai dari orang-orang sekitar yang memang mengetahui keahlian Anda. Setelah itu bisa mulai memasarkan jasa via media sosial disertai testimoni peserta sebelumnya.

Hal itu penting dilakukan untuk menunjukkan kualitas Anda dan menarik minat calon peserta kursus yang sebelumnya tidak mengenal Anda. 

Selain waktu yang lebih fleksibel, Anda juga bisa melakukannya di rumah saja. Modal utama tentu saja untuk pengadaan item pendukung kursus. 

Bisa bahan kue, bahan masakan, alat make up, atau apapun yang berhubungan dengan kursus tersebut. Jangan sampai lupa kuota internet, sebab kursus Anda dilakukan secara online

Dari beberapa contoh usaha modal kecil untung besar di atas, Anda bisa pilih yang paling sesuai dengan keterampilan serta kebutuhan orang-orang di sekitar Anda. 

Tujuannya adalah untuk bisa mendapat hasil maksimal dari usaha tersebut. Oleh karena itu, penting juga melakukan analisa pasar sebelum memulai usaha meski kecil-kecilan. 

Justru dari langkah awal saat memulai usaha, akan menentukan bagaimana potensi usaha tersebut kedepannya. Dan ketika bisnis kecil Anda sudah mulai besar dan berkembang, tidak ada salahnya mencoba menggunakan bantuan teknologi software ERP yang dapat mengelola segala aktivitas operasional bisnis.

Demikian rekomendasi usaha modal kecil dari kami untuk bisa Anda jadikan ide atau referensi dalam memulai usaha. 

Semoga dengan adanya informasi ini, Anda bisa lebih mudah dalam menentukan dan memulai usaha yang menjanjikan dengan modal yang tidak terlalu besar. 

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami