Home / Blog / Business & Economy

7 Contoh Invoice Jasa Pembayaran, Penjualan dan Tagihan

cara membuat invoice perusahaan
Daftar isi
Mode

Artikel contoh invoice pembayaran ini dapat dijadikan sebagai panduan mudah bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis atau jual beli.

Invoice juga akrab disebut sebagai faktur atau dokumen berisi pernyataan tagihan yang sengaja dibuat pihak penjual dengan aplikasi invoice untuk diberikan pada pembeli.

Lembar invoice berisikan informasi berupa daftar produk yang dibeli dilengkapi nama penjual, nama pembeli, kuantitas atau jumlah barang, berikut nominal harga yang harus dibayarkan oleh pembeli. Invoice berfungsi sebagai bukti transaksi telah terjadi proses jual beli yang dilakukan secara kredit.

Jenis Jenis Invoice Pembayaran

Berikut contoh invoice jasa untuk faktur pembayaran dikategorikan atas beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Invoice Biasa

Digunakan pada kegiatan transaksi yang bersifat sederhana, dan paling sering digunakan oleh penjual. Invoice Biasa berisi keterangan tentang penjual, pembeli, detail produk, jumlah produk, harga satuan produk, serta harga total yang harus dibayarkan konsumen.

2. Invoice Proforma

Jenis invoice ini bersifat sementara. Fungsi utamanya adalah sebagai faktur pengganti. Khususnya karena produk pesanan konsumen dikirimkan secara bertahap. Dengan kata lain, proforma invoice adalah invoice yang dipakai sebagai bukti pembayaran oleh pembeli hingga semua barang dikirim kepada konsumen.

Invoice proforma cocok digunakan oleh perusahaan manufaktur dan distributor, di mana jika Anda menggunakan software akuntansi online dari Mekari Jurnal, invoice proforma dan pembayaran akan langsung terintegrasi dengan pembukuan usaha Anda.

3. Invoice Konsuler

Faktur bersifat khusus ini lebih sering digunakan pedagang berskala global atau internasional. Terutama dalam kegiatan jual beli ekspor impor. Jenis invoice konsuler hanya bisa dikatakan sah apabila telah disetujui pihak yang menjadi perwakilan negara, misalnya kantor konsulat.

Cara Membuat Invoice Jasa

Invoice tersusun dari beberapa komponen yang menjadi isi wajib di dalamnya, antara lain:

1. Tentukan informasi perusahaan

Pertama, tuliskan nama dan alamat perusahaan Anda, nomor telepon, email, dan informasi kontak lainnya.

2. Tentukan nomor invoice dan tanggal pembuatan

Sertakan nomor invoice dan tanggal pembuatan di bagian atas faktur. Nomor invoice harus unik dan mudah untuk dilacak.

3. Informasi pelanggan

Tuliskan nama pelanggan, alamat, nomor telepon, email, dan informasi kontak lainnya. Pastikan informasi pelanggan akurat dan lengkap.

4. Jenis jasa dan deskripsi

Selanjutnya informasi detail tentang jenis jasa yang diberikan dan deskripsi singkat mengenai jasa tersebut.

Informasi lengkap mengenai detail nama produk, jumlah yang dipesan, harga satuan, nominal total, diskon (kalau ada), PPh, Ppn, dan grand total harga seluruhnya.

Baca Juga: Mengenal Objek PPN Beserta Pengertian, Kategori, dan Aturannya

5. Tentukan harga jasa

Hitung jumlah jasa yang diberikan dan harga satuan jasa. Kemudian, kalikan jumlah jasa dengan harga satuan jasa untuk mendapatkan total harga jasa yang harus dibayar.

5. Sertakan harga terbilang

Jangan lupa untuk tuliskan total harga jasa dalam bentuk terbilang. Hal ini berguna untuk memudahkan pelanggan memahami jumlah pembayaran.

6. Informasi pembayaran

Jelaskan metode pembayaran yang diterima, termasuk jumlah yang harus dibayarkan, tenggat waktu pembayaran, dan informasi rekening bank.

7. Tambahan catatan

Berikan catatan tambahan, seperti keterangan khusus mengenai jasa yang diberikan atau perjanjian khusus dengan pelanggan.

8. Review dan kirim faktur

Periksa kembali informasi yang tercantum pada faktur untuk memastikan keakuratan dan kejelasan informasi. Setelah itu, kirim faktur kepada pelanggan melalui email, pos, atau metode lainnya.

7 Contoh Invoice Paling Lengkap

Pelaku bisnis memang dituntut untuk mengetahui bagaimana cara membuat invoice. Sebab dalam transaksi jual-beli, ada beberapa hal yang mengharuskan Anda mengirimkan invoice kepada konsumen.

Jadi, akan rumit ceritanya kalau Anda tidak memahami pembuatan invoice.
Di bawah ini adalah contoh invoice terlengkap yang bisa dijadikan bahan panduan:

1. Contoh Invoice Tagihan

Invoice tagihan umumnya dikirimkan oleh pihak penjual saat pembeli tidak melakukan pembayaran hutang sesuai waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, penjual akan mengirimkan sebuah invoice tagihan kepada pembeli. Isinya adalah mengenai tanggal jatuh tempo baru untuk pelunasan.

Sesuai namanya, invoice penagihan berupa lembar tagihan dengan kop surat resmi. Tujuan pengiriman invoice ni adalah sebagai pengingat bagi pelanggan.

Invoice penagihan terdiri atas tiga bagian, yaitu awalan, isi, dan akhiran. Di samping itu, lembaran juga dilengkapi nama perusahaan, nama pembeli, waktu penagihan, deskripsi, jumlah tagihan, dan rekening tujuan penjual atau penyedia jasa untuk melakukan pembayaran.

contoh faktur tagihan

2. Contoh Invoice Travel

Pihak travel agent merupakan jasa penyedia layanan perjalanan lengkap yang menawarkan akomodasi beserta semua fasilitasnya. Umumnya, pihak agen perjalanan melayani pemesanan tiket, baik berupa tiket pesawat, kapal laut, kereta api, bus, mobil pribadi, dan lain sebagainya.

Pada invoice travel biasanya tertera kode booking yang sekaligus berfungsi sebagai nomor invoice, data pesanan, tanggal pembayaran, data atau informasi pemesan, hingga data pembayaran.

Adanya invoice travel juga merupakan nilai plus bagi pemesan, sebab memungkinkan konsumen dapat memeriksa tiket yang dipesan sebelum memutuskan menyelesaikan transaksi pembayaran. Selain itu, dengan invoice pemesan juga akan mendapatkan informasi lengkap seputar tiket.

contoh invoice travel

3. Contoh Invoice Toko Online

Seperti diketahui bersama, bahwa di era digital ini aktivitas belanja online memang semakin diminati. Pasalnya, pemesanan produk secara online menawarkan kemudahan dan praktis untuk dilakukan. Akan tetapi, seller toko online juga memerlukan invoice sebagaimana toko konvensional.

Bedanya hanya terletak pada cara memberikan invoice. Sebab biasanya invoice toko online akan dikirimkan via email. Tampilan invoice online shop memang tampak lebih sederhana. Akan tetapi cukup lengkap, karena melampirkan keterangan produk yang akan dipesan, termasuk harga.

contoh invoice toko online

4. Contoh Faktur Pembayaran

Faktur pembayaran akan diberikan kepada konsumen atau pembeli setelah memesan produk barang atau jasa. Umumnya, faktur pembayaran berisi hal-hal, berupa nomor pemesanan, waktu pemesanan, deskripsi produk pesanan, total harga pesanan, serta data umum pembeli.

Dalam banyak kasus, pihak toko juga menyertakan metode pembayaran via rekening pilihan konsumen. Jadi, bagi pembeli yang masih awam, bisa lebih mudah dalam menyelesaikan transaksi.

contoh faktur pembayaran

5. Contoh Invoice Penjualan

Invoice penjualan berisi data keterangan mengenai konsumen, detail produk jasa atau barang, harga, tanggal pemesanan, serta tanggal jatuh tempo. Pihak toko atau perusahaan umumnya juga menyertakan nomor rekening supaya konsumen bisa melakukan pembayaran secara lebih mudah.

contoh invoice penjualan

6. Contoh Invoice Down Payment

Pemesanan produk dalam jumlah besar umumnya tidak mengharuskan konsumen atau pembeli untuk melunasi pembayaran sampai barang telah diterima seluruhnya. Demi kenyamanan kedua belah pihak, umumnya penjual dan pembeli sepakat melakukan pembayaran dengan uang muka.

Down payment merupakan bukti keseriusan transaksi. Akan tetapi, pembayaran uang muka juga memerlukan invoice yang diberikan kepada konsumen sebagai bukti payment yang sah.

contoh invoice down payment

7. Contoh Invoice Jasa Desain

Pihak penyedia jasa desain umumnya menerima pembayaran di awal, baik dengan uang muka atau secara luas sesuai kesepakatan dengan klien. Akan tetapi, tidak sedikit jasa desain memperbolehkan klien untuk melakukan pembayaran di akhir, tepatnya setelah pengerjaan desain dan revisi selesai.
Invoice jasa desain biasanya berisikan informasi atau data, berupa nomor invoice, detail desain sesuai pesanan klien, hingga harga yang ditetapkan.

contoh invoice jasa desain

Membuat invoice pembayaran secara manual memang kurang efektif dan efisien karena butuh banyak waktu serta tenaga. Namun, sekarang tidak perlu cemas, karena software ERP dari Mekari bisa jadi alternatif solusi mengurus masalah invoice, akuntansi usaha, HR, penjualan, pajak dan inventory secara lebih praktis.

Anda juga bisa mempelajari seputar akuntansi dengan mengikuti kursus di Mekari University.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami