Image

Contoh Invoice Pembayaran, Penjualan, dan Tagihan, Paling Lengkap!

Artikel contoh invoice pembayaran ini dapat dijadikan sebagai panduan mudah bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia bisnis atau jual beli. Invoice juga akrab disebut sebagai faktur atau dokumen berisi pernyataan tagihan yang sengaja dibuat pihak penjual dengan aplikasi invoice untuk diberikan pada pembeli.

Lembar invoice berisikan informasi berupa daftar produk yang dibeli dilengkapi nama penjual, nama pembeli, kuantitas atau jumlah barang, berikut nominal harga yang harus dibayarkan oleh pembeli. Invoice berfungsi sebagai bukti transaksi telah terjadi proses jual beli yang dilakukan secara kredit.

contoh invoice pembayaran

Jenis Jenis Invoice Pembayaran

Faktur pembayaran dikategorikan atas beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Invoice Biasa

Digunakan pada kegiatan transaksi yang bersifat sederhana, dan paling sering digunakan oleh penjual. Invoice Biasa berisi keterangan tentang penjual, pembeli, detail produk, jumlah produk, harga satuan produk, serta harga total yang harus dibayarkan konsumen.

2. Invoice Proforma

Jenis invoice ini bersifat sementara. Fungsi utamanya adalah sebagai faktur pengganti. Khususnya karena produk pesanan konsumen dikirimkan secara bertahap. Dengan kata lain, invoice proforma dipakai sebagai bukti pembayaran oleh pembeli hingga semua barang dikirim kepada konsumen.

Invoice proforma cocok digunakan oleh perusahaan manufaktur dan distributor, di mana jika Anda menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal, invoice proforma dan pembayaran akan langsung terintegrasi dengan pembukuan usaha Anda.

3. Invoice Konsuler

Faktur bersifat khusus ini lebih sering digunakan pedagang berskala global atau internasional. Terutama dalam kegiatan jual beli ekspor impor. Jenis invoice konsuler hanya bisa dikatakan sah apabila telah disetujui pihak yang menjadi perwakilan negara, misalnya kantor konsulat.

Komponen Komponen Faktur Pembayaran

Invoice tersusun dari beberapa komponen yang menjadi isi wajib di dalamnya, antara lain:

1. Keterangan Penjual

Bagian ini diletakkan pada sisi paling atas dokumen invoice. Umumnya, keterangan yang ditampilkan adalah, nama toko atau perusahaan, logo, alamat tujuan, nomor telepon, website, dan lainnya.

2. Keterangan Pembelian

Deskripsi lengkap mengenai pembeli, mulai dari nama, alamat tempat usaha atau rumah, nomor telepon, alamat email, dan data akurat lain untuk melakukan penagihan.

3. Isi Invoice

Informasi lengkap mengenai detail nama produk, jumlah yang dipesan, harga satuan, nominal total, diskon (kalau ada), Pph, Ppn, dan grand total harga seluruhnya.

Baca Juga: Mengenal Objek PPN Beserta Pengertian, Kategori, dan Aturannya

7 Contoh Invoice Paling Lengkap

Pelaku bisnis memang dituntut untuk mengetahui bagaimana cara membuat invoice. Sebab dalam transaksi jual-beli, ada beberapa hal yang mengharuskan Anda mengirimkan invoice kepada konsumen.

Jadi, akan rumit ceritanya kalau Anda tidak memahami pembuatan invoice.
Di bawah ini adalah contoh invoice terlengkap yang bisa dijadikan bahan panduan:

1. Contoh Invoice Tagihan

Invoice tagihan umumnya dikirimkan oleh pihak penjual saat pembeli tidak melakukan pembayaran hutang sesuai waktu yang telah ditentukan. Setelah itu, penjual akan mengirimkan sebuah invoice tagihan kepada pembeli. Isinya adalah mengenai tanggal jatuh tempo baru untuk pelunasan.

Sesuai namanya, invoice penagihan berupa lembar tagihan dengan kop surat resmi. Tujuan pengiriman invoice ni adalah sebagai pengingat bagi pelanggan.

Invoice penagihan terdiri atas tiga bagian, yaitu awalan, isi, dan akhiran. Di samping itu, lembaran juga dilengkapi nama perusahaan, nama pembeli, waktu penagihan, deskripsi, jumlah tagihan, dan rekening tujuan penjual atau penyedia jasa untuk melakukan pembayaran.

contoh faktur tagihan

2. Contoh Invoice Travel

Pihak travel agent merupakan jasa penyedia layanan perjalanan lengkap yang menawarkan akomodasi beserta semua fasilitasnya. Umumnya, pihak agen perjalanan melayani pemesanan tiket, baik berupa tiket pesawat, kapal laut, kereta api, bus, mobil pribadi, dan lain sebagainya.

Pada invoice travel biasanya tertera kode booking yang sekaligus berfungsi sebagai nomor invoice, data pesanan, tanggal pembayaran, data atau informasi pemesan, hingga data pembayaran.

Adanya invoice travel juga merupakan nilai plus bagi pemesan, sebab memungkinkan konsumen dapat memeriksa tiket yang dipesan sebelum memutuskan menyelesaikan transaksi pembayaran. Selain itu, dengan invoice pemesan juga akan mendapatkan informasi lengkap seputar tiket.

contoh invoice travel

3. Contoh Invoice Toko Online

Seperti diketahui bersama, bahwa di era digital ini aktivitas belanja online memang semakin diminati. Pasalnya, pemesanan produk secara online menawarkan kemudahan dan praktis untuk dilakukan. Akan tetapi, seller toko online juga memerlukan invoice sebagaimana toko konvensional.

Bedanya hanya terletak pada cara memberikan invoice. Sebab biasanya invoice toko online akan dikirimkan via email. Tampilan invoice online shop memang tampak lebih sederhana. Akan tetapi cukup lengkap, karena melampirkan keterangan produk yang akan dipesan, termasuk harga.

contoh invoice toko online

4. Contoh Faktur Pembayaran

Faktur pembayaran akan diberikan kepada konsumen atau pembeli setelah memesan produk barang atau jasa. Umumnya, faktur pembayaran berisi hal-hal, berupa nomor pemesanan, waktu pemesanan, deskripsi produk pesanan, total harga pesanan, serta data umum pembeli.

Dalam banyak kasus, pihak toko juga menyertakan metode pembayaran via rekening pilihan konsumen. Jadi, bagi pembeli yang masih awam, bisa lebih mudah dalam menyelesaikan transaksi.

contoh faktur pembayaran

5. Contoh Invoice Penjualan

Invoice penjualan berisi data keterangan mengenai konsumen, detail produk jasa atau barang, harga, tanggal pemesanan, serta tanggal jatuh tempo. Pihak toko atau perusahaan umumnya juga menyertakan nomor rekening supaya konsumen bisa melakukan pembayaran secara lebih mudah.

contoh invoice penjualan

6. Contoh Invoice Down Payment

Pemesanan produk dalam jumlah besar umumnya tidak mengharuskan konsumen atau pembeli untuk melunasi pembayaran sampai barang telah diterima seluruhnya. Demi kenyamanan kedua belah pihak, umumnya penjual dan pembeli sepakat melakukan pembayaran dengan uang muka.

Down payment merupakan bukti keseriusan transaksi. Akan tetapi, pembayaran uang muka juga memerlukan invoice yang diberikan kepada konsumen sebagai bukti payment yang sah.

contoh invoice down payment

7. Contoh Invoice Jasa Desain

Pihak penyedia jasa desain umumnya menerima pembayaran di awal, baik dengan uang muka atau secara luas sesuai kesepakatan dengan klien. Akan tetapi, tidak sedikit jasa desain memperbolehkan klien untuk melakukan pembayaran di akhir, tepatnya setelah pengerjaan desain dan revisi selesai.
Invoice jasa desain biasanya berisikan informasi atau data, berupa nomor invoice, detail desain sesuai pesanan klien, hingga harga yang ditetapkan.

contoh invoice jasa desain

Membuat invoice pembayaran secara manual memang kurang efektif dan efisien karena butuh banyak waktu serta tenaga. Namun, sekarang tidak perlu cemas, karena software ERP by Mekari bisa jadi alternatif solusi mengurus masalah invoice, akuntansi usaha, HR, penjualan, pajak dan inventory secara lebih praktis.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami