Home / Blog / Business & Economy

Cara Mudah Daftar dan Transfer Melalui BCA Virtual Account

cara mudah bayar dengan bca virtual account
Daftar isi
Mode

Bagi Anda yang sering berbelanja online atau melakukan transaksi online jenis apapun pastinya sudah akrab dengan metode pembayaran virtual account bukan? Dan salah satu bank yang memberikan fasilitas virtual account yaitu BCA dengan nama BCA Virtual Account.

BCA Virtual Account kini menjadi metode pembayaran pada sistem manajemen transaksi pembayaran bisnis yang sering digunakan atau favorit banyak pelanggan marketplace dan tempat lainnya.

Sebenarnya, Apa Itu Virtual Account?

Sebelum Anda beranjak terlalu jauh mengenal virtual account terlebih dahulu akan memberikan pemahaman yang lebih. Sistem virtual account ini merupakan salah satu sistem pembayaran yang terintegrasi dengan teknologi canggih sehingga akan memudahkan para pembeli dan perusahaan sebagai penjual dalam bertransaksi yang lebih mudah, cepat dan tentunya efisien.

Dimana pembeli yang menggunakan metode virtual account tidak perlu lagi menginput nominal dan nomor rekening tujuan ketika hendak melakukan transfer pembayaran. Alasannya virtual account oleh pembeli hanya memasukan nomor ID yang berikan oleh pihak penjual dan saat proses transaksinya nanti akan langsung menampilkan detail transaksinya.

Baca Juga: 10 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai dan Manfaatnya

Lalu Apa Itu BCA Virtual Account?

Jika Anda sudah membaca dengan detail paragraf sebelumnya secara otomatis akan mengerti apa itu Virtual Account. Virtual Account merupakan salah satu metode pembayaran dengan adanya nomor ID atau kode khusus yang diberikan BCA kepada pihak perusahaan atau lainnya dan perusahaan tersebut akan meneruskan ke pelanggan masing – masing.

Nomor ID atau kode dari BCA Virtual Account tersebut merupakan nomor atau kode yang digunakan untuk melakukan metode pembayaran secara otomatis. Dengan begitu Virtual Account ini dapat dijadikan pilihan metode pembayaran sekaligus alternatif metode pembayaran yang diberikan perusahaan kepada pelanggannya.

Jadi, BCA Virtual Account merupakan metode pembayaran berupa kode atau nomor ID dari BCA khusus yang akan diberikan kepada nasabah perusahaan. Nomor ID atau kodenya tersebut berbentuk seperti nomor rekening, akan tetapi mempunyai angka yang berbeda – beda di setiap transaksinya. Ditambah nomor tersebut sudah pasti tidak dapat diubah, artinya paten ditetapkan oleh BCA dengan kode yang berbeda – beda dalam setiap transaksinya.

Secara singkatnya hal ini bertujuan untuk memudahkan mengidentifikasi pesanan pelanggan ke perusahaan yang bersangkutan. Jadi, misalnya Anda membeli barang pada marketplace A, kemudian Anda memilih metode pembayaran Virtual Account secara otomatis akan muncul detail pesanan dan nominal yang harus dibayarkan. Ditambah pelanggan sudah tidak perlu lagi mengirimkan bukti transfer karena transaksi telah masuk secara otomatis bila pembayaran sudah dilakukan.

Cara Kerja BCA Virtual Account?

Untuk pengetahuan tambahan bahwa cara kerja Virtual Account berbeda dengan cara transfer rekening. Dimana jika Anda menggunakan transfer rekening tabungan biasanya semua serba manual, mulai dari penginputan nomor rekening, penginputan jumlah nominal biayanya hingga pengecekan detail transaksinya. Akan tetapi, berbeda halnya dengan BCA Virtual Account yang akan lebih praktis dan mudah.

Dimana pihak BCA akan memberikan nomor ID atau kode virtual account kepada nasabah perusahaan, dan biasanya nomor tersebut akan berbeda – beda di setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah perusahaan yang bersangkutan tersebut.

Jadi, ketika Anda melakukan transaksi untuk pembelian, nasabah perusahaan tersebut akan memberikan nomor ID atau kode virtual account yang berguna sebagai nomor tujuan transfer pembayaran.

Nomor ID atau kode virtual account tersebut telah terintegrasi dengan data – data pembelian yang dilakukan pembeli secara otomatis. Dimana pembeli hanya perlu melakukan input nomor tersebut saat pembayaran dengan pemilihan metode pembayaran Virtual Account.

Untuk memudahkan dalam identifikasi, maka virtual account akan dibuat berbeda antara satu pembeli dengan pembeli lain dari nasabah perusahaan tersebut. Sehingga, manfaatnya akan dirasakan oleh perusahaan yang semua serba cepat dan praktis dalam hal administrasi informasi transaksinya.

Apa Manfaat BCA Virtual Account?

Virtual Account mempunyai banyak manfaat dalam hal transaksinya, khususnya bagi nasabah perusahaan yang mendaftar BCA Virtual Account tersebut. Oleh sebab itu, banyak perusahaan maupun perorangan yang melakukan pendaftaran BCA Virtual Account karena manfaat yang berlimpah. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Virtual Account.

1. Lebih Praktis

Bagi nasabah perusahaan yang bersangkutan menggunakan Virtual Account membantu pekerjaan administrasi yang lebih praktis. Karena setiap pencatatan transaksi administrasi yang dilakukan secara otomatis setiap bulannya sekaligus mengefisiensi adanya pengeluaran biaya.

Sedangkan untuk Anda yang melakukan pembelian dengan Virtual Account tidak perlu lagi menginput jumlah nominal pembayaran, jumlah barang ataupun mengecek nomor rekeningnya kembali. Karena disana Anda cukup memasukkan nomor unik yang diberikan dan secara otomatis detail pembelian Anda akan muncul.

2. Keamanan Metode Terpercaya

Bisa dikatakan bahwa Virtual Account merupakan sistem pembayaran dengan keamanan yang terjamin dan terpercaya. Karena setiap pelanggan atau nasabah perusahaan yang memasukkan virtual account tersebut akan muncul nama pelanggan tersebut beserta detail transaksi.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi nomor virtual account di sistem akan selalu berubah dengan waktu yang telah ditetapkan karena adanya pengaturan waktu kadaluarsanya. Jadi, jika Anda tidak segera membayar dalam waktu yang telah ditentukan secara otomatis transaksi batal karena nomor ID atau kode virtual account tersebut sudah tidak berlaku kembali. Jika Anda menginginkan aktif kembali maka harus mengulangi dari awal.

3. Tidak Adanya Biaya

Berbeda halnya dengan transaksi menggunakan transfer karena sistem pembayaran Virtual Account bebas dari biaya administrasi, sehingga Anda dapat dengan mudah tanpa takut biaya administrasi yang berlaku. Hal inilah yang membuat banyak dari pelanggan yang menggunakan virtual account karena memberikan keuntungan bagi nasabah perusahaan sekaligus pelanggannya.

4. Sistem Cepat

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sistem dari Virtual Account sangat cepat, dimana dengan menggunakan virtual account pembelian dari pelanggan dapat teridentifikasi dengan lebih cepat dan mudah dalam proses verifikasinya.

Baca Juga: 4 Cara Termudah Transfer dari BCA ke BRI Lengkap dengan Berbagai Kode Bank

Bagaimana Cara Daftar BCA Virtual Account?

Perlu untuk diketahui bahwa Virtual Account merupakan sebuah rekening khusus yang diberikan kepada pelanggan perusahaan atau lainnya yang bekerja sama sebagai sarana pembayaran tagihan, sehingga akan memudahkan perusahaan dan mengidentifikasi kiriman dana yang diterima.

Jadi, jika Anda menginginkan untuk daftar ke BCA Virtual Account caranya sangatlah mudah. Yang terpenting atau menjadi syarat utamanya yaitu Anda telah mendaftar sebagai nasabah bisnis BCA.

Dimana nasabah bisnis BCA ini biasanya dikenal juga dengan KlikBCA Bisnis. Jadi, KlikBCA Bisnis merupakan sebuah layanan internet banking dari Bank BCA. Layanan yang disebut Internet Banking BCA Bisnis ini merupakan salah satu fasilitas perbankan yang bisa diakses melalui komputer atau laptop Anda.

BCA Bisnis Internet Banking ini menjadi solusi kemudahan pengelolaan keuangan bisnis karena hanya melalui fitur KlikBCA Bisnis, Anda tidak perlu datang ke bank dan mengantri yang membutuhkan waktu lama.

Dimana sebelum Anda mendaftar Virtual Account, Anda perlu mengetahui juga cara untuk mendapatkan layanan Internet Banking BCA Bisnis. Berikut sejumlah syarat mendaftar Internet Banking BCA Bisnis.

  1. Mulailah untuk mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan.
  2. Jika sudah lanjutkan, datang ke cabang BCA tempat Anda ingin membuka rekening bisnis.
  3. Lakukan pengisian formulir yang akan diarahkan oleh pegawai BCA tersebut.
  4. Selesai, tinggal tunggu prosesnya selesai dan Anda akan mendapatkan mendapatkan Corporate ID, User ID, VPN Installer, KeyBCA, manual penggunaan, dan PIN KeyBCA yang dikirimkan secara terpisah.

Dimana dapat dikatakan bahwa masing – masing ID dan lain sebagainya yang Anda terima tersebut berguna untuk menjamin kerahasiaan dan keamanan data nasabah saat transaksi berlangsung menggunakan BCA Business Internet Banking. Setelah Anda berhasil mendaftar, lanjutkan untuk mengajukan permohonan fasilitas Virtual Account BCA ke customer service atau pegawai yang bertugas di sana.

Setelah permohonan selesai, nasabah perusahaan bisa langsung melanjutkan ke proses penerbitan Virtual Account BCA untuk pelanggannya atau pembelinya. Dan inilah cara menerbitkan Virtual Account BCA untuk pembelian atau pelanggan yang bisa Anda lakukan.

  1. Pertama, tentunya Anda harus masuk atau log-in ke aplikasi atau website resmi Klik BCA Bisnis.
  2. Kemudian jangan lupa untuk memilih menu “BCA Virtual Account”.
  3. Setelah itu, langsung lanjutkan untuk “Upload File Pelanggan atau Nasabah”.
  4. Kemudian jangan lupa untuk memasukkan file Virtual Account BCA .
  5. Lanjutkan dengan memasukkan keterangan transaksi pelanggan sekaligus melanjutkan untuk menekan “Lanjut”.
  6. Jika sudah, maka lanjutkan untuk memilih pilihan “Kirim” untuk bisa melanjutkan proses upload data.
  7. Kemudian periksa kembali data yang ditampilkan pada media yang Anda gunakan, jangan lupa untuk melakukan penekanan pilihan “Simpan” untuk menyimpan data ini.
  8. Tekan “Cetak” untuk bisa mencetak data ke printer.
  9. Selanjutnya Anda perlu melakukan otorisasi transaksi untuk menyelesaikan proses upload yang sedang berjalan.
  10. Kemudian buka kembali “BCA Virtual Account”, dan lakukan “Otorisasi Transaksi”.
  11. Jika Anda sudah yakin maka pilih transaksi yang akan di otorisasi dan lanjutkan untuk pilih “Setuju”.
  12. Selanjutnya masukkan PIN menggunakan token BCA yang Anda miliki.
  13. Langkah selanjutnya yaitu buka kembali “BCA Virtual Account” dan kemudian cek “Status Transaksi”
  14. Jangan lupa untuk memilih pilihan status transaksi dan tanggal transaksi, dilanjutkan untuk tekan “Lanjut”
  15. Terakhir, pilih simpan agar proses yang Anda lalui tersimpan dengan rapi.

Cara Transfer dengan Virtual Account BCA

Setelah Anda berhasil melakukan hal tersebut dan melihat informasi tentang virtual account dari BCA. Anda sebagai pihak pembeli pastinya mungkin langsung bertanya-tanya bagaimana cara melakukan pembayarannya jika Anda sudah mendapatkan nomor unik tersebut?

Akan tetapi, sebelum itu Anda mengetahui caranya Anda perlu memastikan kembali bahwa Anda menerima atau mendapatkan nomor ID atau kode virtual accountnya. Untuk Anda yang belum mengetahui, cara memperolehnya pun juga sederhana hanya dengan memilih metode pembayaran virtual account pada salah satu marketplace yang Anda gunakan.

Berikut merupakan langkah – langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan nomor ID atau kode virtual account di marketplace manapun.

  1. Langkah pertama sudah jelas Anda harus mempunyai akun – akun marketplace. Anda dapat menggunakan aplikasi bisnis online shop untuk mengelola akun marketplace.
  2. Setelah itu, lanjutkan untuk memilih barang – barang yang Anda kehendaki dan inginkan untuk membelinya.
  3. Langsung saja masukan pada menu pembayaran jika Anda sudah yakin akan barang pilihan Anda tersebut.
  4. Jika sudah, pada metode pembayaran nanti Anda bisa memilihnya Virtual Account BCA yaitu biasanya dengan memilih Virtual Account kemudian ada pilihan lanjutan menggunakan beberapa bank yang bisa Anda pilih, jika ingin memilih BCA maka pilih BCA.
  5. Setelah itu Anda akan menerima nomor ID atau kode virtual account dari BCA tersebut yang telah diterbitkan, kemudian lanjutkan proses pembayarannya.

Pembayaran Virtual Account BCA

Ada beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran virtual account di antaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pembayaran Virtual Account BCA Menggunakan BCA Mobile

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa segera dikonfirmasi pembayarannya :

  • Langkah pertama, Anda langsung saja masuk ke aplikasi BCA Mobile yang dimiliki.
  • Setelah itu lanjutkan untuk memilih menu pada aplikasi yaitu “m-BCA”.
  • Kemudian pilih saja “m-Transfer”.
  • Lalu pilih “BCA Virtual Account”
  • Jangan lupa untuk memasukan nomor ID atau kode virtual account yang sudah sudah Anda terima sebelumnya atau yang telah diberikan melalui aplikasi marketplace sebelumnya.
  • Setelah itu, akan muncul detail pembayarannya. Lakukan pengecekan secara detail.
  • Jika sudah sesuai apa yang Anda pesan, maka langsung saja masukan PIN m-BCA dan tekan persetujuan, maka transaksi pembayaran yang Anda lakukan menggunakan Virtual Account BCA berhasil.

2. Pembayaran Virtual Account BCA Menggunakan ATM BCA

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa segera dikonfirmasi pembayarannya :

  • Pertama langsung saja Anda masukkan kartu ATM BCA ke mesinnya, setelah itu masukan PIN ATMnya.
  • Setelah itu Anda melanjutkan dengan memilih menu “transaksi lainnya”.
  • Kemudian, jangan lupa untuk melanjutkan dengan pilih “transfer”.
  • Dilanjutkan dengan menekan pilihan rekening Virtual Account BCA.
  • Segera masukan nomor BCA Virtual Account yang sudah Anda terima dari marketplace atau lainnya tersebut.
  • Jangan lupa untuk memasukan jumlah yang ingin dibayarkan sesuai dengan jumlah nomina pemesan.
  • Segera validasi pembayaran Anda dengan menekan setuju.
  • Pembayaran selesai, tingga cek di marketplacenya dan pesanan Anda segera dikirimkan.

3. Pembayaran BCA Virtual Account Menggunakan Klik BCA Individual

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa segera dikonfirmasi pembayarannya :

  • Langkah pertama langsung saja masuk ke aplikasi Klik BCA.
  • Setelah itu lanjutkan untuk memasukan ID dan PIN KlikBCA Individual Anda.
  • Kemudian Anda bisa memilih pilihan “Transfer Dana”.
  • Jangan lupa untuk memilih lanjutannya dengan pilih “Transfer ke BCA Virtual Account”.
  • Kemudian masukkan nomor BCA Virtual Account Anda atau pilih dari “Daftar Transfer”.
  • Setelah itu masukkan nominal yang akan dibayarkan atau dibayarkan sesuai dengan nomina atau jumlah yang sudah tertera pada marketplace atau tempat lainnya.
  • Kemudian, jika sudah benar nominanya masukan kode yang didapat dari Token BCA APPLI 1.
  • Kemudian Anda bisa tekan “Kirim”.
  • Selesai, kini transaksi Anda berhasil.

4. Pembayaran BCA Virtual Account Menggunakan KlikBCA Bisnis

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk bisa segera dikonfirmasi pembayarannya :

  • Langkah pertama langsung saja masuk ke aplikasi Klik BCA.
  • Jangan lupa langsung masuk atau login dengan KlikBCA Bisnis.
  • Setelah itu lanjutkan untuk pilih “Transfer Dana”.
  • Kemudian lanjutkan untuk memilih “Daftar Transfer”.
  • Setelah itu pilih “Tambah”.
  • Lanjutkan dengan memasukan nomor Virtual Account yang telah Anda terima dari tempat yang Anda pesan tadi.
  • Setelah itu pilih “Transfer Dana” dan lanjutkan untuk ke “BCA Virtual Account”.
  • Jangan lupa untuk pilih rekening sumber dana dan virtual account tujuan
  • Masukkan jumlah atau nomina yang akan dibayarkan, lalu klik “Kirim”
  • Jangan lupa pilih “Simpan”, lanjutkan dengan pilih “Transfer Dana”, dan pilih “Otorisasi Transaksi” kemudian pilih transaksi yang dilakukan.
  • Selesai, kini transaksi Anda sudah berhasil.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi BCA Virtual Account juga bisa digunakan untuk top up di dompet digital. Salah satunya top up ink Aja. Anda bisa melakukan pengisian saldo LinkAja langsung melalui beberapa bank, salah satunya BCA dengan BCA Virtual Account.

Berikut ini lah cara pengisian saldo LinkAja menggunakan BCA Virtual Account dengan mesin ATM BCA :

  • Masukan kartu ATM BCA Anda pada mesin ATM BCA terdekat dengan posisi diri Anda.
  • Setelah itu langsung masukan PIN ATM BCA Anda.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Transfer lainnya”.
  • Langsung anjurkan untuk memilih menu “’Transfer”
  • Kemudian Anda lanjutkan dengan memilih menu “ BCA Virtual Account”
  • Jangan lupa untuk segera masukan nomor BCA Virtual Account dengan memasukan Kode Perusahaan LinkAja yaitu 09110 yang diikuti dengan nomor telpon yang terdaftar pada aplikasi LinkAja.
  • Setelah itu masukan jumlah nomina yang Anda kehendaki untuk transfer atau top up.
  • Dimana nanti layar ATM akan menampilkan detail data transaksi Anda, dan jika sudah sesuai maka dilanjutkan dengan memilih pilihan “Ya”.
  • Berhasil, kini top up yang Anda lakukan selesai.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami