10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik 2023

Aplikasi absensi online sudah banyak digunakan untuk menunjang kemudahan data kehadiran karyawan. Setiap perusahaan membutuhkan absensi online agar memudahkan tim HR untuk bekerja lebih efektif.

Karyawan dapat mengajukan absensi, izin sakit, cuti atau lainnya hanya melalui satu aplikasi absensi online. Tim HR dapat melakukan rekapan absensi dengan lebih mudah dan otomatis. Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi absensi online? Yuk, mari kita simak.

karyawan menggunakan aplikasi absensi online

Mengenal Aplikasi Absensi Online

Absensi online merupakan sistem kehadiran karyawan secara daring menggunakan perangkat lunak (software) berbasis website maupun aplikasi (Android maupun iOS).

Adanya absensi online ini sangat meningkat pesat dan mulai banyak perusahaan beralih untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Jika sebelumnya, absen karyawan hanya masih menggunakan absensi secara manual, seperti mesin absen sidik jari, kartu absensi, dan lainnya. Kini perusahaan jadi lebih mudah dalam melihat absensi karyawan, pembuatan laporan otomatis, serta lebih hemat biaya. Karyawan juga dapat melakukan absen bagi yang bekerja secara working from home (WFH).

Baca Juga: Cara Menghitung Upah Per Jam Sesuai Aturan Terbaru

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

Bagi karyawan lebih mudah dan fleksibel untuk menggunakan aplikasi absensi online menggunakan smartphone. Berbagai fitur absensi online tersedia sesuai kebutuhan perusahaan dan tim HR.

Berikut rekomendasi aplikasi absensi online terbaik, diantaranya:

1. Aplikasi Absensi Online Mekari Talenta

rekomendasi aplikasi absensi online terbaik 2023

Mekari Talenta merupakan aplikasi absensi online untuk manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dikembangkan oleh Mekari, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia. Aplikasi absensi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Mekari Talenta antara lain:

  • Manajemen karyawan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola data karyawan, termasuk informasi pribadi, data pekerjaan, gaji, tunjangan, dan lain-lain.
  • Pengelolaan absensi. Fitur ini dapat digunakan untuk merekam kehadiran karyawan, baik secara manual atau menggunakan teknologi seperti fingerprint atau face recognition.
  • Manajemen cuti. Pengguna dapat memantau dan mengelola permintaan cuti karyawan dan memastikan ketersediaan karyawan dalam perusahaan.
  • Sistem aplikasi penggajian. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menghitung gaji dan tunjangan karyawan secara otomatis dan terintegrasi dengan bank lokal untuk transfer gaji.
  • Analisis data. Pengguna dapat menganalisis data SDM secara terperinci untuk membantu dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.

Melalui fitur-fitur tersebut, Mekari Talenta seperti aplikasi hris dapat membantu perusahaan dalam mengelola SDM secara efektif dan efisien melalui perangkat mobile.

2. Jibble

Jibble adalah aplikasi absensi yang menyediakan fitur absensi dengan wajah, yang memungkinkan karyawan untuk mengambil foto diri mereka sendiri sebagai tanda masuk dan keluar. Aplikasi ini juga menyediakan integrasi dengan platform lain seperti Slack dan Trello.

3. Zoho People

Zoho People adalah platform HRMS (Human Resource Management System) yang menawarkan berbagai fitur, termasuk aplikasi absensi online. Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti dan izin secara online, dan dapat diakses melalui web atau aplikasi absensi mobile.

4. Clockify

Clockify adalah absensi online yang menawarkan berbagai sistem, seperti perencanaan rancangan proyek, penetapan tgas, dan sistem penggajian sederhana. Terdapat 4 pilihan paket sesuai skala bisnis Anda dari versi gratis untuk UMKM dan berbayar.

5. Hadirr

Berbeda dengan aplikasi lain, aplikasi absensi dari Hadirr dapat melakukan absensi di lokasi yang sudah disepakati antara karyawan dengan perusahaan. Jika karyawan tidak melakukan absensi sesuai lokasi, maka dianggap tidak absen.

Hal ini sangat berguna agar meminimalisir terjadinya kecurangan pada karyawan. Hadirr juga memiliki sistem deteksi biometrik berbasis face recognition.

6. KaryaOne

KaryaOne merupakan aplikasi absensi dengan fitur integrasi dengan perangkat keras, seperti fingerprint, kartu RFID, dan face recognition. Adapun fitur lainnya, KaryaOne terdapat epnagturan cuti, monitoring secara real-time, dan laporan absensi karyawan.

7. GreatDay HR

GreatDay HR merupakan aplikasi absensi berbasis website dan mobile yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola kehadiran karyawan, penggajian, dan manajemen sumber daya manusia.

8. Connectteam

Aplikasi absensi online untuk solusi all-in-one dari Connecteam bisa Anda pertimbangkan. Sama seperti Mekari Talenta, terdapat fitur pengingat, jam lembur, jadwal shift dan GPS lokasi dengan skala radius yang luas.

9. Smart Presence

Bukan hanya dipakai oleh karyawan saja, aplikasi Smart Presence dapat digunakan oleh pelajar. Aplikasi ini terintegrasi secara langsung, sehingga karyawan dapat terpantau oleh perusahaan. Sementara itu, pelajar juga dapat terpantau oleh guru dan orang tua.

10. Quickbooks Time

Quickbooks Time dapat membantu Anda dalam mengelola waktu dan kehadiran karyawan secara efektif dan efisien. Terdapat integrasi dengan Quickbooks online yang merupakan aplikasi akuntansi yang dikembangkan oleh QuickBooks.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengelola dan meningkatkan efisiensi manajemen SDM dan penggajian secara keseluruhan. Sama seperti Mekari Talenta sebagai solusi lengkap dalam melakukan proses absensi, penggajian, dan manajemen sumber daya yang terintegrasi dengan software akuntansi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi aplikasi absensi online terbaik. Semoga Anda dapat memilih sebagai aplikasi absensi di perusahaan agar lebih mudah, otomatis, dan fitur lengkap yang terintegrasi dengan sistem lain.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami