Home / Blog / Digital Transformation

15 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik 2024

aplikasi absensi online
Daftar isi
Mode

Aplikasi absensi online sudah banyak digunakan untuk menunjang kemudahan data kehadiran karyawan. Setiap perusahaan membutuhkan absensi online, sehingga tim HR bisa bekerja lebih efektif.

Karyawan dapat mengajukan absensi, izin sakit, cuti atau lainnya hanya melalui satu aplikasi absensi online. Tim HR dapat melakukan rekapan absensi dengan lebih mudah dan otomatis.

Lalu, apa saja rekomendasi aplikasi absensi online? Yuk, mari kita simak.

Mengenal Aplikasi Absensi Online

Absensi online merupakan sistem kehadiran karyawan secara daring menggunakan perangkat lunak (software) berbasis website maupun aplikasi (Android maupun iOS).

Adanya absensi online ini sangat meningkat pesat dan mulai banyak perusahaan beralih untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Jika sebelumnya, absen karyawan hanya masih menggunakan absensi secara manual, seperti mesin absen sidik jari, kartu absensi, dan lainnya.

Kini perusahaan jadi lebih mudah dalam melihat absensi karyawan, pembuatan laporan otomatis, serta lebih hemat biaya. Karyawan juga dapat melakukan absen bagi yang bekerja secara working from home (WFH).

Baca Juga: Cara Menghitung Upah Per Jam Sesuai Aturan Terbaru

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Terbaik

Bagi karyawan lebih mudah dan fleksibel untuk menggunakan aplikasi absensi online menggunakan smartphone. Berbagai fitur absensi online tersedia sesuai kebutuhan perusahaan dan tim HR.

Berikut rekomendasi aplikasi absensi online terbaik, diantaranya:

1. Aplikasi Absensi Online Mekari Talenta

rekomendasi aplikasi absensi online terbaik 2023

Mekari Talenta merupakan aplikasi absensi online untuk manajemen sumber daya manusia (SDM) yang dikembangkan oleh Mekari, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Indonesia. Aplikasi absensi ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi Mekari Talenta antara lain:

  • Manajemen karyawan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola data karyawan, termasuk informasi pribadi, data pekerjaan, gaji, tunjangan, dan lain-lain.
  • Pengelolaan absensi. Fitur ini dapat digunakan untuk merekam kehadiran karyawan, baik secara manual atau menggunakan teknologi seperti fingerprint atau face recognition.
  • Manajemen cuti. Pengguna dapat memantau dan mengelola permintaan cuti karyawan dan memastikan ketersediaan karyawan dalam perusahaan.
  • Sistem aplikasi penggajian. Fitur ini memudahkan pengguna untuk menghitung gaji dan tunjangan karyawan secara otomatis dan terintegrasi dengan bank lokal untuk transfer gaji.
  • Analisis data. Pengguna dapat menganalisis data SDM secara terperinci untuk membantu dalam pengambilan keputusan strategis perusahaan.

Melalui fitur-fitur tersebut, Mekari Talenta seperti aplikasi HRIS dapat membantu perusahaan dalam mengelola SDM secara efektif dan efisien melalui perangkat mobile.

2. Jibble

jibble attendance

Jibble adalah aplikasi absensi yang menyediakan fitur absensi dengan wajah, yang memungkinkan karyawan untuk mengambil foto diri mereka sendiri sebagai tanda masuk dan keluar. Aplikasi ini juga menyediakan integrasi dengan platform lain seperti Slack dan Trello.

3. Zoho People

Zoho People

Zoho People adalah platform HRMS (Human Resource Management System) yang menawarkan berbagai fitur, termasuk aplikasi absensi online. Aplikasi ini memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti dan izin secara online, dan dapat diakses melalui web atau aplikasi absensi mobile.

4. Clockify

clockify

Clockify adalah absensi online yang menawarkan berbagai sistem, seperti perencanaan rancangan proyek, penetapan tugas, dan sistem penggajian sederhana. Terdapat 4 pilihan paket sesuai skala bisnis Anda dari versi gratis untuk UMKM dan berbayar.

5. Cezanne HR

cezanne hr

Aplikasi ini dapat mencatat jam kerja karyawan secara otomatis. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan kesalahan yang terjadi ketika pencatatan kehadiran manual.

HR dan manajer juga bisa mengakses data kehadiran secara real-time, sehingga bisa diketahui siapa yang sedang bekerja, siapa yang tidak hadir, dan siapa yang mungkin terlambat.

6. KaryaOne

karyaone

KaryaOne merupakan aplikasi absensi dengan fitur integrasi dengan perangkat keras, seperti fingerprint, kartu RFID, dan face recognition. Adapun fitur lainnya, KaryaOne terdapat pengaturan cuti, monitoring secara real-time, dan laporan absensi karyawan.

7. GreatDay HR

greatday HR

GreatDay HR merupakan aplikasi absensi berbasis website dan mobile yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola kehadiran karyawan, penggajian, dan manajemen sumber daya manusia.

8. Connectteam

Connectteam

Aplikasi absensi online untuk solusi all-in-one dari Connecteam bisa Anda pertimbangkan. Sama seperti Mekari Talenta, terdapat fitur pengingat, jam lembur, jadwal shift dan GPS lokasi dengan skala radius yang luas.

9. Smart Presence

smart presence

Bukan hanya dipakai oleh karyawan saja, aplikasi Smart Presence dapat digunakan oleh pelajar. Aplikasi ini terintegrasi secara langsung, sehingga karyawan dapat terpantau oleh perusahaan. Sementara itu, pelajar juga dapat terpantau oleh guru dan orang tua.

10. Quickbooks Time

quickbooks time

Quickbooks Time dapat membantu Anda dalam mengelola waktu dan kehadiran karyawan secara efektif dan efisien. Terdapat integrasi dengan Quickbooks online yang merupakan aplikasi akuntansi yang dikembangkan oleh QuickBooks.

Selain itu, aplikasi ini dapat mengelola dan meningkatkan efisiensi manajemen SDM dan penggajian secara keseluruhan.

11. ClockedIn

Aplikasi ini memiliki fitur geofencing, dimana perusahaan bisa menentukan batas geografis tertentu di mana karyawan dapat absensi masuk atau keluar. Fitur ini membantu memastikan bahwa karyawan hadir secara fisik di lokasi kerja yang ditentukan.

Selain itu, ada pula fitur biometrik seperti fingerprint dan pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas karyawan saat absensi. Ini akan melacak kehadiran dengan lebih akurat.

12. TimeTrex

Selain mempermudah proses absensi, TimeTrex juga menyediakan fitur untuk mengelola shift karyawan. Manajer dapat menetapkan shift, mengatur ketersediaan karyawan, dan menangani pertukaran atau penggantian shift.

HR juga bisa menerapkan kebijakan khusus terkait kehadiran, misalnya aturan lembur atau potongan keterlambatan atau ketidakhadiran. Kebijakan tersebut akan terintegrasi secara otomatis dengan perhitungan gaji karyawan. 

13. ADP Workforce Now

Dengan aplikasi ini, karyawan bisa mencatatkan jam masuk dan keluar mereka dengan lebih mudah. Karena terdapat beberapa metode absensi yang tersedia, seperti melalui biometrik, mobile app, atau browser. 

Karyawan dapat mengajukan berbagai jenis cuti dalam satu aplikasi, dan supervisor bisa dengan segera menyetujui atau menolak ajuan tersebut. 

14. BambooHR

Selain absensi yang lebih mudah, BambooHR menyediakan fitur kalender bersama yang menampilkan jadwal karyawan. Ini akan memudahkan HR dan manajer untuk memantau siapa saja yang sedang cuti pada waktu tertentu. 

Aplikasi ini juga bisa menghasilkan laporan terkait data kehadiran, pengajuan cuti, persetujuan dari manajer untuk dianalisis. 

15. Gusto

Melalui aplikasi seluler, karyawan dapat melakukan absensi dimana dan kapan saja. Ini memudahkan pekerja yang sering berpindah lokasi maupun bekerja dari rumah. Fitur pelacakan GPS juga membantu memverifikasi lokasi dan jam absensi yang akurat. 

Fitur kehadiran Gusto terintegrasi dengan fitur lainnya seperti penggajian, benefit, serta manajemen HR secara keseluruhan. 

Kesimpulan

Penting bagi perusahaan untuk memilih aplikasi absensi online terbaik. Ini memastikan manajemen kehadiran yang akurat, menghemat biaya, dan mempermudah proses pekerjaan HR secara keseluruhan. 

Mekari Talenta adalah salah satu pilihan terbaik untuk berbagai sektor bisnis. Fiturnya lengkap, mulai dari absensi, penggajian, dan manajemen sumber daya yang terintegrasi dengan software akuntansi. Ini memudahkan HR melakukan pekerjaan rutin serta mengambil keputusan strategis. Coba sekarang! 

Sama seperti Mekari Talenta sebagai solusi lengkap dalam melakukan proses

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami