Home / Blog / Digital Transformation

Fingerprint: Pengertian, Sejarah dan Manfaat

alat pemindai sidik jari untuk absensi karyawan di perusahaan
Daftar isi
Mode

Kemajuan teknologi masa kini yang semakin canggih, membawa serta lingkungan sekitar juga ikut melebur dalam kemajuan bersama kecanggihan teknologi tersebut. Salah satu kemajuan teknologi yang membawakan kecanggihan yang nyata adalah fingerprint, fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang digunakan untuk scanning sidik jari dari seseorang.

Sidik jari atau fingerprint adalah inovasi baru dalam mengidentifikasi identitas dari seseorang melalui sidik jari yang akan direkam dan disimpan melalui data oleh alat tersebut. Kemajuan teknologi satu ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, salah satunya untuk absensi atau kehadiran dari sebuah perusahaan atau kantor.

Dengan menggunakan alat elektronik canggih yang dapat merekam serta menyimpan data dari identitas seseorang ini, penyimpanan secara manual tidak akan dibutuhkan lagi. Teknologi yang digunakan fingerprint adalah sistem otomatis khas kecanggihan teknologi masa kini. Selain itu, fingerprint adalah salah satu solusi yang tepat untuk dapat menghemat waktu dalam mengisi kehadiran.

Apa Itu Fingerprint dan Sejarahnya

Fingerprint adalah kemajuan teknologi dari sebuah alat yang digunakan untuk merekam sidik jari dari seseorang dan menyimpan data tersebut pada sebuah sistem. Sejarah dari kecanggihan teknologi satu ini telah berlangsung sejak tahun 1890, bermula dari seorang ilmuwan dari Inggris yang mempelajari mengenai identifikasi seseorang melalui sidik jari. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan tersebut dilakukan untuk kebutuhan dari penyelesaian tindak kriminal.

Dari penelitian yang membutuhkan yang cukup panjang tersebut, dapat disimpulkan bahwa setiap sidik jari manusia tidak memiliki satupun kesamaan. Meski mempunyai tipe sidik jari yang sama, setiap manusia dengan manusia lain terdapat perbedaan dari sisi sidik jari tersebut. Pada akhirnya sidik jari ini dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengidentifikasi identitas dari seseorang. Kemudian awal abad ke-20, penggunaan sidik jari ini dilakukan oleh kepolisian Inggris untuk keperluan penyelesaian kriminal.

Memasuki sejarah penggunaan fingerprint di Indonesia, sistem identifikasi dengan menggunakan sidik jari tersebut dikenalkan oleh seorang tentara dari Jerman. Fingerprint adalah salah satu budaya dari luar yang dibawa oleh tentara tersebut sejak dirinya ditugaskan di daerah Makassar. Setelah lulus pendidikan polisi di Indonesia, tentara yang berdarah asli Jerman tersebut ditugaskan dan mengenalkan penggunaan fingerprint di kepolisian Indonesia. Hal ini menjadi awal mula sejarah pemanfaatan fingerprint di Indonesia, yang bermula dari seorang tentara hingga berlanjut di masa saat ini.

Pengembangan lebih besar pada penggunaan serta pemanfaatan fingerprint ini kemudian dilakukan pada tahun 1959-1960. Sistem yang dikembangkan untuk penggunaan sidik jari sebagai identifikasi seseorang ini dilakukan secara maksimal untuk dapat digunakan di bidang lain nantinya. Hingga pada masa sekarang, penggunaan dari berbagai inovasi yang telah dilakukan pada fingerprint tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengisi kehadiran karyawan di kantor.

Baca Juga: Perbedaan dan Contoh Absensi Kehadiran Online dan Manual

Pemanfaatan Fingerprint Untuk Absensi Online

Fingerprint adalah alat elektronik yang menggunakan identifikasi sidik jari para pegawainya untuk memantau kehadiran pegawai yang bersangkutan. Teknologi canggih tersebut, memungkinkan sebuah perusahaan atau kantor untuk memantau kehadiran para pegawai dengan cara yang lebih mudah.

Cara kerja sistem fingerprint ini adalah dengan melakukan pemindaian sidik jari melalui dua tahapan, yakni mengambil gambar sidik jari kemudian memutuskan apakah pola alur sidik jari yang diambil sama dengan data yang tersimpan di database. Ada beberapa cara untuk mengambil gambar sidik jari seseorang, namun salah satu metode yang paling banyak digunakan saat ini adalah optical scanning.

Bahkan saat ini sudah terdapat aplikasi absensi online yang bisa diintegrasikan dengan sistem fingerprint di kantor untuk keperluan absensi pegawai. Alat tersebut akan secara otomatis untuk melakukan proses pendataan dari scanning yang telah dilakukan. Setelah itu, pengisian kehadiran dari para pegawai tersebut akan tercatat setelah data yang masuk sudah sesuai.

Baca Juga: Perbedaan dan Contoh Absensi Online dan Manual

Manfaat Menggunakan Fingerprint Untuk Absensi Pegawai Karyawan

Inovasi yang semakin berkembang dalam dunia kepegawaian ini memberikan beberapa manfaat bagi tim HR perusahaan, di antaranya:

1. Mengurangi kecurangan

Manfaat pertama dengan adanya fingerprint adalah dapat mengurangi tindak kecurangan bagi para pegawai atau karyawan yang malas untuk berangkat kerja namun hanya mengisi absensi saja. Pada umumnya, pegawai atau karyawan yang lebih suka “titip absen” tidak akan bisa melakukan hal itu lagi jika menggunakan sistem fingerprint dalam pengisian daftar hadir.

2. Lebih praktis

Manfaat berikutnya dari menggunakan fingerprint adalah dengan menggunakan sistem fingerprint untuk mengisi daftar kehadiran, maka dapat dikatakan proses yang dibutuhkan akan dinilai lebih praktis.

Hal ini tentu saja bisa terjadi karena hanya dengan menempelkan ibu jari pada sebuah alat elektronik untuk scanning sidik jari, kehadiran pun akan terisi secara otomatis jika proses scanning tersebut sudah selesai.

3. Data akurat

Manfaat selanjutnya dari fingerprint adalah data yang disimpan akan lebih akurat daripada data yang disimpan secara manual menggunakan kertas. Karena menggunakan kecanggihan teknologi masa kini, sistem penyimpanan data dari proses scanning pada fingerprint tersebut akan lebih akurat.

Selain itu, waktu yang digunakan pada saat mengisi kehadiran pun akan lebih akurat juga. Sehingga hal tersebut dapat lebih melihat apakah pegawai atau karyawan telat atau tidak.

4.Waktu efisien

Kegiatan menempelkan jari pada mesin fingerprint atau pendeteksi sidik jari tersebut apabila dihitung secara matematis, tidak sampai satu menit. Berbeda dengan metode absensi yang menggunakan kartu absensi, ataupun tanda tangan yang membutuhkan waktu cukup lama.

Fingerprint adalah sebuah alat elektronik yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk proses scanning data dari sidik jari dengan waktu yang lebih singkat.

5. Proses cepat

Manfaat terakhir dari sebuah fingerprint adalah proses yang dibutuhkan untuk mengisi waktu kehadiran akan lebih cepat. Jika pada metode pengisian kehadiran secara manual para pegawai atau karyawan akan mengisi satu persatu sebuah kertas, maka dengan fingerprint adalah hal yang tidak berlaku.

Permasalahan Sering Terjadi Saat Absensi Menggunakan Fingerprint

Walaupun begitu, masih terdapat beberapa kendala yang mungkin akan Anda temukan dalam menggunakan inovasi teknologi fingerprint, yaitu:

1. Sistem Error

Absensi standalone mempunyai batasan kapasitas jari dan record transaksi yang akan berpengaruh pada sistem mesin, semakin banyak data tersimpan semakin lama pula proses identifikasi sidik jari. Apabila dibiarkan dalam kondisi tersebut hingga muncul peringatan “No more Space” bisa berakibat mesin Hang dan scan transaksi tidak diterima. Sistem error biasanya sering terjadi pada alat untuk scanning yang sudah lama digunakan.

2. Kurang perawatan

Kurangnya perawatan pada mesin scanning yang digunakan untuk mengisi daftar kehadiran pada karyawan ini juga dapat memicu berbagai masalah lain. Karena alat elektronik yang digunakan untuk scanning sidik jari tersebut jarang dilakukan sebuah perawatan, maka alat tersebut akan kotor dan lebih sering error karena kotor. Fingerprint adalah pengisian kehadiran yang menggunakan sebuah alat elektronik, sehingga perlu adanya perawatan secara rutin.

3. Alat rusak

Ada beberapa penyebab masalah tidak diterimanya scan karyawan. Kasus tidak menerima scan bisa seluruh karyawan atau sebagian, hal ini bisa terjadi karena ternyata mesin atau alat yang digunakan untuk proses scan tersebut sudah rusak.

Awal mula dari kerusakan mesin tersebut bisa dari perawatan yang kurang baik dan jarang dilakukan, hingga penyimpanan penuh pada sistem penyimpanan otomatisnya.

Ciri-Ciri Fitur Penyedia Fingerprint Terbaik

1. Pelayanan klien

Kepercayaan para klien terhadap Mekari Talenta menjadi prioritas utama bagi perusahaan ini untuk selalu menyediakan pelayanan terbaik kepada para klien. Keunggulan ini tersedia dalam bentuk berbagai macam produk yang ditawarkan kepada para klien, untuk dapat lebih banyak mencari fitur atau pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Kerjasama tim

Hasil pencapaian dari sebuah tim memang tidak lepas dari hubungan antar individu yang baik di dalam tim tersebut. Oleh karena itu, dengan kerjasama yang baik maka pelayanan yang diberikan kepada para klien akan maksimal. Peran tim dalam perusahaan ini menjadi kunci untuk menghasilkan pelayanan maksimal kepada klien yang telah bekerjasama.

3. Hubungan baik dengan klien

Masih berhubungan dengan kerjasama, perusahaan yang menyediakan pelayanan fingerperint adalah layanan cloud ini selalu menjaga hubungan dengan klien. Dengan adanya hubungan antar perusahaan dan klien yang baik, rasa percaya akan lebih meningkat dari para klien itu sendiri. Keunggulan ini juga menjadi salah satu pondasi dari Mekari untuk sukses melayani para klien.

4. Produk baru

Selain menyediakan software dan aplikasi pilihan untuk membantu para pebisnis dalam mengembangkan bisnisnya, Mekari juga masih terus menciptakan inovasi baru. Hal ini dilakukan agar tim HRD perusahaan dapat memberikan pelayanan maksimal dengan menyediakan aplikasi attendance management untuk mengawasi kinerja dan waktu produktif karyawan.

5. Kualitas tinggi

Dengan terus meningkatkan varian produk dan layanan baru kepada para klien, Mekari juga tidak lupa untuk selalu mengembangkan kedua aspek tersebut dengan kualitas yang terbaik. Tidak hanya berfokus pada hal baru, namun juga berfokus pada peningkatan standar serta kualitas dari produk maupun layanan itu sendiri.

Itulah penjelasan lengkap tentang fingerprint yang merupakan inovasi baru dalam mempermudah pengisian kehadiran dari suatu perusahaan atau kantor. Dengan kata lain, fingerprint adalah jawaban yang tepat untuk para pelaku usaha yang mencari teknologi canggih yang dapat mempersingkat waktu untuk pengisian kehadiran yang lebih efisien.

Untuk semakin mudah menggunakan sistem otomatis yang ada pada alat fingerprint, Mekari hadir untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut melalui salah satu produknya yaitu Mekari Talenta. Dengan Mekari Talenta, Anda dapat dengan mudah mengelola berbagai kebutuhan karyawan seperti absensi online hingga mengatur cuti lembur. Untuk dapat menggunakan layanan terbaik tersebut, pengguna dapat mengunjungi laman produk Mekari.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami