Image

Mengenal Allowance, Seberapa Penting untuk Perusahaan dan Karyawan

Karyawan yang bekerja di perusahaan tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja. Namun perusahaan juga memberikan kompensasi lain berupa allowance.

Allowance atau tunjangan, adalah tambahan pendapatan yang diterima oleh karyawan, tidak hanya berupa uang namun bisa juga berbentuk benefit lain seperti program.

Beberapa benefit yang ditawarkan perusahaan digunakan untuk menarik karyawan agar mau bekerja di perusahaan tersebut.

Allowance ini juga tergantung dari kebijakan-kebijakan perusahaan, setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda sesuai kondisi masing-masing perusahaan.

Nah, di bawah ini kita akan bahas lebih jauh tentang apa itu allowance.

pentingnya tunjangan untuk karyawan dan perusahaan

Kenal Lebih Jauh dengan Allowance?

Allowance atau tunjangan sudah di atur oleh undang-undang, jenis tunjangan wajib perusahaan yang di atur oleh pemerintah adalah tunjangan hari raya (THR).

Tunjangan hari raya atau THR ini diatur melalui Kementerian Ketenagakerjaan No 6 tahun 2016. Dan sebenarnya, ini satu-satunya kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Namun ada beberapa tunjangan lain yang di atur oleh pemerintah.

Melalui Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja No 7 tahun 1990 . Tunjangan dibagi menjadi dua, Tunjangan tetap dan juga Tunjangan tidak tetap. Namun, besaran tunjangan tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Lalu, apa itu Tunjangan tetap dan Tunjangan tidak tepat, berikut definisinya :

1. Tunjangan Tetap

Tunjangan ini diberikan secara berkala ke karyawan, dan tidak berdasarkan absensi karyawan. Contohnya, seperti tunjangan keluarga, untuk istri dan anak. Juga ada tunjangan berupa, rumah dinas, jabatan, kesehatan dan lainnya. Tunjangan tersebut, walaupun bersifat tetap, namun juga bisa berubah tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

2. Tunjangan Tidak Tetap

Tunjangan tidak tetap adalah kompensasi yang diberikan untuk karyawan bisa secara langsung ataupun tidak langsung. Tunjangan ini berupa makan siang atau transportasi, dan berdasarkan kehadiran karyawan. Tidak selalu bersifat uang, namun juga bisa berbentuk kendaraan antar-jemput atau pun makanan, seperti catering.

Dan berlakunya ketentuan ini tergantung dengan kebijakan tiap perusahaan, bisa saja tunjangan uang makan atau transportasi tidak mempengaruhi dari absen karyawan, bisa masuk dalam kategori tunjangan tetap dan juga sebaliknya.

Anda bisa melihat dan menghitung berapa allowance yang diberikan perusahaan dengan menggunakan software HR Mekari Talenta. Hal ini akan membuat Anda mudah karena tidak perlu menanyakan atau mengirim email ke HR perusahaan.

Dan juga Anda tidak perlu binggung dalam menghitung berapa tunjangan yang Anda terima setiap bulan.

Baca Juga: Mari Mengenal Jenis-Jenis Tunjangan Karyawan yang Terbaru

Macam-Macam Allowance

Adapun macam-macam jenis tunjangan yang dimiliki perusahaan, yang akan diberikan sesuai dengan kondisi yang paling umum. Berikut beberapa tunjangan yang biasanya diberikan perusahaan kepada karyawan :

1. Tunjangan Transportasi

Mobilitas tinggi dalam sebuah perusahaan, menyebabkan tunjangan transportasi adalah tunjangan penting yang harus dimiliki karyawan. Karena berhubungan dengan mobilitas harian, tunjangan bisa diberikan dalam bentuk berupa uang ataupun kendaraan antar jemput yang disiapkan perusahaan untuk karyawannya.

Dan jika karyawan yang sering melakukan meeting di luar kantor dengan klien, akan mendapatkan tunjangan berupa makanan ataupun minuman di restoran. Beberapa pekerjaan juga terkadang mengharuskan karyawan ke luar kota ataupun keluar negeri. Tunjangan bisa berupa tiket dan akomodasi perjalanan.

Tunjangan ini diberikan perusahaan agar dimaksudkan, untuk melancarkan pekerjaan dan proyek yang sedang dilakukan, menjaga mobilitas yang lancar sangat penting, agar bisa mencapai target perusahaan.

2. Tunjangan Kesehatan

Tunjangan ini biasanya selalu masuk sebagai tunjangan tetap, dan salah satu tunjangan yang paling umum dimiliki perusahaan. Karena tunjangan ini bertujuan agar karyawan bisa memiliki akses kesehatan yang cepat dan lebih baik. Seperti resiko kecelakaan atau pun sakit. Pemerintah pun saat ini mewajibkan perusahaan untuk mendaftrakan karyawannya agar memiliki asuransi kesehatan, terutama BPJS Kesehatan.

Tunjangan ini berupa pembayaran asuransi atau BPJS yang langsung dibayarkan perusahaan bersamaan dengan gaji pokok.

3. Tunjangan Lembur

Tidak semua perusahaan memiliki tunjangan lembur, namun masih ada perusahaan yang menetapkan lembur sebagai tunjangan. Apalagi di Indonesia sendiri, bekerja nine-to-five tidak selalu terealisasi. Karena beban tanggung jawab yang besar.

Pada akhirnya tunjangan ini tidak selalu bisa dilakukan, karena waktu kerja yang tidak bisa diukur dengan jelas. Namun, untuk perusahaan yang menetapkan tunjangan ini pun diharapkan teliti dalam membuatnya, agar tidak terjadi cost berlebihan, yang berakibat pada keuangan perusahaan.

Maka dari itu penting untuk menerapkan work life balance agar beban kerja tidak sampai menganggu waktu karyawan untuk beristirahat, dan juga tidak menganggu arus keuangan perusahaan.

4. Tunjangan Tempat Tinggal

Perusahaan yang banyak merekrut karyawan dari luar daerah, kota atau pun luar negeri, biasanya memiliki tunjangan tempat tinggal. Tunjangan ini tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Seperti mess karyawan, tempat kost, apartment, rumah dinas ataupun perumahan.

Tunjangan ini dimaksudkan agar karyawan yang sangat jauh tempat tinggalnya dari kantor, bisa mendapatkan akses kerja yang lebih dekat.

5. Tunjangan Makan

Tunjangan ini adalah yang paling sering diberikan perusahaan untuk karyawannya, tunjangan ini juga biasanya tergantung dari kehadiran atau absensi dari karyawan. Karyawan yang datang ke kantor akan mendapatkan tunjangan makan, dan jika tidak datang ke kantor tidak mendapatkan tunjangan ini.

Tunjangan ini sangat bermanfaat untuk karyawan karena makanan menjadi salah satu hal yang penting untuk keberlangsungan proses bekerja. Namun tidak selalu berbentuk uang, tunjangan ini bisa berupa makanan yang sudah dipersiapkan perusahaan untuk karyawannya.

6. Tunjangan Internet

Work From Home (WFH) atau juga Remote Working dan Hybrid Working sudah menjadi bagian dari pekerjaan saat ini. Hal tersebut membuat perusahaan membuat kebijakan baru tentang tunjangan internet, menggantikan tunjangan makan, jika karyawan lebih sering berada di rumah untuk bekerja.

Tunjangan ini juga bisa menjadi penting karena, internet menjadi salah satu kepentingan yang harus dimiliki oleh karyawan, koneksi internet yang lamban akan membuat kinerja karyawan menurun.

7. Tunjangan Hari Raya

Siapa yang tidak tahu tentang tunjangan ini, THR atau tunjangan hari raya adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh karyawan. Dan uniknya, tunjangan ini hanya ada di Indonesia saja. Aturan tunjangan ini bahkan di atur pemerintah lewat undang-undang.

Besaran gaji tunjangan ini adalah 1 bulan gaji dan juga mendapatkan bingkisan hari raya, diberikan 2 minggu sebelum hari raya berlangsung. Tunjangan ini menjadi paling special bagi banyak orang karena sudah menjadi budaya di Indonesia.

8. Tunjangan Hari Libur

Tidak selalu berupa uang atau barang, tunjangan hari libur juga bisa diberikan perusahaan untuk karyawan. Jika dalam beberapa periode pekerjaan terlalu banyak, dan menyebabkan karyawan bekerja lebih keras.

Pada tunjangan ini, perusahaan bisa memberikan waktu istirahat beberapa hari kepada karyawan, atau tiket ke luar kota atau pemesanan kamar hotel untuk staycation, bersama keluarga. Tunjangan ini dimaksudkan agar karyawan yang sudah bekerja cukup keras, mendapat reward untuk nantinya bisa menambah produktifitasnya lagi.

9. Tunjangan Lainnya

Masih banyak tunjangan lain yang bisa diberikan perusahaan kepada karyawannya. Seperti kualitas kerja yang meningkat, juga bonus tahunan. Jenis-jenis tunjangan yang tidak tetap bergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Dan tidak terikat.

Manfaat Allowance bagi Perusahaan dan Karyawan

Sekilas, allowance terlihat seperti hanya memberikan kelebihan manfaat untuk karyawan saja. Padahal sebenarnya tidak begitu. Allowance juga sangat bermanfaat untuk kelangsungan perusahaan jangka panjang.

Karena dengan adanya tunjangan-tunjangan tersebut, karyawan akan lebih bisa produktif dan juga meningkatkan loyalitasnya kepada perusahaan. Tunjangan juga bisa meningkatkan relasi dan juga hubungan baik antara perusahaan dan karyawan, setiap hari karyawan dihadapkan dengan banyaknya tugas, yang terkadang membuat karyawan merasa burn out, bosan dan juga jenuh dengan pekerjaannya

Hal tersebut sangat berimbas kepada perusahaan, karena menurunkan produktivitas karyawan tersebut. Hal ini juga menghambat proses bisnis atau planning bisnis yang sedang atau akan berjalan.

Dengan adanya kebijakan allowance, bisa menambah semangat karyawan dalam mengejar target perusahaan, dan semangat inilah yang dibutuhkan perusahaan untuk meningkatkan pencapaiannya.

Jadi, tunjangan tidak semata-mata hanya menguntungkan satu pihak, seperti karyawan saja. Namun, engan adanya tunjangan, secara tidak langsung memberikan keuntungan yang lebih banyak untuk perusahaan.

Berbagai macam tunjangan yang diberikan perusahaan terhadap karyawan, bisa membantu meningkatkan value perusahaan itu sendiri dimata publik. Maka dari itu talenta dari Mekari memiliki program employee benefit yang bisa digunakan perusahaan untuk mensejahterakan karyawannya.

Beberapa manfaat program benefit karyawan untuk sebuah perusahaan antara lain,

  • Meningkatkan loyalitas karyawan
  • Membuat karyawan lebih komitmen
  • Menarik karyawan dengan potensial yang tinggi
  • Menaikan retensi dan menekan turnover intention karyawan
  • Menurunkan biaya untuk melakukaan pengadaan karyawan baru
  • Mendorong Kinerja
  • Meningkatkan Produktivitas

Semua manfaat tersebut membuat Mekari ingin membantu perusahaan meningkatkan kredibilitasnya, dengan cara meningkatkan kualitas karyawan melalui program-program Mekari lainnya, termasuk Mekari Flex dengan employee benefit.

Kebutuhan allowance, tidak hanya diperuntukan untuk karyawan, namun akan meningkatkan kualitas perusahaan jangka panjang.

Pentingnya Aplikasi untuk Kelancaran Program Allowance

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak sekali manfaat dari memiliki program allowance, agar meningkatkan kualitas karyawan. Namun beberapa hal yang harus menjadi concern HR perusahaan adalah, harus memiliki sistem yang jelas dan juga akurat.

Pengelolaan tunjangan, gaji dan juga absensi karyawan terlalu ribet jika dilakukan secara manual. Mekari Talenta memberikan solusi dengan HRIS. Apa itu HRIS?

HRIS adalah human resource informatioan system, yang membantu HR dalam melakukan pengelolaan tunjangan, gaji, absensi karyawan, mengelola data base, secara otomatis yang akan membuat pekerjaan HR menjadi efisien dan juga efektif.

Dalam HRIS juga memiliki employee self-service agar karyawan bisa mengatur informasi dan juga akses layanan perusahaan secara mandiri, mulai dari absen hingga mengajukan cuti ataupun lembur.

Sudah Anda ketahui allowance menjadi salah satu kelebihan sebuah perusahaan, agar keseimbangan antara perusahaan dan juga karyawan bisa saling bersinergi dan membuat kontribusi yang baik.

Dibantu dengan beberapa kemudahan aplikasi, program ini akan berjalan lebih transparan dan real time. Membuat perusahaan dan karyawan bisa fokus terhadap proyek yang sedang dikerjakan, tanpa lagi perlu pusing melakukan pengecekan gaji, tunjangan dan juga absensi.

Majukan perusahaan dan berikan kenyamananan karyawan dengan program employee benefit.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami