Image

Assessment: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contohnya dalam Perusahaan

Assessment adalah istilah yang cukup sering kita dengar terutama saat penerimaan karyawan baru oleh perusahaan.

Tidak hanya itu, istilah ini juga lekat dengan dunia pendidikan. Assessment sekolah yang dijadikan tolok ukur keberhasilan penyampaian kurikulum pada siswanya.

Ya, assessment merupakan bagian dari sebuah penilaian. Kali ini kita akan membahas assessment kerja yang kerap diberlakukan oleh instansi maupun perusahaan.

Kami akan memberikan ulasan lengkap terkait pengertiannya, tujuan, fungsi, jenis juga contohnya. Berikut ini penjelasannya.

assesment karyawan perusahaan

Pengertian Assessment

Assessment dapat diartikan sebagai proses mempertimbangkan setiap informasi terkait individu maupun situasi terkini guna dilakukan penilaian.

Assessment adalah bagian dari proses penilaian atas individu atau situasi yang bisa merefleksikan berhasil tidaknya dalam mencapai suatu tujuan.

Anda akan menjumpai proses assessment dalam dunia kerja ketika penerimaan karyawan baru, serta saat promosi kenaikan jabatan.

Sementara dalam dunia pendidikan, assessment menjadi aspek penting yang tidak boleh dilewatkan pada proses pembelajaran dan juga pengajaran.

Melalui proses assessment, Anda bisa mengukur skill, wawasan, bakat, bahkan kebugaran dari seorang individu ataupun klasifikasi lainnya.

Biasanya, assessment dilakukan dalam bentuk tes lisan maupun tulisan, bisa juga berupa aktivitas fisik di tempat yang sudah ditentukan.

Tidak hanya di dunia kerja dan dunia pendidikan saja Anda bisa menemukan process assessment. Bahkan di bidang teknologi, perpajakan, psikologi juga keuangan.

Dari berbagai bidang tersebut bisa kita dapatkan contoh assessment. Contoh assessment adalah personal dan juga technical assessment.

Dimana personal assessment fokus pada penilaian kualitas diri individu, baik dari karakter, wawasan, pengetahuan, keterampilan dan masih banyak lagi lainnya.

Ini biasa digunakan pada bidang psikologi dan diaplikasikan sebagai syarat penerimaan karyawan baru pada sebuah instansi maupun perusahaan.

Sementara technical assessment adalah penilaian juga evaluasi yang dilakukan atas temuan baru di bidang teknologi.

Penilaian dilakukan untuk mengetahui dampak positif juga negatif secara global, serta potensi pemanfaatan maupun pengembangan di masa depan.

Para ahli memiliki pandangan yang berbeda dalam mendefinisikan assessment ini. Adapun menurut beberapa ahli assessment adalah:

1. Menurut Worthen & Sanders

Dua orang ahli ini mengartikan assesment sebagai aktivitas mencari poin penting atau nilai atas sesuatu.

Dimana dalam pencarian nilai tersebut, mencakup pengumpulan informasi penting terkait suatu kegiatan.

Selain itu juga sekaligus menganalisa strategi yang sesuai untuk diimplementasikan guna mencapai tujuan.

2. Menurut Robert M. Smith

Assessment diartikan sebagai proses penilaian yang komprehensif guna mengidentifikasi kekuatan juga kelemahan dari hasil keputusan.

Proses ini melibatkan sebuah tim dan bertujuan untuk menyusun rencana pembelajaran sebagai layanan pendidikan berdasarkan hasil keputusan.

3. Nana Sudjana

Menurutnya, assessment adalah proses pada saat kita memberikan nilai kepada sebuah obyek dengan menjadikan kriteria tertentu sebagai dasar atau acuan penilaian.

4. Menurut Suchman

Assessment yaitu penentuan hasil penilaian atas berbagai aktivitas yang direncanakan, dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan.

Tujuan dari Proses Assessment

Assessment dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu atau nilai atas situasi maupun individu.

Sebab dari proses inilah bisa dilakukan evaluasi atas berbagai kekurangan atau kelemahan yang ada.

Selain itu, dengan adanya assessment Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi setiap indikator kompetensi yang telah berhasil Anda capai atau wujudkan.

Itu merupakan tujuan assessment secara garis besar. Untuk lebih spesifiknya, berikut ini beberapa tujuannya dalam dunia kerja.

  1. Bentuk apresiasi dan motivasi bagi karyawan agar dapat terus berkontribusi dengan performa maksimal
  2. Membuka peluang untuk kenaikan posisi atau jabatan dalam perusahaan
  3. Menyesuaikan program pelatihan kerja yang relevan dengan kebutuhan karyawan
  4. Mempermudah proses pengembangan usaha dan upaya mencapai target sesuai rencana usaha
  5. Meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan dan juga sebaliknya

Fungsi Assessment dalam Perusahaan

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi tujuan dari assessment, kini kita lanjutkan ke aspek fungsi dari proses ini.

Peran penting assessment dalam menghadirkan hasil penilaian atas kekurangan, kelebihan , serta rencana ke depan berdasarkan pada dua fungsinya. Adapun fungsi assessment adalah:

1. Fungsi Sumatif

Fungsi assessment yang satu ini dalam dunia pendidikan menjadi penentu lulus atau tidaknya siswa atas subjek pelajaran tertentu.

Sementara dalam dunia kerja pada perusahaan, fungsi sumatif menjadi dasar pertimbangan diterima tidaknya karyawan baru ataupun promosi kenaikan jabatan.

2. Fungsi Formatif

Fungsi berikutnya yaitu formatif, yaitu fungsi sebagai alat bahan dalam memandang secara luas terkait kebutuhan atas upaya pencapaian.

Dari fungsi ini Anda bisa melakukan evaluasi, juga mengidentifikasi apa keunggulan juga kekurangan yang dimiliki untuk dilakukan perbaikan dan dimaksimalkan.

Jenis-jenis Assessment yang Diaplikasikan pada Perusahaan

Assessment diterapkan dalam perusahaan untuk berbagai kebutuhan terkait kualitas SDM atau karyawan.

Baik karyawan baru yang akan bergabung, maupun karyawan lama yang layak dipertimbangakan untuk memperoleh kesempatan naik jabatan.

Berikut ini adalah jenis assessment yang digunakan sebagai penilaian atas kualitas karyawan perusahaan.

1. Assessment untuk Penerimaan Karyawan Baru

Agar dapat memperoleh kandidat yang tepat guna mengisi lowongan, assessment adalah dasar acuan kesesuaian calon karyawan dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam merekrut karyawan baru, assessment yang diperlukan antara lain seperti:

  • Personality and integrity
  • Kecerdasan atau kemampuan kognitif calon karyawan
  • Kondisi fisik dan keterampilan

Assessment untuk poin-poin diatas ini biasanya diperhatikan saat OJT (On the Job Training)

2. Assessment untuk Promosi Jabatan/ Posisi

Sementara untuk kenaikan jabatan atau promosi bagi karyawan lama, juga perlu adanya assessment untuk mempertimbangkan kelayakannya.

Terlebih lagi, sudah tentu ada banyak kandidat yang bisa dijadikan pilihan guna menerima promosi jabatan.

Assessment yang diperlukan dalam proses ini diantaranya seperti:

  • Role play untuk pelaksanaan kewajiban baru
  • Problem solving
  • Kemampuan mempresentasikan layanan atau produk perusahaan
  • Psikometri guna menemukan kesesuaian jabatan baru dengan karyawan yang akan dipromosikan

Dalam melaksanakan proses assessment, Anda sebagai penyelenggara bisa menggunakan tiga pilihan format pelaksanaannya. Format tersebut diantaranya adalah:

  • Format ujian lisan, setiap pertanyaan akan disampaikan secara lisan dan peserta bisa langsung menjawabnya.
  • Format ujian tulisan, tes akan diberikan secara tertulis dan peserta juga harus menuliskan jawabannya. Namun dengan perkembangan teknologi, format ini sudah berubah terkomputerisasi.
  • Format ujian kinerja atau praktik nyata, di sini keterampikan peserta benar-benar diuji dan dipastikan. Hasil dari ujian ini menjadi pemantapan keputusan.

Itulah penjelasan mengenai assessment yang memegang peran penting pada banyak bidang.

Tidak hanya dunia kerja dan pendidikan, tetapi juga keuangan, teknologi bahkan perpajakan.

Dari keseluruhan pendapat yang dikemukakan para ahli dan juga definisi secara umum atau garis besar, dapat kita tarik kesimpulan.

Bahwasanya assessment adalah, aktivitas mengukur serta menilai kemampuan seorang individu dan juga potensi atas suatu kondisi atau situasi.

Dimana dari penilaian tersebut akan dibuat pertimbangan, hingga keputusan yang sifatnya mengutamakan perbaikan guna mencapai tujuan perusahaan.

Talenta by Mekari sebagai perusahaan yang memiliki aplikasi HR terlengkap di Indonesia dapat membantu perusahaan Anda dalam melakukan assessment karyawan menjadi lebih mudah dan akurat..

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami