Home / Blog / Business & Economy

NPP Perusahaan: Pengertian, Tata Cara dan Manfaat

npp perusahaan
Daftar isi
Mode

NPP Perusahaan merupakan salah satu bagian yang terpenting bagi Perusahaan sebagai layanan tambahan yang wajib dimiliki oleh Perusahaan, termasuk Startup.

Selain itu, NPP Perusahaan juga memiliki fungsi sebagai persyaratan dalam memperoleh jaminan ketenagakerjaan, kesehatan dan layanan lainnya kepada karyawan yang bekerja di Perusahaan Anda.

Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) juga termasuk hak untuk Karyawan yang telah ditetapkan sebagai jaminan kesejahteraan yang penting untuk karyawan. Karyawan juga dapat membayar iuran jaminan tersebut berupa premi yang harus dilakukan bagi Perusahaan.

Mengenal Nomor Pendaftaran Perusahaan

Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) merupakan salah satu layanan tambahan yang wajib bagi program pemerintah yaitu BPJS karena penting bagi karyawan sebagai aset terpenting dalam suatu Perusahaan karena Perusahaan yang memanfaatkan tenaga dan kinerja dari karyawan sehingga dapat menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara Perusahaan dan Karyawan.

Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) adalah hal yang perlu diperhatikan oleh Anda sebagai Pengusaha yang bertanggung jawab kepada Karyawan. Apabila Anda tidak melakukan proses pendaftaran Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP), maka Anda mendapatkan pandangan yang kurang baik di lingkungan Perusahaan Anda.

Oleh karena itu, Anda dapat segera melakukan pendaftaran pada Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dengan berbagai tahapan-tahapan yang dapat Anda lakukan dengan prosedur yang dapat dilakukan secara online melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Baca Juga: 10 Jenis Benefit Karyawan Beserta Manfaatnya

Tata Cara  Mendapatkan NPP Perusahaan untuk Perusahaan Startup

NPP Perusahaan merupakan identitas penting yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dan fungsi dalam menyelesaikan masalah tertentu yang akan dihadapi oleh Perusahaan di masa mendatang.

Berikut tata cara mendapatkan NPP Perusahaan, diantaranya:

1. Menyiapkan Identitas Perusahaan

Sebelum Anda mendapatkan NPP Perusahaan, Anda dapat menyiapkan data, antara lain:

  • Nama Perusahaan Startup
  • NIK Anda atau Pimpinan yang bertanggung jawab penuh terhadap Perusahaan.
  • Alamat Perusahaan.
  • Bidang Usaha pada Perusahaan.
  • Lokasi Penanaman Modal
  • Rencana Biaya Penanaman Modal
  • Rencana dalam penggunaan tenaga kerja yaitu Data Karyawan beserta Anggota Keluarga
  • Nomor Kontak Perusahaan
  • Rencana Perusahaan lainnya yang berhubungan dengan fasilitas fiskal, Bea Cukai, dan
  • Urusan lainnya serta NPWP Perusahaan.

Pengelolaan urusan pajak perusahaan dapat Anda lakukan dengan mudah melalui aplikasi pajak online yang terdaftar resmi di DJP dengan berbagai fitur lengkap.

2. Register di Website BPJS Ketenagakerjaan

Kemudian untuk membuat NPP Perusahaan di dalam website BPJS Ketenagakerjaan dapat memilih menu dan fitur tombol Register Badan Usaha Baru, sehingga Anda dapat masuk ke dalam akses halaman persetujuan dengan membaca syarat dan ketentuan.

Beberapa Persyaratan dalam membuat NPP Perusahaan diantaranya pengguna  dalam Portal Website Badan Usaha atau Badan Hukum yang merupakan Perusahaan atau Perusahaan Startup lainnya, diwajibkan telah memiliki kewenangan dan melaksanakan kewajiban hukum secara mengikat terkait kewajiban apapun yang terjadi di dalam website Portal BPJS Ketenagakerjaan.

3. Mengisi Formulir Registrasi

Persyaratan berikutnya dalam memperoleh NPP Perusahaan yaitu Anda dapat mengisi dan memberikan data secara lengkap dan benar yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara hukum yang berlaku.

Kemudian dapat mengisi keterangan waktu yaitu tanggal yang dapat dihubungi oleh pihak layanan BPJS untuk melakukan konfirmasi, kunjungan observasi dan survei Perusahaan, dan memberitahukan jadwal sosialisasi dalam layanan program dari BPJS salah satunya BPJS Ketenangakerjaan serta memberikan formulir registrasi badan usaha yang telah didaftarkan.

Selanjutnya Anda dapat melakukan persetujuan untuk proses pendaftaran ulang peserta apabila belum melengkapi proses pendaftaran sebelumnya dengan jangka waktu 90 hari.

Langkah selanjutnya, Anda dapat menyetujui syarat dan ketentuan dalam mendaftarkan perusahaan dengan mencentang kotak pada halaman website tersebut.

Kemudian Anda dapat mengisi informasi mengenai Perusahaan Anda dengan mengisi identitas Perusahaan secara lengkap, seperti:

  • Alamat Perusahaan,
  • Jumlah Karyawan yang Bekerja di Perusahaan Anda,
  • Data Keluarga Karyawan Anda lainnya,
  • Nomor Izin Usaha,
  • NPWP,
  • Email Perusahaan sebagai pemberitahuan konfirmasi dan notifikasi lainnya yang dapat dipertanggungjawabkan dan
  • Data Penting lainnya.

3. Menunggu Konfirmasi

Setelah Anda mengisi Formulir Registrasi secara lengkap, Anda dapat menunggu konfirmasi melalui notifikasi melalui Email Perusahaan Anda.

Di dalam notifikasi email tersebut ada beberapa link yang dapat Anda lakukan dalam proses aktivasi, antara lain:

  • Link untuk memperoleh Dokumen Lampiran Cetak Formulir Pendaftaran Perusahaan Anda,
  • Nomor Kode Badan Usaha yaitu Perusahaan Anda yang telah terdaftar,
  • Nomor Rekening dan Virtual Account yang akan digunakan dalam pelayanan BPJS lainnya dan
  • Hak Akses untuk Anda berupa username dan kata sandi dari website BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pendaftaran karyawan di Perusahaan Anda beserta Anggota Keluarga Karyawan.

Apabila Anda telah mendapatkan dokumen-dokumen tersebut, maka Perusahaan Anda resmi mendapatkan NPP Perusahaan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan laporan terkait layanan BPJS serta layanan lainnya.

Manfaat NPP Perusahaan bagi Perusahaan Startup

Perusahaan Startup yang memiliki NPP Perusahaan dapat memperoleh keuntungan bagi seluruh komponen Perusahaan yang terlibat didalamnya.

Berikut manfaat NPP Perusahaan, diantaranya:

1. Jaminan Ketenagakerjaan dan Kesehatan BPJS

Manfaat adanya NPP perusahaan yaitu sebagai salah satu persyaratan penting dalam prosedur pembayaran iuran Jaminan premi pada BPJS setiap bulannya. NPP Perusahaan bermanfaat terhadap akses layanan dalam program BPJS dan Program lainnya, serta melengkapi kebutuhan administrasi Sumber Daya Manusia dalam pelayanan lainnya.

Manfaat lainnya yaitu seluruh karyawan yang telah terdaftar dalam salah satu Jaminan seperti Program BPJS Ketenagakerjaan telah mendapatkan jaminan hak sepenuhnya dalam memperoleh Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua yang telah diberikan secara langsung.

2. Kesejahteraan Karyawan

Selanjutnya, NPP Perusahaan juga membantu bagi Perusahaan Anda yang tidak perlu membuat skema jaminan baru sehingga karyawan Anda dapat memperoleh kesejahteraan bekerja. Selain itu, karyawan dapat mengakses layanan jaminan, pembayaran iuran, saldo secara berkala.

Adanya tim HR turut membantu proses administrasi dengan melakukan pemotongan iuran jaminan dapat melalui aplikasi slip gaji karyaawan sehingga dapat mempermudah dalam membayar iuran jaminan.

3. Meningkatkan Reputasi Perusahaan

NPP Perusahaan juga sangat Penting bagi Pengusaha sebagai Pimpinan Perusahaan Startup
NPP Perusahaan adalah hal yang penting yang harus Perusahaan Miliki serta dapat memberikan keuntungan bagi Anda sebagai Pengusaha.

NPP Perusahaan memberikan kepentingan bagi Perusahaan Anda dalam meningkatkan reputasi, eksistensi, dan kepercayaan melalui kredibilitas bagi Perusahaan di kalangan Investor yang memiliki hubungan kerjasama pada Perusahaan dan Karyawan di Perusahaan Anda. NPP Perusahaan juga penting dalam melancarkan dan memudahkan operasi Perusahaan yang selama ini dapat berjalan dengan baik.

Anda sebagai Pengusaha juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha secara luas dan melakukan kerjasama ke Perusahaan lainnya yang memiliki kredibilitas. NPP Perusahaan penting bagi Karyawan dalam melakukan pekerjaannya terutama dalam pengelolaan administrasi, personalia dan pekerjaan karyawan lainnya.

4. Kepercayaan Konsumen dan Investor

NPP Perusahaan juga sebagai tanda Perusahaan Anda memiliki izin usaha yang jelas dan legal. Hal ini dapat mempengaruhi konsumen dan investor Perusahaan Anda yang memiliki kepercayaan terhadap Perusahaan Anda dalam melakukan transaksi, kerjasama dan layanan lainnya di Perusahaan Anda yang ditawarkan.

Perusahaan yang memiliki NPP Perushaan juga dapat melakukan kontribuksi terkait perkembangan proses bisnis secara aman dan nyaman di wilayah tertentu karena telah mematuhi peraturan dan dapat melindungi semua pihak di Perusahaan Anda.

Cara Mengetahui Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP)

Sebagai seorang Pengusaha, Apabila Anda ingin mengetahui Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dengan melakukan akses pada website BPJS Ketenagakerjaan. Anda dapat memasukkan username dan kata sandi. Dengan memiliki hak akses untuk mengetahui Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP). Anda dapat melakukan Akses pada website BPJS Ketenagakerjaan secara bebas.

Oleh karena itu sangat penting bagi Anda untuk menyimpan informasi akses tersebut karena hal ini dapat berguna untuk mengetahui Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) dan proses mendaftarkan karyawan Anda dan Anggota Keluarganya di masa mendatang.

Apabila informasi Hak Akses tersebut salah ketika Anda memasukkannya di dalam website BPJS Ketenagakerjaan tersebut, Anda dapat melakukan Alternatif cara lainnya yaitu untuk mengetahui Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) terdapat berbagai menu pilihan lainnya yang dapat diakses tanpa melakukan proses login.

Website BPJS Ketenagakerjaan telah didukung dengan fitur yang dapat memudahkan user atau penggunanya sebagai bentuk perubahan teknologi dalam pengembangan website BPJS secara berkala. BPJS memberikan kenyamanan dan keamanan anda dalam proses untuk mengetahui informasi Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) Perusahaan Anda.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami