Image Manajemen Organisasi: Pengertian, Tujuan, Konsep, dan Fungsinya
Blog

Manajemen Organisasi: Pengertian, Tujuan, Konsep, dan Fungsinya

Sebuah perkumpulan, kelompok atau organisasi, dapat berjalan dengan baik jika memiliki manajemen yang baik. Itulah mengapa manajemen organisasi menjadi hal penting untuk diperhatikan.

Manajemen dibutuhkan tidak hanya untuk mengatur tetapi juga memastikan keberhasilan mencapai target atau tujuan.

Sebab itulah dalam suatu organisasi akan membutuhkan manajemen yang baik dan tepat untuk diterapkan.

Kali ini kita akan mengulas apa sih yang dimaksud dengan manajemen organisasi. Mulai dari pengertian, fungsi, konsep hingga tujuannya. Berikut ini ulasan lengkapnya bagi Anda.

manajemen organisasi

Pengertian dari Manajemen Organisasi

Manajemen merupakan suatu proses pengelompokan, perencanaan, pelaksanaan dan juga pemantauan terhadap seluruh sumber daya dari sebuah organisasi atau perusahaan agar bisa mencapai tujuan.

Sementara organisasi ialah sekelompok orang yang saling bekerjasama dan juga berinteraksi untuk menjalankan fungsi, peran juga tanggung jawabnya terhadap organisasi tersebut.

Jadi, manajemen organisasi bisa diartikan sebagai proses perencanaan, pengelompokan, pemantauan dalam sebuah organisasi.

Dimana setiap individu di dalamnya memiliki peran masing-masing untuk bisa lebih cepat mewujudkan tujuan dari organisasi atau perusahaan.

Manajemen perusahaan, manajemen sekolah adalah dua diantara banyaknya contoh manajemen organisasi yang kerap kita jumpai. Lalu, apa tujuan dari manajemen dalam sebuah organisasi?

Tujuan dari Manajemen Organisasi

Secara umum tujuan manajemen dalam sebuah organisasi adalah mencapai target atau tujuan organisasi dengan cepat dan juga efektif.

Namun, jika kita ingin mengulasnya lebih dalam maka tujuannya bisa diklasifikasikan menjadi beberapa poin berikut.

1. Mewujudkan Efektivitas Kerja

Tujuan yang pertama yakni menciptakan kinerja yang efektif serta terarah. Sebab dengan efektivitas kerja yang baik, maka akan mempermudah suatu organisasi untuk bisa mencapai tujuannya dengan efektif pula.

2. Semua Bagian dalam Organisasi dapat Terkoordinasi

Efisiensi serta efektifitas kerja hanya bisa diwujudkan ketika setiap bagian dalam organisasi dapat saling berkoordinasi dengan baik. Sedangkan koordinasi yang baik dapat tercipta dengan adanya manajemen di dalam organisasi.

Sebab itulah tujuan adanya manajemen dalam organisasi selanjutnya yaitu mengkoordinir setiap individu dan juga divisi. Dengan begitu operasional dapat berjalan lebih lancar serta tertata.

3. Membentuk Lingkungan Kerja yang Kondusif

Dua poin sebelumnya dapat terwujud hanya ketika setiap individu dalam organisasi merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya. Hal itu juga menjadi bagian dari tujuan adanya manajemen dalam organisasi.

Lingkungan kerja yang kondusif serta nyaman, akan sangat mempengaruhi motivasi kerja setiap individu di dalamnya. Saat mereka bekerja dengan semangat, maka efektivitas kerja pun akan meningkat.

Konsep Manajemen Organisasi

Dalam penerapannya, terdapat tiga konsep yang penting untuk Anda ketahui. Konsep-konsep tersebut diantaranya adalah:

1. Manajemen sebagai Ilmu oleh Luther Gullich

Menurut konsep ini, manajemen menjadi bidang pengarahan yang mencoba menggali perilaku sekelompok orang, dimana mereka saling bekerjasama untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Tujuan dari konsep ini adalah memberikan pengetahuan atas segala fenomena, sehingga seorang pemimpin mampu mengetahui apa saja yang harus dikerjakannya begitu juga bawahan atau timnya.

2. Manajemen adalah Seni oleh Henry M. Boettinger

Konsep ini menganggap bahwa manajemen merupakan satu bentuk seni dalam membuat keputusan. Artinya, manajemen juga kemampuan menerapkan prinsip maupun teknik dalam mengelola sumber daya milik organisasi agar mencapai tujuannya.

3. Manajemen adalah Profesi

Konsep yang ketiga ini terbentuk dari hasil pengamatan pelaksanaan manajemen. Dimana untuk bisa mengelola, dibutuhkan keahlian di dalamnya. Sebab secara praktik, proses pengelolaan tanpa disertai keahlian, akan sulit mencapai tujuan.

Oleh sebab itu manajemen diartikan sebagai sebuah profesi yang dimiliki individu dengan keahlian tertentu. Dengan keahlian tersebut mereka dapat mencapai tujuannya melalui cara yang efektif serta efisien.

Fungsi Manajemen Organisasi

manajemen organisasi dalam merencanakan pekerjaan

Seperti halnya tujuan dari manajemen dalam organisasi yang terdiri dari beberapa poin, begitu pula dengan fungsinya.

Adapun fungsi dari manajemen dalam sebuah organisasi diantaranya adalah:

1. Perencanaan/Planning

Fungsi yang pertama ini diperuntukkan sebagai persiapan segala aktivitas dalam organisasi. Fungsi ini juga membantu dalam menentukan besarnya anggaran bagi aktivitas yang rutin dilaksanakan ataupun tidak.

Perencanaan harus dilakukan dengan baik dan matang. Sebab hal ini menjadi kunci keberhasilan pencapaian target di masa mendatang.

Perencanaan bisnis yang baik dan matang sebenarnya akan lebih baik dilakukan dengan aplikasi ERP yang memberikan data dan informasi yang saling terintegrasi. Hal ini akan membuat pemilik bisnis dapat memberikan keputusan bisnis terbaiknya.

2. Pengarahan/Directing

Fungsi yang berikutnya yaitu mengarahkan. Setelah membuat perencanaan yang matang, perlu adanya pengarahan agar rencana tersebut dapat tetap on track.

Dengan pelaksanaan rencana yang terarah serta fokus, maka tujuan pun akan lebih mudah untuk Anda capai.

3. Pengawasan/Controlling

Fungsi pengawasan ini diperlukan untuk menyempurnakan fungsi pengarahan. Dengan adanya pengawasan, maka kesalahan yang terjadi dalam operasional lebih mudah dan cepat terdeteksi.

Dengan begitu akan lebih cepat juga dalam mencari solusi. Dengan pengawasan, tingkat kesalahan pun bisa semakin diminimalkan.

4. Pengelompokan/Organizing

Mengorganisir atau mengelompokkan adalah salah satu fungsi yang amat diperlukan dari manajemen dalam sebuah organisasi. Mengapa? Karena dengan organizing atau pengelompokan, kinerja SDM dapat lebih maksimal.

Oleh karenanya dalam suatu organisasi senantiasa terdapat beberapa divisi. Hal ini untuk memudahkan organizing individu sesuai keahlian, keterampilan sehingga dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan maksimal.

5. Motivasi/Motivation

Fungsi yang kelima ini kerap terlewat karena dianggap tidak penting karena dinilai lebih kepada kebutuhan individual.

Padahal, dari motivasi individu dihasilkan kinerja yang mempengaruhi keberhasilan usaha mencapai tujuan.

Melalui manajemen, organisasi dapat memberikan motivasi pada setiap sumber daya manusia di dalamnya. Baik dengan pemberian reward atau penghargaan.

Dengan begitu para tenaga kerja akan lebih kompetitif dan termotivasi memberi kinerja yang terbaik.

6. Kepegawaian/Staffing

Fungsi kepegawaian dibutuhkan untuk menjalankan struktur organisasi yang ada. Tujuannya yakni menempatkan individu karyawan di posisi atau jabatan sesuai dengan keahliannya.

Fungsi ini juga mempengaruhi kenyamanan lingkungan kerja. Oleh karenanya penting untuk dijalankan sesuai dengan tujuannya.

Adapun beberapa proses yang menjadi bagian dari fungsi ini diantaranya adalah:

  • Rencana penerimaan tenaga kerja baru
  • Perekrutan setelah melalui proses seleksi dan sekaligus dengan penempatan
  • Training atau masa pelatihan kerja
  • Pemberian gaji, insentif dan juga bonus
  • Evaluasi kinerja karyawan
  • Promosi kenaikan jabatan

Ketika proses tersebut dapat dijalankan, maka fungsi kepegawaian dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dapat diwujudkan.

Perencanaan kepegawaian atau staffing dapat dilakukan dengan mudah jika perusahaan memiliki teknologi yang membantunya seperti aplikasi HRIS online.

7. Manajemen Waktu

Manajemen waktu dapat mempengaruhi kelancaran dan juga perkembangan sebuah organisasi. Maka dari itu, penting untuk memiliki manajemen waktu yang baik.

Anda bisa memulai dengan peraturan jam kerja serta deadline untuk setiap tugas atau tanggung jawab yang diberikan. Dengan begitu setiap individu akan terbiasa memiliki manajemen waktu yang baik dan berpengaruh pada cara kerja yang efektif serta efisien.

 

Dari berbagai ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwasanya manajemen organisasi sangat berperan pada kelancaran operasional serta perkembangan sebuah organisasi atau perkumpulan.

Dimana manajemen tersebut diperuntukkan bagi seluruh sumber daya yang terlibat, agar efektifitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan dapat meningkat.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp Hubungi sales