Image

Ini Peran Perusahaan dalam Kesejahteraan Finansial Karyawan

Kita semua tahu bahwa beban finansial dapat memiliki dampak pada kesehatan mental seseorang. Namun sebagai employer, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan kesejahteraan finansial untuk karyawan.

Dengan manajemen keuangan yang lebih baik, kesejahteraan finansial pun dapat dicapai sehingga karyawan bisa lepas dari stres serta hal-hal yang tidak menentu dan dapat fokus bekerja.

Di artikel kali ini, Mekari akan memberikan beberapa tips mengenai apa saja yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu karyawan mencapai kesejahteraan finansial. Berikut penjelasannya.

Bagaimana Manajemen Keuangan dapat Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Ketika seseorang mengalami masalah kesehatan mental, tidak seharusnya dia juga mengalami kesulitan secara finansial. Namun, seringkali kita temui hal itu yang terjadi.

Kesehatan mental ini sendiri dapat mengganggu orang dalam mencari nafkah. Ada kebutuhan yang harus seseorang penuhi, sementara kesulitan finansial yang ia hadapi kerap membuatnya stres.

Tidak jarang, ini membuat mereka terpaksa mencari jalan pintas untuk meminjam uang. Adalah hal lain jika mereka meminjam ke orang lain atau badan yang resmi seperti bank.

Namun, mereka kadang terjebak di pinjaman online yang ilegal dan susah untuk terlepas dari lilitan utang tersebut.

Hal-hal seperti ini lah yang pada akhirnya membuat banyak orang mengalami gangguan kesehatan mental.

Seharusnya, di sini perusahaan punya andil besar dalam mencegah hal itu terjadi. Peran perusahaan akan sangat membantu karyawan yang kesulitan dalam manajemen keuangan mereka menjadi sedikit terbantu untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Apa yang Dimaksud dengan Kesejahteraan Finansial

Ini-Peran-Perusahaan-dalam-Kesejahteraan-Finansial-Karyawan

Kesejahteraan finansial adalah ketika seseorang merasa aman dan dalam kontrol terhadap manajemen keuangan mereka.

Kesejahteraan finansial juga dapat dicapai ketika seseorang tahu bahwa dia bisa membeli semua kebutuhan inti dan membayar semua kewajiban, dapat menghadapi hal-hal yang tidak diduga, dan tetap on track pada tujuan finansial di masa depan.

Artinya, seseorang tidak perlu terlalu khawatir akan mengalami kesulitan finansial di suatu waktu karena mereka telah menyiapkan berbagai perencanaan untuk menanggulanginya.

Meski untuk dapat merasakan kesejahteraan ini adalah sebuah privilege, setidaknya bagi seseorang yang bekerja, perusahaan tempatnya bekerja memiliki peran besar dalam mewujudkannya.

Perusahaan Harus Peduli pada Kesejahteraan Finansial Karyawan

Karyawan yang mengalami kesulitan finansial dapat mempengaruhi performa pekerjaan mereka.

Penelitian menyebutkan bahwa dua dari tiga orang karyawan yang mengalami kesulitan finansial menunjukkan tanda-tanda gangguan kesehatan mental yang bisa mengganggu performa.

Beberapa di antaranya termasuk kurang tidur, konsentrasi yang rendah, hingga kehilangan motivasi bekerja.

Maka dari itu, perusahaan harus peduli terhadap kondisi karyawan dengan memberikan berbagai dukungan yang dapat membantu kesejahteraan karyawan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mempertahankan Karyawan agar Betah Pasca Tahun Baru?

Cara Bantu Karyawan Miliki Kesejahteraan Finansial

Kabar baiknya, perusahaan dapat melakukan berbagai cara untuk membantu meringankan beban finansial karyawan. Sehingga, mereka juga dapat memiliki manajemen keuangan yang lebih baik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kenali Berbagai Kondisi Karyawan Anda

Untuk perlu membuat perubahan pada kesejahteraan karyawan, Anda perlu memahami karyawan Anda serta kebutuhan mereka. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah melalui survei kepuasan karyawan.

Misalnya, dengan melakukan survei Anda jadi mengetahui apa saja yang baiknya disediakan perusahaan untuk karyawan dengan melihat seberapa puas karyawan dengan perusahaan selama ini.

Apakah yang dibutuhkan adalah jam kerja yang fleksibel, benefit seperti pinjaman karyawan, benefit kesehatan, dan lain sebagainya.

Berikan Edukasi Mengenai Manajemen Keuangan

Berbicara mengenai keuangan, edukasi adalah cara yang paling baik. Sayangnya, tidak semua orang pernah mendapatkan edukasi mengenai literasi keuangan dan bagaimana cara manajemen keuangan yang baik, alih-alih menyimpan dana pensiun.

Anda berkesempatan untuk membantu karyawan dengan memberikan mereka edukasi mengenai literasi keuangan.

Nantinya, divisi HR dapat menyediakan edukasi berupa kelas online yang dibawakan langsung oleh profesional.

Lewat edukasi ini, karyawan dapat bertanya langsung kepada ahlinya, membuat perencanaan jangka panjang, dan mendapat dukungan dari tujuan finansial yang mereka buat dari hasil kelas.

Baca juga: Mengenal Reimburse dalam Perusahaan: Pengertian, Jenis, dan Tips Mengajukan

Fasilitasi Karyawan dengan Earned Wage Access

Berbicara mengenai kondisi finansial, pastinya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Ada yang kebutuhan sehari-hari tercukupi dengan gaji bulanan, ada yang pas-pasan, dan ada juga yang merasa kurang sehingga harus mencari pekerjaan sampingan.

Memecahkan permasalahan manajemen keuangan karyawan, kita dikenalkan dengan konsep earned wage access.

Apa itu earned wage access? Earned wage access merupakan sebuah konsep di mana karyawan bisa mendapatkan gaji mereka lebih awal dari tanggal gajian.

dashboard mekari flex untuk menggunakan fitur earned wage access

Nominal gaji yang mereka dapatkan berdasarkan dengan jumlah hari mereka telah bekerja di bulan tersebut.

Sederhananya seperti ini, dalam satu bulan, Adi seorang karyawan di PT ABC Sejahtera telah bekerja selama 15 hari. Namun di tengah-tengah, ia membutuhkan dana darurat untuk biaya berobat ayahnya.

Adi yang saat itu tidak memiliki cukup uang bisa mengakses gajinya lebih awal sejumlah 15 hari kerja dari satu bulan tersebut. Sehingga Adi tidak perlu menunggu sampai hari gajian tiba. Nantinya di akhir bulan, Adi bisa mendapatkan sisa gajinya.

Fitur ini Earned Wage Access ini dapat Anda gunakan dengan Mekari Flex, platform manajemen benefit karyawan dari Mekari.

Yang perlu digarisbawahi, Earned Wage Access bukanlah pinjaman karyawan, melainkan gaji karyawan yang bisa diakses lebih awal. Sehingga, tidak membebani perusahaan dengan biaya tambahan.

Beberapa kelebihan Earned Wage Access dari Mekari Flex adalah sebagai berikut:

  • Proses rekapitulasi dan deduksi payroll secara otomatis
  • Integrasi dengan sistem payroll, sehingga proses pengurangan gaji hingga pembayaran gaji di akhir bulan lebih cepat dan tidak memakan waktu
  • Tidak ada biaya tambahan dan bunga
  • Tidak membebani karyawan

Dengan adanya Earned Wage Access, karyawan jadi lebih merasa aman dalam manajemen keuangan dan menggunakannya sebagai fasilitas darurat jika suatu datang pengeluaran tidak terduga.

Sehingga mereka dapat lebih mudah dalam menggapai kesejahteraan finansial yang diimpikan.

Tertarik mengetahui lebih lanjut fitur Earned Wage Access dari Mekari Flex? Silakan cek info lengkapnya di sini atau hubungi tim Mekari langsung di sini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami