Home / Blog / Digital Transformation

Apa itu E-Payment? Manfaat dan Keuntungan untuk Bisnis

pembayaran menggunakan e-payment
Daftar isi
Mode

Manfaat e payment saat ini semakin diandalkan untuk alur bisnis online agar lebih mudah dan efisien. Apalagi di zaman sekarang, layanan ini semakin berkembang dan digunakan untuk berbagai jenis bisnis. Pembayaran elektronik menawarkan kemudahan, keamanan, serta kecepatan dalam bertransaksi. Sehingga pelanggan bisa lebih mudah untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Pengertian E-Payment

E payment merupakan sistem pembayaran yang memanfaatkan internet sebagai perantaranya. Dalam dunia bisnis, sudah banyak e-commerce dan toko online lainnya yang mengandalkan e payment sebagai sistem pembayaran.

Selain simple dan mudah, berbagai faktor seperti kenyamanan dan keamanan menjadi pertimbangan tersendiri untuk memanfaatkan layanan ini. Untuk dapat menyediakan layanan pembayaran elektronik, pemilih usaha perlu membangun kerjasama dengan lembaga yang mendukung fasilitas tersebut.

Dengan adanya jaringan perbankan yang luas, transaksi pembelian dan pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai kebutuhan pengguna. Layanan ini sangat fleksibel sehingga membuat pengguna menjadi lebih nyaman dan mudah untuk memenuhi kebutuhan.

Beberapa jenis e payment yang biasanya digunakan dalam belanja online adalah e-wallet, bank transfer, kartu kredit dan lainnya. Manfaat e payment mampu meningkatkan kenyamanan pengguna saat bertransaksi.

Seperti namanya, jika ingin menggunakan layanan e payment, pengguna perlu terhubung dengan internet dan memilih metode pembayaran yang sesuai terlebih dahulu. Pengguna bisa langsung login dengan menggunakan akun e payment yang dimiliki dan melakukan transaksi. Untuk keperluan keamanan, layanan ini umumnya membutuhkan tindakan verifikasi seperti memasukkan pin dan lainnya. Setelah proses verifikasi dilakukan, pembayaran akan langsung diproses.

Baca Juga: 10 Jenis Alat Pembayaran Non Tunai dan Manfaatnya

Manfaat E-Payment

Perkembangan e-payment saat ini semakin diandalkan untuk berbagai transaksi. Penawaran terbaik terus diberikan sehingga bukan hanya memberikan kemudahan dalam berbelanja, namun juga bisa berbelanja dengan hemat.

E-payment mendukung kemampuan sistem pembayaran yang lebih fleksibel. Selain itu, simak beberapa manfaat e-payment lainnya berikut ini.

1. Mendorong Efisiensi dan Efektivitas Ekonomi

Manfaat e payment yang tidak kalah penting adalah mampu mendorong efisiensi ekonomi. Dengan adanya layanan yang lebih mudah dan cepat dalam proses pembayaran, perekonomian bisa semakin maju.

Hal tersebut terjadi karena akan semakin banyak orang yang melakukan transaksi untuk berbagai bidang. Prosedur pembayaran secara online, misalnya dengan memindai QR code melalui aplikasi dan lain sebagainya mampu memberikan efisiensi waktu dalam transaksi.

Pembayaran bisa dilakukan dengan cepat sehingga dapat memangkas antrian. Waktu pelayanan juga bisa dipercepat sehingga pengguna bisa melakukan transaksi dengan lebih nyaman.

2. Pengeluaran Menjadi Lebih Hemat

Manfaat e payment lainnya adalah mampu membuat pengeluaran menjadi lebih hemat. Hal tersebut bisa dilakukan karena umumnya pembayaran online seringkali mengadakan berbagai diskon maupun potongan harga khusus pengguna.

Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan membayarnya secara tunai. Terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan melalui layanan pembayaran online termasuk kemudahan. Setiap layanan penyedia pembayaran online, umumnya menawarkan promo dengan aturan, jangka waktu, dan syarat yang berbeda.

3. Keamanan Transaksi

Manfaat e payment yang lainnya adalah terjaminnya keamanan bertransaksi. Pembayaran digital sudah dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkan keamanan saat bertransaksi bisa lebih terjamin.

Dengan begitu berbagai tindakan penipuan atau penyalahgunaan bisa diketahui secara cepat. Metode pembayaran digital tentu jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan uang tunai yang sangat rawan akan pencurian.

Apalagi untuk jumlah pembayaran dalam jumlah besar. Pengguna perlu melakukan verifikasi terhadap transaksi yang dilakukan dengan memasukkan PIN atau password. Sistem keamanan yang tersedia dapat memberikan kenyamanan bagi pemilik bisnis dan juga pelanggan.

4. Meningkatkan Customer Loyality

Manfaat e payment bukan hanya bisa dirasakan oleh para pengguna saja, namun juga bagi para pelaku bisnis. Dengan adanya sistem e payment, pelanggan bisa menjadi lebih nyaman. Hal ini dapat meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga membuat transaksi berulang terus dilakukan.

Layanan yang cepat dan transaksi pembayaran yang mudah, pelanggan akan tertarik untuk terus melakukan transaksi. Hal tersebut tentu akan signifikan dengan peningkatan penjualan. Kemudahan, keamanan, serta respon yang cepat menawarkan layanan nyaman yang membuat para pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan mudah.

5. Mengurangi Peredaran Uang Palsu

Minimnya penggunaan uang tunai dapat membantu mengurangi peredaran uang palsu di Indonesia. Melalui layanan online, pengguna tidak perlu membawa atau menerima uang tunai sehingga transaksi bisa dipastikan lebih aman.

Proses isi ulang biasanya melalui bank yang bekerja sama sehingga bisa dipastikan merupakan dana asli yang siap dimanfaatkan untuk berbagai transaksi online. Hal inilah yang membuat Bank Indonesia menghimbau seluruh masyarakat untuk dapat memilih transaksi non tunai.

Kelebihan E-Payment

Dengan e payment, pembayaran akan dilakukan melalui media elektronik sehingga tidak membutuhkan uang tunai. Manfaat e payment yang cukup beragam membuat banyak pelaku bisnis memilih sistem tersebut sebagai alat transaksi.

Penggunaan sistem ini terus mengalami peningkatan, terutama untuk bisnis online. Hal tersebut terjadi karena e payment memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

1. Meningkatkan Penjualan

Dengan adanya sistem e-payment, bisnis bisa memberikan fasilitas yang lebih mudah dan cepat. Hal tersebut memungkinkan pelanggan bisa membayar produk melalui layanan online tanpa harus bertemu dengan penjual secara langsung. Dengan begitu pebisnis bisa menjangkau pelanggan potensial yang berada di berbagai wilayah secara lebih luas.

Hal tersebut tentu dapat menghasilkan nilai penjualan yang lebih tinggi dan semakin meningkat. Potensi peningkatan bisnis juga dapat Anda lakukan dengan melakukan pengelolaan keuangan terintegrasi melalui software akuntansi. 

2. Transaksi Menjadi Lebih Efisien

Manfaat e payment yaitu menjadi transaksi menjadi lebih efisien. Dibandingkan pembayaran dengan uang tunai, pembayaran digital mampu memberikan tingkat efisiensi yang tinggi. Pengguna hanya perlu menggunakan ponsel, internet banking, dan layanan online lainnya untuk dapat bertransaksi secara cepat dan mudah.

Selain itu, pengguna bisa memilih produk yang ingin dibeli kapan saja melalui layanan belanja online selama perangkat yang digunakan terhubung dengan layanan internet. Pengguna membutuhkan sinyal yang kuat untuk dapat melakukan transaksi, namun transaksi lebih efisien karena tidak perlu keluar rumah.

3. Pengguna Lebih Mudah Mengontrol Pengeluaran

Pengguna e payment bisa dengan mudah memeriksa akun virtual yang dimiliki. Sehingga semua pengeluaran dan riwayat transaksi bisa dikontrol secara baik.

Dengan adanya berbagai fitur yang tersedia, pengguna bisa mengontrol pengeluaran setiap bulannya secara mudah. Ketika membawa uang tunai, keinginan untuk bertransaksi tentu akan semakin besar.
Penggunaan metode pembayaran elektronik ini mampu memberikan batasan pengeluaran yang lebih efektif. Riwayat transaksi ditampilkan secara detail sehingga pengguna bisa memeriksanya kapan saja.

4. Fleksibel dan Mudah

Layanan e payment sangat fleksibel karena tidak mengenal batas waktu. Kapan saja membutuhkannya, pengguna bisa langsung bertransaksi secara mudah meskipun pada hari libur. Pengguna bisa bertransaksi dari mana saja selama terhubung dengan layanan internet.

Pembayaran digital menawarkan mudahan serta kecepatan. Proses verifikasi dilakukan dengan cepat sehingga proses pembayaran bisa dilakukan secara lebih mudah. Dalam beberapa menit saja, pengguna bisa langsung melakukan pembayaran.

5. Pengurangan Risiko

Mengetahui risiko yang perlu ditanggung saat menggunakan layanan online, pihak penyedia e payment terus melakukan perkembangan sehingga keamanan transaksi bisa selalu dijaga.
Hal tersebut tentu dapat memberikan kepercayaan kepada seluruh pengguna saat bertransaksi. E payment telah terbukti dapat mengatur semua proses keuangan secara lebih baik.

Layanan ini juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai sehingga seluruh transaksi pencurian bisa diketahui oleh sistem. Pelacakan tentu bisa dilakukan dengan mudah karena terdapat riwayat transaksi.

6. Mengurangi Kontak

Dengan adanya e payment, kontak saat melakukan pembayaran bisa berkurang. Hal tersebut memungkinkan pengguna bisa melakukan transaksi dari mana saja.

Dengan begitu, waktu dan tepat tidak menjadi masalah lagi saat ini melakukan transaksi. Hal tersebut tentu dapat meningkatkan kenyamanan pada pengguna saat bertransaksi.

Kekurangan E-Payment

Selain memiliki banyak kelebihan, namun e payment juga memiliki beberapa kekurangan. E payment saat ini sudah menjadi budaya transaksi yang aman dan mudah bagi semua kalangan. Namun sebelum menggunakannya, perlu diketahui juga apa saja kekurangannya.

Dengan begitu, manfaat e payment bisa dirasakan secara optimal. Berikut beberapa kelemahan e payment yang perlu diketahui.

1. Memerlukan Akses Internet

Kunci utama dari sistem pembayaran ini adalah koneksi internet. Jika tidak terhubung dengan layanan internet, transaksi e payment tidak bisa dilakukan.

Meskipun saat ini koneksi internet sudah biasa digunakan, namun ketika kesulitan mendapatkan sinyal pelanggan akan kesulitan bertransaksi.

2. Rentan Terkena Hacker

Perkembangan teknologi yang semakin berkembang membuat para penjahat beralih mengikuti perkembangannya. Hal ini memungkinkan risiko transaksi e payment terkena hacker menjadi cukup tinggi.

Untuk itu penyedia layanan e payment harus terus memperbaharui sistem keamanan yang digunakannya. Dengan begitu, seluruh transaksi bisa dilakukan dengan aman dan cepat. Jika menggunakan sistem payment gateway, pastikan perusahaan penyedia transaksi melengkapi sistemnya dengan fraud detection. Fitur ini berfungsi untuk mencegah terjadinya tindak penipuan atau kecurangan.

3. Kurangnya Privasi

Pembayaran menggunakan e payment memang lebih cepat, namun sayangnya seluruh informasi transaksi juga akan tersimpan di perusahaan penyedia layanan pembayaran.

Beberapa informasi yang umumnya tersimpan meliputi jumlah dana, waktu pembayaran, data penerima, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi penyebab kurangnya privasi pada sistem pembayaran e payment.

Contoh E-Payment yang Digunakan di Indonesia

E payment menjadi sistem pembayaran yang saat ini cukup populer dan terus berkembang. Manfaat e payment yang mudah diakses dan aman menjadi keunggulan dari layanan ini. Berikut simak beberapa contoh e payment yang umumnya digunakan.

1. E-Wallet

E-wallet merupakan dompet elektronik yang berisi sejumlah layanan yang bisa dimanfaatkan sebagai alat pembayaran. Untuk bisa menggunakan layanan ini, pengguna perlu membuat akun dan mengisi saldo terlebih dahulu.

Setelah memiliki saldo, pengguna bisa melakukan transaksi jual beli secara online dengan menggunakan metode pembayaran e-wallet. Bisa dikatakan, e-wallet digunakan sebagai wadah untuk menyimpan uang secara virtual.

Ketika saldo sudah ingin habis, pengguna bisa melakukan top-up untuk mengisi ulang. Untuk bisa menggunakan layanan, pengguna bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi online.

2. E-Check

E-check adalah cek yang dibuat ke dalam bentuk digital. Bukan hanya digunakan sebagai sarana pembayaran, e-check juga bisa digunakan untuk pencairan secara tunai melalui bank. Namun fasilitas ini belum tersedia di Indonesia.

3. Smart Card

Cara menggunakan smart card mirip dengan kartu atm, yaitu menggunakan mesin khusus. Untuk melakukan pembayaran, pengguna perlu menggunakan kartu saat bertransaksi. Dana didalam kartu perlu memadai untuk bisa melakukan transaksi.

Keunggulan layanan ini adalah penerima uang bisa mengetahui informasi detail tentang pembeli yang sudah melakukan pembayaran.

4. Payment Card

Payment card merupakan media yang digunakan untuk transaksi pembayaran dengan mengandalkan kartu elektronik. Sebagai contoh, seseorang bisa melakukan transaksi pembelian dengan menggunakan metode pembayaran melalui kartu debit atau kartu kredit.

Keunggulan dari fasilitas ini adalah proses transaksi jauh lebih mudah tanpa uang tunai. Selain itu, metode pembayaran ini sudah diterima pada berbagai merchant sehingga pengguna bisa berbelanja dimana saja sesuai keinginan.

5. E-Cash

Layanan uang elektronik ini sudah banyak digunakan untuk transaksi jual beli. Kelebihan dari layanan ini adalah nomor rekening menggunakan nomor handphone pengguna.

Dengan begitu risiko lupa nomor rekening bisa diminimalisir. Layanan ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas yang tinggi untuk melakukan transaksi.

Keuntungan Menerapkan E Payment Untuk Bisnis

Manfaat e payment semakin bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis. Meningkatkan teknologi, membuat pembayaran elektronik menjadi salah satu metode yang perlu tersedia.

Dengan adanya beragam pilihan metode pembayaran, pelanggan bisa mendapatkan fleksibilitas yang tinggi dalam menyelesaikan transaksi. Anda dapat menggunakan Mekari Pay untuk transaksi bisnis dengan sistem keamanan setara bank serta akses ke semua metode pembayaran.

Selain itu, e payment memiliki beberapa keuntungan lain untuk bisnis. Simak uraiannya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dengan adanya pilihan pembayaran yang beragam, pelanggan bisa lebih nyaman dan leluasa melakukan transaksi. Hal ini menjadi manfaat e payment yang bisa langsung dirasakan oleh para pebisnis. Jika pelanggan merasa nyaman, maka bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi bertransaksi.

Beragam pilihan metode pembayaran, memungkinkan pelanggan bisa memilih sendiri cara pembayaran yang diinginkan. Hal ini secara tidak langsung mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, karena pelayanan yang diberikan lengkap.

2. Pembayaran Instan

Dibandingkan dengan metode tradisional dengan menggunakan uang cash, pembayaran elektronik jauh lebih cepat. Hal tersebut memungkinkan pembayaran bisa dilakukan secara instal. Tidak ada batasan waktu maupun lokasi untuk memanfaatkan sistem pembayaran yang satu ini.

3. Lebih Transparan dan Menghemat Processing Cost

Manfaat e payment untuk bisnis adalah mampu menghemat processing cost. Ketika menyediakan pembayaran tertentu, pebisnis perlu menjalin kerja sama dengan bank untuk proses instalasi mesin EDC dan lain sebagainya.

Kegiatan ini tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun dengan menggunakan pembayaran elektronik, biaya yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Selain itu, pembayaran elektronik jauh lebih transparan sehingga bisa memantaunya dengan mudah.

Setelah menerima pembayaran, jika Anda telah mengintegrasikannya dengan aplikasi pembukuan untuk mencatat transaksi pembayaran secara otomatis, maka biaya yang dihemat akan semakin banyak.

Manfaat E Payment Bagi Pengguna

Manfaat e payment bukan hanya bisa dirasakan oleh para pelaku bisnis, namun juga untuk para pengguna. Pada dasarnya pembayaran merupakan bagian dari kegiatan transaksi jual beli barang.

Semakin mudah aktivitas tersebut, tentu dapat membuat para pengguna menjadi lebih nyaman.
Selain itu, terdapat beberapa manfaat lain bagi pengguna ketika menggunakan e payment. Simak informasinya berikut ini.

1. Transaksi Lebih Cepat

Manfaat e payment yang utama bagi para pengguna adalah transaksi dapat dilakukan secara lebih cepat. Pengguna tidak perlu lagi mengantri lama untuk bisa melakukan transaksi.

Hanya melalui ponsel, pengguna bisa langsung melakukan transaksi yang diinginkan. Kecepatan transaksi mendukung waktu pemrosesan pesanan juga menjadi lebih cepat.

2. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Manfaat e payment yang bisa langsung dirasakan oleh pengguna adalah fleksibel. Pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak untuk melakukan transaksi.

Cukup mengandalkan layanan online, pengguna bisa langsung melakukan pembayaran. Melalui pembayaran elektronik, pengguna tidak perlu lagi repot menunggu kembalian yang mungkin susah didapatkan. Pengguna bisa membayar nominal yang tepat dan cepat melalui pembayaran elektronik.

3. Banyak Promo

Hal yang menarik dalam layanan pembayaran elektronik adalah promo yang diselenggarakan. Banyaknya promo membuat para pengguna menjadi antusias. Manfaat e payment yang satu ini bisa diandalkan untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Berbelanja tentu akan terasa lebih menyenangkan jika pengguna bisa membayarnya secara lebih hemat.

4. Tidak Ada Batasan

Manfaat e payment memungkinkan pengguna bisa melakukan transaksi tanpa batasan. Dengan begitu kapan saja dan dimana saja pengguna bisa langsung melakukan transaksi.

Selama terhubung dengan layanan internet dan merchant tempat berbelanja menyediakan layanan pembayaran elektronik, pengguna bisa langsung memilihnya kemudian melakukan pembayaran secara mudah.

Berbagai manfaat e-payment membantu para pebisnis untuk menjalankan bisnis. Selain itu, pengguna juga bisa semakin mudah, aman, dan cepat untuk melakukan transaksi yang diinginkannya. Sistem pembayaran digital mampu mendorong pertumbuhan ekonomi. Jadi, tunggu apalagi? Mari kelola keuangan perusahaan Anda bersama Mekari.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami