Image

Karir Business Consultant: Pengertian, Gaji, Tugas, dan Tanggung Jawab

Apakah Anda tertarik berkarir sebagai business consultant? Jika iya, maka Anda perlu memahami bagaimana seluk beluk konsultan bisnis dalam dunia kerja.

Sebagaimana yang Anda tahu, seorang konsultan bisnis dibutuhkan ketika seorang pebisnis dan karyawannya mengalami kesulitan menghadapi tantangan bisnisnya.

Para profesional ini memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bisnis klien mereka, mampu mengambil pandangan tentang permasalahan, dan cara memperbaikinya.

Inilah sebabnya mengapa konsultan bisnis merupakan aset yang sangat berharga dalam pemecahan masalah bisnis.

Menjadi konsultan bisnis bisa menjadi jalur karir yang menantang, mengasyikkan, sekaligus menguntungkan.

Untuk mengetahui seluk beluk tentang karir business consultant, simak artikel di bawah ini!

business consultant sedang presentasi

Apa Itu Business Consultant?

Business consultant adalah suatu bisnis yang memberikan jasa konsultasi terkait bisnis dan usaha, baik kepada perorangan maupun perusahaan.

Umumnya, konsultan bisnis disewa oleh perusahaan dan owner bisnis untuk membantu mereka meningkatkan bisnis.

Misalnya, konsultan bisnis mungkin dipekerjakan untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja penjualan.

Atau mungkin untuk membantu perusahaan mengembangkan sistem guna meningkatkan produktivitas secara keseluruhan, mengidentifikasi, serta mengevaluasi strategi perekrutan.

Pada dasarnya, jika sebuah perusahaan sedang permasalahan, maka mereka dapat menggunakan jasa seorang business consultant.

Entah itu terkait produktivitas, efisiensi, atau masalah lain terkait manajemen bisnis.

Konsultan bisnis menggunakan keterampilan dan pendidikan mereka untuk memecahkan masalah yang kompleks dan meningkatkan operasi untuk bisnis dari segala sisi.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang konsultan bisnis bertanggung jawab untuk mengidentifikasi area model bisnis yang dapat dioptimalkan.

Selain itu, seorang konsultan bisnis juga memiliki tanggung jawab untuk menyusun strategi bagaimana pengoptimalan tersebut dapat direalisasikan.

Sebagai konsultan bisnis, Anda dapat memberi saran kepada CEO dan eksekutif lainnya di perusahaan besar atau bekerja dengan bisnis kecil-menengah.

Alasan untuk Berkarir Sebagai Business Consultant

Bagi Anda yang masih ragu dengan prospek karir sebagai business consultant, maka berikut ini beberapa alasan yang patut Anda pertimbangkan:

1. Fleksibilitas

Menjadi konsultan bisnis bisa menjadi jalur karir yang lebih fleksibel daripada kebanyakan pekerjaan lainnya.

Anda memiliki fleksibilitas yang lebih leluasa dalam mengatur strategi dan jam kerja Anda bekerja.

Tak hanya itu, Anda juga memiliki fleksibilitas untuk menjadwalkan waktu istirahat antar klien. Dengan begitu, Anda jadi lebih independen dalam bekerja.

2. Variabilitas

Sebagai seorang business consultant, Anda tidak terikat pada satu perusahaan atau satu pekerjaan.

Sebaliknya, Anda dapat bekerja dengan beberapa klien berbeda yang memiliki permasalahan bisnis yang berbeda pula.

Variabilitas itulah yang dapat membuat pengalaman Anda sebagai konsultan bisnis terasa lebih menantang dan mengasyikkan.

3. Peluang Finansial

Jika Anda mencari jalur karir yang mampu menghasilkan banyak uang, maka pekerjaan sebagai konsultan bisnis adalah pilihan yang tepat.

Penghasilan konsultan bisnis bisa bervariasi tergantung pada apakah Anda bekerja di perusahaan independen atau merupakan bagian dari perusahaan besar.

Menurut data dari PayScale, gaji rata-rata konsultan bisnis di Indonesia kira-kira 60 hingga 70 juta per tahun.

Dengan keahlian dan pengalaman yang lebih banyak, memungkinkan Anda untuk mendapatkan gaji yang lebih besar.

4. Banyak Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Alasan selanjutnya untuk berkarir sebagai business consultant adalah bahwa pertumbuhan pekerjaannya tiap tahun terus meningkat secara signifikan.

Terbukti bahwa permintaan akan konsultan bisnis meningkat sebesar 11% antara 2019 dan 2029.

Ini karena semakin banyak bisnis yang berupaya meningkatkan efisiensi operasional dengan, mengoptimalkan manajemen bisnis, dan segala hal yang terkait dengan bisnis.

5. Sarana Pengembangan Profesional

Alasan selanjutnya mengapa business consultant dianggap sebagai salah satu karir dengan prospek yang cemerlang karena dapat menjadi sarana untuk mengembangkan keahlian.

Dengan memperbarui keahlian Anda secara terus menerus dapat membuat pengetahuan Anda jadi lebih luas dan mendalam, apalagi dikombinasikan dengan pengalaman yang ada.

Saat Anda mengumpulkan lebih banyak pengalaman, maka Anda akan menjadi lebih percaya diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab Anda sebagai konsultan bisnis.

Semakin mahir Anda, maka semakin cepat pula Anda bisa mencapai karir yang cemerlang.
Anda dapat belajar tentang budaya perusahaan yang berbeda dan membangun jaringan profesional industri untuk peluang masa depan.

Tugas dan Tanggung Seorang Business Consultant

Berikut ini beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus Anda lakukan jika bekerja sebagai business consultant:

  • Merencanakan, mengatur, dan mengelola proyek bisnis untuk klien berdasarkan kebutuhan mereka.
  • Mengerjakan proyek yang berkaitan dengan perekrutan, penggajian, produksi, penganggaran, marketing campaign, dan lain-lain.
  • Berkomunikasi dan bertemu dengan klien saat dibutuhkan.
  • Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang bisnis klien serta memahami kebutuhan dan keinginan klien.
  • Merekomendasikan solusi serta strategi untuk perbaikan dan pengembangan rencana bisnis secara terperinci.
  • Mengidentifikasi dan mengimplementasikan logistik bisnis operasional. Seperti metode penilaian persediaan yang bisa digunakan.
  • Membuat dokumentasi struktur dan presentasi temuan, persyaratan fungsional, sumber informasi, jalur distribusi, dan spesifikasi sistem.
  • Melakukan analisa keuangan dan membuat laporan.
  • Mengintegrasikan praktik terbaik sambil mengevaluasi prospek, sasaran, dan tujuan bisnis.

Baca juga: 5 Cara Menyusun Strategi Bersaing dalam Berbisnis

Skill yang Wajib Anda Miliki Sebagai Konsultan Bisnis

Sebagaimana bidang pekerjaan lain, seorang konsultan bisnis juga harus memiliki bekal skill atau keterampilan agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Di antaranya yaitu:

1. Skill Kepemimpinan dan Komunikasi

Sangat penting bagi seorang konsultan bisnis untuk memiliki keterampilan kepemimpinan dan komunikasi yang baik.

Anda harus memiliki penalaran logis yang tinggi serta kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain.

Dalam menjalankan tugasnya, Anda harus mampu membantu menjawab pertanyaan terkait proses, prosedur, dan inisiatif yang diperlukan klien untuk bisnis mereka.

Tentunya dengan bahasa yang lugas, tegas, serta mampu meyakinkan klien terhadap jawaban Anda.

Oleh sebab itu, skill komunikasi sangat penting dalam penyampaian informasi, presentasi, hingga koordinasi kegiatan proyek secara lebih efektif.

Selain itu, seorang konsultan bisnis juga harus memiliki prinsip dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk memiliki jiwa leadership yang tinggi agar Anda dapat memberikan nasihat dan konsultasi kepada klien secara lebih profesional.

2. Kemampuan Analisis Data

Dengan skill analisis data, seorang konsultan bisnis dapat berkontribusi dengan menemukan metode analisis data dan analisis material baru.

Sebagai seorang business consultant, Anda juga lebih mudah dalam memperoleh informasi mendalam tentang variabel bisnis menggunakan kemampuan analisis data dan statistik.

3. Manajemen Proyek

Skill ini digunakan oleh para konsultan bisnis untuk pengembangan program dan mengelola proyek untuk klien, baik dari perusahaan maupun bisnis kecil.

Menggunakan skill ini, Anda harus mampu mengedukasi, mendukung, dan memberikan layanan konsultasi kepada klien.

4. Pengetahuan Seputar Operasi Bisnis

Seorang business consultant juga dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan di bidang operasional bisnis.

Mulai dari menciptakan branding, logistik, hingga strategi memasarkannya.

Pengetahuan terhadap perkembangan terbaru tentang alat-alat yang dapat membantu operasional bisnis seperti aplikasi SAP yang dapat diintegrasikan dari bisnis kecil sampai perusahaan besar pun tentunya harus dimiliki oleh seorang business consultant.

Anda juga harus punya pengetahuan terkait hukum bisnis seperti hak paten, perizinan usaha, dan lain-lain yang menunjang pengembangan bisnis klien Anda kedepannya.

5. Customer Service

Sebagai konsultan bisnis, Anda juga harus memiliki skill pelayanan yang mumpuni.

Dengan skill ini, Anda mampu menawarkan layanan konsultasi Anda kepada pelanggan maupun calon pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus mampu menjawab pertanyaan dengan kalimat dan bahasa yang efektif, problem solving, serta memberikan layanan terbaik.

Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan skill ini adalah Anda dapat membangun hubungan dan interaksi yang kuat dengan pelanggan.

Dengan begitu, Anda berpeluang membuat pelanggan Anda berlangganan untuk kembali berkonsultasi serta merekomendasikan Anda kepada kolega atau rekan kerja.

Gaji Seorang Business Consultant

Seperti yang telah disinggung dalam penjelasan sebelumnya bahwa gaji rata-rata business consultant di Indonesia adalah 60 sampai 70 juta per tahun atau setara 5 – 6 juta per bulan.

Namun, besaran gaji tentu juga dilihat dari pengalaman dan keahlian Anda. Semakin profesional Anda, maka semakin besar pula peluang untuk menghasilkan lebih banyak uang.

Nah, demikianlah artikel tentang karir sebagai business consultant yang wajib Anda tahu, terutama bagi Anda yang tertarik meniti karir tersebut

Mekari sebagai aplikasi SaaS terbaik di Indonesia memiliki banyak software yang dapat membantu seorang konsultan bisnis dalam melakukan tugasnya, seperti contohnnya dalam mengurus keuangan perusahaan yang merupakan elemen paling penting dalam bisnis.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami