Home / Blog / Business & Economy

Struktur Organisasi Hotel Besar, Menengah, Kecil dan Tugas-tugasnya

tingkatan struktur organisasi hotel
Daftar isi
Mode

Dalam sebuah hotel, pasti membutuhkan banyak pekerja, khususnya hotel-hotel besar atau berbintang 5, sehingga diperlukan adanya struktur organisasi yang dibuat khusus untuk hotel.

Struktur tersebut berguna untuk membagi tugas setiap orang berdasarkan jabatannya. Dengan demikian, pelayanan hotel bisa berjalan dengan baik, sehingga tamu hotel pun puas menginap di sana.

Lantas, apa sajakah struktur organisasi hotel untuk hotel besar, menengah, dan kecil?

Pengertian dan Tujuan Struktur Organisasi untuk Hotel

Berdasarkan pengertiannya, struktur organisasi hotel merupakan gambaran tentang jabatan serta alur kepemimpinan di sebuah hotel, baik itu hotel besar hingga hotel kecil.

Selain itu, struktur tersebut juga menunjukkan hubungan tanggung jawab pekerjaan antara setiap divisi dengan divisi lainnya.

Tujuan dari pembuatan struktur tersebut adalah untuk membuat kegiatan operasional hotel menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu, struktur hotel tersebut juga bertujuan sebagai alat untuk membagi tugas dari setiap karyawan.

Oleh karena itu, sebuah struktur organisasi sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan operasional sebuah hotel.

Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua hotel memiliki struktur organisasi yang lama, karena menyesuaikan dengan besar kecilnya hotel itu sendiri.

Struktur Organisasi Hotel Besar (Hotel Bintang 4 dan 5)

Pembagian jenis struktur organisasi hotel yang pertama yaitu struktur organisasi untuk hotel besar.

Struktur ini merupakan struktur organisasi yang terlengkap yang ada dalam sebuah hotel. Mengapa demikian?

Hal ini karena hotel dengan kapasitas yang besar atau hotel berbintang 5 mempunyai fasilitas yang lebih banyak dan lengkap.

Tidak hanya itu, pelayanan yang ditawarkan juga lebih lengkap, sehingga membutuhkan tenaga kerja yang lebih banyak pula.

Oleh karena itu, struktur organisasi ini adalah yang terlengkap. Nah, berikut ini struktur organisasi untuk hotel bintang 4 dan 5 beserta tugasnya yang perlu Anda ketahui.

1. General Manager

Dalam struktur organisasi yang ada di hotel, general manager merupakan pimpinan tertinggi yang ada di sebuah hotel.

Tugasnya yaitu bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya.

2. Assistant General Manager

Assistant General Manager yaitu jabatan yang ada di bawah langsung dari jabatan general manager. Tugasnya adalah untuk membantu seluruh tugas dari general manager.

3. Front Office

Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel berbintang 5 yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel.

4. Housekeeping

Housekeeping merupakan jabatan yang ada dalam struktur organisasi selanjutnya. Divisi ini bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapian hotel.

5. Food Production

Food Production merupakan divisi hotel yang bertugas dalam membuat makanan dan hidangan lainnya yang harus diberikan kepada tamu hotel di restoran.

Baca Juga: Pajak Restoran: Pengertian, Tarif dan Cara Lapornya

6. F&B Service

F&B Service merupakan bagian hotel yang bertanggung jawab dalam menyajikan makanan.

Namun, divisi ini hanya perlu menyiapkan makanan yang sudah disediakan oleh Food Production.

Jadi, bagian ini hanya perlu menghidangkan makanan kepada tamu.

7. Engineering

Engineering merupakan salah satu divisi di hotel besar yang bertugas dalam pemeliharaan serta perbaikan semua fasilitas yang ada.

Sebagai contoh, divisi ini bertugas dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di gedung, peralatan elektronik hotel, dan lain sebagainya.

8. Human Resources/Personnel

Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan.

Salah satu hotel bintang 5, Ayana Komodo menggunakan bantuan aplikasi HR online dari Mekari Talenta untuk mengelola sumber daya manusia mereka.

Hal ini dapat membantu Ayana Komodo lebih efisien dari segi waktu dalam proses pembayaran payroll dengan software payroll terbaik dari Mekari Talenta.

9. Accounting

Accounting merupakan jabatan dalam sebuah hotel yang bertanggung jawab terhadap keuangan hotel.

Sebuah hotel besar biasanya sudah menggunakan software akuntansi terbaik seperti Mekari Jurnal untuk mengelola keuangannya.

Aplikasi akuntansi Mekari Jurnal menawarkan begitu banyak fitur terbaik yang bisa membantu segala kebutuhan akuntansi bisnis hingga pembuatan laporan keuangan jadi lebih mudah.

10. Sales & Marketing

Dalam sebuah hotel, terdapat juga divisi Sales & Marketing yang bertugas dan bertanggung jawab dalam hal penjualan dan pemasaran produk hotel.

11. Purchasing

Purchasing merupakan salah satu divisi dalam sebuah hotel yang bertugas dalam hal pembelian barang-barang yang diperlukan oleh setiap divisi hotel.

12. Security

Jabatan yang terakhir yaitu security yang bertugas dalam menjaga keamanan seluruh area hotel.

Struktur Organisasi Hotel Menengah (Hotel Bintang 3)

Selain struktur organisasi untuk hotel besar, Anda juga harus tahu apa saja jabatan yang adalah dalam struktur organisasi untuk hotel menengah.

Struktur organisasi untuk hotel menengah ada di tengah-tengah antara struktur organisasi untuk hotel besar dan untuk hotel kecil.

Sebagai perbandingan, hotel menengah sama halnya dengan struktur organisasi untuk hotel bintang 3. Nah, berikut ini jabatan serta alur kepemimpinan yang ada di hotel menengah atau hotel bintang 3.

1. General Manager

Jabatan yang pertama yaitu general manager. Hal ini sama dengan struktur organisasi yang ada di hotel besar atau bintang 5.

Tugasnya pun sama yakni bertanggung jawab terhadap semua penyelenggaraan kegiatan hotel serta melakukan pengawasan terhadap performa kerja bawahannya

2. Assistant General Manager

Assistant General Manager merupakan jabatan yang berada langsung di bawah GA.

Jadi, tugasnya adalah membantu semua tugas dari seorang GE serta menggantikan kehadiran GA jika berhalangan hadir untuk pekerjaan tertentu.

3. Room Division

Room division yaitu divisi hotel yang bertanggung jawab dalam menyiapkan kamar tamu serta melayani tahu, seperti pemesanan kamar dan lain sebagainya.

4. F&B Department

Jabatan selanjutnya yang ada di hotel menengah yaitu F&B Department.

Bagian ini bertugas dalam hal pengolahan dan penyajian makanan kepada para tamu hotel.

5. Personnel Manager / Human Resources

Human Resources merupakan divisi dalam sebuah hotel besar yang bertugas terhadap manajemen SDM yang hotel miliki dan mengatur sistem ketenagakerjaan.

Peran teknologi juga biasanya sudah digunakan di hotel bintang 3 dalam membantu divisi ini dalam mengelola SDM nya, seperti absensi karyawan yang sudah dilakukan secara online dengan aplikasi absensi online.

6. Accounting

Seperti namanya, divisi Accounting bertugas dalam mengatur hal akuntansi atau hal yang berkaitan dengan keuangan hotel.

7. Sales & marketing

Ada juga divisi Sales & Marketing yang bertugas dan bertanggung jawab dalam hal penjualan dan pemasaran produk hotel.

8. Engineering

Divisi ini bertanggung jawab dalam memelihara dan memperbaiki fasilitas yang ada di hotel.

Struktur Organisasi Hotel Kecil (Hotel Bintang 1 dan 2)

Struktur organisasi untuk hotel kecil adalah struktur organisasi dalam sebuah hotel yang paling sederhana.

Hal ini karena fasilitas serta tamu yang dimiliki oleh hotel kecil atau hotel bintang 1 dan bintang 2 ini tidak terlalu banyak dan lengkap.

Nah, berikut ini struktur organisasi untuk hotel bintang 1 dan bintang 2 yang perlu Anda ketahui dalam sebuah hotel kecil.

1. General Manager

Sama seperti hotel besar dan menengah, jabatan teratas yang ada di hotel kecil yaitu General Manager.

Tugasnya adalah bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di hotel dan pekerja yang ada di bawahnya.

2. Front Office

Front Office yaitu salah satu divisi pekerjaan yang ada di hotel kecil yang bertugas dalam melayani tamu, seperti ketika tamu memesan kamar sampai dengan ketika tamu meninggalkan hotel.

Teknologi seperti aplikasi invoice online dapat membantu divisi ini dalam bekerja lebih cepat dalam menghasilkan invoice bagi tamu hotel, sehingga pelayanan akan lebih maksimal.

3. Housekeeping

Housekeeping yaitu pekerja yang bertugas dalam menjaga kebersihan dan kerapian hotel.

4. F&B Department

F&B Department memiliki tugas yang sama dengan hotel besar atu menengah, yaitu bertanggung jawab terhadap pengolahan makanan dan penyajian makanan kepada tamu hotel.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang struktur organisasi hotel yang perlu Anda ketahui. Jika ingin belajar lebih lanjut tentang manajemen struktur organisasi, Anda dapat mengakses kursus HR di Mekari University.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami