Home / Blog / Business & Economy

Remunerasi: Pengertian, Faktor, Jenis, dan Manfaat

remunerasi adalah
Daftar isi
Mode

Dalam dunia kerja, remunerasi merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan kepada karyawan.

Remunerasi ini penting untuk memastikan karyawan merasa dihargai dan termotivasi untuk memberikan kontribusi terbaik mereka.

Lalu, apa saja jenis, manfaat dan keuntungannya? Simak artikel berikut ini.

Apa itu remunerasi?

Remunerasi adalah bentuk apresiasi atas kontribusi dan kinerja karyawan kepada perusahaan. Bentuk kompensasinya seperti gaji, tunjangan, bonus, manfaat kesehatan, pensiun, cuti, dan insentif lainnya.

Selain itu, apresiasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa karyawan tetap termotivasi untuk memberikan kinerja terbaik mereka dalam organisasi.

Hal ini berkontribusi pada pencapaian tujuan organisasi dan membantu perusahaan untuk menarik dan mempertahankan karyawan berkualitas.

Baca Juga: 5 Bentuk Apresiasi Terbaik Untuk Karyawan

Faktor yang mempengaruhi nilai remunerasi

Besarnya jumlah remunerasi karena beberapa faktor, diantaranya:

1. Standar perusahaan

Masing-masing perusahaan memiliki standar dan aturan tersendiri untuk nilai remunerasi.

Semakin besar pendapatan perusahaan, maka semakin besar juga jumlah remunerasi yang diterima pekerja.

2. Kontribusi karyawan

Karyawan dengan kinerja maksimal pastinya menghasilkan kontribusi signifikan bagi perusahaan. Maka, semakin bagus kinerjanya, remunerasi yang diterima bisa semakin besar.

Karyawan yang menunjukkan prestasi atau kemampuan baru yang bisa mendukung pertumbuhan perusahaan, juga layak untuk mendapatkan remunerasi.

3. Golongan pekerja

Beberapa perusahaan memiliki tingkatan golongan pekerja, seperti BUMN, ASN, dll. Golongan ini didasarkan oleh lama waktu bekerja maupun kemampuan pekerja. Besarnya remunerasi juga biasanya didasari oleh faktor ini.

Jenis – Jenis Remunerasi

Ada beberapa jenis remunerasi yang umum diterapkan dalam perusahaan. Berikut adalah beberapa jenis remunerasi yang penting untuk dipahami:

1. Gaji tetap

Gaji tetap adalah remunerasi yang dibayarkan secara rutin kepada karyawan setiap bulan.

Ini merupakan biaya tetap yang sudah diatur dalam kontrak kerja. Walaupun kinerja karyawan tidak sesuai ekspektasi, gaji harus tetap dibayarkan.

2. Tunjangan

Berikutnya ada tunjangan sebagai bentuk tambahan kompensasi yang diberikan kepada karyawan di luar gaji tetap.

Tunjangan karyawan dapat mencakup tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, tunjangan perumahan, tunjangan pendidikan, tunjangan makan, dan lain sebagainya.

3. Bonus

Berbeda dari gaji, bonus diberikan kepada karyawan sebagai penghargaan atas pencapaian target atau hasil kerja tertentu.

Pemberian bonus bisa berbentuk tunai, saham perusahaan, atau insentif lainnya.

4. Komisi

Komisi umumnya diberikan kepada karyawan setelah menyelesaikan tugas tertentu, biasanya terkait bidang penjualan atau pemasaran.

Pemberian komisi biasanya dihitung dari persentasi dari pendapatan penjualan tertentu.

Hal tersebut dapat mendorong karyawan untuk lebih giat memperoleh pelanggan dan meningkatkan pendapatan perusahaan.

5. Saham karyawan

Saham karyawan adalah bentuk penghargaan di mana karyawan diberikan saham perusahaan atau opsi untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang disubsidi.

6. Insentif kinerja

Insentif kinerja adalah program yang dirancang untuk memberikan penghargaan kepada karyawan yang mencapai hasil kerja yang luar biasa.

Bentuk insentif kinerja dapat berupa hadiah non-moneter, seperti liburan, perjalanan, pengakuan publik, atau penghargaan khusus lainnya.

7. Employee benefit

Employee benefit karyawan dapat mencakup program-program seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, program pensiun, cuti sakit, cuti tahunan, dan lain sebagainya.

8. Penghargaan non-finansial

Selain finansial, penghargaan non-finansial juga memiliki peran penting dalam meningkatkan motivasi dan kepuasan karyawan.

Penghargaan non-finansial dapat berupa pujian dan penghargaan berupa plakat, piala, dan lain-lain.

Manfaat remunerasi

Berikut adalah beberapa manfaat utama dari remunerasi, diantaranya:

1. Menarik dan memotivasi karyawan

Remunerasi yang adil dan kompetitif dapat menarik karyawan berkualitas dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras dan mencapai hasil kerja yang lebih baik.

Ini dapat membantu perusahaan menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan menguntungkan.

2. Meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan

Selanjutnya remunerasi juga dapat meningkatkan kepuasan kerja dan retensi karyawan.

Karyawan yang merasa dihargai dan dibayar lebih mungkin untuk bertahan dalam pekerjaan mereka daripada yang tidak.

3. Meningkatkan kesejahteraan karyawan

Kesejahteraan karyawan dapat berupa tunjangan kesehatan, asuransi, dan manfaat lainnya dapat memberikan perlindungan finansial dan stabilitas bagi karyawan dan keluarga mereka.

4. Meningkatkan reputasi perusahaan

Perusahaan yang memberikan remunerasi yang adil dan kompetitif cenderung memiliki reputasi yang baik di mata karyawan dan masyarakat.

Ini dapat membantu perusahaan menarik karyawan berkualitas dan membangun hubungan yang baik dengan komunitas di sekitarnya.

Kesimpulan

Pemberian remunerasi sangat penting untuk kesuksesan perusahaan yang berkelanjutan. Setiap kontribusi yang karyawan berikan, perusahaan bisa menghargainya melalui remunerasi.

Salah satunya bisa berbentuk employee benefit. Dengan Mekari Flex, Anda bisa lebih mudah memberikan benefit yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami