5 Bentuk Apresiasi Terbaik Untuk Karyawan

Berikut ini merupakan berbagai bentuk apresiasi yang dapat perusahaan terapkan sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih kepada karyawan Anda.

Adapun, bentuk apresiasi untuk karyawan ini memiliki peran dan manfaat yang cukup besar untuk perusahaan rasakan dalam jangka panjang

Apresiasi sendiri merupakan salah satu bentuk bagaimana perusahaan memberikan feedback yang positif setelah karyawan memberikan performa terbaiknya di tempat kerja.

Melalui artikel ini, Mekari akan mencoba untuk menjelaskan secara lengkap mengenai apresiasi, pentingnya apresiasi untuk karyawan, dan berbagai macam bentuk apresiasi terbaik untuk karyawan perusahaan.

Pengertian Apresiasi

5 bentuk apresiasi terbaik untuk karyawan

Apresiasi memiliki makna yang cukup multitafsir. Adapun pengertian apresiasi dalam lingkungan kerja adalah sebuah wujud pengakuan, penghargaan, dan penilaian yang positif terhadap individu yang telah memberikan prestasi atau performa terbaiknya dalam bekerja.

Dalam memberikan wujud apresiasi kepada karyawan, saat ini sudah banyak ragam bentuknya. Mulai dari yang sederhana seperti feedback dan kata-kata yang positif, memberikan cuti, hingga bonus tahunan.

 

 

Pentingnya Apresiasi untuk Karyawan

Lingkungan kerja yang sering memberikan berbagai bentuk apresiasi terhadap karyawan akan membentuk sebuah lingkungan yang positif dan nyaman.

Selain itu, nyatanya lingkungan kerja yang nyaman dapat memberikan motivasi untuk karyawan dan dorongan agar karyawan dapat memaksimalkan kinerjanya sehari-hari. Dampak tersebut juga memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan keuntungan perusahaan.

Walaupun begitu, masih banyak perusahaan yang masih belum menerapkan secara efektif lingkungan kerja seperti ini. Hal ini juga nantinya dapat merugikan perusahaan.

Berdasarkan hasil survey pada tahun 2022 mengenai employment engagement. 46% karyawan meninggalkan pekerjaannya karena merasa tidak dihargai, dan 65% karyawan mengakui bahwa mereka akan semakin bekerja keras jika kontribusinya diakui oleh pihak manajemen perusahaan.

Melihat data tersebut, lingkungan kerja yang tidak menerapkan bentuk apresiasi yang baik kepada karyawannya dapat menyebabkan tingkat turnover karyawan perusahaan meningkat serta menurunkan tingkat retensi dan produktivitas karyawan.

Bentuk Apresiasi Terbaik untuk Karyawan

Lalu, bagaimana bentuk apresiasi yang baik untuk karyawan?

Berikut adalah beberapa bentuk apresiasi yang cocok Anda terapkan dalam perusahaan, mulai dari yang sederhana hingga cara yang lebih unik lainnya.

1. Ucapan Terima Kasih 

Ini merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk Anda lakukan dapat lingkungan kerja. Bahkan ucapan terima kasih pada dasarnya merupakan norma kebiasaan yang paling dasar untuk tertanam dalam lingkungan kerja Anda.

Ucapan terima kasih dapat memberikan tanda bahwa setiap hal kecil yang karyawan kerjakan dihargai dan diakui. Hal ini juga menjauhkan manajemen perusahaan dari perspektif negatif yang menganggap karyawan hanyalah robot yang terus bekerja hingga tenaganya habis.

Dalam memberikan ucapan terima kasih, selain dapat dilakukan secara langsung di hadapan karyawan itu sendiri. Anda juga bisa melakukannya melalui kanal media sosial perusahaan.

Sehingga karyawan merasa bangga bahwa dirinya diapresiasi sedemikian rupa oleh pihak perusahaan. Karyawan lain-pun juga menjadi semakin termotivasi untuk meningkatkan performa kerjanya agar mendapatkan hal yang serupa.

2. Pujian dan Feedback yang Membangun

Selain mengucapkan terima kasih, Anda juga dapat menambahkan pujian atas kinerja yang telah karyawan berikan atau peningkatan performa kerjanya.

Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan relasi dengan karyawan tersebut, serta karyawan senang karena pekerjaannya dihargai.

Selain pujian, memberikan feedback yang membangun juga dapat menjadi solusi lainnya. Ini akan memberikan gambaran bahwa Anda sangat memperhatikan karyawan dengan baik dan membantu untuk meningkatkan perkembangan dirinya.

3. Memberikan penawaran diskon dan promo

Siapa yang tidak suka dengan potongan harga pada barang atau makanan kesukaannya?

Memberikan penawaran voucher diskon dan promo harga merupakan salah satu bentuk apresiasi yang menjadi favorit para karyawan selain bonus gaji dan cuti.

Dengan potongan diskon, karyawan dapat membeli barang-barang yang mereka sukai namun memerlukan biaya yang cukup tinggi.

Hal ini dapat disesuaikan dengan minat karyawan, mereka yang menggunakannya untuk membeli barang-barang keperluan sehari-hari juga dapat menjangkau lebih mudah.

Sehingga tidak langsung juga dapat mempertahankan kesejahteraan karyawan perusahaan Anda.

4. Wadah untuk Perkembangan Diri

Dalam bekerja, karyawan juga ingin meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya. Agar nantinya mereka dapat membangun karier sesuai dengan yang mereka capai.

Hal ini juga dapat memberikan manfaat kepada perusahaan, sebab karyawan dengan pengalaman yang lebih baik dapat membentuk perusahaan yang lebih kuat.

Oleh karena itu, memberikan wadah untuk perkembangan diri yang dibiayai perusahaan bisa menjadi bentuk apresiasi yang baik dan bersifat positif.

Salah satu diantaranya adalah dengan membuka program mentoring yang dapat menjadi pembelajaran karyawan melalui karyawan yang lebih senior dan profesional pada bidangnya.

Bentuk apresiasi dalam bentuk program mentoring ini dapat membangun potensi terdalam karyawan secara lebih mudah berkat pengalaman karyawan yang sebelumnya sudah menempuh jalan yang sama.

5. Day-off

Memberikan satu hari istirahat atau cuti khusus (unrecorded time-off) merupakan salah satu bentuk apresiasi yang disukai karyawan.

Dengan memberikan satu hari penuh untuk mengistirahatkan pikiran dan fisik setelah bekerja secara terus-menerus, karyawan dapat mengurangi peluang mereka untuk merasa stres dan burnout

Walaupun memberikan waktu istirahat yang cukup singkat ini, karyawan dapat kembali ke tempat kerjanya dengan perasaan yang lebih tenang dan jernih. Kemudian bekerja secara lebih efektif dan produktif yang tinggi.

EWA, Solusi Benefit yang Karyawan Butuhkan

Memberikan benefit dan tunjangan yang dapat mempermudah karyawan dalam mengelola kebutuhan pekerjaan dan personal.

Hal ini juga dapat menjadi bentuk apresiasi yang memberikan dampak cukup signifikan kepada karyawan di tempat kerja.

Salah satu benefit yang dapat Anda terapkan dalam perusahaan Anda adalah Earned Wage Access (EWA).

EWA merupakan benefit atau tunjangan yang memberikan karyawan kemudahan akses untuk mengambil gaji sebelum tanggal gajian yang sudah ditentukan.

Dengan EWA dari Mekari Flex, perusahaan dapat membantu mengatasi krisis finansial yang mereka alami dengan memberikan akses dana darurat mereka. Sistem penggajian yang perusahaan berikan ini dapat menjadi bentuk apresiasi terhadap karyawan.

Tertarik untuk menggunakan EWA dari Mekari Flex? Anda dapat menghubungi atau berkonsultasi dengan tim ahli kami di sini.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami