Home / Blog / Mekari

Mekari Raih Pendanaan Rp 720 M untuk Fokus Bantu Perusahaan Indonesia dalam Transformasi Digital

Daftar isi
Mode

Startup software-as-a-service (SaaS) Mekari mengumumkan pendanaan terbaru sejumlah Rp 720 Miliar (US$ 50 Juta), yang dipimpin oleh Money Forward Inc, yang merupakan perusahaan penyedia SaaS aplikasi perencanaan keuangan dan akuntansi terbesar asal Jepang. Pendanaan ini juga diikuti partisipasi investor sebelumnya.

Sebagai perusahaan penyedia solusi SaaS terdepan, Mekari membantu pemilik bisnis berbagai skala untuk melakukan proses digitalisasi dan menjalankan otomasi proses operasional. Mekari menyediakan solusi teknologi bisnis yang efisien dan mudah diakses, seperti tools untuk pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan penggajian, billing dan akuntansi, Customer Relationship Management (CRM), hingga perpajakan. Saat ini, Mekari memiliki lebih dari 35.000 klien dan lebih dari 800.000 pengguna aktif dengan mayoritas pengguna UKM. Beberapa brand yang berada di bawah naungan Mekari adalah Talenta, Jurnal, Qontak, Klikpajak, dan Flex.

Objektif Pendanaan

CEO Mekari, Suwandi Soh mengatakan bahwa Mekari akan mengalokasikan kucuran dana kali ini untuk berekspansi ke layanan finansial teknologi (fintech) agar dapat mendukung proses transformasi digital klien Mekari, terutama di skala UMKM. Selain tentunya, Mekari akan meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM), terutama tim produk dan engineering, yang akan menjadi ujung tombak dari perancangan dan pembuatan solusi-solusi inovatif bagi penggunanya.

“Saat pasar sedang memasuki tahap pemulihan ekonomi, transformasi digital sangat penting karena memberikan perusahaan, terutama UMKM, agility yang mereka butuhkan untuk berkembang. Oleh karena itu, fokus utama Mekari adalah untuk mendukung klien kami dalam perjalanan transformasi mereka dengan terus memberikan solusi teknologi yang andal dan inovatif yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” ungkap Suwandi.

“Selain itu, kami juga fokus mengembangkan berbagai layanan finansial kontekstual (contextual financial services) untuk membantu perusahaan menyelesaikan berbagai kebutuhan dan tantangan finansial yang unik. Layanan keuangan merupakan faktor pendukung utama dalam meningkatkan akses finansial bagi seluruh pengguna dalam ekosistem Mekari. Langkah pertama yang akan dilakukan adalah perluasan akses terhadap layanan keuangan yang terjangkau dan praktis bagi pelanggan kami,” tambahnya.

Yosuke Tsuji, President dan CEO Money Forward Inc, mengatakan, “Kami melihat besarnya potensi pasar Indonesia, dilihat dari semakin banyak bisnis yang semakin fasih menggunakan teknologi. Pengalaman positif yang kami rasakan dari hubungan kerjasama dengan Mekari selama beberapa tahun terakhir telah meyakinkan kami bahwa Mekari dapat mengoptimalkan potensi tersebut dan mendorong pertumbuhan digitalisasi di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami percaya Mekari mampu menjadi platform penting dalam hal pemberdayaan bisnis dan tenaga profesional di Indonesia.”

Sektor bisnis SaaS sedang berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menurut riset dari Boston Consulting Group, nilai pasar SaaS di diperkirakan akan meningkat sebesar 25% CAGR dan mencapai US$ 800 Juta pada tahun 2023. Sejalan dengan perkembangan ini, Mekari juga telah mencatat pertumbuhan sebesar 11 kali lipat selama 4 tahun terakhir.

Beberapa perusahaan yang telah melakukan investasi di Mekari pada putaran sebelumnya adalah East Ventures, Beenext, Mandiri Capital, Alto Partners, dan Prasetia.

Tentang Mekari

Mekari adalah perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan di Indonesia yang menyediakan platform berbasis cloud sebagai sistem operasional bisnis. Melalui sistem serba otomatis, Mekari meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai aspek perusahaan lewat produk-produknya seperti Mekari Talenta untuk HR, Mekari Jurnal untuk akuntansi, Mekari Klikpajak untuk perpajakan, Mekari Qontak untuk CRM, dan Mekari Flex untuk employee benefits. Hingga sekarang, beberapa investor ternama seperti East Ventures, Beenext, Mandiri Capital, Alto Partners, dan Prasetia telah melakukan investasi pada Mekari pada putaran pendanaan sebelumnya.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami