Image

Loyalty Program Adalah: Pengertian dan Contohnya

Tak ada bisnis yang tak ingin memiliki pelanggan setia atau loyal. Untuk bisa sukses menerapkan strategi loyalitas pelanggan, maka Anda membutuhkan loyalty program.

Maka dari itu pula, penting untuk Anda memiliki pengetahuan dan informasi mengenai pelanggan, terutama mengenai pembelian terhadap produk atau pelayanan Anda.

Ketika pelanggan menyukai brand Anda, mereka akan rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkannya.

Tetapi jalan untuk bisa mendapatkan loyalitas pelanggan membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan customer loyalty program yang mampu menarik perhatian pelanggan.

Nah, maka dari itulah artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai apa itu loyalty program dalam dunia bisnis dan beberapa contoh yang bisa terapkan untuk bisnis Anda.

wanita sedang menggunakan kartu membership untuk berbelanja online di laptop

Loyalty Program Adalah?

Loyalty program telah menjadi alat utama untuk menghadapi persaingan serta volatilitas konsumen dalam dunia bisnis.

Untuk bisa berjalan secara efektif, loyalty program Anda harus didukung oleh strategi.

Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan loyalty program?

Loyalty program adalah program di mana perusahaan menawarkan insentif tertentu kepada konsumen.

Seperti voucher untuk ditukarkan saat mereka melakukan pembelian, poin, barang sampel, dan lain-lain.

Tergantung pada programnya, insentif ini dapat diperoleh dari produk independen, dari produk dalam paket yang sama atau dari beberapa produk yang sejenis.

Program ini memungkinkan konsumen untuk menebus unit-unit ini untuk mendapatkan hadiah, seperti barang, jasa gratis, diskon.

Mengapa Menciptakan Loyalty Program itu Penting untuk Bisnis?

Penelitian menunjukkan bahwa pelanggan setia mendatangkan 10 kali lebih banyak daripada pelanggan baru.

Jadi, customer loyalty program ini dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi pelanggan terbaik Anda dan menindaklanjuti pembelian mereka.

Dengan cara ini Anda dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik terhadap bisnis Anda.

Misalnya, jika Anda memutuskan untuk menggunakan loyalty card, Anda dapat mengenali pelanggan dan mengikuti perilaku pembelian mereka.

Anda akan memiliki data profil mereka, yang memungkinkan Anda memberi mereka perhatian yang dipersonalisasi dan mendapatkan loyalitas serta kepercayaan mereka.

Loyalitas pelanggan adalah sumber pertumbuhan bagi suatu bisnis, dan ini jelas tergantung pada tingkat kepuasan yang dicapai pelanggan Anda, yang bisa dipantau menggunakan aplikasi CRM.

Pelanggan yang puas dengan produk dan layanan Anda, ditambah hubungan dan kesan yang baik terhadap bisnis Anda, mereka akan cenderung merekomendasikan Anda, inilah yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM) yang baik.

Tentu ini poin yang kuat untuk strategi penjualan Anda karena kemungkinan konversi prospek pembelian hingga empat kali merupakan wujud dari loyalitas pelanggan.

Cara Membuat Loyalty Program

Secara garis besar, cara membuat loyalty program adalah dengan menawarkan penghargaan, pengakuan, dan keterlibatan pelanggan berdasarkan tingkat kepuasan.

Customer loyalty program umumnya memberikan penawaran, layanan, konten, dan benefit eksklusif kepada pelanggan guna mengurangi tingkat customer churn.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membuat loyalty program:

1. Pelajari Pelanggan Anda Saat Ini

Pertama, yang perlu Anda lakukan untuk membuat loyalty program adalah mempelajari serta mengumpulkan informasi mengenai pelanggan Anda.

Contohnya, sudah berapa lama mereka menjadi pelanggan Anda, apakah mereka membayar tepat waktu, apakah mereka puas, produk apa yang paling sering dibeli, dan sebagainya.

2. Rancang Loyalty Program Anda

Untuk merancang loyalty program, Anda perlu menilai tingkat kepuasan pelanggan melalui beberapa teknik seperti survei, wawancara, dan pelacakan feedback pelanggan.

Identifikasi karyawan yang unggul dalam layanan pelanggan dan ingin berpartisipasi dalam program ini.

Setelah itu, tetapkan tujuan program dari awal sehingga Anda tahu bagaimana harus bertindak dan kapan mendapatkan hasil berdasarkan perilaku pembelian pelanggan.

Kemudian, tetapkan anggaran atau budget Anda untuk membangun loyalty program.

Itu karena jika Anda ingin mengelola retensi pelanggan dan membuat strategi untuk pengembangan pelanggan baru, Anda harus memiliki anggaran.

3. Tentukan Pelanggan yang Akan Ditargetkan

Langkah selanjutnya, klasifikasikan pelanggan Anda dengan membuat profil pelanggan sesuai kebutuhan.

Anda dapat mengklasifikasikannya menurut volume pembelian, kecepatan pembayaran, loyalitas historis, atau jenis produk yang mereka beli atau layanan yang mereka gunakan.

Baca juga: Customer Relationship Management, Strategi Penting dalam Suatu Bisnis

4. Pilih Taktik yang Mendorong Loyalitas Pelanggan

Jangan hanya mencari yang terkait dengan pembelian, tetapi juga yang terkait dengan jalinan hubungan dengan pelanggan Anda.

Sebagian besar pelanggan akan melakukan pembelian secara berulang apabila mendapatkan pelayanan yang memuaskan dan memprioritaskan kebutuhan atau keinginan mereka.

Hal itu pula yang membuat hubungan antar pelanggan dan bisnis Anda menjadi cenderung lebih baik dan memungkinkan mereka untuk merekomendasikan produk atau layanan Anda.

Contoh Loyalty Program

Berikut ini adalah beberapa contoh loyalty program dari beberapa brand yang sukses dan bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda:

1. Starbucks Rewards

Siapa sih yang tidak kenal dengan Starbucks? Sebagai brand kuliner ternama di dunia, Starbucks dikenal sebagai pemegang salah satu loyalty program yang paling populer.

Saat pelanggan member melakukan pembelian di Starbucks, mereka akan mendapatkan “bintang”, yang nantinya dapat ditukarkan dengan voucher minuman atau makanan.

Sistem program loyalitas di Starbucks ini menggunakan sistem poin dan terintegrasi dengan aplikasi loyalty program.

Poin tersebut bisa mereka peroleh saat melakukan pembelian pada hari-hari tertentu, atau menyelesaikan tugas di aplikasi, mendapatkan “bintang” tambahan

Member yang mendapatkan dua bintang untuk satu dolar yang dibelanjakan.

Apabila sudah terkumpul, member dapat memilih hadiah mulai dari rasa tambahan seharga 25 bintang, kopi atau teh yang diseduh seharga 50 bintang.

Untuk bisa mendapatkan gratis minuman spesial member bisa menukarkan 150 bintang, pilihan makan siang seharga 250 bintang, dan merchandise seharga 400 bintang.

Jadi, member Starbucks memiliki pilihan untuk menghabiskan poin sesegera mungkin, atau menyimpannya untuk hadiah yang lebih besar.

Starbucks benar-benar tahu cara mendorong pelanggannya untuk menggunakan aplikasi mereka.

Contohnya, member bisa memesan dan membayar di muka untuk minuman menggunakan aplikasi, lalu mengambil minuman mereka secara instan di toko.

Dan menariknya, Anda harus membayar menggunakan kartu Starbucks atau aplikasi.

2. Sephora Beauty Insider

Sephora telah menjadi brand terpopuler di dunia dalam bisnis kecantikan, hingga memiliki sekitar 20 juta member yang tergabung dalam loyalty program mereka.

Loyalty program ini memiliki tiga level berdasarkan berapa banyak uang yang dibelanjakan member dalam setahun.

Ada level Basic gratis untuk bergabung dan level VIB yang mengharuskan pelanggan untuk membelanjakan minimal 350 dolar per tahun.

Level selanjutnya yaitu level Rouge yang mengharuskan pelanggan membelanjakan 1000 dolar per tahun. Semakin tinggi level, maka semakin besar pula poin dan hadiahnya.

Sephora menawarkan fleksibilitas kepada para member untuk memilih hadiah yang mereka inginkan dengan poin mereka.

Dan uniknya, loyalty program Sephora bukan hanya tentang poin dan hadiah, namun para member juga mendapatkan akses ke komunitas Sephora eksklusif.

Komunitas tersebut menjadi tempat mereka dapat terhubung dan mendapatkan inspirasi dari Beauty Insider lainnya.

Seperti mengajukan pertanyaan dan berkomunikasi dengan perwakilan dari merek yang dijual.
Sephora tahu bahwa pembangunan komunitas adalah bagian penting dalam membina loyalitas pelanggan.

3. Gojek

Tahun 2021 lalu, Gojek mengumumkan program loyalitas untuk pelanggan dengan nama Go Club.

Melalui program GoClub, startup unicorn ini menghadirkan berbagai keistimewaan dan kemudahan bagi para pelanggannya.

Kehadiran program ini juga sebagai wujud komitmen Gojek untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

Di GoClub, Gojek menghadirkan empat peringkat keanggotaan untuk pelanggan, yaitu Citizen, Atasan, Nakhoda, dan Anak Sultan.

Pada awal keanggotaan, pelanggan akan mulai dari peringkat Citizen.

Bersama dengan pemeringkatan ini, Gojek akan memberikan bonus 20 XP (Experience Points) dengan berbagai keistimewaan lainnya.

Seperti cashback dan diskon layanan GoPay, GoCar, GoRide, dan GoFood. Nantinya, pelanggan akan mendapatkan tambahan XP dengan bertransaksi di aplikasi Gojek.

Semakin tinggi peringkat, pelanggan akan mendapatkan lebih banyak keuntungan, mulai dari pesanan prioritas, bebas crowd rate, hingga cashback GoPay 100 persen.

Nah, itulah artikel terkait loyalty program yang perlu Anda pahami dan terapkan pada bisnis Anda untuk menghadapi ketatnya persaingan bisnis, maka dari itu juga jangan lupa menggunakan software ERP untuk menunjang operasional bisnis anda.

Semoga bermanfaat!

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami