Home / Blog / Digital Transformation

ChatGPT Business Akan Rilis, Bisnis Owner Wajib Tau Ini!

chatgpt for business
Daftar isi
Mode

Open AI mengumumkan update layanan berupa chatGPT business atau dikenal sebagai chatGPT Plus. Masih belum ada informasi pasti kapan chatgpt plus untuk rilis, namun OpenAI memberikan informasi ‘ChatGPT business tersedia dalam beberapa bulan mendatang’. 

Berdasarkan informasi dari blog OpenAI, ChatGPT plus ini akan diarahkan secara khusus untuk bisnis. Layanan ini akan ditujukan untuk profesional yang membutuhkan kontrol data yang lebih besar serta bagi perusahaan untuk mengelola layanan pelanggan atau pengguna.

Lalu, apa saja layanan chatGPT business ini? Bagaimana pengaruh dan pandangan chatGPT bagi bisnis owner?

Mengenal ChatGPT

Generative Pre-training Transformer atau chatGPT adalah chatbot dengan kemampuan luar biasa untuk berinteraksi dalam bentuk dialog percakapan dan memberikan respons sesuai keinginan user. 

Menariknya lagi, AI satu ini dapat menganalisis data dalam jumlah besar dan mampu memproses segala informasi baik dari pelanggan, memahami perilaku konsumen, tren pasar, hingga membantu perkembangan bisnis.

Layanan dari OpenAI ini mulai dikembangkan tahun 2018 oleh Elon Musk, Sam Altman, Greg Brockman, Ilya Sutskever dan Wojciech Zaremba.

Apa Saja Layanan ChatGPT Business? 

Jika saat ini layanan chatGPT bisa diakses secara gratis , berbeda hal dengan chatGPT business di mana pengguna harus membayar langganan secara premium atau subscription plan

Menurut laman OpenAI, chatGPT business akan mulai dikembangkan untuk kebutuhan profesional dan perusahaan. 

Berbagai kebutuhan perusahaan, seperti chatbot untuk sales, streamline customer service, automatically generate code, sistem HR, hingga membuat presentasi bisnis. 

Nah, lalu apa saja perbedaan chatGPT Free dan chatGPT business?

1. Aksesibilitas

ChatGPT Business adalah layanan terbaru yang disediakan oleh OpenAI untuk memenuhi segala kebutuhan bisnis, baik skala menengah dan atas secara lebih mudah tanpa hambatan.

Selain itu, aksesibilitas versi premium ini akan dilengkapi dengan pengalaman bot chat yang lebih alami, lebih banyak personalisasi, dan memiliki banyak akses ke berbagai informasi yang luas.

Terlepas dari kemampuan yang dapat memahami serta merespon pertanyaan secara cepat. Nyatanya ChatGPT gratisan juga memiliki keterbatasan dalam menginterpretasikan suatu percakapan yang dapat menyebabkan kesalahpahaman.

2. Prioritas

ChatGPT Business memberikan prioritas akses dan dukungan penuh kepada pelanggan bisnis secara khusus.

Bisa dikatakan bahwa beralih ke subscription plan, Anda dapat mengatur perangkat secara 

3. Fasilitas Lanjutan

ChatGPT Business mungkin memiliki beberapa fitur dan fasilitas lanjutan yang tidak tersedia dalam versi Free, salah satunya dalam hal otoritatif yang sedikit sulit untuk digunakan sebagai informasi yang valid. 

Seperti banner pada prompt chat openAI, terdapat upgrade plan yang tersedia jika Anda berlangganan ke chatGPT plus, diantaranya:

  • Tersedia bahkan ketika permintaan tinggi
  • Kecepatan respons lebih cepat
  • Akses prioritas ke fitur baru

4. Harga

pilihan langganan chatgpt business

Meskipun belum ada informasi harga secara pasti, OpenAI memberikan dua pilihan pembayaran, baik secara bulanan atau tahunan.  

Adanya opsi pembayaran ini dapat membuat pemilik usaha, entrepreneur, dan eksekutif bisnis dapat memiliki paket chatgpt plus sesuai kebutuhan.

Informasi harga pasti dan struktur biaya ChatGPT Business dapat berbeda tergantung pada kebijakan dan paket yang ditawarkan oleh OpenAI.

Pengaruh ChatGPT Business untuk Pemilik Bisnis

Bagaimana pengaruh chatGPT bisnis ini bagi pemilik bisnis? Potensi chatGPT memiliki kemampuan dalam mengubah lanskap bisnis. 

Menurut Michael Chui dan rekan, ChatGPT memiliki kekuatan untuk merevolusi industri serta berpotensi membuat bisnis mendapatkan keuntungan yang signifikan. 

Layanan chatGPT bisnis ini dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya, dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.

Meskipun ada tantangan yang mungkin harus dihadapi saat mengimplementasikan ChatGPT,  manfaat penggunaan AI dapat menjawab kekurangan bisnis Anda.

Dampak masa depan dari ChatGPT kemungkinan akan bergantung pada seberapa cepat dan efektif bisnis mengadopsi teknologi ini dan mengintegrasikannya ke dalam operasi mereka. 

ChatGPT business adalah solusi yang harus dipertimbangkan bagi pemilik bisnis, baik skala besar maupun kecil untuk mencapai tujuan jangka panjang mereka.

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT Bagi Bisnis

Sebelum melakukan integrasi chatGPT untuk bisnis, cek terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan chat gpt business, diantaranya:

1. Kelebihan ChatGPT untuk Bisnis

Berikut beberapa kelebihan chatGPT untuk bisnis, diantaranya:

  • Hemat biaya: Penerapan ChatGPT bisa jauh lebih hemat biaya daripada mempekerjakan staf tambahan. Hal tersebut karena menggantikan tugas rutin, pelatihan, dan biaya lainnya.
  • Skalabilitas: ChatGPT dapat ditingkatkan atau diturunkan berdasarkan kebutuhan bisnis menjadi solusi yang fleksibel untuk perusahaan besar atau bisnis kecil.
  • Support multibahasa: Pada intinya, ChatGPT adalah alat pengolah bahasa, dan dapat dikonfigurasi untuk mendukung banyak bahasa. Hal ini menjadi solusi ideal untuk bisnis dengan kehadiran global.
  • Meningkatkan aksesibilitas: Sifat otomatis memudahkan pelanggan dan karyawan untuk mengakses informasi dan bantuan.
  • Meningkatkan akurasi data: ChatGPT dapat mengurangi risiko kesalahan manusia dengan mengotomatiskan entri data.
  • Meningkatkan pengambilan keputusan: Analisis data real-time yang disediakan ChatGPT dapat membantu bisnis membuat keputusan berdasarkan informasi dan tetap berada di depan kurva.
  • Mengurangi waktu respon: ChatGPT menyediakan bantuan 24/7, mengurangi waktu respon, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

2. Kekurangan ChatGPT untuk Bisnis

Meskipun kecerdasan buatan atau AI, chatGPT business juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Ketergantungan teknologi: ChatGPT dapat menyebabkan ketergantungan pada teknologi dan berpotensi mengurangi kebutuhan input dan kreativitas manusia. 
  • Masalah privasi: ChatGPT memerlukan akses ke data bisnis yang sensitif, sehingga pemilik bisnis harus memastikan bahwa mereka memiliki langkah keamanan yang tepat untuk melindungi informasi tersebut.
  • Batasan kreativitas: Meskipun ChatGPT dapat menghasilkan ide dan konsep baru, ChatGPT tidak akan pernah menggantikan kreativitas manusia yang penting untuk tugas tertentu.
  • Kurangnya Empati dan Kecerdasan Emosional: ChatGPT tidak dapat memberikan respons dengan empati, seperti pelanggan membutuhkan dukungan emosional atau penanganan kasus yang sensitif.
  • Risiko Kesalahan: Ada risiko bahwa model dapat memberikan jawaban yang tidak akurat, tidak relevan, atau bahkan dapat menimbulkan kesalahpahaman. 

Kesimpulan

Peran chatGPT untuk bisnis sangat berpengaruh untuk membentuk masa depan bisnis dalam melakukan efisiensi pekerjaan operasional perusahaan.

Meskipun ChatGPT dapat membantu menghemat waktu, uang, dan tenaga dalam hal pemasaran bisnis kecil, pengusaha dan pemasar juga harus berhati-hati dan tidak bergantung selalu tergantung pada AI.

Meskipun begitu, AI terus berkembang dan akan membantu pengusaha mempromosikan bisnis mereka dengan cara yang efisien, seperti halnya produk-produk dari Mekari.

Mekari sebagai SaaS software menyediakan berbagai fitur dan layanan untuk semua lini bisnis, mulai dari sinkronisasi otomatis proses bisnis dari Mekari Jurnal hingga meningkatkan hubungan pelanggan melalui AI.

Kunjungi website Mekari, untuk mempelajari semua fiturnya sekarang juga.

Referensi

Uzialko, Adam. (2023). How Artificial Intelligence Will Transform Businesses. Diakses pada 9 Juni 2023, dari https://www.businessnewsdaily.com/9402-artificial-intelligence-business-trends.html.

Chui, Michael. Roberts, Rogers., & Yee, Lareina. (2022). Generative AI is here: How tools like ChatGPT could change your business. Diakses pada 9 Juni 2023, dari https://www.mckinsey.com/capabilities/quantumblack/our-insights/generative-ai-is-here-how-tools-like-chatgpt-could-change-your-business.

Entrepreneur. (2023). What Does ChatGPT Mean for the Future of Business? Diakses pada 9 Juni 2023, dari https://www.entrepreneur.com/science-technology/what-does-chatgpt-mean-for-the-future-of-business/445020

Kaput, Mike. (2023). ChatGPT Business: What You Need to Know. Diakses pada 9 Juni 2023, dari https://www.businessnewsdaily.com/9402-artificial-intelligence-business-trends.html.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami