Image

Mengenal Konsep Frugal Living, Cara Menghemat Uang Masa Kini

Saat ini, Tips Hemat Uang menjadi salah satu topik yang paling dicari oleh kebanyakan orang. Tentu kondisi ini disebabkan oleh realita dimana tuntutan gaya hidup lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi finansial yang dimiliki. Perlu anda ketahui bahwa gaya hidup tidak sama dengan kebutuhan hidup.

Seseorang dengan tuntutan gaya hidup yang tinggi tentu akan merasa kesulitan untuk melakukan cara menghemat uang.

Berbeda dengan orang yang paham tentang kebutuhan hidup, maka mereka akan lebih mudah melakukan cara menghemat.

Hemat dan pelit tentu berbeda, pelit lebih berkonotasi negatif karena memiliki definisi dengan orang yang tidak suka berbagi.

Sedangkan hemat adalah seseorang yang membelanjakan uang dengan sadar serta tidak berlebihan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansialnya.

Nah, bagi anda yang sedang mencari tips hemat uang maka dapat menerapkan salah satu gaya hidup yang sedang menjadi trend, yaitu Frugal Living.

Gaya hidup ini juga dapat diartikan dengan gaya hidup berhemat. Frugal living bisa diterapkan untuk Anda yang saat ini ingin memiliki hidup yang lebih hemat agar finansial lebih sehat kedepannya.

cara menghemat uang dengan konsep frugal living

Apa Itu Gaya Hidup Hemat Atau Frugal Living?

Di era modern, gaya hidup konsumtif memang lebih banyak dilakukan oleh sebagian orang. Namun tidak sedikit orang yang mulai mengadopsi gaya hidup hemat atau yang lebih dikenal dengan istilah Frugal Living.

Banyak orang mulai sadar dan ‘melek’ keuangan, sehingga memilih gaya hidup minimalis ini.

Frugal living dapat digambarkan dengan seseorang yang sadar mengeluarkan uang dalam membeli apapun dan berfokus pada apa yang jadi prioritas.

Tindakan sadar tersebut bertujuan agar mencapai finasial sehat pada masa yang akan datang. Seseorang yang mengadopsi gaya hidup ini, memiliki perhitungan uang yang benar, budgeting yang tepat, dan juga memiliki tujuan jangka panjang.

Financial goals dari Frugal Living ini adalah FIRE, yaitu Financial Independence Retire Early, atau jika didefinisikan adalah sebagai kemandirian finansial, hidup tanpa hutang, menabung dan berinvestasi.

Jadi, di masa depan seseorang yang menerapkan gaya hidup ini, diharapkan bisa lebih bebas secara finansial, tanpa hutang dan memiliki tabungan dan investasi.

Nah, Anda tertarik hidup hemat? Berikut cara penerapannya!

10 Cara Menghemat Uang

1. Buat Target Keuangan

Buatlah target keuangan yang realistis, misalnya Anda ingin berhemat agar bisa menabung. Spesifikkan lagi tujuannya. Menabung untuk apa? Berapa banyak? Dan berapa lama?

Ada banyak pilihan target keuangan yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Untuk membayar hutang
  • Memiliki tabungan
  • Memiliki dana darurat
  • Membuka usaha
  • Biaya pernikahan
  • Membeli rumah
  • Membeli mobil
  • Dana pendidikan
  • Travelling
  • Membeli kendaraan
  • Dan lainnya

Dengan memiliki target akan memudahkan Anda dalam langkah selanjutnya, seperti menetapkan nominal, atau juga tenggang waktu berapa lama target itu terealisasi. Dengan target yang spesifik, Anda akan lebih bisa berhemat, dan memungkinkan Anda untuk mencapai target tersebut.

2. Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Sulit untuk berhemat jika Anda tidak memiliki list keuangan yang jelas. Buatlah anggaran kebutuhan dalam satu bulan.

Gunakan metode persentase, agar mudah dalam pembagian pengeluaran. Contoh metode persentase, yang bisa Anda pilih, antara lain:

Metode 10-20-30-40 :
10 % Entertainment atau Charity
20 % Saving atau Invest
30 % Cicilan Produktif
40 % Kebutuhan Pokok Sehari-hari

Metode 50-20-30 :
50 % Kebutuhan Pokok
20 % Saving atau Invest
30 % Keinginan atau Cicilan Produktif

Metode 50-30-10-10 :
50 % Kebutuhan Pokok
30 % Needs atau Cicilan Produktif
10 % Saving atau Invest
10 % untuk Dana Harian

Metode 60-20-20 :
60 % Kebutuhan Pokok
20 % Saving atau Invest
20 % Keinginan atau Cicilan Produktif

Dengan membuat list anggaran bulanan, dan fokus dengan alokasi dana menurut persentase di atas. Tujuan berhemat Anda akan lebih jelas. Dan tidak ada lagi uang yang digunakan tidak sesuai dengan persentase yang sudah ditetapkan.

Metode ini mudah, dan sudah banyak digunakan. Para pakar juga menyarankan menggunakan persentase ini agar bisa memiliki rencana keuangan yang baik ke depannya.

Baca Juga: 7 Tips Alokasi Gaji Bulanan untuk Hidup yang Lebih Terencana

3. Tidak Menggunakan Paylater dan Pinjol

Berbagai kemudahan telah tersedia dengan adanya kecanggihan teknologi, salah satunya kemudahan dalam mengajukan pinjaman online. Saat anda membutuhkan tambahan dana, akan dengan mudah mendapatkan pinjaman melalui berbagai pinjaman online yang rata-rata memiliki tingkat bunga tinggi.

Saat gaji Anda habis, bukan berarti harus menggunakan pinjaman online. Anda bisa memanfaatkan aplikasi seperti Mekari Flex. Aplikasi ini memiliki fitur Earned Wage Acces yang bisa memberikan akses lebih awal untuk gaji bulanan tanpa harus menunggu akhir bulan, jadi Anda tidak perlu lagi menggunakan pinjaman online, karena fitur ini bebas bunga, dan bukan bersifat pinjaman.

4. Meal Plan dan Masak Sendiri

Biasanya banyak orang yang tidak menetapkan budget fix untuk konsumsi satu bulan. Pengeluaran makanan merupakan salah satu penyebab anda kehabisan uang bulanan dengan lebih cepat.

Mulai dari makan pagi, makan siang, makan malam, cemilan dan berbagai macam makanan lainnya. Belum lagi kebutuhan lain seperti nongkrong di café dengan membeli secangkir kopi yang sering lalai diperhitungkan.

Meal plan adalah rencana menu yang dibuat untuk diterapkan dalam waktu tertentu, seperti harian, mingguan atau bulanan. Dengan begini, Anda bisa memasak makanan dengan kebingungan dan dengan cara ini mencegah Anda untuk kebingungan “mau makan apa hari ini”. Jadi tentukan budget, meal plan, dan masak makanan Anda sendiri.

5. Membeli Barang Second

Jika anda membutuhkan barang, baju, atau peralatan lain maka dapat membeli barang second atau barang bekas layak pakai. Saat ini berburu barang second sudah menjadi hal biasa, bahkan ada istilah thrifting, sangat cocok untuk Anda yang menyukai fashion, namun tetap ingin berhemat.

Bukan hanya pakaian, membeli barang elektronik juga disarankan untuk membeli second. Kenapa?

Tidak semua barang elektronik second adalah barang rusak, seperti laptop, smartphone, camera, dan lainnya. Kebutuhan lain seperti tas, sepatu, atau buku, juga banyak yang menjual preloved.

Biasakan mencari barang second sebelum membeli baru, tidak hanya membuat Anda hemat keuangan namun juga membantu mengurangi pembuangan barang di bumi. Yuk, mulai beli barang second.

Baca Juga: Bisnis Thrift Shop, Peluang Bisnis Kekinian yang Menjanjikan!

6. Kurangi Beli Pakaian

Pakaian menjadi salah satu item yang menjadi pengeluaran yang tidak terduga. Misalnya saat sedang berjalan-jalan ke mall, anda dengan santai membeli baju tanpa memperhitungkan kebutuhan. Tentu hanya akan menumpuk barang di lemari, beberapa orang juga membeli baju hanya karena senang sesaat, kemudian hanya digunakan beberapa kali saja.

Namun ada salah satu yang menjadi dilema juga, yaitu pakaian yang digunakan untuk ke kantor. Kebanyakan orang bingung, dengan pakaian apa lagi yang akan dipakai esok pagi. Ada cara tepat, untuk Anda yang kebingungan dengan pakaian bekerja, solusinya buatlah “seragam”.

Maksudnya adalah, Anda tetapkan “seragam” Anda sendiri. Seperti layaknya steve jobs atau mark zuckerberg. Pilih satu warna baju yang Anda tetapkan sebagai seragam selama 5 hari kerja. Jika Anda bekerja di startup, atau perusahaan yang membebaskan Anda dalam berpakaian. Hal ini bisa diterapkan dan Anda tidak lagi pusing “pakai baju apa hari ini?”.

6. Berhenti Berlangganan

Hiburan seperti musik, film, dan langganan lainnya, memang Anda butuhkan. Tapi, hati-hati hal ini bisa membuat uang Anda habis. Cobalah untuk berhenti berlangganan, atau gunakan sistem patungan. Hal ini bisa membuat Anda lebih hemat karena tidak ada lagi pengeluaran yang tidak terlalu penting.
Sebagai gantinya Anda bisa mulai dengan mencoba melakukan hal lain yang lebih menghibur, demi mengisi waktu saat bosan.

7. Pekerjaan Tambahan

Saat ini tidak sulit untuk mencari pekerjaan tambahan, cara ini bisa Anda gunakan agar pemasukan Anda pun bertambah. Seperti menjual makanan atau minuman, menggunakan skill yang dimiliki, ataupun berjualan online.

Apalagi Anda bisa memanfaatkan software akuntansi Mekari Jurnal untuk memudahkan dalam proses pembukuan, pengelolaan inventaris, stok barang dan juga invoice otomatis. Memiliki pekerjaan tambahan saat ini apalagi berbisnis, menjadi pilihan Anda untuk menambah pendapatan bulanan.

8. Budayakan Pinjam Barang

Pinjam barang selama Anda memiliki tanggung jawab, akan sangat membantu. Berapa banyak barang, yang sebenarnya hanya digunakan sesekali saja. Anda tidak perlu memiliki semua barang, rumah Anda bukanlah toko. Jadi sebelum membeli barang, coba tanyakan dahulu ke orang-orang di sekitar Anda, apakah mereka memiliki barang yang Anda butuhkan.

Manfaat Hidup Hemat di Masa Depan

Berhemat bukanlah suatu hal yang sulit, karena ini salah satu bentuk investasi masa depan. Menerapkan Frugal Living dalam hidup Anda, akan membuat keuangan stabil dan juga bebas dari kesulitan keuangan.

Beberapa hal manfaat yang akan Anda dapatkan saat menerapkan tips di atas, antara lain:

Memahami prioritas, memulai gaya hidup hemat ini membuat Anda paham apa yang menjadi prioritas di dalam hidup Anda.

Bebas hutang, dengan hidup lebih hemat Anda akan bebas dari hutang konsumtif. Anda tidak lagi membelanjakan uang dengan tiba-tiba. Karena semua sudah ada alokasinya masing-masing.

Bisa mengendalikan diri, perilaku hidup boros sangat berkaitan dengan emosi, hidup boros berarti Anda tidak bisa menahan keinginan untuk berbelanja, dengan hidup hemat Anda lebih bisa mengendalikan diri.

Hidup berkecukupan, dengan belajar berhemat, Anda memiliki masa depan yang lebih berkecukupan. Anda akan terhindar dari kekurangan di masa depan.

Lebih bahagia, mungkin saat awal berhemat anda tersiksa, namun setelahnya malah lebih merasa bahagia, karena jauh dari stress keuangan.

Bebas Finansial, hidup hemat akan menuntun Anda pada kehidupan finansial yang sehat, pendapatan yang cukup, pengeluaran yang tidak banyak, tabungan, investasi dan juga tanpa hutang.

Meningkatkan value diri, menjadi hemat tidak serta merta membuat Anda dipandang sebelah mata oleh orang lain, bahkan hidup hemat membuat Anda Nampak sederhana dan memunculkan respect orang lain terhadap diri Anda.

Pada dasarnya, cara menghemat uang akan sangat mudah anda terapkan dalam kehidupan. Tentu Tips Hemat Uang di atas akan sangat membantu dalam penerapannya. Ingat, semua hal akan menjadi mudah jika anda terbiasa menjalankannya.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami