Home / Blog / Personal Growth

3 Cara Mendapatkan Passive Income Termudah, Harus Coba!

cara mendapatkan passive income
Daftar isi
Mode

Dapat uang dengan usaha minimal? Bisa. Hal ini sering diartikan sebagai passive income. Berbeda dengan mencari pendapatan aktif yang memerlukan banyak waktu dan tenaga, pendapatan pasif terus mengalir bahkan ketika Anda tidak sedang bekerja secara aktif.

Mengingat biaya hidup yang kian meningkat, banyak orang mulai tertarik untuk mencari pendapatan pasif. Inilah peluang untuk menambah pendapatan tanpa harus menambah beban kerja atau mengganggu pekerjaan utama Anda. 

Artikel ini akan menjelajahi manfaat passive income lebih lanjut dan cara untuk memulainya. Yuk, simak selengkapnya!

Apa itu passive income

passive income

Passive income adalah uang yang bisa Anda dapatkan dengan usaha yang minim, dan terus mengalir bahkan tanpa Anda harus bekerja keras secara rutin. Contohnya, Anda bisa mendapatkan passive income dari menyewakan rumah atau berinvestasi pada aset yang menghasilkan seperti saham. 

Beda dengan pendapatan aktif yang harus terus diusahakan, seperti bekerja di kantor atau membuka bisnis. Perlu diingat, untuk membangun pendapatan pasif, Anda tetap perlu persiapan dan kerja keras di awalnya. 

Jadi, memang tidak ada cara instan untuk kaya tanpa usaha. Beberapa contoh passive income mungkin butuh waktu dan uang untuk memulainya. Dengan persiapan yang baik, hasilnya pun bisa lebih maksimal, dan bisa mengalir bahkan ketika Anda sedang bersantai.

46% orang memulai usaha sampingan untuk mendapatkan passive income. Beberapa alasannya adalah untuk menambah uang ekstra untuk biaya hidup, karena hobi semata, serta mencari keragaman pendapatan. (Zapier, 2021)

Manfaat passive income

Manfaat pendapatan pasif sangat banyak dan bisa berdampak besar pada kesehatan keuangan dan gaya hidup Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Keuangan yang lebih stabil

Berbeda dengan pendapatan aktif yang biasanya terbatas oleh jumlah jam kerja, pendapatan pasif berpotensi memberikan aliran pendapatan yang stabil—tidak langsung terkait dengan waktu. Ini bisa mengurangi ketergantungan pada gaji dan memberikan kebebasan finansial yang lebih besar.

2. Lebih banyak waktu luang

Karena Anda tidak perlu terlibat aktif secara terus-menerus, passive income memungkinkan Anda untuk memiliki lebih banyak waktu luang untuk keluarga, hobi, atau kegiatan lainnya.

3. Pajak yang lebih rendah

Beberapa jenis passive income dikenai pajak dengan tarif yang relatif lebih rendah daripada pendapatan aktif.

4. Perlindungan finansial

Situasi yang tidak terduga bisa muncul kapan saja, menghadirkan masalah finansial yang cukup menantang. Misalnya, kehilangan pekerjaan, keadaan kesehatan yang memburuk, dll. Dengan adanya passive income, Anda punya sumber pendapatan lain untuk berjaga-jaga apabila sumber pendapatan aktif tidak mencukupi. 

5. Tabungan untuk masa pensiun

Passive income juga dapat berkontribusi pada tabungan pensiun. Ini dapat membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang setelah memasuki masa pensiun, seperti biaya hidup, perjalanan, atau kesehatan.

Cara mendapatkan passive income 

Ada tiga metode utama yang bisa Anda coba untuk mendapatkan passive income yang stabil, di antaranya: 

1. Investasi

mengecek pasar saham

Investasi adalah salah satu cara yang efektif untuk menghasilkan passive income. Cara pertama bisa dengan berinvestasi di pasar saham, di mana Anda bisa mendapatkan dividen dari saham atau bunga dari obligasi. 

Selain itu, investasi dalam properti juga merupakan pilihan yang cukup populer. Dengan membeli properti dan menyewakannya, Anda bisa mendapatkan aliran pendapatan yang stabil. Namun, metode ini memerlukan pengeluaran awal yang signifikan dan pemahaman yang baik tentang minat pasar. 

2. Usaha online

Di dunia yang serba digital, Anda punya banyak peluang untuk menghasilkan passive income. Misalnya, membuat konten affiliate untuk mendapatkan komisi setiap kali ada audiens yang membeli melalui tautan afiliasi Anda. Menjual kursus online juga cukup efektif, terutama jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu. 

Ada juga metode dropshipping, di mana Anda menjual barang dari pabrik langsung ke pelanggan tanpa harus membeli barangnya terlebih dahulu. Anda hanya perlu mempromosikan produk dan saat ada pembeli, pabrik akan mengirimkan langsung ke mereka. 

3. Program referral

Banyak perusahaan punya program referral di mana Anda bisa dapat komisi untuk merekomendasikan pelanggan baru. Beberapa program referral menawarkan tarif tetap per referral, ada juga yang menawarkan persentase berdasarkan pengeluaran pelanggan yang direkomendasikan. 

92% dari konsumen percaya pada rekomendasi dari teman dan keluarga dibandingkan dengan bentuk iklan lainnya. (Exploding Topics, 2024)

Anda bisa merujuk kenalan untuk menggunakan aplikasi baru, hingga merekomendasikan produk atau layanan kepada pengikut Anda di media sosial. Supaya metode ini berhasil, penting untuk hanya merekomendasikan produk atau layanan yang Anda percayai dan yakin akan menguntungkan audiens Anda. 

Gabung program referral Mekari, dapatkan jutaan passive income

Program ini adalah jawaban bagi Anda yang ingin meraih passive income tanpa harus repot dengan implementasi teknis. Anda bisa menghasilkan pendapatan tambahan dari konten Anda sendiri, sambil turut serta dalam memajukan bisnis di Indonesia dalam beragam bidang.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dengan bergabung dalam program referral Mekari:

1. Tingkat komisi hingga 15%

Program referral Mekari menawarkan tingkat komisi hingga 15% untuk setiap referral yang berhasil. Kisaran komisi yang ditawarkan bervariasi untuk setiap produk. Semakin banyak produk yang berhasil direkomendasikan, semakin besar potensi intensif yang Anda dapatkan. 

2. Peluang untuk jadi jutawan 

Paket produk Mekari hadir dengan harga yang kompetitif, berkisar hingga 3 juta per bulan. Dengan produk-produk berkualitas tinggi yang ditawarkan, pelanggan cenderung untuk membeli lebih dari satu produk sekaligus. Ini adalah kesempatan bagus bagi Anda untuk menambah penghasilan secara signifikan. 

3. Program referral B2B dengan banyak kemudahan

Tak perlu khawatir dengan aturan yang rumit, program referral Mekari dirancang agar kamu bisa bergabung dengan mudah. Anda hanya perlu merujuk prospek kepada tim kami, dan Anda sudah siap untuk mendapatkan komisi. Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk mulai mendapat penghasilan tambahan.

Bagaimana cara kerja program referral Mekari? 

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengikuti program referral dari Mekari. 

  1. Daftarkan diri Anda melalui portal referral kami dan lakukan verifikasi identitas Anda.
  2. Setelah itu, buatlah kode referral unik di akun portal Anda dan bagikan kode tersebut kepada rekan-rekan Anda.
  3. Anda dapat memantau penggunaan kode referral secara langsung melalui dashboard online real-time.
  4. Nikmati komisi yang Anda dapatkan setelah Mekari berhasil closed deal dengan rekan-rekan yang Anda referensikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan jutaan passive income tanpa proses awal yang rumit. Ayo, bergabung sekarang juga dan mulai raih kesuksesan bersama Mekari!

Referensi

Exploding Topics. ‘’22+ Referral Marketing Statistics’’
Zapier. ‘’One in three Americans have a side hustle’’

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami