Home / Blog / Digital Transformation

8 Rekomendasi Aplikasi Kasir Terbaik 2024

8 rekomendasi aplikasi kasir terbaik 2023 mekari
Daftar isi
Mode

Artikel ini akan membahas mengenai 8 Rekomendasi aplikasi kasir yang dapat Anda manfaatkan di tahun 2023.

Masing-masing aplikasi kasir dengan aplikasi lainnya memiliki kelebihannya tersendiri, ada yang dapat mengakses semua fitur secara gratis maupun beberapa fitur yang diakses secara berbayar.

Dengan mulai menerapkan aplikasi kasir pada usaha Anda, ini dapat memudahkan Anda dalam pengerjaan tugas-tugas yang berkaitan dengan proses transaksi atau keuangan seperti perhitungan transaksi harian, stok barang, dan pembuatan bukti pembayaran.

Nah, agar Anda dapat menemukan aplikasi kasir yang sesuai dengan usaha bisnis Anda, berikut penjelasan dari Mekari mengenai aplikasi kasir, kelebihan dan kekurangan, serta rekomendasi aplikasi kasir saat ini.

Apa Itu Aplikasi Kasir?

Aplikasi kasir merupakan sebuah teknologi modern dalam bentuk program yang membantu proses transaksi penjualan pembelian dengan lebih efektif dan akurat.

Aplikasi kasir juga sering disebut dengan aplikasi POS (Point of Sales). POS atau aplikasi kasir ini memiliki fungsi yang lebih canggih dibandingkan mesin kasir konvensional pada umumnya.

Ini karena aplikasi kasir tidak saja membantu proses pencatatan transaksi penjualan, namun juga dapat langsung menghitung keuntungan dari hasil transaksi, mengatur inventaris barang, mencetak bukti pembayaran dan fitur-fitur dukungan lainnya dalam satu platform.

Selain itu, terdapat beberapa aplikasi kasir yang dapat terintegrasi dengan mesin kasir konvensional yang sudah Anda gunakan, serta menggunakan sistem cloud sehingga dapat mengakses dimana saja dan kapan saja baik secara real-time maupun offline.

Kelebihan dan Manfaat Aplikasi Kasir

Jika Anda menggunakan aplikasi kasir pada usaha bisnis yang sedang Anda kembangkan sekarang, terdapat beberapa manfaat yang dapat usaha Anda rasakan, seperti:

1. Terintegrasi dengan Berbagai Macam Sistem

Hanya melalui satu aplikasi, Anda dapat terintegrasi dengan berbagai sistem lainnya yang dapat mendukung pengelolaan toko.

Hal ini yang menjadi poin utama kelebihan yang dapat Anda rasakan melalui aplikasi kasir, fitur-fitur seperti scan barcode, pembuatan bukti pembayaran, pencatatan transaksi, inventaris barang yang otomatis, memudahkan Anda dalam mengelola toko terlebih jika SDM toko yang masih terbatas.

2. Penyusunan Laporan yang Cepat dan Akurat

Beberapa aplikasi kasir memiliki fitur penyusunan transaksi maupun stok keluar masuk barang harian. Data ini sangat membantu dalam mengolah arus kas maupun inventaris barang secara lebih efektif.

Laporan yang diberikan-pun juga cukup detail dan lengkap karena prosesnya yang dilakukan secara otomatis dan real-time. Sehingga Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan aplikasi kasir dalam usaha Anda.

3. Pantau Bisnis dari Jarak Jauh

Aplikasi kasir yang berbasis cloud dapat membantu Anda untuk mengelola seluruh cabang tokoh sekaligus secara online dan real-time.

Ini dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya jika dibandingkan secara langsung mengecek satu toko ke toko cabang lainnya secara terus menerus. Cukup hanya beberapa kali berkunjung, Anda kemudian dapat melihat aktivitas toko secara real-time dalam aplikasi kasir.

Kekurangan Aplikasi Kasir

Selain banyaknya manfaat dan kelebihan yang dapat aplikasi kasir berikan, terdapat beberapa kerugian yang mungkin Anda rasakan jika menggunakannya, seperti:

1. Biaya Operasional yang Menguras Budget

Mengimplementasikan aplikasi kasir pada toko Anda dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemudahan proses transaksi Anda.

Namun, terdapat biaya yang harus dikeluarkan agar pengoperasian aplikasi kasir dapat terlaksana secara optimal.

Walaupun terdapat versi lite yang gratis, fitur-fitur yang digunakan tidak selengkap jika Anda menggunakan aplikasi berbayar. Terdapat juga pengeluaran biaya lainnya untuk alat-alat pendukung seperti printer, scanner, dan device pendukung lainnya.

2. Rentan Terhadap Virus 

Aplikasi kasir yang digunakan secara offline mungkin akan dapat meminimalisir issue virus ini. Namun, aplikasi kasir seringnya digunakan secara online menggunakan jaringan internet sehingga cukup rentan terkena virus.

Jika ini dapat terjadi, terdapat kemungkinan ini akan mengobarkan data maupun dokumen penting lainnya yang tersimpan dalam aplikasi.

Oleh karena itu, solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan lebih selektif untuk memiliki aplikasi kasir mana yang memiliki tingkat keamanan terhadap virus terbaik.

3. Butuh Waktu Untuk Adaptasi

Memanfaatkan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi kasir memang membutuhkan waktu untuk mempelajarinya, terlebih bagi pengelola toko yang sudah terbiasa menggunakan cara yang manual.

Selain itu, setelah pengelola toko mempelajari fitur-fitur yang terdapat didalamnya, selanjutnya juga harus dipelajari oleh karyawan-karyawan lain yang juga membantu mengelola toko tersebut.

Sehingga adaptasi untuk mengimplementasikan sistem seperti ini membutuhkan waktu di awal-awal penerapannya. Hal ini akan diperparah jika dari sisi UI/UX yang cukup rumit pada aplikasi kasir yang dipilih.

8 Rekomendasi Aplikasi Kasir Saat Ini!

Saat ini sudah banyak beragam pilihan aplikasi kasir yang bisa Anda gunakan dan unduh di berbagai perangkat, baik itu di PC ataupun pada smartphone.

Walaupun begitu, sesuaikan aplikasi kasir yang ingin Anda gunakan dengan usaha bisnis yang sedang Anda kelola. Sebab masing-masing aplikasi memiliki fitur unggulan masing-masing.

Dengan begitu, Anda bisa lebih memaksimalkan penggunaan aplikasi tersebut dan mencapai tujuan atau keuntungan yang sudah Anda rencanakan.

Berikut merupakan rekomendasi aplikasi kasir yang dapat Anda gunakan saat ini.

1. Mekari Jurnal

8 rekomendasi aplikasi kasir terbaik 2023

Jurnal merupakan software pengelolaan akuntansi yang juga dapat digunakan sebagai aplikasi pembukuan keuangan dan mesin kasir. Cara mengaksesnya juga cukup mudah sebab aplikasi ini ramah di berbagai perangkat baik itu PC maupun smartphone.

Melalui fiturnya yang bernama Jurnal Touch, berbagai fungsi pada aplikasi kasir bisa digunakan seperti sinkronisasi data secara otomatis, proses transaksi secara real-time di multi-store, maupun pembuatan bukti pembayaran dengan cepat dan mudah.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat melakukan pencatatan akuntansi dan membuat laporan keuangan secara langsung tanpa menggunakan bantuan sistem operasi lainnya.

Harga yang dibandrol untuk dapat mengakses fitur lengkap tersebut juga cukup terjangkau sehingga Mekari Jurnal merupakan salah satu aplikasi kasir rekomendasi terbaik saat ini.

2. Moka

Moka juga salah satu aplikasi kasir yang dapat Anda gunakan. Dengan berbasis cloud, memudahkan penggunanya untuk mengakses di mana pun dan kapan pun.

Moka cukup ramah untuk digunakan pada semua usaha. Adapun para pelaku usaha yang masih pemula ataupun bisnis UMKM cocok untuk menggunakan aplikasi kasir ini sebab mudah digunakan.

3. Kasir Pintar

Rekomendasi aplikasi kasir selanjutnya yakni Kasir Pintar. Kasir Pintar juga merupakan aplikasi kasir yang berbasis cloud sehingga dapat diakses baik secara online maupun offline.

Terdapat dua versi yang dapat Anda gunakan, baik itu versi gratis atau versi berbayar. Perbedaannya hanya pada kelengkapan fitur yang bisa akses.

Secara umum, Anda dapat menggunakan fitur seperti optimasi harga barang pada toko, pencatatan ketersediaan barang, dan scan barcode produk.

aplikasi kasir laundry

Jika ingin membahas ke jenis usaha yang lebih spesifik, Smartlink merupakan aplikasi kasir terbaik untuk para pebisnis atau pengelola usaha laundry.

Smartlink merupakan sebuah software manajemen bisnis yang khusus diarahkan pada usaha bidang laundry. Pada Smartlink terdapat fitur Smartlink Kasir yang memiliki beberapa fungsi, seperti nota digital otomatis, manajemen laundry antar jemput, penjadwalan pencucian, dan riwayat transaksi.

Semua itu dapat dapat dilakukan dapat satu aplikasi yang dapat berlangganan dengan harga yang relatif terjangkau. 

5. Kasir Bengkel Plus Keuangan

Selain terdapat aplikasi yang cocok untuk usaha bisnis laundry, terdapat aplikasi kasir lainnya yang juga cocok ke usaha yang lebih spesifik, tepatnya usaha Bengkel. Nama aplikasi tersebut yakni software Kasir Bengkel Plus Keuangan.

Aplikasi ini masih cukup kurang dikenal sebab kebanyakan bengkel masih menerapkan proses transaksi yang manual. Padahal, dengan menggunakan aplikasi ini para pelaku usaha bengkel dapat memaksimalkan proses keuangannya dengan lebih efektif dan mudah.

Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat smartphone, dan fitur pentingnya antara lain berbagai laporan harian atau pengelolaan produk.

6. Mesin Kasir

Mesin Kasir merupakan aplikasi kasir yang berbasis Android dan memiliki kualitas yang cukup bagus.

Salah satu alasan kenapa memiliki aplikasi ini adalah karena penggunaannya yang gratis namun memiliki fitur yang masih dapat membantu para pelaku usaha untuk mengelola transaksi keuangan toko.

Fitur-fitur yang Mesin Kasir miliki cenderung sama seperti aplikasi lain pada umumnya, serta dapat diakses secara offline tanpa bantuan jaringan internet.

7. Olsera

rekoemendasi aplikasi Olsera

Olsera menawarkan berbagai fitur unggulan yang cukup lengkap yang dapat disesuaikan dengan target pelaku usaha.

Dengan menggunakan sistem yang berbasis cloud sehingga dapat menjadi tempat penyimpanan yang cukup aman dan dapat diakses dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lainnya seperti Mekari Jurnal.

Aplikasi kasir ini juga secara otomatis dapat melakukan proses update jika mendapatkan akses jaringan internet, sehingga dapat memperbarui data dan berbagai keperluan sistem lainnya.

8. VendHQ

Selanjutnya, terdapat aplikasi kasir yang dapat diakses dengan mudah secara gratis bernama VendHQ.

Kelebihan yang VendHQ miliki adalah tampilan UI (User Interface) ramah dan menarik sehingga dapat memudahkan pengguna saat mengoperasikannya.

Beberapa fitur yang dapat Anda gunakan yakni pengelolaan inventaris barang secara real-time, pembuatan laporan transaksi keuangan, serta dukungan CRM. 

Itulah penjelasan secara lengkap mengenai aplikasi kasir, kelebihan dan kekurangannya, serta rekomendasi aplikasi yang anda gunakan saat ini. Semoga dapat bermanfaat bagi bisnis usaha Anda!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami