Image

Apa Paklaring Itu? Yuk, Cari Tahu Pengertian, Fungsi dan Syarat Pembuatannya!

Bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman kerja bertahun-tahun dan memutuskan untuk pindah kerja, tentu tidak asing dengan istilah paklaring.

Salah satu dokumen penting di dunia kerja, terutama ketika Anda memutuskan resign dari kantor lama dan melamar di perusahaan baru.

Namun terkadang masih ada yang salah mengartikan surat ini. Bahkan kerap menyamakannya dengan referensi kerja maupun keterangan kerja.

Agar Anda tidak termasuk dalam sebagian orang yang salah pemahaman, mari simak penjelasan lengkap mengenai paklaring berikut ini.

surat paklaring perusahaan

Pengertian dari Paklaring

Surat paklaring adalah sebuah surat atau dokumen resmi yang disahkan oleh suatu lembaga maupun perusahaan.

Isi dari dokumen tersebut yaitu menerangkan jika seseorang pernah bekerja di perusahaan itu dengan ringkasan histori yang terperinci.

Mulai dari masa awal dan posisi awal bekerja, jenjang karir yang sudah dilalui hingga masa akhir kerja, prestasi yang pernah dicapai, sampai nama atasannya.

Perbedaan paklaring dengan surat pengalaman kerja terletak pada detail informasi yang diberikan.

Sementara dengan surat keterangan kerja, perbedaannya terletak pada status pekerja itu sendiri. Sebab paklaring umumnya diberikan ketika pekerja telah resign dari pekerjaan.

Namun tidak jarang juga untuk keperluan tertentu diterbitkan meski Anda masih menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Bedanya masih pada detil informasi yang diberikan.

Melihat detail informasi yang diberikan, bisa disimpulkan jika surat tersebut cukup penting dalam perjalanan karir Anda.

Alasannya karena paklaring menjadi bukti otentik dan sah bahwasanya Anda pernah bekerja di perusahaan sebelumnya.

Dari surat ini juga, perusahaan baru tempat Anda melamar kerja akan dapat melihat kualitas kerja serta menilai kelayakan Anda untuk mengisi lowongan nantinya.

Selain untuk tujuan di atas, masih ada beberapa fungsi lain dari surat atau dokumen penting ini.

Apa saja fungsinya? Simak penjelasan selanjutnya!

Fungsi Paklaring bagi Karyawan/Tenaga Kerja

Ada beberapa manfaat atau fungsi penting dari paklaring yang bisa Anda peroleh sebagai seorang karyawan atau tenaga kerja.

Beberapa fungsi atau manfaat tersebut diantaranya:

1. Berkas/Dokumen Pendukung saat Melamar Kerja

Seperti yang sudah dibahas di atas, surat ini diperlukan untuk membuktikan pengalaman kerja serta kualitas kinerja Anda kepada perusahaan baru.

Meskipun tidak semua instansi, lembaga ataupun perusahaan meminta berkas pendukung ini, tetapi akan diminta untuk lowongan sekelas supervisor ke atas.

Dengan menambahkan berkas ini, surat lamaran pekerjaan Anda akan lebih berbobot dan mendapat nilai plus dari pihak perekrut karyawan baru.

2. Pencairan BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi kedua yakni sebagai dokumen pendukung dalam proses pencairan dana BPJS ketenagakerjaan.

Ketika Anda sudah resign, maka fasilitas BPJS ketenagakerjaan dari perusahaan lama bisa Anda cairkan.

Salah satu persyaratan yang harus Anda penuhi yakni kepemilikan atas paklaring BPJS yang telah dilegalisasi.

3. Pengajuan Beasiswa Jalur Profesional

Fungsi paklaring yang ketiga yaitu sebagai salah satu syarat dalam mengajukan beasiswa pendidikan S2/S3 bagi para profesional.

Dengan memiliki dokumen ini, Anda bisa membuktikan dengan valid kepada pemberi beasiswa.

Bukti bahwasanya Anda benar-benar bekerja di perusahaan tersebut, dengan berbagai kualitas juga pencapaian sebagaimana dilampirkan.

Biasanya untuk bisa mendapatkan beasiswa bagi profesional ini, selain paklaring Anda juga memerlukan surat rekomendasi resmi dari atasan atau pimpinan.

Tujuannya yaitu menyatakan bahwa pihak perusahaan tidak keberatan jika Anda sebagai karyawannya kembali menempuh pendidikan.

4. Pengajuan Credit Card

Di atas sudah dijelaskan bahwasanya dokumen ini bisa diterbitkan meskipun Anda masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan.

Salah satunya untuk keperluan pengajuan credit card. Dengan adanya dokumen pendukung ini, maka kesempatan pengajuan disetujui menjadi lebih besar.

Sebab Anda bisa dipastikan sebagai karyawan di perusahaan yang menerbitkan paklaring tersebut.

5. Dokumen Penyerta untuk Pengajuan Pinjaman Bank

Selain pengajuan kartu kredit, Anda juga bisa menggunakan surat ini sebagai dokumen pendukung saat mengajukan pinjaman pada Bank.

Terlebih jika nominal pinjaman yang Anda ajukan cukup besar bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Dokumen ini akan sangat diperlukan, untuk menjadi bahan pertimbangan kelayakan Anda sebagai debitur Bank. Biasanya, kepemilikan kartu kredit juga dipertimbangkan.

6. Bukti Profesionalitas

Dengan memiliki dokumen ini, sudah memberikan sedikit bukti juga gambaran terkait profesionalitas Anda.

Baik di dunia kerja, maupun dari latar belakang pendidikan formal. Sebab informasi dalam surat ini, memberikan rincian aspek untuk penilaian atas diri Anda.

Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Paklaring

Paklaring tidak serta merta diberikan kepada karyawan yang resign dari pekerjaannya. Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi sebelum bisa mengantongi dokumen ini.

Adapun syarat-syarat yang dimaksud antara lain seperti:

1. Masa Kerja Tidak Kurang dari Satu Tahun

Pada dasarnya, lama masa kerja seorang karyawan akan menjadi penilaian tersendiri atas etos kerja karyawan tersebut.

Memiliki banyak pengalaman kerja tetapi dalam durasi singkat bak kutu loncat, akan menimbulkan kesan tidak adanya komitmen dalam diri.

Beberapa perusahaan besar juga menerapkan kebijakan penerbitan surat referensi kerja ataupun paklaring bagi karyawan yang masa kerjanya lebih dari satu tahun.

Perusahaan dapat menggunakan software HR yang ada untuk mengecek masa kerja setiap karyawannya.

2. Memiliki Performa Kerja dan Relasi yang Baik

Ada baiknya senantiasa menjaga performa kerja dimanapun anda bekerja. Sebab hal ini akan dijadikan salah satu informasi yang dicantumkan dalam paklaring.

Menjaga kualitas peforma kerja dapat dilakukan dari hal yang paling sederhana, dapat mulai dari absen yang tepat waktu pada aplikasi absensi yang digunakan.

Selain menjaga kualitas kerja, Anda juga harus menjaga hubungan baik dengan semua orang yang ada di perusahaan lama.

Tidak jarang perusahaan yang meminta calon karyawannya untuk mencantumkan nomor ponsel rekan kerja di tempat lama untuk konfirmasi.

Ketika hubungan Anda tidak cukup baik dengan rekan di kantor lama, maka akan sulit meminta bantuan kepada mereka untuk memberikan referensi yang bersifat positif.

3. Penuhi Kewajiban sebelum Anda Resign

Pastikan Anda telah menyelesaikan semua yang menjadi tanggung jawab atau kewajiban Anda di kantor lama sebelum resmi resign dari sana.

Dengan begitu Anda bisa memulai karir baru di kantor baru tanpa ada tanggungan di kantor lama yang bisa menghambat karir Anda kedepannya.

4. Mengajukan Resign dengan Baik

Buat surat pengunduran secara resmi dan berpamitan dengan baik-baik pada atasan. Anda memulai bekerja sama dengan baik, maka harus baik juga saat mengakhirinya.

Jangan tiba-tiba menghilang dan memberi kesan buruk pada semua pihak di kantor lama. Sebab hal ini justru mempersulit terbitnya surat paklaring Anda.

Demikian penjelasan mengenai paklaring, baik dari definisi, fungsi maupun syarat untuk bisa mendapatkannya.

Melihat betapa pentingnya fungsi dari surat ini, ada baiknya Anda bisa memenuhi setiap persyaratannya dimanapun Anda bekerja.

Dengan begitu ketika Anda memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan baru, perusahaan lama tidak akan mempersulit penerbitan dokumen itu.

Sebab dengan memiliki paklaring, Anda bisa memberikan bukti valid terkait pengalaman kerja, kualitas serta kemampuan Anda.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami