Home / Blog / Business & Economy

Tingkatkan Penjualan Online Shop Anda dengan Optimasi SEO Tokopedia

optimasi SEO Tokopedia
Daftar isi
Mode

Pengguna e-commerce di Indonesia diperkirakan mencapai 196,47 juta di akhir tahun 2023, dilansir dari Liputan6. Salah satu platform yang paling banyak digunakan adalah Tokopedia, meraih rata-rata 117 juta kunjungan pada kuartal I 2023. 

Persaingan e-commerce yang semakin ketat perlu jadi perhatian para seller. Apalagi, makin banyak orang yang berminat untuk berjualan online. Bagaimana supaya calon pelanggan tertarik untuk berbelanja di toko e-commerce Anda? 

Nah, bagi pengguna Tokopedia, kabar baik untuk Anda. Sekarang, kita akan membahas cara untuk menggaet pelanggan, dan menaikkan target penjualan toko Anda. Caranya adalah dengan melakukan optimasi SEO Tokopedia. 

Strategi SEO di Tokopedia 

Optimasi SEO Tokopedia adalah langkah strategis yang membantu Anda mencapai target penjualan dalam bisnis online. Ini penting karena listing produk di situs e-commerce punya aturan dan standar tersendiri, selayaknya blog. 

Meskipun menerapkan SEO pada toko online lebih kompleks dibandingkan membuat blog, sebab halaman produk tidak bisa memasukkan terlalu banyak konten seperti di blog. Padahal, mesin pencari web seperti Google lebih menyukai konten yang ‘kaya’.

Karena itu, untuk meningkatkan visibilitas online, perlu perhatian khusus untuk optimasi SEO Tokopedia. Bagaimana solusinya?

Optimasi SEO untuk halaman produk Tokopedia

Ada 5 hal penting yang perlu Anda ketahui untuk mengoptimalkan halaman produk atau toko Anda di Tokopedia, sebagai berikut:

1. Riset keyword atau kata kunci yang tepat

Tanpa kata kunci yang tepat, produk Anda akan sulit ditemukan oleh pembeli. Ada beberapa cara untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk produk Anda, seperti menggunakan Google Trends, Keyword Tools seperti Ahrefs dan Semrush, atau fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. 

Fitur ini membantu Anda mengetahui harga pasaran produk, target pasar, dan produk yang sedang dicari. Dengan informasi ini, Anda dapat menganalisis kata kunci apa yang cocok untuk halaman produk Anda. Kata kunci ini nantinya akan digunakan di berbagai tempat, seperti judul produk, deskripsi produk, slug, meta-title, hingga meta-description.

2. Nama toko yang relevan dan deskripsi toko yang lengkap

Agar menarik perhatian calon pembeli, pilih nama toko yang unik, singkat, spesifik, dan sesuai dengan produk yang Anda jual. Tambahkan lokasi operasional toko untuk membantu calon pembeli menemukan Anda lebih mudah, seperti “Toko Konveksi Murah Bandung” atau “Juragan Mainan Jakarta Selatan”.

Setelah memperbarui nama toko online, langkah berikutnya adalah mengoptimalkan deskripsi toko. Sertakan informasi tentang lokasi, jam operasional, ketentuan toko, dan promosi yang sedang berlangsung. Untuk memudahkan calon pembeli membaca, disarankan untuk menggunakan jenis listicle dalam deskripsi toko atau produk.

3. Menulis halaman produk yang SEO-friendly

Perhatikan cara penulisan nama produk dari judul hingga deskripsi. Pastikan informasi tersebut lengkap dan relevan dengan produk yang dijual, sehingga calon pembeli dapat dengan mudah menemukan produk Anda. Mesin pencari (mis.: Google) akan memahami isi konten halaman berdasarkan informasi yang disajikan.

Untuk optimasi judul produk, sebaiknya:

  • Hindari penggunaan simbol yang tidak begitu penting agar tidak menyulitkan calon pembeli ketika membacanya
  • Tuliskan nama produk secara lengkap dan rinci
  • Ada baiknya jika dapat ditambah karakteristik dari produk tersebut, seperti warna atau ukuran.

Dalam deskripsi produk, SEO Tokopedia menyarankan penjelasan yang detail dengan minimal 200 huruf. Gambarkan produk secara lengkap dan spesifik, gunakan kata kunci hasil riset agar sesuai dengan pencarian calon pembeli. 

Beberapa komponen tambahan yang dapat dimasukkan untuk menjelaskan produk dengan tepat meliputi:

  • Nama produk pabrikan
  • Brand pabrikan
  • Variasi atau karakteristik produk
  • Spesifikasi dan fitur unggulan
  • Bahan material
  • Kelengkapan produk
  • Waktu pembuatan dan kadaluwarsa untuk produk konsumsi
  • Cara pemakaian produk

4. Optimasi visual produk

Tingkatkan visual produk agar semakin dilirik calon pembeli

Gambaran produk yang detail dan menarik dapat meningkatkan performa halaman produk. Selain itu, menggunakan visual foto yang jernih dapat memberikan rasa ketertarikan untuk membeli yang tinggi juga.

Menambahkan visual dalam bentuk video juga dapat memberikan pengalaman yang lebih nyata kepada calon pembeli, asalkan kontennya menarik. 

Agar optimasi SEO Tokopedia Anda lebih baik, jangan lupa tambahkan kata kunci dalam ALT-image agar robot mesin pencari lebih memahami isi dari konten yang Anda bentuk.

5. Menambah tautan produk atau backlink yang relevan

Backlink, atau tautan dari situs lain yang mengarah ke produk atau toko Anda, dapat memberikan dampak positif. Semakin banyak link yang mengarah kembali ke produk, maka akan semakin besar traffic calon pembeli yang berkunjung dan dapat meningkatkan peringkat posisimu di hasil pencarian.

Strategi dalam mengoptimasi SEO pada Tokopedia ini biasanya dikenal dengan inbound marketing. Adapun backlink terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

External backlink 

Merupakan tautan dari luar halaman atau tercantum pada situs lain yang mengarah ke produk Anda. Backlink ini juga dapat Anda cantumkan dalam akun media sosial jika toko online Anda memilikinya.

Selain itu, external backlink terbaik ketika mendapat baclink yang natural melalui berbagai macam blog, situs media informasi, atau forum online yang merekomendasi toko online di dalamnya. Hal ini dinilai bagus sebab dapat meningkatkan online presence dan visibilitas toko online Anda di mesin pencari.

Internal backlink

Internal backlink dapat membantu robot mesin pencari untuk lebih cepat memahami apa isi konten halaman dari toko Anda. Selain itu, Anda juga dapat menawarkan produk sesuai dengan intent calon pembeli yang berkunjung pada salah satu produk.

Pada dasarnya, fungsi backlink sama seperti ketika seseorang merekomendasikan sesuatu kepada orang lain. Hal ini menggambarkan bahwa orang tersebut puas dengan kualitas dan pelayanan yang telah diberikan dan ingin mengajak orang-orang untuk datang ke toko yang sama.

Lalu, apakah menerapkan SEO Tokopedia berbayar?

Pada dasarnya, melakukan optimasi SEO pada Tokopedia benar-benar tidak mengeluarkan biaya sepeserpun. Hal ini dapat dilakukan ketika Anda fokus dalam mengoptimasi konten produk yang lebih teknikal. Seperti melakukan riset keyword menggunakan tools gratis dari Google, melakukan optimasi visual produk, dan copywriting dalam deskripsi toko dan produk.

Namun, ada opsi yang memerlukan biaya jika Anda ingin hasil yang lebih cepat dan besar. Seperti merekrut tenaga kerja yang memahami SEO dan Digital Marketing, bekerjasama dengan influencer sebagai BA, menggunakan jasa SEO, hingga menggunakan tools keyword yang berbayar.

Meskipun demikian, tujuan dari optimasi SEO Tokopedia tetap sama untuk meningkatkan performa halaman produk dan meningkatkan penjualan toko online Anda. Penting untuk menyesuaikan strategi dengan anggaran dan skala usaha toko Anda.

Baca Juga: Contoh KPI Digital Marketing untuk Pemula

Intergrasikan toko online Anda dengan Mekari Qontak

Itulah ulasan lengkap mengenai optimasi SEO pada Tokopedia agar toko online Anda dapat meningkatkan target penjualan. Selain melakukan optimasi SEO, Anda juga dapat menggunakan strategi lain agar strategi pemasaran produk Anda lebih efektif. Salah satunya dengan mengintegrasikan toko online Anda dengan aplikasi Omnichannel seperti Mekari Qontak.

YouTube video


Mekari Qontak menyediakan fitur yang dapat menghubungkan chatbot dengan Tokopedia sehingga dapat melayani pembeli dengan lebih cepat. Melalui fitur ini, Anda juga dapat menghubungkan Tokopedia dengan saluran penjualan lainnya. Sehingga lebih mudah dalam mengelola dan memonitoringnya.

Dengan Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak, miliki jangkauan pasar lebih luas untuk pertumbuhan bisnis dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas tim Anda. Sudah lebih dari 3.500+ bisnis yang mempercayakan Mekari Qontak untuk membantu mengelola usahanya. Jadi tunggu apalagi? Ayo, bergabung bersama Mekari sekarang juga!

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami