Image

3 Cara Mudah Menabung Cepat Terkumpul, Dijamin Berhasil!

Menabung memang menjadi tantangan tersendiri, karena kebanyakan orang merasa kesulitan dalam mengatur strategi keuangan.

Ya, itu memang benar, tidak semua orang paham bagaimana cara menabung, agar cepat terkumpul. Tapi bukan tidak mungkin untuk dipelajari, ya.

Apalagi tips dan trik menabung yang beredar di internet, memiliki belasan hingga puluhan cara. Pasti Anda langsung mundur teratur, kan?

Nah, di bawah ini  memaparkan 3 cara saja yang bisa menjadi fokus Anda, dijamin berhasil!

cara mudah menabung dengan cepat

Ubah Mindset agar Bisa Menabung dengan Cepat

Pernah mencoba menabung, kan?

Berhasil atau gagal? Jika berhasil, Anda mungkin tidak membaca artikel ini.

Tapi jika Anda masih saja mengalami kegagalan soal mengatur keuangan, apalagi soal menabung. Mungkin memang ada yang perlu Anda benahi. Nah, hal yang perlu Anda benahi pertama kali adalah, Mindset.

Melansir verywellmind.com , mindset adalah keyakinan yang bisa membentuk cara Anda dalam memahami dunia dan diri Anda sendiri. Mindset, akan mempengaruhi bagaimana Anda berpikir, merasakan, dan berperilaku dalam menghadapi sebuah situasi apa pun.

Ada empat Mindset yang sangat bisa mempengaruhi hidup Anda secara keseluruhan, termasuk tentang keuangan, diantaranya:

1. Fixed Mindset

Fixed Mindset adalah suatu pola pikir yang tetap dari seorang individu. Bahwa seseorang tersebut meyakini bahwa kualitas, kecerdasan, keadaan, atau bakat sesuatu yang tidak bisa lagi diubah atau bersifat tetap.

Bagi Anda yang ingin menabung lebih cepat, namun memiliki mindset ini. Akan sulit dilakukan, karena mindset ini menjadikan Anda sulit untuk berkembang.Fixed Mindset sering dilakukan oleh orang-orang yang mudah berputus asa, dan takut dalam mencoba hal baru.

Orang dengan Fixed Mindset lebih fokus pada hasil, bukan prosesnya. Orang tersebut lebih banyak mengeluh dan menghindar dari tugas, karena merasa tidak mampu mengerjakan padahal belum dicoba secara maksimal.

Memiliki Mindset ini juga ditandai dengan seseorang yang haus validasi, takut penolakan dan kegagalan.Coba Anda pikir lagi, apakah Ada beberapa hal di diri Anda yang berpikir Fixed. Dengan memiliki mindset ini, sulit bagi siapapun untuk berkembang dan mempelajari hal baru, apalagi dalam hal menabung.

2. Growth Mindset

Berkebalikan dengan Fixed Mindset, Growth Mindset adalah pola pikir yang selalu ingin berkembang, dan semua hal memiliki kemungkinan untuk bisa menjadi lebih baik. Carol Dweck, pencetus kedua mindset ini dalam bukunya yang berjudul Mindset: The New Psychology of Success, mengatakan bahwa kecerdasan atau bakat hanyalah titik awal.

Kerja keras dan keinginan selalu belajar dan bertumbuh adalah suatu keterampilan yang mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Psikolog di Stanford University ini tidak percaya adanya orang pintar atau orang berbakat. Karena menurutnya semua hal bisa dipelajari dan diusahakan. Orang-orang yang memiliki growth mindset, selalu fokus pada usaha, selalu ingin mencoba hal baru, dan juga tidak takut pada kritik.

Yang memiliki Mindset ini merasa bahwa, kesulitan harus ditaklukan. Walaupun gagal, tapi tetap tidak menyerah dan berusaha lebih keras lagi. Mereka lebih fokus pada solusi dan juga kemungkinan yang bisa dilakukan. Tidak bilang tidak bisa, namun mau mencoba. Berbeda bukan?

Dengan memiliki Mindset ini Anda akan lebih mudah menabung cepat, karena mindset yang Anda miliki lebih tepat dari sebelumnya, Anda pun jadi bisa lebih percaya diri dan optimis dalam meraihnya.

3. Poor Mindset

Poor Mindset adalah salah satu alasan terbesar Anda sulit untuk menabung dan juga dalam mengelola keuangan. Karena Mindset ini sangat berhubungan dengan bagaimana Anda mengeluarkan uang untuk keperluan hidup Anda.

Ciri-ciri seorang memiliki Poor Mindset adalah, adalah orang-orang yang memiliki mindset selalu merasa tidak punya. Seseorang yang memiliki mindset ini akan selalu membeli barang, mengoleksi, walaupun barang tersebut tidak sangat diperlukan.

Mereka pun lebih senang membeli barang murah dengan jumlah yang banyak, seperti diskon misalnya.Mindset ini akan menjebak Anda pada gaya hidup konsumtif, yang akan selalu merasa kurang dan tidak cukup, ubahlah mindset ini agar Anda bisa menabung dengan lebih cepat!

4. Rich Mindset

Mindset inilah yang harus digunakan, agar Anda bisa mencapai financial goals yang diinginkan. Rich Mindset adalah pola pikir dimana Anda memiliki Mindset yang aboundan. Atau merasa sudah “punya” dan juga selalu merasa cukup. Jika pun membeli suatu barang, Mindsetnya adalah investasi. Dia akan lebih memilih membeli sedikit, namun barang yang berkualitas agar bisa memakainya dengan jangka waktu yang lama.

Dengan menanamkan prinsip mindset ini di dalam hidup Anda, tentu tujuan menabung akan bisa terlaksana tanpa gagal! Tidak hanya itu, Rich Mindset juga bisa membantu kualitas diri Anda semakin baik.

Baca Juga: Cara Menabung 100 Juta dalam Setahun, Beneran Bisa?

Atur Strategi dengan Benar agar menabung bisa terealisasi

Mengatur strategi ini menjadi langkah kedua, setelah Anda mengubah cara berpikir Anda. Dalam merealisasikan dalam hal menabung dengan cepat, pengelolaan mesti memiliki strategi yang juga benar.

Beberapa strategi berikut bisa Anda lakukan :

1. Tentukan Tujuan Keuangan

Tujuan keuangan menjadi salah satu alasan kenapa Anda ingin mencari cara menabung lebih cepat. Dengan memiliki tujuan keuangan, Anda akan lebih mudah mengatur startegi lainnya. Misal Anda ingin menabung lebih cepat untuk menikah, DP rumah, membeli kendaraan, menabung untuk dana darurat, membuka usaha dan lainnya.

2. Tentukan Nominal

Setelah menetapkan tujuan, strategi selanjutnya adalah menentukan berapa nominal yang ingin Anda tabung. Seperti misalnya Rp 10 juta, Rp 20 juta atau hingga Rp 100 juta. Nominal ini bisa Anda tetapkan, tergantung dari tujuan yang sudah Anda buat sebelumnya. Tapi target nominal ini harus terukur dan juga realistis untuk dicapai.
Juga tergantung dari gaji yang Anda miliki, misalnya gaji 3 juta, Anda bisa menetapkan 300 ribu sampai 600 ribu perbulan untuk di tabung.

3. Buat Target Waktu

Semakin detail rencana keuangan Anda, target menabung cepat bisa terwujud. Diawali dengan menentukan tujuan, nominal dan terakhir menentukan target waktu. Dengan memiliki target waktu yang jelas, proses menabung bisa lebih terukur.

Misal, Anda menentukan nominal sebanyak 30 juta dalam jangka waktu 15 bulan. Target waktu ini bisa membuat Anda berkomitmen untuk mencapainya selama batas waktu yang sudah Anda tentukan tersebut.

4. Mencata Semua Pengeluaran

Banyak disepelekan, padahal mencatat semua pengeluaran menjadi strategi yang bisa Anda lakukan untuk menabung. Kenapa? Karena jika tidak mengetahui pasti berapa pengeluaran Anda setiap hari, minggu dan bulan, Anda akan sulit untuk mengelola keuangan dengan baik.

Karena cash flow yang tidak diketahui, sangat berdampak pada pengelolaan uang secara keseluruhan. Jangan sampai besar pengeluaran daripada pemasukan, ya! Mulai biasakan diri untuk mencatat sekecil apapun pengeluaran Anda.

Jika Anda memiliki usaha, maka pisahkan pengeluaran pribadi dan usaha Anda agar cash flow dapat diketahui dengan jelas. Pencatatan transaksi keuangan usaha dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembukuan agar lebih mudah dan praktis.

5. Auto Debit

Auto debit bisa menjadi pilihan Anda, cara ini dilakukan agar bisa menjaga konsistensi dalam menabung. Misal Anda menetapkan 10%-20% untuk menabung, Auto debit langsung memotongnya dan masuk ke rekening khusus tabungan berjangka.

Tabungan berjangka ini bervariasi mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Anda bisa berkonsultasi dengan Bank, berapa nominal Anda melakukan pemotongan setiap bulannya. Jika Anda tidak ingin mengikuti tabungan berjangka. Pilih cara konvensional seperti mengikuti arisan, hal ini paling tidak “memaksa” Anda untuk terus menabung.

6. Mengubah Gaya Hidup

Gaya hidup Anda yang tinggi menghambat Anda bisa menabung dengan cepat. Coba lakukan perlahan perubahan dalam hidup yang konsumtif menjadi lebih hemat.Seperti mengurangi membeli kopi setiap hari, mengorder makanan secara online, membeli tas, sepatu dan jalan-jalan ke tempat yang tidak terlalu penting.

Batasi pengeluaran lain, seperti menggunakan internet, dan berhenti berlangganan. Dengan cara ini, pelan-pelan Anda akan lebih bisa menabung.

7. Mencari Uang Tambahan

Nah, salah satu strategi ini bisa Anda gunakan jika ingin menabung dengan cepat. Anda bisa mulai dengan mencari uang tambahan, dan melakukan bisnis yang tidak memerlukan modal banyak, seperti bisnis online.

Di bantu Mekari, Anda bisa menggunakan aplikasi stok barang dalam mengelola stok produk bisnis online agar dapat dipantau di mana saja. Hal ini akan membuat Anda dapat lebih fokus dalam merencanakan strategi agar penjualan terus meningkat.

Mencari uang tambahan berjualan online, bisa menjadi solusi paling baik, karena dengan begini Anda bisa menambah pundi-pundi tanpa harus menganggu pekerjaan tetap.

Disiplin dan Komitmen dalam Menabung

Cara terakhir agar bisa menabung cepat adalah kedisiplinan dan juga komitmen. Tanpa kedua ini, akan sulit mencapai target yang sudah ditentukan. Pada dasarnya, mindset yang Anda miliki memang sangat mempengaruhi kedua hal ini. Dengan disiplin berarti Anda memiliki tekad kuat, untuk melakukan sesuatu dengan ketetapan yang sudah dibuat.

Contohnya, Anda sudah membuat target tujuan keuangan, dan nominal berapa yang harus dicapai dalam rentang kurun waktu yang sudah ditetapkan. Jika Anda sudah menetapkan 10% pemasukan Anda sebagai tabungan selama 1 tahun, Anda harus disiplin dengan itu, tujuannya agar target awal mampu terlaksana.

Begitu juga dengan komitmen, komitmen berhubungan erat dengan poin Strategi di atas. Tentang mengubah gaya hidup. Saat memulai komitmen untuk mengubah gaya hidup konsumtif menjadi lebih conscious buying, Anda harus memiliki komitmen yang kuat agar tercapai.

Komitmen juga berhubungan dengan poin mencatat cash flow, dan juga dalam mencari uang tambahan. Anda harus memiliki komitmen untuk menjalankannya, tujuannya sama agar target awal bisa tercapai.

Menabung Cepat Bisa Menjadi Solusi di Masa Depan

Dari kecil kita diajarkan untuk menabung, tapi nyatanya tidak semua orang mampu melakukannya. Ditambah gaya hidup dan juga kebutuhan pokoknya yang tinggi. Menabung memiliki keuntungan dan solusi di masa depan, seperti memiliki simpanan dana darurat, untuk masa pensiun, dan menjadikan hidup lebih tenang.

Apalagi saat ini, semua hal pun sudah banyak mengalami kemudahan, dengan adanya aplikasi-aplikasi yang bisa membantu proses menabung.

Seperti aplikasi pada Mekari yang memiliki banyak fitur bermanfaat, seperti Mekari Flex yang memiliki fitur EWA (Earned Wage Access). Dengan fitur tersebut Anda bisa mengatur kapan gaji akan diambil secara fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga ketika memiliki kebutuhan mendadak, Anda tidak perlu mengambil uang tabungan yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Akses gaji lebih awal, menabung bisa lebih nyaman!

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami