Home / Blog / Tech & Inovation

8 Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Online Terbaik 2024

aplikasi keuangan terbaik rekomendasi
Daftar isi
Mode

Perkembangan teknologi saat ini telah banyak memanfaatkan berbagai program berbasis digital yang dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat.

Kemajuan teknologi inilah yang pada akhirnya mengembangkan terus berbagai kebutuhan pada bidang bisnis hingga muncul aplikasi pembukuan.

Aplikasi pembukuan saat ini sudah sering digunakan pada keperluan bisnis baik yang bergerak pada usaha kecil menengah (UKM) maupun usaha dengan skala yang lebih besar.

Lalu, apa dan manfaat dalam penggunaannya, hingga rekomendasi aplikasi pembukuan yang dapat Anda gunakan saat ini.

Mekari akan membantu Anda untuk membahas ini semua dalam satu artikel berikut.

Definisi dan Manfaat dari Aplikasi Pembukuan

Secara umum penggunaan aplikasi pembukuan adalah teknologi yang dapat membantu dan mendukung usaha Anda agar tetap berjalan serta mengatasi berbagai permasalahan berkaitan dengan akuntansi.

Tujuan utama dari aplikasi pembukuan adalah mempermudah Anda dalam mengelola dan mencatat transaksi keuangan usaha Anda.

Ini akan membantu usaha Anda untuk tetap bertahan dan terkelola dengan baik dan terhindar dari permasalahan bisnis.

Berikut manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan aplikasi pembukuan untuk bisnis dan usaha Anda:

  • Efisiensi dalam mengelola proses akuntansi dan fokus dalam mengembangkan bisnis
  • Dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan dengan lebih kompleks dan lengkap
  • Otomatisasi pembuatan invoice dan penagihan secara online
  • Membantu pengaturan cash flow yang cermat dan terhindar dari kekeliruan
  • Memiliki fitur perhitungan yang cepat dan akurat untuk berbagai keperluan akuntansi
  • Terintegrasi dengan berbagai layanan untuk kebutuhan akuntansi dan bisnis
  • Memangkas ongkos untuk pengeluaran jasa akuntan dan ramah bagi usaha dengan budget yang terbatas
  • Akses mudah melalui berbagai perangkat secara online dan real time kapan dan dimana saja

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Terbaik

Lalu, apa saja aplikasi pembukuan yang cocok dalam bisnis usaha Anda?

Berikut merupakan 6 rekomendasi aplikasi pembukuan dengan masing-masing kelengkapan fiturnya yang bisa Anda cocokkan dengan kepentingan usaha Anda:

1. Jurnal

8 Aplikasi Pembukuan Bentuk Bisnis Jadi Lebih Mudah!

Mekari Jurnal merupakan sebuah software akuntansi di Indonesia yang memiliki aplikasi pembukuan untuk membantu pengelolaan berbagai proses akuntansi baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar.

Jurnal memiliki banyak fitur mumpuni seperti pencatatan jurnal, rekonsiliasi bank dan transaksi, pembuatan laporan keuangan pada berbagai sektor bisnis, perhitungan akuntansi, dan pengelolaan inventaris barang. Semua kebutuhan bisnis dalam satu aplikasi pembukuan usaha.

Saat ini Jurnal sudah digunakan oleh lebih dari 20 ribu bisnis maupun usaha di Indonesia, menggambarkan bahwa Jurnal merupakan salah satu aplikasi pembukuan akuntansi terbaik yang dapat Anda gunakan saat ini.

2. Jubelio

Jubelio merupakan aplikasi pembukuan akuntansi yang memiliki fitur unggulan yaitu dapat Anda integrasikan proses pembukuan secara langsung pada marketplace maupun toko offline.

Kemudahan ini dapat membantu Anda untuk melakukan input data dengan mudah dan cepat baik stok barang maupun proses akuntansi.

3. Wave

Wave adalah software aplikasi pembukuan asal Amerika Serikat. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti pembuatan dan pengiriman invoice, pengelolaan transaksi keuangan, dan pembayaran online.

Namun, kekurangan dari aplikasi pembukuan Wave adalah tidak ada fitur yang berkaitan dengan pengelolaan inventaris barang yang penting bagi pelaku usaha.

4. Bukukas

BukuKas dapat membantu para pelaku usaha bisnis untuk memonitoring dan mengelola aktivitas transaksi secara gratis melalui aplikasi pembukuannya.

Selain itu, BukuKas juga memiliki fitur untuk menyusun laporan keuangan sederhana, pengelolaan hutang piutang, dan transaksi keuangan untuk keperluan bisnis secara online.

5. SI APIK

Si APIK menargetkan pelaku usaha mikro sebagai fokus dari penggunaan aplikasi pembukuannya. SI APIK sendiri merupakan aplikasi yang dibentuk oleh Bank Indonesia (BI).

Proses pembukuan dalam aplikasi pembukuan SI APIK sudah berdasarkan dari standar pembukuan yang disusun oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Fitur yang terdapat pada SI APIK seperti pelaporan laporan keuangan berbagai jenis seperti arus kas, neraca, dan laba rugi serta pengelolaan inventaris barang dengan sistem FIFO.

6. Paper.Id

Aplikasi pembukuan selanjutnya yaitu Paper.Id. Paper.Id sudah ada sejak tahun 2017 dan aplikasinya dapat Anda temukan pada Google Play.

Paper.Id memiliki berbagai penawaran fitur yang dapat membantu proses akuntansi lebih baik seperti manajemen stok, penyusunan laporan keuangan, dan pengelolaan bukti pembayaran secara otomatis.

Selain itu, Anda juga dapat mengaksesnya dengan mudah secara real time dimanapun dan kapanpun.

7. EQUIP

EQUIP merupakan aplikasi pembukuan asal Singapura yang telah berdiri sejak tahun 2006. EQUIP cocok untuk usaha bisnis dengan skala kecil, menengah, maupun besar.

Keunggulan yang dimiliki oleh EQUIP yaitu pada visual interface yang modern dan user friendly, sehingga bahkan untuk pemula-pun dapat dengan mudah mengoperasikannya.

Salah satu fitur unggulan yang terdapat pada EQUIP adalah multi location and user management dimana dapat mengelola secara langsung toko inti dengan toko cabang baik hasil penjualan maupun stok barang yang tersedia, dan 

8. BukuWarung

Seperti namanya, BukuWarung merupakan aplikasi pembukuan yang cukup cocok untuk para pelaku usaha mikro maupun usaha kecil dan menengah (UMKM).

Penggunaannya yang gratis dapat menghemat pengeluaran dari budget Anda jika terbatas. Fitur yang dimiliki oleh BukuWarung juga terbatas namun cukup untuk usaha mikro dan UMKM seperti pengelolaan utang piutang, stok barang, dan pembukuan sederhana.

Itulah rekomendasi aplikasi pembukuan yang dapat Mekari paparkan dalam artikel ini. Dapat dikatakan bahwa masing-masing aplikasi memiliki fokus target pengguna dan fitur unggulan tersendiri.

Oleh karena itu, pertimbangkan dan sesuaikan itu semua dengan penggunaan usaha bisnis yang sedang Anda kelola sekarang.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami