Home / Blog / Tech & Inovation

Payment Gateway Permudah Transaksi Bisnis, Ini Cara Kerjanya

payment gateway
Daftar isi
Mode

Perkiraan nilai keseluruhan transaksi di pasar pembayaran digital diproyeksikan mencapai USD 11,29 triliun pada tahun 2026, meningkat dari USD 5,44 triliun pada tahun 2020. 

Masyarakat Indonesia sudah familiar dengan pembayaran digital, seiring dengan meningkatnya tren belanja online. Mengetahui hal tersebut, masyarakat tentunya perlu penyedia layanan pembayaran online yang aman dan efisien. 

Payment gateway hadir sebagai solusi teknologi keuangan (fintech) yang tidak hanya memudahkan transaksi, namun juga memastikan bahwa data penggunanya aman.

Mengenal Payment Gateway

Payment gateway adalah teknologi yang memungkinkan bisnis menerima transaksi pembayaran dari berbagai tempat dan waktu tanpa batasan, dengan memanfaatkan teknologi internet.

Layanan ini membantu terjadinya transaksi online antara bisnis dan pelanggan. Ini merupakan infrastruktur yang aman yang memberikan otorisasi untuk transfer dana dengan mudah dari bank/e-wallet pelanggan Anda ke bisnis Anda.

Payment gateway memiliki fitur keamanan terbaik untuk melindungi transaksi online. Beberapa penunjang keamanan meliputi: 

  • Address Verification, yang otomatis memverifikasi tagihan dengan data seperti nomor telepon atau alamat email
  • Security Code, memastikan transaksi hanya dapat diproses melalui alamat penagih terdaftar
  • 3D Secure Password, sistem keamanan berlapis untuk memastikan pemilik alamat yang dapat melakukan transaksi
Baca Juga: 9 Jenis Metode Pembayaran Online Paling Diminati

Cara kerja dari Payment Gateway

Setelah mengetahui pengertian secara jelas mengenai apa itu payment gateway, mungkin Anda juga penasaran dengan bagaimana cara kerjanya.

1. Konsumen akan melakukan transaksi

Proses dimulai ketika konsumen menjelajahi produk di situs web dan memilih untuk melakukan pembelian. Saat tiba pada langkah pembayaran, opsi payment gateway otomatis tersedia. Konsumen kemudian memilih metode pembayaran, seperti kartu kredit atau debit, yang terhubung ke payment gateway

2. Melanjutkan informasi pembayaran

Pesanan dan rincian kartu dikirim ke payment gateway. Informasi kartu aman dipindahkan ke payment gateway, sehingga hanya pelanggan dan bank mereka yang dapat mengakses rincian kartu tersebut.

3. Informasi diterima oleh asosiasi penerbit

Selanjutnya, payment gateway memverifikasi rincian kartu pelanggan dan memeriksa apakah mereka memiliki dana yang cukup untuk pembayaran. Jika ya, sistem akan melanjutkan transaksi. Selain itu, payment gateway mencegah aktivitas penipuan dengan bantuan alat anti-penipuan.

4. Memulai transaksi

Payment gateway kemudian mengambil alih dan mengirim permintaan ke bank penerbit pelanggan untuk memulai transaksi. Bank penerbit kemudian mengirim dana ini ke bank pedagang yang kemudian menyetorkannya ke akun penjual.

5. Transaksi berhasil

Status transaksi akan dikirim sebagai pemberitahuan kepada penjual. Payment gateway yang Anda gunakan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerima pembayaran Anda. 

Sebagian besar pembayaran diterima secara real-time, langsung setelah transaksi selesai, tetapi beberapa mungkin memerlukan waktu hingga 21 hari jika terdapat kesalahan dalam pemrosesan. 

Manfaat Payment Gateway bagi masyarakat

Secara umum, bisa dikatakan jika apa itu payment gateway telah memberikan suatu dampak yang sangat signifikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia, di antaranya: 

  • Mempermudah proses dari transaksi online
    Proses pembayaran secara online menjadi lebih efisien dan tidak memerlukan transaksi langsung dengan bank lokal atau bertemu dengan penjual.
  • Opsi pembayaran lebih banyak
    Konsumen dapat memilih dari beragam opsi pembayaran yang disediakan secara online, meningkatkan fleksibilitas transaksi.
  • Proses transaksi lebih cepat dan efisien
    Karena terintegrasi dengan asosiasi penerbit dan bank, memastikan proses transaksi berlangsung dengan cepat dan efisien.
  • Keamanan transaksi yang terjamin
    Lapisan keamanan yang komprehensif, termasuk teknologi enkripsi, memberikan jaminan keamanan tinggi terhadap data transaksi.
  • Tidak ada batasan / limit transaksi
    Konsumen tidak dikenakan batasan limit transaksi, memungkinkan mereka melakukan pembayaran sepuasnya tanpa khawatir tentang pembatasan.
  • Pertukaran kurs yang mudah
    Memudahkan pertukaran kurs mata uang dengan cepat, menghilangkan kebutuhan untuk mengantri secara offline.
  • Transaksi massal dalam satu waktu
    Pelaku bisnis dapat melakukan transaksi pembayaran massal secara efisien, membantu pengelolaan bisnis yang memiliki volume transaksi tinggi.
Baca Juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Prinsip, Komponen dan Contoh

Manfaat Payment Gateway bagi pemilik bisnis

Manfaatnya juga bisa dirasakan oleh seorang penjual atau pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

  • Lebih mudah memeriksa transaksi pembayaran
    Pemilik usaha akan dimudahkan dalam pemeriksaan transaksi pembayaran dengan cepat dan efisien.
  • Melindungi data kartu kredit
    Data kartu kredit dilindungi melalui teknologi enkripsi, memberikan keamanan tinggi dan menghindari risiko kebocoran data.
  • Tidak perlu banyak rekening bank
    Pemilik usaha tidak perlu menyediakan banyak rekening bank, karena payment gateway menerima dan menyalurkan dana dari berbagai rekening.
  • Sistem user-friendly dan terintegrasi
    Sistem yang ramah pengguna dilengkapi dengan dashboard untuk membantu pemilik usaha dalam rekonsiliasi penjualan dan manajemen keuangan.
  • Mencegah kecurangan dalam pembayaran
    Deteksi kecurangan mencegah tindakan curang dalam transaksi, penjual jadi tidak perlu khawatir, karena ada sistem yang aman. 

Pemilik bisnis bisa memanfaatkan sistem pembayaran Mekari Pay, yang tidak hanya terintegrasi dengan software akuntansi, tetapi juga memberikan catatan otomatis pada sistem POS, akun bank, dan pengelolaan keuangan lainnya. 

Ini tidak hanya sekadar pembayaran, tapi pengalaman bertransaksi yang terhubung, efisien, dan membuka peluang lebih besar untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami