Home / Blog / Mekari

Mengenal Mekari (PT. Mid Solusi Nusantara), Perusahaan SaaS Indonesia

mekari conference foto bersama karyawan mekari
Daftar isi
Mode

Tentang Mekari

Mekari (PT Mid Solusi Nusantara) merupakan perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) terdepan yang menyediakan solusi automasi bisnis berbasis cloud untuk mendukung perkembangan berbagai bisnis di Indonesia, mulai dari usaha skala kecil hingga skala besar melalui penggunaan teknologi. Perusahaan Mekari hadir sebagai solusi terlengkap dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas berbagai operasional bisnis, seperti pengelolaan HR, akuntansi, perpajakan, benefits, komunikasi dan customer relations.

Saat ini, Mekari berkantor pusat di MidPlaza 2 Lantai 4, Jalan Jend. Sudirman Kav. 10-11 – Jakarta Pusat, Indonesia dan telah tersedia di 20 lebih cakupan kota di Indonesia. Jumlah klien Mekari sudah mencapai lebih dari 35.000 dengan jumlah lebih dari 800.000 pengguna aktif yang mayoritas UMKM.

Mekari memiliki 5 produk unggulan sebagai solusi lengkap kebutuhan bisnis, mulai dari produk Talenta sebagai software payroll dan HRIS terautomasi, Jurnal sebagai software akuntansi online terintegrasi, KlikPajak sebagai software pengelolaan pajak online, Mekari Flex sebagai software personalisasi benefit, dan Qontak sebagai software CRM omnichannel.

Mekari juga menyelenggarakan event tahunan yang bernama Mekari Conference. Pada event ini Mekari memiliki tujuan untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dengan menggunakan teknologi. Selengkapnya dapat dilihat pada halaman resmi Mekari Conference di mekariconference.com.

Sejarah

Mekari didirikan didirikan pada tahun 2015 di Jakarta oleh Suwandi Soh sebagai CEO Mekari yang awal mula mendirikan Sleekr, solusi HR intuitif berbasis cloud yang kini dikenal sebagai Mekari Talenta. Beliau merupakan entrepreneur yang mulai mendirikan sebuah perusahaan consulting pada tahun 2008 bersama tiga partner lainnya untuk mendorong bisnis di Indonesia dan Malaysia, untuk mencapai operational excellence melalui praktek Six Sigma dan Lean Thinking. Melalui kepemimpinan Suwandi Soh sebagai CEO, Mekari berhasil berkembang pesat menjadi platform automasi bisnis dan telah dipercaya puluhan ribu perusahaan.

CEO Mekari - Suwandi Soh

Pada tahun 2017, Sandy Suryanto bergabung yang kini sebagai CRO Mekari. Memiliki pengalaman lebih dari 11 tahun di industri fast moving consumer goods dan farmasi untuk bidang sales, strategi bisnis, marketing dan teknologi di seluruh wilayah Indonesia, serta pernah bergabung sebagai Strategy dan Operation di Midplaza Group. Sandy mulai membangun serta mengembangkan tim sales dan after-sales Mekari dengan mencapai dan melayani ratusan ribu pengguna.

Anthony kosasih sebagai COO Mekari bersama Daniel Witono mendirikan Jurnal sebagai software akuntansi online yang terintegrasi dan merupakan bagian dari Mekari. Melalui kepemimpinan Anthony, Mekari berhasil menciptakan lingkungan kerja yang agile dan kondusif untuk lebih dari 600 karyawannya. Berkat pencapaiannya, Anthony terpilih sebagai salah satu awardee Forbes 30 under 30 dan Gen.T Leaders of Tomorrow 2021.

Pendanaan

Mekari pertama kali mendapatkan kucuran dana dengan seri B dari East Ventures di tahun 2018 dengan jumlah dana yang tidak dipublikasikan. Pada tahun 2019, Mekari mendapatkan kuncuran dana kembali dengan seri C melalui EV Growth dengan jumlah dana yang tidak dipublikasikan.

Pada tahun 2021, Mekari meraih pendanaan seri D sebesar $18 juta (lebih dari 250 miliar Rupiah) yang dipimpin oleh perusahaan penyedia SaaS aplikasi perencanaan keuangan dan akuntansi terbesar asal Jepang yaitu Money Forward, Inc. Pendanaan ini akan digunakan untuk pengembangan produk utama Mekari, yakni HR, Accounting, dan Tax. Perusahaan juga baru merilis inovasi baru terkait produk utama tersebut, yakni Mekari Chat (komunikasi terintegrasi dengan HR) dan Mekari Flex (modern employee benefit solution).

Tahun 2022 ini, Mekari kembali mendapatkan pendanaan terbaru putaran seri E sejumlah Rp 720 Miliar (US$ 50 Juta), yang dipimpin oleh Money Forward Inc. Pendanaan ini juga diikuti oleh investor sebelumnya. Mekari mengalokasikan kucuran dana kali ini untuk ekspansi ke layanan finansial teknologi (fintech). Harapannya, ekspansi ini dapat mendukung proses transformasi digital klien Mekari terutama di skala UMKM.

Akuisisi

Mekari memiliki beberapa brand di bawah naungan PT Mid Solusi Nusantara. Beberapa brand merupakan hasil akuisisi perusahaan Mekari. Perjalanan Mekari dimulai tahun 2015 dengan produk Talenta, Sleekr, dan Jurnal yang masih dengan entitas perusahaan yang berbeda. Pada tahun 2018, ketiga produk tersebut bergabung menjadi entitas baru bernama Mekari. Meskipun berada pada bidang fokus untuk pengembangan platform HR, Sleekr dan Talenta kerja sama untuk mewujudkan visi dan misi yang sama.

Tahun 2019, Mekari memperkenalkan produk baru untuk pengelolaan pajak online yaitu KlikPajak. Masih di tahun yang sama, Mekari turut sukses menyelenggarakan Mekari Conference sebagai konferensi teknologi pertama di Indonesia yang dihadiri 2000 lebih entrepreneur, founders, HR leaders, finance experts, dan lainnya.

Tahun 2020, Mekari memperkenalkan produk baru yaitu Mekari Flex sebagai platform digital yang terintegrasi dengan Human Resources Information System (HRIS), dari skala kecil sampai mid-enterprise untuk mengelola benefit karyawan yang lebih fleksibel tanpa mengeluarkan biaya besar.

Pada tahun 2021, perusahaan Mekari secara resmi mengumumkan penyelesaian akuisisi produk Qontak sebagai perusahaan teknologi untuk Customer Realtionship Management (CRM) dan solusi omnichannel.

Referensi

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami