Image

8 Cara Efektif Membangun Networking di Dunia Kerja dan Bisnis

Tidak mungkin memiliki bisnis serta usaha tanpa adanya networking, oleh sebab itu sebagai pebisnis harus mengetahui cara membangun networking. Menurut sebuah survei, 80% profesional percaya bahwa networking penting untuk kesuksesan profesional mereka. Networking adalah hubungan dengan individu atau kelompok yang mendukung karier, termasuk selama WFH, dan hubungan pribadi.

Beberapa bentuk networking adalah jaringan sosial kasual, jaringan sosial yang kuat, organisasi nirlaba, asosiasi profesional, dan jaringan media online/sosial. Networking bukan hanya tentang mengenal satu sama lain, tetapi juga tentang potensi saling menguntungkan dan pertukaran informasi sehingga diperlukan pemahaman mengenai cara membangun networking.

cara membangun networking karyawan di perusahaan

Pentingnya Networking pada Cara Membangun Networking

Pentingnya networking bentuk modern dan semuanya canggih, tetapi kesuksesan dalam karir seseorang tergantung pada ukuran dan luasnya networking seseorang. Membangun hubungan baik dengan siapa saja, baik di rumah, di kampus, di kantor atau di sekolah, adalah hal yang diperlukan. Sehingga setiap orang perlu mempelajari cara membangun networking.

Menurut Dr. Frank Miners, jaringan adalah teknologi yang menyampaikan dan berbagi ide, informasi, dan sumber daya untuk sukses.

1. Mendapatkan dukungan karier berupa referral

Referral adalah saran yang diberikan oleh orang lain saat seseorang mempunyai networking pada suatu usaha atau urusan tertentu. Referral disebut juga sebagai anjuran yang diperoleh dari seseorang dengan kadar serta tingkatan khausu kepada seseorang yang ia kenal atau ketahui kinerjanya.

Dalam networking dukungan karier berupa rekomendasi merupakan suatu aspek penting. Oleh karena itu, referral memungkinkan diperoleh secara langsung antar satu pihak ke pihak lain, maupun secara tertulis resmi dari suatu pihak ke pihak tujuan. Individu yang menerima rujukan akan memberikan perhatian khusus pada rujukan dan memprioritaskannya cara membangun networking.

Baca Juga: Pengertian Probation dan Tips agar Lulus dengan Mudah

2. Kerjasama antar perusahaan

Networking juga dapat membuka kemungkinan kerjasama antar perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan oleh beberapa pengusaha dalam proses pengembangan usahanya. Kolaborasi hanya bisa lancar jika pemilik bisnis memiliki jaringan atau hubungan yang baik dengan pemilik bisnis lain.

Manfaat networking ini dapat dilihat pada workshop antara usaha kecil menengah (UMKM) yang bekerjasama dengan event organizer (EO). Kerjasama bisnis ini penting bagi UKM dan perusahaan industri. Sebagai pemilik UMKM, mungkin Anda akan mendapatkan insight dari pengusaha lain, seperti aplikasi UMKM apa yang dapat digunakan untuk kelola usaha UMKM secara cepat dan efisien.

Selain itu, dengan adanya jaringan tentunya akan berdampak pada kepercayaan antara para pihak dalam proses kerjasama. Sehingga para pengusaha disarankan memahami cara membangun networking.

3. Dapatkan pekerjaan baru

Peribahasa “banyak teman, banyak keberuntungan” sangat berlaku pada networking. Pasalnya, salah satu manfaat utama dari networking adalah untuk memperluas jangkauan mendapatkan pekerjaan baru.

Lewat rujukan karier dari networking ini, peluangmu untuk diterima di perusahaan baru bahkan bisa meningkat sepuluh kali lipat lebih besar. Oleh karena itu sudah sepatutnya setiap orang mengenali dan memahami cara membangun networking. Dengan adanya networking, peluang untuk mendapatkan pekerjaan baru berdasarkan passion akan lebih besar.

4. Promosi di kantor

Networking tidak selalu berarti menghubungkan di luar tempat kerja. Langkah kecil lainnya yang bisa dilakukan adalah membangun jaringan yang baik, terutama saat bekerja dengan atasan di kantor.
Jaringan yang sangat baik ini memungkinkan bos untuk mempelajari lebih lanjut tentang keterampilan dan sikap mereka di tempat kerja. Dari situ, dia mungkin bisa menilai apakah seorang pekerja cocok untuk dipromosikan di posisi tertentu. Itu sebabnya, tidak ada salahnya mempelajari cara membangun networking dan meluangkan waktu untuk membangun hubungan networking.

5. Bertukar ide

Pengetahuan tidak hanya dapat diperoleh dari buku, tetapi juga bisa mendapatkan ide dan wawasan baru dari networking. Keuntungan lain dari networking adalah dapat bertukar ide dengan rekan kerja tentang topik yang menarik.

Ingatlah bahwa kita tidak tahu apakah seseorang itu pintar atau berpengetahuan sampai kita berbicara dengan seseorang. Melalui networking kamu juga dapat menemukan pengetahuan di industri bisnis tempatmu berada. Sehingga prospek di perusahaan yang kamu inginkan pun semakin terbuka lebar. Itu sebabnya perlu dipahami cara membangun networking.

6. Membantu membangun kepercayaan diri

Keuntungan utama dari jaringan adalah membantu individu membangun kepercayaan diri. Hal ini layak dilakukan karena tidak menutup kemungkinan seseorang dipersepsikan oleh orang lain melalui keberadaan jaringan dan juga mendapat dukungan psikologis.

Rasa percaya diri yang tumbuh karena networking ini dapat muncul ketika seseorang mendapat Rasa percaya diri yang tumbuh melalui jejaring ini dapat terjadi ketika seseorang diakui dan didukung oleh orang lain atas pencapaiannya. Tidak hanya itu, networking juga membantu individu pulih dari depresi dan kegagalan di tempat kerja.

7. Mempengaruhi pengembangan karir yang positif

Membangun dan memelihara networking dapat berdampak positif pada kehidupan profesional pekerja. Terutama ketika pekerja berjejaring dengan orang-orang sukses dalam karier mereka. Pekerja akan lebih termotivasi untuk belajar dari mereka bagaimana cara berkembang.

Kita mungkin akan terinspirasi untuk memulai bisnis seperti mereka. Dengan begitu seharusnya kita memanfaatkan kesempatan untuk mendalami cara membangun networking dengan orang-orang sukses dan berhasil agar kita dapat termotivasi dan terdorong untuk melakukan kegiatan yang menuntun kita ke jalan kesuksesan.

8. Jadikan peran Anda lebih terlihat oleh orang lain

Banyak orang merasa sulit untuk membangun karir karena tidak mencolok dari keramaian. Biasanya, orang dalam posisi ini selalu menjadi satu-satunya posisi. Bahkan, jika mereka tahu, jaringan dapat membantu mereka memperbaiki situasi.

Dengan terhubung dengan banyak orang dan dikenalkan kepada banyak rekan kerja, dampak pada apa yang dilihat orang lain menjadi lebih besar. Peran Anda akan lebih terlihat oleh orang yang tepat. Apalagi jika Anda memiliki jaringan pelanggan, pesaing, dan bahkan rekan kerja yang luas. Oleh sebabnya, memahami cara membangun networking sedari dini sangat dianjurkan.

Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

1. Gunakanlah referensi

Ini adalah cara terbaik dan termudah untuk meningkatkan jaringan. Rekomendasi berhubungan dengan orang yang baru Anda temui dari orang yang Anda kenal sebelumnya. Anda dapat memperluas jaringan bisnis Anda dengan cara membangun networking dengan orang yang sudah Anda kenal. Ini dapat membantu ketika belajar tentang jaringan dari teman-teman Anda.

2. Mintalah saran

Anda dapat menggunakan metode ini untuk memanfaatkan jaringan yang ada. Misalnya, jika Anda mencari referensi dari orang atau grup layanan profesional yang dapat membantu Anda, Anda dapat membangun jaringan baru. Berdasarkan saran dari orang yang sudah Anda kenal, mudah untuk meminta saran pada cara membangun networking yang dapat Anda percayai.

3. Mempunyai alasan untuk terhubung

Jika Anda ingin menjalin hubungan dengan seseorang, pastikan Anda memiliki alasan untuk hubungan tersebut. Bangun hubungan di mana kedua belah pihak merasa saling menguntungkan. Kami sering berbagi informasi tentang pekerjaan kami, seperti pekerjaan profesional yang terhubung dan terkait, dan bersenang-senang dengan teman-teman kami.

4. Berterima kasih

Sama seperti itu membuat kesan, mengucapkan terima kasih akan sering membuat kesan yang baik pada Anda. Wujud syukur tidak hanya diwarisi dengan salam, tetapi juga dengan memberikan ilmu dan informasi yang kita ketahui. Tidak ada salahnya untuk berterima kasih kepada seseorang. Jadi, terima kasih kepada semua orang dan semua yang telah mereka lakukan untuk Anda.

Cara Membangun Networking untuk Bisnis

1. Tingkatkan kontak jaringan

Dari referral, Anda bisa membangun jaringan bisnis yang kuat dengan lebih mudah. Mereka tidak harus berada di tempat kerja atau sekolah yang sama untuk saling mengenal. Anda bisa berkenalan dari seminar, workshop, atau acara lainnya yang bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang.

Kartu nama juga banyak digunakan di dunia profesional. Sederhana, tetapi kartu nama sangat penting ketika membangun jaringan untuk bisnis Anda. Selalu berikan kartu nama Anda saat bertemu dengan mitra bisnis dan orang baru. Sebelum melakukan hal tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui cara membangun networking terlebih dahulu.

2. Dimulai dengan Website LinkedIn

LinkedIn dikenal sebagai salah satu platform yang digunakan para profesional untuk membangun jaringan dalam karier mereka. Gunakan platform ini untuk terhubung dengan orang baru dari mantan kolega dan karyawan. Sebelum membangun jaringan Anda dari LinkedIn, pastikan profil LinkedIn Anda diperbarui secara profesional.

LinkedIn merupakan salah satu platform yang digunakannya sebagai cara membangun networking yang bisa dicoba oleh semua orang. Sebab platform ini sangat efektif dan efisien dalam membangun networking dengan orang lain, baik senior terdahulu di perguruan tinggi, senior di dunia sekolah, bahkan menambah relasi baru.

3. Memperluas platform media sosial yang Anda gunakan

LinkedIn saat ini dianggap sebagai salah satu platform yang tepat untuk membuka jaringan bagi para profesional, tetapi ini bukan satu-satunya tempat Anda dapat membangun jaringan online. Jangan batasi akun jejaring sosial Anda hanya untuk satu platform, tapi cobalah untuk mencoba di seluruh platform yang ada.

Jika karya Anda mengandung komponen visual, Anda juga dapat menggunakan media sosial lain seperti Facebook dan Twitter, Pinterest dan Instagram untuk membangun jaringan online Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat membuat situs web pribadi Anda sendiri. Metode ini tidak hanya berguna untuk personal branding, tetapi juga merupakan cara membangun networking baru.

4. Tinjau Networking yang Telah Ada

Sebelum Anda mulai membangun jaringan dengan orang baru secara online, pertama-tama coba hubungi koneksi Anda yang ada. Ini adalah cara yang bagus untuk mulai membangun jaringan online Anda. Membangun jaringan kontak yang Anda miliki saat ini dapat memberikan dukungan yang lebih besar dan rasa koneksi.

Oleh karena itu, pertama-tama coba cari tahu bagaimana perilaku mantan kolega dan karyawan Anda. Anda dapat memperluas jaringan Anda dengan menghubungi jaringan yang ada dan meminta mereka untuk memperkenalkan Anda kepada pengguna dengan koneksi. Tidak lupa terlebih dahulu mempelajari cara membangun networking agar memiliki kesiapan.

5. Bergabung dengan Grup Media Sosial

Temukan dan bergabunglah dengan grup media sosial yang memiliki bidang minat yang Anda cari. Ini dapat dilakukan di LinkedIn, Twitter, atau Facebook. Dalam grup, Anda akan menemukan diskusi di mana Anda dapat memiliki latar belakang profesional yang sama dengan Anda dengan orang yang tepat.

Dengan adanya sosial media, kita bisa berinteraksi dengan siapapun dan kapapun. Sehingga kesempatan ini tidak boleh dilewatkan untuk membangun jaringan Anda. Sebelum melakukan perluasan jaringan, sebaiknya Anda mengetahui cara membangun networking terlebih dahulu baik melalui media sosial atau jaringan internet.

6. Jangan Ragu Memberikan Bantuan

Saat membangun networking online, tidak ada salahnya memberikan bantuan pada Networking. Misalnya, hubungi mereka dan tawarkan untuk menjadi referensi mereka. Mereka cenderung mengingat Anda dan merasa bebas untuk bolak-balik, bahkan jika itu adalah metode yang sederhana. Karena jaringan didasarkan pada hubungan timbal balik.

Dengan adanya hubungan timbal balik ini, Anda dapat dengan mudah memperoleh bantuan lain saat Anda membutuhkannya. Sehingga dari fenomena tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman terhadap cara membangun networking merupakan hal yang sangat penting dan sangat dianjurkan implementasinya.

7. Cobalah untuk terhubung ke kehidupan nyata

Anda dapat membuat networking online, tapi tidak apa-apa untuk memasukkan jaringan online ke dalam kehidupan nyata Anda. Misalnya, jika seseorang ingin terhubung secara online dan mengenal atau berbicara tentang diri mereka lebih baik, sarankan untuk menemuinya secara langsung, misalnya untuk minum kopi atau makan siang.

Membangun networking online secara keseluruhan juga tidak baik bagi keberhasilan dan kelangsungan pembentukan jaringan sebab diperlukan adanya interaksi secara langsung agar dapat mengetahui dan menghindari adanya kesalahpahaman. Tetapi sebelum itu, Anda harus mempelajari cara membangun networking terlebih dahulu.

8. Dengan sabar membangun jaringan online

Membutuhkan waktu untuk mengembangkan hubungan. Dengan terus membangun hubungan secara konsisten, Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang hubungan dengan para profesional dan jaringan lainnya. Ini dapat membuka peluang untuk menemukan pekerjaan baru yang potensial cocok untuk karir Anda.

Namun, jangan terlalu mengganggu, terutama jika tujuan Anda adalah mencari pekerjaan di jaringan yang ada. Saat membangun jaringan online, hindari meminta pekerjaan secara langsung. Metode ini sebenarnya merusak peluang kesuksesan di masa depan. Sehingga diperlukan pemahaman terlebih dahulu mengenai cara membangun networking terlebih dahulu.

Cara Membangun Networking dan Memperluas Networking

1. Bergabung dengan Organisasi Profesional

Jika Anda membutuhkan tempat atau forum yang dapat meningkatkan jaringan Anda secara signifikan, Anda dapat bergabung dengan organisasi profesional seperti: Persatuan Wartawan atau Ikatan Teknik Indonesia. Sehingga diperlukan adanya pemahaman mengenai cara membangun networking terlebih dahulu.

Ketika Anda bergabung dengan organisasi profesional tertentu, Anda dapat menemukan orang lain yang memiliki minat yang sama dengan Anda ketika Anda mencoba membangun hubungan dengan anggota organisasi lainnya. Kedepannya ia berpotensi menjadi mitra bisnis Anda.

2. Berpartisipasi dalam acara sosial

Berpartisipasi dalam acara sosial seperti ulang tahun perusahaan, acara amal, dan acara olahraga antar kantor. Meskipun mungkin tampak santai, kegiatan ini membantu Anda membangun hubungan dengan jaringan Anda. Berpartisipasi pada acara tertentu juga bisa memperkuat jaringan dan memberikan pengetahuan mengenai cara membangun networking dengan baik.

Mengobrol dengan orang lain dalam suasana acara yang jauh lebih santai dan santai. Jika Anda beruntung, Anda dapat menemukan mitra bisnis baru. Anda tidak hanya akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang antusias menghadiri

3. Menghadiri Seminar dan Forum

Menghadiri seminar dan forum akan memberi Anda kesempatan untuk membangun hubungan dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama dengan Anda. Berani memperkenalkan diri kepada peserta lain dan jangan ragu untuk mengeksplorasi keterampilan dan pengetahuan kenalan baru.

Sebelum itu, pemahaman mengani cara membangun networking sangat diperlukan. Dengan menghadiri seminar dan forum tertentu, Anda dapat memperkenalkan diri Anda dan menambah kepercayaan diri dari berbagai segi ilmu, sebab pada seminar dan forum tertentu, pendengar yang hadir tentunya berasal dari berbagai daerah dan berbagai tingkatan ilmu.

Jaringan adalah suatu keharusan untuk saat ini jika Anda ingin sukses dalam karir Anda. Jaringan tidak hanya membantu karir Anda, tetapi juga dapat membawa kenyamanan dan kegembiraan karena Anda dapat berinteraksi dengan banyak orang lain dari latar belakang yang berbeda. Dengan banyak jaringan Anda mendapatkan banyak pandangan baru dan pikiran Anda jauh lebih segar.

Berinteraksi dengan grup dan komunitas lain Sangat menyenangkan terhubung dan berinteraksi dengan grup dan komunitas yang memiliki minat yang sama. Tapi tidak apa-apa untuk mencoba membangun hubungan dengan komunitas yang memiliki selera berbeda dari Anda.

Hal ini sangat penting untuk memperkaya pemikiran, kreativitas dan ide Anda ketika Anda menyadari bahwa seseorang yang memiliki ide yang berbeda perlu memiliki perspektif yang berbeda. Menggunakan Internet Jika Anda mengira internet hanya sekedar hobi, Anda salah besar. Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, Anda dapat membuat profil karir dan bisnis di Internet.

Manfaatkan media sosial yang berfokus pada karier dan bisnis seperti LinkedIn, lalu tambahkan seseorang yang sudah Anda kenal yang tahu Anda dapat mengarahkan ke jaringan yang lebih besar. Juga, buat profil Anda menarik, tidak rumit dan jelas untuk mempromosikan pengalaman karir Anda.
Percayalah, Anda dapat dengan mudah menemukan pasangan yang melakukan pekerjaan serupa di sana. Penetapan Tujuan Salah satu faktor terpenting dalam memastikan bahwa jaringan Anda tumbuh dari hari ke hari adalah penetapan tujuan. Anda dapat menetapkan tujuan jangka pendek untuk memberi atau menerima satu atau dua kartu nama setiap minggu.

Dengan menetapkan tujuan yang perlu dikejar dalam jangka waktu tertentu, Anda akan lebih terpacu untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Salah satu poin terpenting dalam membangun bisnis atau jaringan kerja adalah menjalin komunikasi yang baik dengan mitra bisnis.

Karena itu, jangan terlalu malas untuk bercerita kecil-kecilan untuk memulai komunikasi mengenai hobi, pekerjaan dan keluarga. Selain itu diperlukan adanya komunikasi dengan sabar untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja Anda. Dan hal yang terpenting adalah mengetahui cara membangun networking yang baik dan tepat.

Karir
Karir

Kembangkan karir bersama Mekari

Mari berkembang dan menjadi bagian dari perubahan bersama talenta-talenta terbaik dari manca negara di Mekari.

Hubungi kami
Hubungi kami

Selalu siap membantu Anda

Bagi Anda yang membutuhkan informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang disediakan.

WhatsApp WhatsApp kami