Home / Blog / Tech & Inovation

9 Pilihan Aplikasi untuk Menghitung RAB Bangunan

software RAB konstruksi
Daftar isi
Mode

Bila Anda seorang kontraktor yang berkutat dalam proyek konstruksi, pasti tidak asing lagi dengan RAB atau Rancangan Anggaran Biaya. Dengan rancangan tersebut, Anda bisa memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan tetap sesuai dengan rencana. 

Perhitungan RAB secara manual dapat dilakukan, namun akan memerlukan lebih banyak upaya dan waktu. Tentu saja, hal tersebut disertai dengan risiko yang lebih besar, seperti kesalahan perhitungan yang berujung kerugian. Karena itu, Anda membutuhkan aplikasi untuk menghitung RAB. 

Apa saja pilihan aplikasi RAB dan keuntungannya? Simak artikel berikut ini. 

Software RAB, apakah itu? 

Software RAB adalah program komputer atau aplikasi yang dirancang khusus untuk membantu penyusunan rencana anggaran biaya untuk proyek pembangunan. RAB akan merinci perkiraan biaya untuk berbagai komponen seperti bahan bangunan, tenaga kerja, peralatan, dan lain-lain. 

Software RAB membantu banyak kontraktor profesional, arsitek, dan manajer proyek untuk menghitung secara cepat, sistematis, dan akurat setiap detail kebutuhan dalam proyek.

Anda dapat memiliki gambaran yang lebih jelas mengenai anggaran yang diperlukan, sehingga perencanaan anggaran menjadi lebih efisien – tanpa perlu khawatir budget yang membengkak atau risiko kesalahan perhitungan. 

Apa saja pilihan aplikasi RAB?

Bila Anda merasa menghitung RAB secara manual sudah tidak memungkinkan, berikut beberapa rekomendasi aplikasi untuk menghitung RAB yang terbaik. 

Simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Mekari Jurnal

mekari jurnal

Software akuntansi online ini dapat diaplikasikan ke berbagai kebutuhan bisnis, salah satunya adalah bisnis konstruksi. Mekari Jurnal dilengkapi dengan fitur biaya dan anggaran, di mana Anda dapat menyusun RAB online dengan lebih cepat dan akurat. 

Dalam satu dasbor interaktif, Anda dapat melihat transaksi yang dilakukan setiap harinya. Ini memudahkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi yang tertera dengan jelas. 

Tidak hanya itu, dengan menggunakan Mekari Jurnal, ada banyak kelebihan lainnya:

  • Mengelompokkan transaksi oleh pihak yang berwenang sebelum dilaksanakan, melalui transaction approval system. 
  • Mengelompokkan banyak transaksi yang berlangsung secara serentak bisa ke dalam berbagai kategori, yang akan mempermudah proses pelacakan dan analisis.
  • Menjaga anggaran tetap terkendali karena software akan memantau pengeluaran dan membandingkannya dengan anggaran yang sudah ditetapkan.
  • Menghitung biaya bahan dan peralatan satuan secara otomatis, memastikan bahwa biaya yang diestimasi tetap akurat dan menjaga anggaran tetap realistis.
  • Membuat daftar kebutuhan yang sistematis, sehingga Anda bisa dengan mudah dan cepat untuk mencari datanya saat dibutuhkan.
  • Mencatat transaksi sebagai hutang atau lunas dengan beragam pilihan pembayaran yang tersedia.

Secara keseluruhan, Mekari Jurnal dapat membuat proses bisnis konstruksi Anda semakin praktis dan efisien. Anda bisa mencoba fitur menarik dari Mekari Jurnal dengan hubungi kami untuk jadwalkan demo bersama sales terlebih dahulu. 

2. Mekari Expense

Mekari Expense

Mekari Expense adalah aplikasi manajemen pengeluaran yang dapat membantu bisnis untuk mengelola pengeluaran melalui fitur reimbursement, cash advance, dan virtual credit card. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan Mekari Expense dalam proyek bangunan:

  • Reimbursement. Biaya pembangunan yang ditanggung karyawan bisa dengan cepat di-reimburse oleh perusahaan, karena setiap pengeluaran dicatatkan dengan akurat.
  • Virtual credit card. Pembayaran transaksi penting bisa menggunakan kartu ini, dan setiap pengeluaran bisa dimonitor melalui aplikasi mobile.
  • Terintegrasi dengan aplikasi Mekari Talenta dan Mekari Jurnal, sehingga perusahaan bisa dengan mudah mengelola karyawan dan finansial terkait proyek bangunan.

Tidak perlu khawatir pengeluaran akan membengkak, karena Anda bisa mengatur batas pengeluaran dan menyetujui setiap penggunaan biaya anggaran. Setiap biaya dan anggaran yang dikeluarkan dapat dimonitor dan dikelola secara akurat, dengan proses yang lebih cepat dan jelas.

3. Daksasoft Konstruksi

Daksasoft Konstruksi

Anda dapat menyusun RAB untuk berbagai jenis proyek dengan Daksasoft Konstruksi. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang ditawarkan, diantaranya: 

  • Pembuatan Time Schedule, dimana Anda dapat membuat penjadwalan untuk setiap transaksi 
  • Penyusunan S Curve atau laporan kemajuan proyek dan kurva S, yang menggambarkan bagaimana proyek mengalami perkembangan secara berangsur-angsur dari awal hingga akhir.

Daksasoft Konstruksi menyediakan dua versi aplikasi, yaitu versi Demo dan versi Komersial. Anda dapat mencoba setiap fitur yang disediakan melalui versi Demo. 

Lalu, setelah Anda merasa bahwa aplikasi ini cocok dengan kebutuhan Anda, Anda dapat membeli versi yang lebih lengkap pada versi Komersial. 

4. Estimator.id

estimator.id

Selain software di atas, estimator.id juga merupakan salah satu software RAB kontraktor yang bisa diakses secara online. Jadi, Anda bisa membuat RAB dimana saja dan kapan saja. 

Tersedia dalam 4 jenis paket, mulai dari paket gratis dan berbayar. Berikut adalah fitur yang tersedia: 

  • Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) 
  • Database Harga Material dan Upah
  • Duplikasi Proyek
  • Kalkulasi Volume Otomatis 
  • Impor dan Ekspor Template Volume

Untuk mulai menggunakan aplikasi dalam versi gratis, cukup daftarkan e-mail Anda melalui website estimator.id. Tentu saja, ada beberapa fitur yang hanya dapat digunakan dengan versi berbayar. 

5. Software RAB xPro

Berbasis excel, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang cukup lengkap. Sehingga, perhitungan kebutuhan di proyek konstruksi akan semakin mudah. 

Selain itu, Software RAB xPro juga sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh Kementerian PUPR serta SNI. Fitur analisa harga satuan pekerjaan pun juga sesuai dengan standar analisa konstruksi. 

Pemula tidak perlu khawatir untuk memakai aplikasi ini, karena telah dirancang agar nyaman dan mudah digunakan. Anda dapat berlangganan layanan ini dengan harga yang telah ditentukan, karena aplikasi ini tidak gratis. 

6. Fastest Pro

fastest pro

Ketika Anda akan membangun kantor, rumah, jalan raya, dan jenis bangunan lainnya, Fastest Pro bisa menjadi pilihan aplikasi untuk menghitung RAB. 

Bahkan, selain RAB, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengelola RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan) serta laporan lain yang krusial dalam manajemen proyek. Salah satunya adalah laporan kebutuhan bahan per AHS (Analisa Harga Satuan). 

7. MAKSIPro

MAKSIPro

Pilihan software RAB kontraktor lainnya yang layak dipertimbangkan adalah MAKSIPro. Fitur yang ditawarkan cukup mumpuni untuk mengelola data anggaran bangunan Anda, diantaranya: 

  • Database sumber daya proyek yang dilengkapi dengan fitur pencarian yang efisien
  • Analisa harga satuan yang bisa digandakan
  • Visualisasi grafis 
  • Mengatur diskon atau markup pada RAB

MAKSIPro juga menyediakan lebih dari 30 jenis laporan lainnya yang dapat disusun dan disesuaikan. 

8. Calculator RAB Rumah dan Renovasi Sipil Konstruksi

Pembuatan aplikasi ini berdasar pada Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk konstruksi dan bangunan sipil, sehingga perhitungannya lebih terjamin aman dan efektif. 

Fitur-fitur unggulan RAB Rumah & Konstruksi ini adalah:

  • Mengestimasi bahan dan menghitung volume bangunan
  • Menghitung biaya bahan berdasarkan lokasi rumah Anda.
  • Kalkulator anggaran untuk mengkonversi unit dan mata uang.
  • Dapat menyimpan rencana anggaran Anda ke kartu SD di ponsel.

Aplikasi ini diakses melalui ponsel, jadi penggunaannya praktis dan efisien. 

9. B2W Estimate

B2W Estimate

Lebih sering digunakan oleh konstruksi berat, B2W Estimate menjamin penggunanya tidak akan membuang banyak waktu untuk entri data dan menghitung manual. 

Software ini menyediakan berbagai template seperti template gaji pekerja atau bahan bangunan, sehingga anggaran dapat diperbarui sesuai dengan informasi yang sudah ada sebelumnya. 

Data yang tersinkronisasi dalam satu database membuat semua pekerjaan terasa lebih cepat dan akurat. 

Keuntungan Menggunakan Software RAB untuk Proyek Konstruksi

Proses perencanaan anggaran, yang sebelumnya bisa memakan waktu lebih dari satu hari atau bahkan mingguan, kini dapat diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat – dengan hasil yang terjamin akurat. 

Mungkin Anda memiliki proyek renovasi rumah yang harus selesai dengan tenggat waktu yang ketat. Anda bisa saja terjebak dalam perhitungan rumit semua detail anggaran, seperti biaya bahan bangunan dan tenaga tukang. Namun, dengan adanya software RAB, Anda bisa lebih fokus pada aspek strategis proyek. 

Berikut kemudahan lainnya yang bisa Anda rasakan dengan software RAB: 

  • Manajemen anggaran yang lebih baik, karena Anda bisa melacak pengeluaran dan membandingkan anggaran dengan biaya aktual secara real-time. Sehingga, Anda bisa mengambil tindakan korektif lebih cepat bila perlu. 
  • Mengelola proyek dengan lebih tertata, karena ada fitur seperti perencanaan jadwal, pembayaran, hingga pelacakan perkembangan proyek. 
  • Penggunaan sumber daya yang lebih optimal, karena dengan data yang terstruktur, Anda bisa menghindari pemborosan dan mengurangi biaya yang tidak perlu. 
  • Pembelajaran untuk proyek selanjutnya, karena data yang disimpan dari setiap proyek bisa Anda evaluasi kekurangan dan keberhasilannya. 

Kesimpulan

Aplikasi untuk menghitung RAB terbukti sangat bermanfaat dalam bisnis konstruksi yang semakin dinamis. Terbebas dari proses perhitungan manual yang lambat memungkinkan kontraktor untuk menyusun strategi yang lebih apik dan berkolaborasi dengan tim. 

Coba berbagai pilihan aplikasi RAB online dengan menghubungi sales terkait. Kemudian, evaluasi lebih lanjut apakah aplikasi tersebut sesuai dengan budget dan kebutuhan proyek konstruksi Anda. 

Salah satu pilihan yang layak dicoba adalah Mekari Jurnal. Selain bisa membantu Anda menyusun RAB dengan fiturnya yang lengkap dan akurat, aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur bermanfaat lainnya seperti perpajakan, analisis laporan dengan AI, hingga Mekari Capital sebagai solusi pendanaan. 

Tidak perlu menunggu lagi, hubungi tim kami dan kelola bisnis pembangunan Anda dengan Mekari sekarang! 

Referensi

Tomps. “Understanding The Budget Plan (RAB)
Ekbailey. ‘’The Importance of Construction Budgeting”

Topik:
Keluar

WhatsApp WhatsApp kami