Aplikasi Pembukuan Usaha

Aplikasi pembukuan keuangan untuk bisnis lebih efisien

  • Pencatatan segala transaksi keuangan otomatis
  • Laporan pembukuan keuangan rapi dan akurat
  • Mudah digunakan bahkan untuk pemula
neraca saldo pada aplikasi pembukuan online

Aplikasi terbaik untuk
keuangan bisnis Anda

Gunakan aplikasi pembukuan keuangan online dengan berbagai fitur dan sistem otomatisasinya untuk menghemat tenaga dan waktu, bisnis pun akan berkembang dengan lebih efisien.

Daftar akun pembukuan keuangan
general ledger atau buku besar pada aplikasi pembukuan online

Buku besar berisi laporan terperinci

Pembuatan laporan akan lebih mudah untuk dilakukan karena seluruh detail transaksi sudah tercatat dengan baik dan tertata secara otomatis.

WhatsApp sales
neraca saldo pada aplikasi pembukuan keuangan

Evaluasi keuangan dengan neraca saldo

Semua transaksi keuangan akan terlampir secara otomatis di neraca saldo. Pengecekan saldo dilakukan secara otomatis untuk memastikan jumlah kredit dan debit tidak berbeda.

WhatsApp sales
laporan pembukuan keuangan

Pencatatan jurnal keuangan

Pendapatan, pengeluaran, dan berbagai jenis transaksi lain akan dicatat dengan sistem otomatisasi sehingga jurnal umum pun bisa dihasilkan dengan lebih cepat, mudah, dan terperinci.

WhatsApp sales
lampiran atau attachment transaksi digital

Lampiran berbagai transaksi digital

Tersedia fitur lampiran transaksi digital untuk menyimpan bukti transaksi secara online. Bukti transaksi pun lebih mudah untuk diacak dan bersifat paperless.

WhatsApp sales

DESTIA YOLAND

Mengenal apa itu aplikasi pembukuan?

Software atau aplikasi pembukuan adalah sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan proses pencatatan dan pembukuan segala transaksi yang terjadi di perusahaan secara otomatis dan akurat. Pembukuan keuangan usaha dapat dengan mudah digunakan jika Anda menggunakan aplikasi berbasis cloud yang aman dan dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

Baca pertanyaan dan jawaban lainnya seputar penggunaan software pembukuan berikut.

Berikut adalah 7 rekomendasi aplikasi pembukuan di Android dan iOS terbaru:

1. Aplikasi Pembukuan Mekari Jurnal
Mekari Jurnal sebagai salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia memiliki aplikasi pembukuan untuk membantu bisnis dalam mencatat setiap traksaksi keuangan yang terjadi.

Tersedia Versi: Web based, Android, iOS
Developer: PT. Jurnal Consulting Indonesia
Fitur utama: Membuat laporan keuangan otomatis, pencatatan transaksi, invoicing, manajemen stok barang, mengetahui barang terlaris, manajemen aset.
Link download: Android | iOS

2. Pembukuan Transaksi Zoho Books
Zoho Books adalah aplikasi yang dibuat oleh Zoho Corporation dan dikhususkan untuk melakukan pencatatan transaksi keuangan usaha. Tersedia versi gratis yang dapat dicoba oleh pemilik usaha kecil. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi-aplikasi Zoho yang lainnya.

Tersedia Versi: Web based, Android, iOS
Developer: Zoho Corporation
Fitur utama: Pembuatan invoice, pencatatan transaksi keuangan, manajemen biaya, laporan keuangan
Link download: Android | iOS

3. QuickBooks Pembukuan Online
Pada aplikasi ini, Anda dapat melakukan semua hal terkait pencatatan transaksi keuangan. Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini dengan lebih dari satu akun, maka Anda harus membayar biaya langganan per akunnya. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif jika Anda tidak menggunakan Mekari Jurnal atau Zoho Books.

Tersedia Versi: Web based, Android, iOS
Developer: Intuit Inc.
Fitur utama: Invoicing, manajemen biaya, manajemen inventory, multi mata uang asing, pembukuan transaksi, laporan keuangan.
Link download: Android | iOS

4. Sage Accounting
Sage merupakan perusahaan yang sudah lama berkecimpung di industri akuntansi keuangan. Sayangnya aplikasi pembukuan mereka di Android memiliki rating yang cukup buruk. Mungkin karena adanya beberapa kesalahan teknis di aplikasi Android mereka. Tetapi tidak usah khawatir, karena Sage menyediakan free-trial 30 hari gratis untuk fitur-fitur terbaiknya.

Tersedia Versi: Web based, Android, iOS
Developer: Sage Global Services Ltd
Fitur utama: Akuntansi keuangan, terintegrasi sistem payroll, invoicing, pencatatan transaksi keluar dan masuk
Link download: Android | iOS

5. Lendio Sunrise – Aplikasi Pembukuan
Sunrise merupakan aplikasi pembukuan usaha yang memiliki fitur pencatatan transaksi dan invoicing dalam satu dashboard. Harganya yang cukup murah menjadikan Sunrise salah satu pilihan UKM dan freelancer untuk mencatat transaksi keuangannya. Kekurangannya adalah tidak adanya sistem manajemen inventory yang menjadikan Sunrise kurang tepat digunakan untuk perusahaan retail.

Tersedia versi: Web based, Android, iOS
Developer: Lendio
Fitur utama: Aplikasi pembukuan, invoicing, laporan kas, laporan keuangan.
Link download: Android | iOS

6. Rydoo – Pembukuan Pengeluaran
Rydoo aplikasi yang terkenal dengan pencatatan pengeluaran dengan sistem approval. Jadi pihak yang berwenang dapat menyetujui atau menolak laporan pengeluaran yang diajukan.

Tersedia versi: Web based, Android, iOS
Developer: Rydoo
Fitur utama: Klaim pengeluaran, manajemen pengeluaran, klaim reimburse, laporan pengeluaran.
Link download: Android | iOS

7. Oracle Netsuite
Produk ini memiliki fitur akuntansi dan pembukuan yang sangat lengkap. Cocok digunakan untuk perusahaan berskala besar yang sudah siap untuk menggunakan sistem ERP yang lengkap. Hal ini dikarenakan sistem akuntansi mereka akan terhubung dengan sistem manajemen HR, CRM, dan yang lainnya.

Tersedia versi: Web based, Android, iOS
Developer: Oracle America, Inc.
Fitur utama: Pembukuan, manajemen kas, pencatatan transaksi, laporan keuangan, manajemen aset.
Link download: Android | iOS

Pembukuan menggunakan Excel sangat berisiko terjadi duplikasi data, karena semuanya dilakukan secara manual.

Lain halnya jika dilakukan dengan aplikasi online. Sistem dalamnya akan mengecek secara otomatis setiap transaksi yang Anda bukukan. Jika terjadi duplikasi, sistem akan memberikan informasi mengenai duplikasi data sehingga Anda bisa melakukan pengecekan ulang.

Ya. Semua informasi bisa disinkronkan di berbagai perangkat yang Anda miliki. Dengan begitu, Anda bisa mengakses data dari perangkat apapun, dimanapun, dan kapanpun.

Tapi, sangat disarankan untuk menggunakan software pembukuan di perangkat komputer agar semua proses operasional keuangan bisa dilakukan dengan lebih lengkap dan terperinci.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari mobile, silahkan download aplikasinya pada link berikut.

Link download Android

Link download iOS

Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi Jurnal by Mekari secara gratis selama 14 hari. Setelah itu, pilih salah satu paket software pembukuan yang fiturnya paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Untuk menggunakan paket termurah yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, Anda hanya perlu membayar kurang lebih Rp 199.000 saja per bulannya.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi tim kami disini.

Software pembukuan usaha ini menyiapkan berbagai laporan penting seperti laporan laba rugi, neraca, arus kas, piutang, stok, penjualan, pembelian, biaya, pelanggan, supplier, stok dan lainnya. Anda bisa menyesuaikan penggunaan fiturnya dengan kebutuhan bisnis Anda.

logo jurnal

Lancarkan perkembangan bisnis Anda bersama Jurnal by Mekari

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami