Aplikasi Stok Gudang

Update stok otomatis dengan aplikasi gudang

  • Cukup satu aplikasi untuk semua gudang
  • Monitor status perpindahan barang antar gudang
  • Data laporan stok gudang lengkap,detail dan terperinci
software aplikasi stok gudang

Fitur terbaik untuk aktivitas
gudang bisnis anda

Gunakan semua fitur dalam aplikasi stok gudang untuk melakukan berbagai aktivitas di gudang dengan lebih cepat dan praktis.

stok persediaan di aplikasi gudang
aplikasi inventory untuk gudang cabang

Cukup satu aplikasi untuk semua gudang

Sangat cocok untuk bisnis berskala kecil hingga besar. Anda bisa mengelompokkan semua barang yang ada di beberapa gudang terpisah hanya dengan satu aplikasi saja.

WhatsApp sales
pengaturan harga barang pada gudang

Pengaturan harga produk sesuai kebutuhan

Penyesuaian harga bisa dilakukan berdasarkan daftar informasi pelanggan serta detail produk yang paling disukai oleh pelanggan Anda.

WhatsApp sales
pergerakan status keluar masuk barang pada aplikasi stok gudang

Status perpindahan barang antar gudang

Anda bisa memantau perpindahan barang antar cabang gudang dengan lebih mudah berkat aplikasi ini yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

WhatsApp sales
laporan stok persediaan di gudang pada aplikasi gudang online

Inventaris lengkap dengan detail terperinci

Memudahkan Anda untuk melihat berbagai informasi tentang barang atau produk yang ada di gudang. Manajemen persediaan pun akan selalu terjaga dan bisnis Anda akan berkembang dengan lebih baik.

WhatsApp sales
laporan stok barang pada aplikasi gudang

Laporan persediaan jelas dan otomatis

Human error seringkali terjadi pada waktu pelaksanaan stock opname atau inventaris produk. Hal ini bisa dihindari dengan fitur otomatisasi.

WhatsApp sales

DESTIA YOLAND

Mengenal apa itu aplikasi gudang?

Aplikasi gudang adalah software yang berfungsi untuk mencatat dan memantau segala aktivitas barang keluar dari gudang dan yang masuk ke gudang secara real-time. Dengan aplikasi ini, proses pencatatan inventaris gudang dan pelacakan lokasi barang di gudang menjadi lebih efisien, efektif dan lebih rapi. Sistem seperti ini juga sering disebut dengan warehouse management system (WMS).

Baca pertanyaan dan jawaban lainnya seputar penggunaan software gudang berikut.

Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi stok gudang terbaik di Indonesia.

1. Aplikasi Stok Gudang – Mekari Jurnal
Mekari Jurnal merupakan aplikasi yang memiliki fitur lengkap dalam hal manajemen inventory. Dengan Mekari Jurnal, Anda dapat mengelola banyak gudang hanya dengan menggunakan satu aplikasi. Dashboard yang simpel menjadikan aplikasi gudang Mekari Jurnal dapat digunakan oleh siapa saja.

Fitur utama: lacak status barang, laporan persediaan barang, stock opname, pengaturan harga produk, multi-gudang

2. Netsuite WMS Aplikasi Gudang
Fitur menarik dari Netsuit WMS adalah dapat membantu mencatat barang yang masuk ke gudang dengan menggunakan barcode. Jadi Anda hanya perlu scan barcode tersebut dengan menggunakan smartphone, sehingga data barang akan tercatat secara otomatis di sistem.

Fitur utama: laporan persediaan yang real-time, scan barcode, pemesanan barang, pengiriman barang.
Website: https://www.netsuite.com/

3. Aplikasi Gudang Fishbowl
Aplikasi stok gudang Fishbowl memiliki aplikasi desktop yang dapat didownload dan diinstall di laptop atau komputer. Jika menggunakan Fishbowl, ketersediaan barang Anda akan terintegrasi dengan marketplace besar seperti Shopify, Ebay dan Amazon. Hal ini akan mempermudah pemilik bisnis, karena ketersediaan produk akan terupdate secara real-time.

Fitur utama: scan barcode, pemesanan barang, monitor produksi, multi-gudang
Website: https://www.fishbowlinventory.com/

4. 2BIZBOX ERP
Anda dapat mengatur dan memantau persediaan barang di gudang secara cepat dan mudah dengan menggunakan aplikasi ini. Baik perusahaan berskala besar ataupun berskala kecil dapat menggunakan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi.

Fitur utama: produksi manufaktur, manajemen gudang, supply chain
Website: http://www.2bizbox.com/

5. Bhansali Software
Anda dapat download dan install di laptop untuk software gudang dari Bhansali Software ini. Jika perusahaan Anda membutuhkan kustomisasi pada softwarenya, Anda perlu menghubungi tim support mereka dan tentunya akan ada tambahan biaya tergantung dengan tingkat kesulitannya.

Fitur utama: manajemen stok barang, manajemen supplier, pembelian barang, terintegrasi dengan invoice pembelian dan penjualan
Website: https://bhansalisoft.com/

6. Vladovsoft Sklad
Dengan tampilan yang sederhana, dapat diinstall di laptop dan terdapat versi gratis, membuat aplikasi ini mudah digunakan dan dipelajari oleh pemula. Data yang ada di dalam aplikasi dapat diekspor ke dalam format excel dan disimpan di dalam laptop.

Fitur utama: memberikan foto produk, manajemen gudang, kalkulasi total biaya termasuk biaya pengiriman ke pelanggan
Website: https://www.vladovsoft.com/warehouse-management-software

7. Sortly Pro Software Gudang
Aplikasi gudang ini memiliki tampilan yang sederhana dan pengkategorian produk yang rapi. Sortly cocok digunakan oleh perusahaan kecil yang ingin mengelola persediaan barang dan supplier. Sortly dapat diakses dari laptop atau smartphone dari mana saja. Kedua perangkat ini akan saling terhubung dan terupdate secara real-time.

Fitur utama: manajemen produk, manajemen kategori produk, pembuatan barcode, notifikasi stok habis
Website: https://www.sortly.com/

8. Aplikasi Gudang Stock Controller
Aplikasi ini menggunakan teknologi cloud untuk menyimpan data pengguna sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Uniknya aplikasi ini memiliki manajemen produk yang memiliki tanggal kadaluarsa dan manajemen batch yang dapat mengelompokan produk-produk jualan sesuai dengan batchnya. Stock Controller cocok digunakan oleh perusahaan makanan dan minuman untuk mengelola produknya.

Fitur utama: laporan produk, analisis kadaluarsa produk, lacak status produk, pembayaran produk
Website: https://www.stock-controller.com/

9. Softeon
Perusahaan software yang berkantor pusat di USA ini menyediakan solusi yang cukup lengkap untuk supply chain. Biasanya Softeon digunakan oleh perusahaan yang memiliki volume penjualan yang tinggi di mana barang keluar masuk gudang sangat cepat.

Fitur utama: manajemen pemesanan, manajemen distribusi, lacan pengiriman barang, manajemen lokasi barang di gudang
Website: https://www.softeon.com/

10. Infor SCM
Infor SCM merupakan salah satu aplikasi stok gudang yang cukup lengkap yang mencakup keseluruhan proses supply chain. Banyak klien mereka yang merasakan dampak positif seperti menurunnya biaya supply chain hingga 25%, hingga penghematan pada biaya transportasi lebih dari 10%. Fitur menarik dari Infor SCM adalah visualisasi 3D dari gudang.

Fitur utama: visualisasi gudang 3D, manajemen transportasi, perencanaan staf gudang, manajemen ruang
Website: https://www.infor.com/solutions/scm

Jenis gudang dapat dibedakan menjadi 5 jenis berdasarkan fungsinya, berikut ini jenis-jenis gudang:

  1. Gudang pribadi: Gudang jenis ini biasanya digunakan oleh pedagang retail untuk menyimpan barang-barangnya yang akan dijual.
  2. Gudang umum: Gudang yang biasanya disewakan untuk publik dan digunakan oleh pengecer kecil sebagai gudang yang bersifat jangka pendek.
  3. Gudang climate-controlled: Gudang ini dapat mengatur suhu udara di dalamnya, karena biasanya gudang jenis ini digunakan untuk menyimpan makanan dan minuman yang biasanya membutuhkan suhu udara yang optimal agar tidak cepat basi.
  4. Gudang otomatis: Gudang yang menggunakan robot dan teknologi terkini dalam mengoperasikannya. Mulai dari barang datang hingga barang didistribusikan keluar dari gudang.
  5. Gudang pusat distribusi: Gudang yang digunakan sebagai tempat transit dari produsen ke berbagai pemasok. Biasanya aktivitas keluar masuk barang di dalam gudang ini sangat cepat dan barang yang disimpan juga banyak.

Aplikasi ini memberikan banyak manfaat untuk perusahaan yang ingin mengelola gudang mereka lebih efisien dan otomatis. Berikut beberapa manfaatnya:

Aktivitas rekonsiliasi pada saat stock opname menjadi lebih mudah, karena dapat dilakukan secara otomatis.

Pengaturan harga untuk barang-barang yang ada di dalam database gudang lebih mudah dan cepat.

Kelebihan atau kekurangan stok barang di gudang dapat dihindari, karena sistem dapat dengan mudah menyesuaikan permintaan dan penawaran pelanggan.

Human error menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan saat input data manual. Hal ini dapat teratasi dengan aplikasi ini.

Mengelola multi gudang yang tidak berada dalam satu lokasi juga mudah, karena sistem sudah terintegrasi dengan baik. Barang yang keluar dan masuk akan tercatat dengan akurat pada sistem.

Laporan yang dihasilkan secara otomatis akan memberikan gambaran situasi gudang secara real-time, sehingga Anda dapat memberikan keputusan bisnis yang lebih tepat dan cepat.

Terdapat dua jenis aplikasi yang sering digunakan, yaitu mengelola barang di gudang dengan aplikasi berbasis online dan offline.

Aplikasi yang berbasis online merupakan aplikasi yang menggunakan jaringan internet untuk mengakses dan menggunakannya. Aplikasi ini akan saling terhubung antara PC dan mobile. Selain itu data juga tersimpan dengan aman di cloud dan mudah diakses.

Aplikasi yang berbasis offline merupakan aplikasi yang tidak menggunakan jaringan internet untuk mengaksesnya. Anda harus menginstall sebuah aplikasi ke komputer PC Anda.

Saat ini aplikasi yang berbasis online lebih menguntungkan karena kemudahan untuk mengaksesnya dan data yang tersimpan lebih aman.

Seharusnya setiap bisnis yang memiliki produk fisik dapat menggunakan aplikasi ini. Dengan semakin banyaknya permintaan konsumen, pasti kebutuhan untuk mengatur dan mengelola persediaan barang akan menjadi lebih tinggi.

Dengan software gudang, setidaknya Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dalam melakukan laporan update stok dan mengurangi terjadinya kesalahan input manual.

Warehouse management system atau WMS merupakan sebuah sistem otomatis yang berfungsi untuk mengelola barang dalam sebuah gudang atau banyak gudang.

Sistem warehouse management system ini biasanya dapat diintegrasikan dengan sistem akuntansi, sistem penjualan dan sistem pembelian pada perusahaan Anda.

Manfaat dari WMS adalah dapat menghemat biaya penyimpanan barang di gudang karena perhitungan kapasitas yang akurat. Selain itu WMS juga dapat mempercepat operator gudang dalam pengambilan barang, karena tata letak dan pencatatan barang yang tepat.

Anda dapat mencoba demo aplikasi ini gratis dengan cara menghubungi tim kami pada halaman berikut ini.

Setelah Anda mencoba dan merasa bahwa perusahaan Anda membutuhkannya, Anda dapat menghubungi kami kembali dan memilih paket yang akan digunakan.

Kami juga memiliki aplikasi berbasis Android dan iOS yang dapat Anda download melalui link berikut.

Link download Android

Link download iOS

logo jurnal

Lancarkan perkembangan bisnis Anda bersama Jurnal by Mekari

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami