Flex Installment

Akses kebutuhan finansial darurat karyawan secara aman

Berikan karyawan Anda akses ke dana darurat secara cepat untuk penuhi kebutuhan-kebutuhan finansial yang tidak terduga.

Image

Dukung kesejahteraan finansial karyawan dengan pendanaan yang terjamin dan aman

Pastikan stres finansial tidak menghambat produktivitas karyawan dengan opsi pendanaan yang mudah digunakan dan tidak membebani arus kas perusahaan.

Image
Image

Tanpa mempengaruhi cash flow perusahaan

Lupakan sistem kasbon yang membutuhkan alokasi budget khusus. Dana dapat segera dicairkan ke rekening karyawan tanpa memerlukan deposit apa pun dari perusahaan.

WhatsApp sales
Image

Hemat waktu administrasi

Pencatatan terkait pemotongan gaji dari pembayaran pendanaan dilakukan secara otomatis dan akan langsung tertera dalam payroll karyawan berkat integrasi dengan Mekari Talenta.

WhatsApp sales
Image

Risiko kerugian minimal

Saat karyawan mengundurkan diri sebelum pembayaran selesai sepenuhnya, sisa cicilan dapat ditagih langsung ke karyawan.

WhatsApp sales
Image

Meningkatkan employer branding

Tingkatkan citra perusahaan dengan memberikan karyawan Anda opsi pendanaan yang menjawab masalah finansial secara terpercaya dan tanpa biaya-biaya tersembunyi.

WhatsApp sales
Frequently Asked Questions (FAQ)

Apa itu Aplikasi Dana Darurat?

Aplikasi dana darurat adalah program yang dapat membantu Anda mempersiapkan dana untuk memenuhi kebutuhan darurat atau mendesak yang tidak dapat diprediksi. Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir, karena ketika sakit, terkena PHK atau kecelakaan mendadak, Anda akan tetap memiliki uang untuk memenuhi kebutuhan.

Sementara pinjaman karyawan (employee loan) adalah dana yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan dalam bentuk pinjaman. Biasanya perusahaan akan memotong gaji per bulan sampai pinjaman karyawan tersebut lunas.

Flex Installment adalah sebuah fitur untuk memfasilitasi kebutuhan finansial darurat bagi karyawan yang membutuhkan dana instan.

Untuk menggunakan Flex Installment, harap memastikan bahwa perusahaan Anda telah mengaktifkan fitur Flex Installment dari Mekari Flex.

Flex Installment dapat diajukan dengan mudah melalui aplikasi Mekari Flex selama Anda terdaftar sebagai karyawan aktif perusahaan yang telah mengaktifkan fitur Flex Installment dari Mekari Flex.

Setelah melakukan pengajuan dan konfirmasi penentuan limit dan tenor pinjaman, dana akan secara langsung ditransfer ke rekening karyawan sesuai dengan data perusahaan.

Dana darurat Flex Installment dapat diterima secara instan setelah proses verifikasi, dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam.

Dana darurat setiap orang akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup seseorang. Biasanya dikategorikan berdasarkan kebutuhan dan tanggungan di dalam rumah tangga.

1. Status Lajang
Di saat lajang, mengalokasikan dana darurat akan lebih mudah apalagi Anda tidak memiliki pengeluaran lain (seperti cicilan) selain pengeluaran untuk kebutuhan pribadi.

Minimal dana darurat: 3 kali pengeluaran bulanan

2. Menikah dan belum memiliki anak
Jika Anda sudah menikah, maka akan ada tanggungan yang harus dibiayai pengeluarannya. Misalnya untuk pengantin baru yang belum memiliki anak, maka Anda harus membiayai juga pengeluaran istri Anda perbulan. Anda dapat bekerjasama untuk menabung dana darurat bersama istri.

Minimal dana darurat: 6 kali pengeluaran bulanan

3. Menikah dan memiliki anak
Memiliki anak tentu idaman kebanyakan orang, tetapi Anda juga perlu membiayai semua pengeluaran anak sampai mereka bisa menghasilkan uang sendiri. Bertambahnya tanggungan di dalam keluarga tentu akan meningkatkan jumlah dana darurat yang harus disiapkan.

Minimal dana darurat: 9-12 kali pengeluaran bulanan

Berikut cara mudah agar dana darurat terkumpul lebih cepat.

1. Tentukan tujuan dan jumlah uang yang akan dikumpulkan
Anda perlu menentukan berapa dana darurat yang akan dikumpulkan berdasarkan pengeluaran per bulan dan jumlah tanggungan dalam keluarga. Selain jumlahnya, Anda juga perlu menentukan tujuannya untuk apa saja. Dengan hal ini, Anda akan mudah dalam mengumpulkan dana darurat.

2. Tentukan dalam berapa lama dana darurat tersebut terkumpul
Setelah menentukan jumlah dari dana darurat yang akan dikumpulkan, Anda perlu menentukan berapa lama Anda memerlukan waktu untuk mengumpulkannya. Jika Anda sudah berkeluarga dan istri Anda juga memiliki penghasilan, maka hal ini perlu didiskusikan dan saling bekerjasama sehingga dana darurat lebih cepat terkumpul.

3. Sediakan rekening khusus untuk dana darurat
Buat rekening khusus di bank pilihan Anda untuk dana darurat. Usahakan bank tersebut menyediakan likuiditas yang cukup sehingga Anda dapat menariknya dengan cepat jika dibutuhkan. Jangan mencampur rekening ini dengan rekening transaksi sehari-hari Anda agar tidak tergoda untuk menggunakannya.

4. Kendalikan pengeluaran per bulan
Agar dana darurat lebih cepat terkumpul, maka Anda perlu mengendalikan pengeluaran bulanan. Jika bisa, Anda dapat menghemat pengeluaran sampai dana darurat terkumpul sesuai jumlah tujuannya.

5. Cari penghasilan tambahan
Mencari penghasilan tambahan saat ini sudah semakin mudah. Banyak platform yang menyediakan jasa freelance atau part time. Dengan mendapatkan penghasilan tambahan, maka tujuan dana darurat akan lebih cepat tercapai dan Anda sekeluarga akan lebih tenang.

6. Jangan dijadikan beban
Jangan menjadikan hal ini beban karena Anda harus menghemat pengeluaran dan mengurangi gaya hidup. Mulailah mengumpulkan dari nominal yang kecil setiap bulannya sehingga lama kelamaan Anda akan terbiasa dan tidak menjadi beban.

7. Gunakan aplikasi pengelolaan dana darurat karyawan
Aplikasi dana darurat seperti Flex Installment dari Mekari Flex akan sangat membantu karyawan untuk mendapatkan tambahan dana darurat jika diperlukan. Proses pencairan cepat dan mudah dapat menjadi pertimbangan Anda.

Ada banyak instrumen investasi yang dapat digunakan untuk menyimpan uang. Tetapi idealnya dana darurat sebaiknya disimpan pada instrumen yang mudah dicairkan, sehingga Anda tidak perlu menunggu lama ketika dibutuhkan.

Salah satu instrumen yang bisa digunakan adalah tabungan di bank, karena proses pencairannya cepat dan praktis. Selain itu, jika perusahaan Anda menawarkan aplikasi pinjaman karyawan untuk dana darurat seperti Mekari Flex, maka Anda juga dapat menggunakannya dengan aman dan mudah.

WhatsApp WhatsApp kami