Chatbot dan Otomatisasi Kecerdasan Buatan (AI)

Chatbot AI Otomatis: Tingkatkan interaksi dengan pelanggan

  • Chat pelanggan otomatis dengan teknologi AI
  • Pelayanan pelanggan menjadi maksimal karena respon yang cepat
  • Optimalkan pelayanan pelanggan dengan sistem pengalihan
  • Tingkatkan penjualan hanya lewat chatbot
automasikan pelayanan dengan Chatbot AI

Tingkatkan pelayanan pelanggan
menjadi lebih memuaskan

Respon yang cepat dan jawaban yang tepat adalah kunci agar pelanggan membeli produk Anda dan puas dengan pelayanannya. Fitur-fitur aplikasi chatbot dari Mekari Qontak akan membantu Anda meningkatkan kepuasan pelanggan.

instalasi chatbot diseluruh channel komunikasi

Pelayanan otomatis dengan chatbot di seluruh channel bisnis

Untuk mempermudah percakapan antara bot dan pelanggan, dan terkesan tidak kaku, maka sebelum pengaplikasian chatbot, Anda perlu mengatur Bot Frequently Asked Question (FAQ) sehingga dapat merespon semua pertanyaan dan permintaan pelanggan secara otomatis.

Jangan lupa siapkan kata kunci tertentu serta alur bisnis yang dapat disesuaikan tanpa batas untuk memandu prospek dan pelanggan Anda.
Untuk kesan percakapan yang natural, Anda dapat menggabungkan Chatbot dengan agent Anda dengan mudah melalui desain robot-manusia kami yang unik.

WhatsApp sales
fitur handover chat ke agen lain

Atur sistem pengalihan chatbot otomatis

Sistem pengalihan chat atau percakapan dengan pelanggan diperlukan ketika pelanggan tidak dapat merespon sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, atau tidak membalas pesan di hari yang sama, maka akan ada agent yang berbeda yang menangani percakapan tersebut.

Untuk mempermudah sistem pengalihan, buatlah menu chat intuitif yang dapat dipilih oleh pelanggan Anda. Dan atur mana pertanyaan dan kasus dengan prioritas tinggi dari bot ke agen. Anda bisa mengatur perutean baik secara otomatis, semi otomatis atau manual. Izinkan agen untuk dapat melakukan serah terima tugas ke agen lain pada pergantian jadwal shift.

WhatsApp sales
membuat trigger untuk alur komunikasi chatbot

Buatlah trigger untuk otomatisasi pesan

Untuk kelancaran komunikasi dengan pelanggan ada beberapa trigger yang bisa dibuat sebagai pemicu otomatisasi pesan yang akan dikirim seperti, otomatisasi pengumpulan, pengingat, pemberitahuan, pemasaran, pemasaran ulang dan sebagainya.

Anda juga bisa mengatur ucapan ulang tahun atau pengingat pembayaran secara otomatis, tanpa perlu proses manual lagi.

Mekari Qontak menawarkan solusi API yang dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional tersebut tanpa perlu coding, atau tambahan aplikasi lainnya.

WhatsApp sales
chatbots untuk ecommerce

Chatbot khusus penjualan e-commerce

Tingkatkan penjualan dengan chatbot otomatis sekarang juga

Chatbot sebagai solusi komunikasi secara otomatis mampu membantu Anda meningkatkan pelayanan komunikasi antar agent dan pelanggan, sekaligus sebagai solusi meningkatkan penjualan secara otomatis hanya lewat chat saja.

Buat dan unggah Chatbot dengan mudah yang dapat dijalankan sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Anda juga bisa mengunggah katalog produk Anda dan jual di saluran manapun, mulai dari WhatsApp, Instagram dan saluran lainnya.

Jangan lupa untuk selalu atur alur Chatbot untuk menciptakan Bot sesuai kebutuhan industri dan bisnis yang spesifik dan memiliki kesan natural.

WhatsApp sales

RIKI KONO BASMELEH

Apa itu ChatBot?

Chatbot adalah robot virtual yang berbasis kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligent), sering digunakan untuk membantu pelayanan komunikasi pelanggan. Selain teks, chatbot juga dapat melayani pesan berupa suara.

Chatbot melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa yang natural serta mudah dimengerti melalui aplikasi pesan, website, atau aplikasi mobile.

Dengan chatbot, pelanggan diberikan pengalaman memiliki percakapan dengan robot tetapi seperti berbicara dengan admin customer service secara langsung, dari mulai bahasa dan cara menjawab pertanyaan disesuaikan agar terlihat lebih natural.

Selain itu pelayanan pun menjadi lebih cepat dalam hal merespon pertanyaan dari pelanggan.

Mekari Qontak sebagai software atau aplikasi yang menyediakan chatbot dan menawarkan berbagai fitur andalan yang bisa dimanfaatkan untuk otomatisasi pesan dengan teknologi canggih, tapi percakapan terlihat natural seolah dilayani oleh admin atau customer service secara langsung.

Selain sebagai sarana atau tools yang membantu customer service memberikan layanan komunikasi serba instan dan cepat kepada pelanggan, chatbot memiliki berbagai fungsi, seperti:

1. Mengirimkan pengingat dan notifikasi ke pelanggan sehingga komunikasi dan pesan dapat tersampaikan secara real time

2. Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat dan praktis menggunakan beberapa pola atau trigger

3. Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan hanya lewat chat

4. Mengirimkan status tiket dan penyelesaiannya

5. Mengumpulkan feedback pelanggan atau sejenis survey kepuasan yang nantinya dapat dipakai sebagai data yang dianalisis untuk menentukan kinerja atau performa dari tim yang bertugas mengelola chatbot, dan analisis presentase meningkatnya penjualan menggunakan chat.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa chatbot penting untuk digunakan oleh bisnis:

1. Bisnis Anda akan open atau tersedia selama 24/7

2. Menghemat Waktu Pelanggan karena ketersediaan setiap saat, sehingga mampu menjawab pertanyaan pelanggan secara cepat tanpa harus menunggu lama

3. Meningkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan (Customer Experience), lebih tepatnya meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pekerjaan

4. Meningkatkan Jumlah Penjualan, karena chatbot dapat bekerja secara otomatis setelah di setting, sehingga penjualan tetap berjalan walaupun admin sedang offline, dan pelanggan tetap mendapatkan apa yang mereka butuhkan sehingga responnya mereka akan loyal dan penjualan terus meningkat.

5. Menghemat Biaya, karena tidak perlu hire atau rekrut tim customer service banyak

6. Mendukung Lead Generation, Anda dapat memperoleh konversi dari setiap pengunjung yang datang ke website Anda.
Bot dapat digunakan untuk mengumpulkan data penting terkait setiap pengunjung website, seperti: email, nomor telepon, produk yang dicari, produk yang disukai, dan sebagainya.
Data tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mendukung lead generation sebagai strategi bisnis Anda ke depannya.

Berikut adalah beberapa cara kerja Chatbot.

1. Pattern Matching (Penyesuaian Pola)
Cara kerja chatbot satu ini tergantung pada kata pemicu karena bot akan memindai kata kunci yang dimasukkan oleh pelanggan kemudian menanggapinya dengan jawaban yang paling sesuai dengan kata kunci yang dipilih.
Kekurangannya tidak bisa memberikan respon kepada kata kunci yang tidak ada di sistem.

2. Decision Tree-Based
salah satu sistem bot yang sering dijumpai pada Bot yang memberikan opsi pertanyaan di awal percakapan. Di mana Anda hanya dapat memilih pertanyaan yang telah disediakan oleh sistem.
Apabila tidak ada kata kunci yang sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda akan diarahkan untuk menghubungi call center.
Sistem kerja chatbot ini memungkinkan pelayanan menjadi lebih cepat karena dibantu proses oleh customer service

3. Contextual
Metode ini menggunakan sistem kecerdasan buatan Machine Learning agar Bot dapat merespon menggunakan bahasa yang alami.
Dalam hal ini pengembang membutuhkan perencanaan yang strategis dan terarah, yaitu merancang database yang cukup luas agar dapat mencakup segala bentuk pertanyaan dan permintaan pengguna.

Terdapat 4 jenis Chatbot yang populer digunakan oleh bisnis, yaitu:

1. Chatbot Berbasis Linguistik
Jenis chatbot ini dirancang dengan baik untuk mengontrol dan mengolah jawaban secara otomatis menggunakan pola penyesuaian

2. AI ChatBot (Machine Learning)
Jenis chatbot satu ini didukung dengan software AI dan teknologi Natural Language Understanding (NLU) agar dapat disesuaikan dengan penggunanya. Sehingga lebih canggih, interaktif, dan mudah dipersonalisasi daripada Bot berbasis linguistik.

Mekari Qontak, salah satu aplikasi yang menggunakan teknologi ini untuk proses penggunaan chatbot whatsappnya, sehingga pengguna akan menerima pesan dan respon menjadi lebih natural karena berbasis
Linguistik.

3. Model Hybrid
Jenis chatbot model hybrid adalah chatbot yang menggabungkan antara teknologi artificial intelligence dengan linguistik sehingga memberikan solusi lebih cepat dan fleksibel dalam memberikan respon terhadap pelanggan dan meningkatkan kualitas pelayanan perusahaan menjadi lebih baik.

4. Model Voice Command
Salah satu model chatbot yang menggunakan pesan suara sebagai media penyampaian pesan, chatbot ini bisa dibilang jenis yang praktis dan fleksibel karena dapat menangkap dan merespon pembicaraan lewat suara

1. ChatBot
Aplikasi chatbot dapat membantu Anda menciptakan pengalaman pelanggan yang menjual dan membantu pelanggan Anda di setiap langkah customer journey.

Anda dapat memberikan salam ketika ada pengunjung yang datang ke situs web, memelihara prospek dengan menawarkan penawaran yang tepat dan rekomendasi produk selama pengalaman menjelajah mereka dan mengubahnya menjadi penjualan.

Ada 3 fitur utama yang ditawarkan ChatBot:
Bantu pelanggan Anda 24/7, Menyelesaikan masalah lebih cepat dan meningkatkan produktivitas tim

2. MobileMonkey
Aplikasi mobilemonkey adalah aplikasi bot multi-channel yang dapat membantu Anda terhubung dengan platform yang berbeda, dan menangkap pertanyaan pelanggan di satu tempat.

Adapun fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Mobile Monkey antara lain:

Mendapatkan lebih banyak prospek dan penjualan, membangun hubungan atau interaksi dengan pelanggan dan mendapatkan banyak prospek dengan garansi uang kembali.

3. Octane AI
Salah satu aplikasi bot yang digunakan pada Shopify dan Facebook Messenger. Aplikasi Octane AI tidak membutuhkan coding sama sekali untuk menggunakannya, sehingga penggunaannya cukup mudah.

Fitur yang dimiliki Octane AI meliputi:

Tool analytics, Notifikasi shipping dan receipt order, Campaign di halaman Facebook dan Automation flows.

4. Botsify
Sebagai penyedia chatbot AI, Botsify menawarkan tingkat respons yang lebih cepat untuk mengarah ke prospek yang lebih berkualitas, dan meningkatkan tingkat retensi pelanggan Anda.

Kerennya lagi, Botsify juga dapat membantu Anda berkomunikasi dengan pelanggan Anda dalam bahasa asli mereka karena dapat berbicara hingga 190+ bahasa.

Adapun fitur unggulan dari Botsify antara lain:

meningkatkan respon lebih cepat antar pelanggan
Meningkatkan tingkat konversi dan retensi pelanggan yang lebih baik
Dan sebagai manajer chatbot khusus.

5. Engati
Engati adalah salah satu aplikasi yang menyediakan Bot untuk bisnis Anda yang sudah terintegrasi dengan aneka platform chatting seperti Facebook Messenger, Telegram, LINE, Viber, Skype, atau Slack, website dan blog.

Fitur yang dimiliki Engati, yaitu:

Dapat diakses mobile secara mudah dengan tampilan fleksibel.
Terintegrasi lebih dari 14 platform media sosial
Automasi broadcast dan campaign
Tools analytics untuk menganalisa performa atau kinerja dari bot yang sudah di setting

6. Morph.AI
Sebagai platform penyedia bot yang dapat diintegrasikan dengan situs web Anda. Aplikasi ChatBot Morph.ai juga memungkinkan pengguna untuk mengirim pengumuman, pemberitahuan, iklan, dan konten lainnya ke pelanggan secara otomatis.

Fitur yang dimiliki Morph.AI meliputi:

Chat Flow Builder
Chat AI/Intelligence
Nurturing / Notifications
Audience / CRM
Analytics

7. Mekari Qontak
Aplikasi Chatbot WhatsApp dengan metode contextual yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) canggih dan interaktif.

Selain itu, Anda dapat mendesain, mengedit, dan mempersonalisasikan chatbot sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Adapun fitur-fitur utama yang ditawarkan chatbot software Mekari Qontak antara lain:

– Chat canggih, otomatisasi, dan teknologi AI
– Mengatur otomatisasi pesan berbasis logika
Integrasikan komunikasi omnichannel secara instan
– Mengoptimalkan produktivitas tim dengan segera
– Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan sistem pengalihan
– Meningkatkan pendapatan melalui chat hari ini

Anda bisa berlangganan Mekari Qontak sekarang dengan menghubungi sales melalui halaman berikut ini https://mekari.com/hubungi-sales/

Mekari Qontak - Logomark - RGB

Kembangkan bisnis Anda lebih cepat bersama Mekari Qontak

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami