Aplikasi Customer Service

Kelola komunikasi seluruh channel bisnis Anda dengan aplikasi customer service

  • Mudah mengatur pelanggan yang tidak sabaran di berbagai channel
  • Cepat membalas dan berkomunikasi dengan pelanggan
  • Mudah mengatur alur percakapan dengan pelanggan
aplikasi customer service dari Mekari Qontak

Pelayanan pelanggan secara instan
untuk customer service

Dapatkan Fleksibilitas pelayanan pelanggan hanya dalam satu platform saja.

Pesan dari pelanggan tidak dapat ditebak datang dari platform mana saja, sehingga fungsi omnichannel dibutuhkan untuk pelayanan customer service, agar agen bisa memanfaatkan channel manapun untuk melakukan pelayanan agar tidak ada komunikasi terlewat dari pelanggan.

Biasanya pelanggan akan berkomunikasi menggunakan pesan, telepon, atau media sosial. Bisa juga memanfaatkan saluran seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, Telegram, Email, dan lainnya. Semua dapat diakses dan digunakan secara instan dan fleksibel hanya dalam satu platform saja.

sistem komunikasi omnichannel untuk customer service
fitur otomatisasi customer service

Otomatisasi tiket pelayanan pelanggan

Pelayanan customer service adalah pelayanan pelanggan yang dapat dibilang cukup sulit diselesaikan jika tidak menggunakan bantuan tools atau teknologi, jika pelayanan dilakukan secara manual, maka memerlukan banyak admin untuk menyelesaikan percakapan dengan pelanggan.

Beruntung, dengan hadirnya software customer service dari Qontak membantu layanan pelanggan dengan tiket secara otomatis pada saat percakapan dimulai, sehingga memberikan rentang waktu respon yang cukup baik untuk membuat pelanggan merasa pertanyaannya sedang di respon.

Selain itu, bisa juga melakukan pelacakan dan menyelesaikan tiket saat masuk, atau cukup drag dan drop di sepanjang pipeline, maka percakapan akan berjalan secara otomatis sesuai dengan alur pipeline yang sudah di buat.

WhatsApp sales
sistem customer service yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan

Tingkatkan layanan pelanggan dengan software customer service

Untuk pelayanan pelanggan yang maksimal. Anda dapat memanfaatkan software customer service dari Qontak dengan membangun pipeline dan bidang tiket layanan pelanggan Anda sendiri, sehingga alur percakapan bisa Anda kontrol sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Anda juga dapat membuat pipeline dengan tenggat waktu yang ditentukan atau dengan menggunakan SLA (Service Level Agreement) di setiap tahap untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

WhatsApp sales
business intelligence dashboard

Dapatkan laporan otomatis terkait bisnis dengan business intelligence dashboard

Untuk meningkatkan kinerja bisnis, laporan yang cepat dan akurat adalah hal terpenting sebelum memutuskan mengambil strategi bisnis.

Mekari Qontak menghadirkan sisi laporan bisnis berbasis business intelligence yang dapat diunduh ke dalam spreadsheet atau rancang grafik yang dapat dipersonalisasi.

WhatsApp sales

RIKI KONO BASMELEH

Apa itu aplikasi customer service?

Aplikasi customer service adalah aplikasi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengumpulkan, mengatur, merespon, dan melaporkan permintaan dari customer support. Dengan adanya aplikasi ini, perusahaan dapat dengan mudah melakukan komunikasi dengan pelanggan secara cepat dan fleksibel. Selain itu aplikasi ini juga mampu membantu tim mengelola saluran omnichannel yang digunakan perusahaan secara efisien seperti email, chat, whatsapp dan platform sosial media lainnya.

Berikut adalah daftar software customer service terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

1. Software Customer Service Mekari Qontak
Dengan Mekari Qontak, Anda dapat mengelola layanan customer service dari berbagai media hanya dengan satu dashboard aplikasi. Fitur chatbot akan membantu perusahaan melayani pelanggan selama 24 jam penuh.

Harga:
Starter: IDR 749,000
Pro: IDR 1,499,000
Business: IDR 3,499,000
Fitur utama:
– Dashboard interaktif
– Chatbot
– Alokasi agen
– Manajemen ticketing
– Whatsapp centang hijau

2. Zendesk
Zendesk membuat semua proses pelayanan pelanggan menjadi mudah antar channel. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh banyak agent sehingga setiap permasalahan akan ditangani oleh agent yang tepat. Dengan fitur yang lengkap, aplikasi customer service dari Zendesk cocok digunakan oleh perusahaan besar, UMKM dan startup.

Harga:
Suite Team: $49/month
Suite Growth: $79/month
Suite Professional: $99/month
Suite Enterprise: $150/month

Fitur utama:
– Live chat
– Perutean tiket
– API
– Forum komunitas
– Tracking dan laporan customer service

3. Freshdesk Aplikasi Customer Service
Freshdesk dapat membantu tim customer service untuk berkolaborasi dan mengautomasi pekerjaan dengan tampilan yang menarik dan harga yang terjangkau. Perusahaan ini memiliki training untuk tim customer service yang dapat diakses melalui Freshworks Academy.

Harga:
Support Desk Plan: Gratis
Support Desk Growth: $15/month
Support Desk Pro: $49/month
Support Desk Enterprise: $79/month
Omnichannel Growth: $29/month
Omnichannel Pro: $59/month
Omnichannel Enterprise: $99/month

Fitur utama:
– Perutean tiket
– Software live chat
– Laporan pelanggan
– Terintegrasi dengan berbagai media
– Automasi pelayanan pelanggan

4. Zoho Desk
Zoho Desk telah dipercaya oleh lebih dari 50.000 bisnis di seluruh dunia. Aplikasi customer service ini mampu meningkatkan produktivitas tim customer service dan meningkatkan kepuasan loyalitas pelanggan. Zoho Desk juga tersedia dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat membantu tim customer service memantau laporan tiket yang belum terselesaikan.

Harga:
Free plan: Gratis
Standar: $14/bulan
Profesional: $23/bulan
Enterprise: $40/bulan

Fitur utama:
– Omnichannel customer service
– Otomatisasi alur kerja
– Terintegrasi melalui API dengan aplikasi lainnya
– AI knowledge base
– Chatbot

5. Jira Service Desk
Jira Service Desk memastikan produknya dapat membuat karyawan dan pelanggan Anda mendapat bantuan dengan cepat. Jira Service Desk cocok digunakan oleh perusahaan yang memiliki produk IT atau SaaS, karena fitur-fiturnya sangat membantu tim IT memproses pemintaan dan pertanyaan.

Harga:
Free plan: Gratis
Standard: $20/month
Premium: $45/month
Enterprise: hubungi sales

Fitur utama:
– Perutean Ticket
– Manajemen masalah
– Knowledge management
– Manajemen permintaan

6. Sprout Social
Sprout Social dapat memudahkan tim customer service dan tim media sosial berkolaborasi menyelesaikan masalah pelanggan. Software customer service ini sangat cocok digunakan jika perusahaan Anda sering berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial.

Harga:
Standard plan: $89/month
Professional plan: $149/month
Advanced plan: $249/month

Fitur utama:
– Laporan dan analisis interaksi di media sosial
– Segmentasi pelanggan
– Social media management
– Penjadwalan post media sosial

Tugas dari pekerja di bagian customer service atau layanan pelanggan adalah menyediakan informasi atau layanan terkait barang dan jasa yang diperdagangkan sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pelanggan menggunakan beberapa platform, baik call centre, chat, sosial media dan platform lainnya yang dipakai perusahaan.

Berikut adalah fungsi dari customer service perusahaan:

1. Sebagai public relation
Divisi Customer Service sebagian besar berperan sebagai media untuk membangun dan memperkuat hubungan perusahaan dengan pihak eksternal. Customer Service dapat dikatakan mewakili perusahaan sebagai jalur kontak utama dari pihak eksternal.

Perusahaan yang memiliki pelayanan Customer Service yang baik akan memiliki citra yang baik pula di mata eksternal. Bahkan, jika pelayanannya sangat bagus, Customer Service dapat membantu kelanggengan hubungan perusahaan dengan pelanggan atau klien agar dapat terus berulang.

2. Sebagai media penjualan
Di beberapa perusahaan, Customer Service juga terkadang bertugas untuk melakukan penjualan kepada pelanggan. Ketika seorang pelanggan menelepon untuk bertanya atau mengeluhkan sesuatu, seorang Customer Service dapat memanfaatkan momen ini untuk menjual jasa atau produk perusahaan jika masalah dari pelanggan telah diatasi dengan baik.

Seorang Customer Service umumnya harus mampu melakukan layanan tambahan dalam penjualan produk dan jasa perusahaan setelah membantu pelanggan mengurai masalahnya.

3. Penjaga kepercayaan pelanggan
Seorang Customer Service akan terkait langsung dengan peran penjaga kepercayaan pelanggan maupun klien. Melalui interaksi divisi ini dengan pelanggan yang berkelanjutan, Customer Service mampu meninggalkan kesan mendalam mengenai baik buruknya pelayanannya.
Tidak jarang jika pelayanan sebuah perusahaan untuk pelanggan dan kliennya sangat baik, mereka bersedia membayar lebih dan lebih loyal hanya untuk suatu produk yang bisa didapatkan di tempat lain dengan harga lebih murah.

4. Sebagai data entry
Customer Service pada dasarnya juga bertugas memasukan data ke dalam komputer. Ketika pelanggan membuat pesanan, Customer Service biasanya akan memasukkan informasi ke dalam sistem komputer dan mengirimkan email konfirmasi pada pelanggan.
Jika pelanggan menelepon karena sebuah masalah, tugas Customer Service adalah memasukkan informasi-informasi gangguan yang diterima dan mencatat situasinya ke dalam file agar lebih mudah untuk menanganinya.

Ada berbagai manfaat dari aplikasi customer service yaitu :

1. Memberikan respon yang lebih cepat dan konsisten sehingga pelanggan tidak perlu banyak menunggu untuk menerima respon atau pesan terkait produk atau perusahaan Anda.

2. Memperoleh insight pelanggan. Mengidentifikasi dan mengumpulkan feedback dan permintaan pelanggan dapat digunakan perusahaan sebagai cara untuk memperbaiki pelayanan yang diberikan. Insight tersebut sangat berguna untuk proses evaluasi tim dan sales agar menjadi lebih baik lagi kedepannya.

3. Kerja sama yang lebih baik. Aplikasi customer service membantu mengurangi pekerjaan yang sama, melacak pertanyaan pelanggan, koordinasi respon pelanggan dengan berbagai tim antar departemen, dan memberikan jawaban yang up-to-date secara real time.

4. Analisis dan pelaporan. Beberapa aplikasi customer service seperti CRM dilengkapi dengan fitur pelaporan dan analisis untuk melihat berapa jumlah panggilan dan pelanggan yang ditangani sehingga mempermudah proses analisis data secara otomatis tanpa perlu pelaporan proses manual.

5. Meningkatkan pelayanan. Penggunaan aplikasi membantu perusahaan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik. Hal ini didukung dengan penanganan pelanggan oleh beberapa agen sekaligus, database pelanggan yang lengkap dan canggih, otomatisasi, dan integrasi dengan sistem lainnya.

Aplikasi customer service bekerja sesuai dengan fitur yang tersedia dari mulai melayani komunikasi atau pesan dengan pelanggan secara cepat dan instan menggunakan satu platform saja, membantu pelacakan dan penyelesaian tiket secara otomatis sehingga agen atau customer service tidak perlu mengecek tiket satu per satu secara manual, dan membuat laporan secara akurat dan otomatis.

Biasanya perusahaan menggunakan aplikasi customer service sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut, sehingga aplikasi customer service pun menjadi beragam, ada sekitar 5 jenis aplikasi customer service yang perlu Anda ketahui agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda :

1. Aplikasi shared inbox dan aplikasi helpdesk

Sederhananya aplikasi ini memungkinkan customer service atau agent membuka dan mengelola pesan di akun email secara bersamaan dan dapat dibuka oleh banyak agent. Untuk memaksimalkan kinerja aplikasi ini perlu fitur tambahan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan melaporkan komunikasi pelanggan oleh beberapa agen CS sekaligus. Dan biasanya diintegrasikan dengan software CRM untuk memantau dan memonitor performa nya.

2. Aplikasi service desk

Aplikasi ini memiliki konsep dan kegunaan hampir sama dengan aplikasi helpdesk, tetapi biasanya digunakan oleh manajemen service IT. Selain mengelola ticket, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengubah request, konfigurasi service, dan manajemen license.

3. Sistem chat dan pesan

Biasanya beberapa perusahaan mengenalnya dengan live chat yang memungkinkan agent atau customer service melayani pelanggan menggunakan aplikasi live chat ini secara real time dan one-on-one. Biasanya sistem ini muncul di pojok website perusahaan.
Selain live chat, sistem pesan yang banyak digunakan saat ini adalah chatbot, contohnya Whatsapp Chatbot. Chatbot membantu perusahaan merespon pelanggan selama 24/7 dengan lebih efektif dan efisien.

4. Call center

Salah satu aplikasi customer service yang selalu digunakan perusahaan karena memberikan respon lebih cepat dan efisien untuk mengatasi keluhan atau pertanyaan pelanggan secara langsung.

5. Software CRM

Software CRM berfokus pada membangun dan menggunakan database informasi pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan. CRM menghindari terjadinya silo dan menyediakan informasi kepada karyawan kapan pun dan di mana pun. Software CRM ini memungkinkan Anda mengelola jalur komunikasi dengan berbagai chanel bahkan seluruh chanel perusahaan yang Anda gunakan. Selain itu software ini memungkin respon dan pelayanan menjadi lebih cepat dan efisien karena dapat melayani pelanggan dari berbagai platform sekaligus.

Memilih aplikasi customer service memang tidak bisa sembarangan karena harus disesuaikan dengan fitur yang dibutuhkan perusahaan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan aplikasi customer service yang cocok untuk perusahaan Anda :

1. Ukuran tim customer service

Jika bisnis Anda lebih kecil, tim customer service tidak memerlukan fitur lanjutan dan hanya membutuhkan pelayanan tiket sederhana, berbeda dengan bisnis yang lebih besar, tim customer service membutuhkan lebih banyak fitur lanjutan, seperti integrasi, kolaborasi, dan fungsi tiket lanjutan.

2. Fleksibilitas dan kemudahan penggunaan

Tools yang baik adalah tools yang memberikan kemudahan kepada penggunanya, seperti interface yang user-friendly akan membuat proses layanan pelanggan Anda menjadi lebih mudah dan cepat.

3. Fitur yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Ada beberapa software customer service yang memiliki berbagai fitur, untuk memilih mana yang terbaik untuk bisnis Anda adalah dengan melihat apa saja fitur yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan mampu mengoptimalkan sistem pelayanan pelanggan bisnis Anda

4. Integrasi yang baik

Salah satu yang paling penting saat memilih aplikasi customer service adalah melihat bagaimana integrasinya berjalan dengan baik atau tidak, karena dengan kemampuan integrasi, Anda dapat menghubungkan customer service tools yang Anda miliki dengan berbagai sistem penunjang bisnis lainnya. Misalnya seperti CRM, omnichannel, media sosial, atau platform lainnya yang dapat memudahkan bisnis Anda secara keseluruhan.

5. Sesuaikan harga dengan kebutuhan perusahaan

Sebagai pebisnis, sangat penting untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Jangan sampai Anda memilih alat yang terlalu mahal namun tidak memberikan manfaat untuk bisnis Anda. Sederhananya, apa yang Anda keluarkan harus sesuai dengan apa yang Anda dapatkan.

Jika dilihat dari tugasnya, baik aplikasi customer service maupun aplikasi helpdesk sama – sama melakukan pelayanan pelanggan baik dari segi informasi ataupun masalah yang dialami pelanggan. Namun yang membedakan adalah biasanya aplikasi helpdesk membantu tim IT perusahaan untuk melayani pelanggan yang kesulitan terhadap masalah – masalah teknis. Sedangkan aplikasi customer service lebih kepada hal non teknis seperti menanyakan harga barang, bagaimana berlangganan, atau menanyakan informasi terkait produk yang akan dibeli oleh pelanggan.

Untuk berlangganan, Anda cukup mengklik hubungi sales atau hubungi tim kami untuk dibantu proses berlangganannya, jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi customer service dari Qontak, Anda juga bisa mencobanya gratis terlebih dahulu.

Silahkan mengunjungi halaman berikut ini https://mekari.com/hubungi-sales/

Mekari Qontak - Logomark - RGB

Kembangkan bisnis Anda lebih cepat bersama Mekari Qontak

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami