Aplikasi Chat Omnichannel

Otomatisasi pengiriman chat ke pelanggan di seluruh channel

  • Otomatisasi chat kepada pelanggan dengan fitur canggih teknologi AI
  • Bagikan pesan promosi ke seluruh channel bisnis secara cepat dan merata
  • Tingkatkan produktivitas tim agent secara efektif
aplikasi chat omnichannel

Teknologi chat omnichannel yang dapat melayani berbagai industri bisnis

Kelola seluruh percakapan chat dari semua media sosial Whatsapp, Facebook Messenger, Instagram, Line, Email dan lainnya dalam satu aplikasi chat.

sistem komunikasi omnichannel Mekari Qontak

Satu dashboard untuk seluruh channel komunikasi

Channel komunikasi yang Anda punya dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi terkait marketing atau promosi tanpa melewatkan satu channel secara otomatis.

Channel yang dapat dimanfaatkan mulai dari, WhatsApp, Facebook Messenger, Instagram, Line, Telepon, Email dan percakapan lain baik via call centre maupun media sosial.

Semua dapat diakses dan diatur secara mudah hanya dalam satu dashboard saja tanpa perlu pindah platform channel lagi.

WhatsApp sales
sistem pengaturan tugas agent Mekari Qontak

Sistem pengaturan tugas agent

Agar bisnis berjalan dengan lancar komunikasi antara agent dan customer juga harus didukung dengan aplikasi chat yang memadai, sehingga menghindari kesalahpahaman informasi atau menghindari konflik dengan customer.

Anda dapat mengatur tugas agent sesuai kebutuhan promosi yang dibutuhkan secara otomatis tanpa perlu memberikan assignment ulang kepada agent, karena di dalam dashboard sudah terupdate secara otomatis siapa agent yang bertugas menghandle kegiatan atau percakapan yang berlangsung dengan customer.

Bisa juga memanfaatkan rumus round robin, first-come-first-serve, dan perutean khusus untuk mengotomatiskan bisnis Anda dengan mudah.

WhatsApp sales
advanced reporting dashboard Mekari Qontak

Buat laporan secara otomatis

Fitur yang ada di dalam aplikasi chat ini memungkinkan Anda untuk bisa memantau kinerja dan produktivitas agent sesuai dengan KPI Metrics yang sudah ditentukan seperti seberapa banyak menyelesaikan percakapan, bagaimana respon dalam waktu pertama terjadi percakapan dengan customer dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya laporan secara otomatis ini memudahkan dalam melakukan evaluasi dan analisis perbandingan kinerja antara agent satu dan agent lainnya, sehingga tahu apa saja yang bisa di scale up agar kinerja dan produktivitasnya semakin meningkat setiap harinya.

WhatsApp sales
chatbot integration

Manfaatkan integrasi chatbot

Anda bisa mengatur pesan otomatis atau bot obrolan FAQ dengan mudah, dari mulai otomatisasi respon dan fasilitas promosi secara otomatis tanpa bantuan manusia, karena sudah terintegrasi dengan sistem obrolan kecerdasan buatan (AI) yang lebih kuat dan canggih,sehingga seluruh proses percakapan dengan customer bisa berjalan secara otomatis sesuai dengan prosedur operasi standar yang ada di bisnis Anda.

WhatsApp sales

RIKI KONO BASMELEH

Apa itu aplikasi chat omnichannel?

Aplikasi chat omnichannel adalah aplikasi yang dirancang untuk mengatur dan mengelola chat atau alur komunikasi dari berbagai platform yang dimiliki oleh perusahaan dalam satu tempat. Sehingga proses komunikasi dapat berjalan secara otomatis.

Strategi bisnis yang sering digunakan untuk meningkatkan customer journey dari pelanggan, omnichannel adalah lanjutan dari multi channel dimana semua saluran komunikasi bisa diakses dalam satu tempat.

Omnichannel lebih memfokuskan diri pada bagaimana pelanggan bisa mendapatkan sebuah pengalaman komprehensif dan konsisten di berbagai channel baik online maupun offline sehingga mampu meningkatkan journey pelanggan agar semakin loyal dengan perusahaan Anda.

Bisa disebut juga sebagai Chat Auto Respon, merupakan fitur aplikasi yang dapat mengirim/membalas pesan berupa text, gambar, video, document, pdf secara otomatis sesuai dengan kata kunci yang diterima server.

Berguna untuk Anda sebagai penjual yang ingin menyediakan jawaban atas pertanyaan yang hendak ditanyakan pelanggan/pembeli produk Anda. Dengan itu, Anda tidak harus menjawab berulang pada pertanyaan yang sama dengan orang yang berbeda.

1. Freshdesk
Aplikasi yang berpusat pada semua kebutuhan omnichannel di bisnis Anda yang didukung oleh teknologi artificial intelligence. Aplikasi ini mampu menyederhanakan percakapan pelanggan melalui email, chat dan panggilan secara cepat.

2. Talkdesk
Salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan SMS, live chat, email, social massaging dan lainnya. Mampu berpindah dari satu platform pesan ke platform pesan lainnya saat berinteraksi dengan pelanggan, selain itu, memiliki akses cepat ke informasi profil pelanggan, sehingga bisa memastikan mereka mendapat pengalaman yang responsif dan dipersonalisasi.

3. Acquire
Software omnichannel yang mampu membantu kerja customer support, sales dan service teams. Aplikasi omnichannel CRM ini memberikan bantuan pelanggan lebih efisien dengan mengklasifikasikan masalah lebih cepat.

4. NetSuite
Aplikasi omnichannel berbasis teknologi artificial intelligence dan berbasis cloud yang dapat digunakan pada device mobile. Keunggulan dari fitur ini adalah dapat dengan mudah mengakses laporan, indikator performa dan menganalisa data vital bisnis.

5. Smooch
Aplikasi omnichannel yang didukung dengan penggunaan kecerdasan buatan (Artificial intelligence) memungkinkan menyatukan pesan pelanggan di berbagai channel ke dalam satu percakapan. Dengan menyederhanakan komunikasi mereka, pelanggan dapat membangun pengalaman chat interaktif dimana saja. Fitur yang ada di aplikasi ini adalah ChatBots dan layanan perpesanan interaktif.

6. Qontak
Aplikasi Mekari Qontak adalah aplikasi omnichannel yang lengkap dengan menyediakan fitur andalan yang mampu membantu meningkatkan pelayanan dan penjualan dengan sistem chat omnichannel. Aplikasi qontak memungkinkan pelanggan menerima respon yang cepat dengan fitur chat otomatis yang dapat menyebarkan informasi promosi atau marketing ke seluruh channel bisnis, selain itu dapat mengatur pengelolaan agent atau customer service dalam menangani percakapan dengan pelanggan agar berjalan dengan lancar.

Semua fitur sudah terintegrasi dengan sistem CRM sehingga pengguna tidak perlu memakai aplikasi CRM lain, cukup dengan aplikasi qontak saja, Anda bisa mendapatkan semua fitur penunjang pelayanan bisnis Anda.

Mekari Qontak juga menyediakan laporan yang akurat secara otomatis. Laporan tersebut akan memudahkan dalam melakukan evaluasi dan analisis perbandingan kinerja antara agent satu dan agent lainnya, sehingga tahu apa saja yang bisa di scale up agar kinerja dan produktivitasnya semakin meningkat setiap harinya.

broadcast chat instant adalah fitur sebar pesan dalam sekali kirim. Kamu bisa mengirimkan chat secara personal ke calon pembeli yang sudah maupun belum pernah membeli produk Anda. broadcast chat instan ini mampu memberikan informasi secara merata ke seluruh pelanggan yang kita miliki.

1. Meningkatkan retensi pelanggan
dengan berbagai layanan yang dihadirkan perusahaan untuk menyampaikan pesan atau promosi di berbagai platform, membuat pelanggan mempunyai habit atau kebiasaan berinteraksi melalui saluran seperti sosial media. Dengan chat omnichannel, customer service atau agent yang bertugas membantu melayani pelanggan melalui berbagai saluran sekaligus tanpa harus berpindah platform.

Sehingga, perusahaan mampu meningkatkan retensi konsumen melalui customer service solutions dan penggunaan customer data yang saling terintegrasi.

2. Mengatasi masalah pelanggan lebih cepat
Respon yang cepat akan meningkatkan kepuasan pelanggan, oleh karena itu dibutuhkan tools untuk mendukung kinerja agent dalam mengatasi keluhan atau masalah yang datang dari pelanggan.
Beberapa channel yang tersedia dalam platform omnichannel yang dapat membantu customer service misalnya interactive voice response, artificial intelligence hingga ‘penggunaan chatbot atau chat otomatis yang dapat meminimalisir workload customer service agent dan memberikan respon cepat kepada pelanggan.

3. Dapat melakukan personalisasi pesan
Dengan aplikasi chat omnichannel memungkinkan agent mampu mentrack ticket atau data pelanggan yang sudah masuk, sehingga memudahkan penyelesaian percakapan dan mampu memberikan pelayanan secara personal.

4. Meningkatkan efisiensi pesan
Aplikasi omnichannel memungkinkan pengguna seperti agent atau customer service menghandle berbagai pesan yang masuk kapanpun dan dimanapun karena aplikasi ini mampu diakses melalui mobile atau perangkat apapun.

5. Meningkatkan penjualan perusahaan
Dengan pelayanan yang cepat dan respon yang lebih baik kepada pelanggan memungkinkan pelanggan akan merasa puas dan akan kembali membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda, sehingga semakin banyak pelanggan yang puas akan meningkatkan penjualan perusahaan secara signifikan.

Saatnya Anda memakai Mekari Qontak sekarang, dapatkan aplikasi chat omnichannel untuk meningkatkan pelayanan dan penjualan bisnis Anda hanya dengan menggunakan chat saja. Selain itu Anda bisa mengoptimalkan seluruh channel pemasaran yang Anda miliki agar mampu melayani pelanggan dengan baik. Pelanggan yang puas mendatangkan revenue yang maksimal.

Memilih aplikasi chat omnichannel tidak bisa asal pilih, Anda harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis untuk bisa memuaskan pelanggan dengan pelayanan cepat dan penyelesaian masalah yang cepat.

Untuk itu, Anda bisa memulai menggunakan aplikasi chat omnichannel ketika:

1. Anda sudah memahami customer journey

Sebelum memulai menggunakan aplikasi chat omnichannel, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu bagaimana customer journey dari pelanggan Anda yang sudah dibangun sejauh ini. Anda harus paham bagaimana kebiasaan pelanggan dalam membeli produk atau jasa Anda secara online maupun offline, tentu saja diusahakan customer journey yang dibangun memberikan kesan yang baik pada pelanggan.

Ketika customer journey sudah dipahami, Anda bisa mulai mengatur alur komunikasi baik pesan maupun promosi agar tepat sasaran kepada pelanggan, tidak berujung spam tetapi memberikan apa yang sedang mereka butuhkan.

2. Usahakan memilih teknologi yang tepat yang bisa mengoptimalkan omnichannel

Teknologi yang tepat akan memberikan dampak positif bagi perusahaan baik dari segi pelayanan maupun penjualan, oleh karena itu pastikan Anda memilih teknologi yang tepat untuk membantu Anda memulai chat omnichannel di bisnis Anda. Qontak.com menghadirkan aplikasi chat omnichannel yang dapat membantu mengoptimalkan kerja agent atau customer service menjadi lebih baik dengan berbagai fitur yang disediakan.

3. Integrasi antar sistem untuk kinerja yang lebih baik

Karena sifat omnichannel adalah mampu menggunakan seluruh saluran pesan atau chat hanya dalam satu tempat, dibutuhkan integrasi yang baik sehingga mampu memberikan dampak yang baik pula. Melalui integrasi ini memungkinkan pelanggan menggunakan pengalamannya untuk terus berbelanja atau berlangganan di bisnis Anda.

Untuk berlangganan aplikasi chat omnichannel Anda bisa mulai secara gratis terlebih dahulu, atau langsung hubungi tim kami melalui halaman berikut https://mekari.com/hubungi-sales/.

Jika Anda memiliki kendala dalam penggunaan aplikasi chat Omnichannel dari Mekari Qontak, akan ada tim yang siap membantu Anda, dan tersedia juga tutorial untuk mempermudah penggunaan

Mekari Qontak - Logomark - RGB

Kembangkan bisnis Anda lebih cepat bersama Mekari Qontak

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami