Arsip Pajak

Manajemen penyimpanan arsip pajak rapi dan aman

  • Keamanan terjamin sertifikasi ISO 270001
  • Menelusuri dan menemukan file perpajakan dengan cepat dan mudah
  • Dapat dilakukan secara online di mana pun dan kapan pun
fitur arsip pajak

Simpan data perpajakan Anda dengan aplikasi arsip pajak

Langkah Pertama : Persiapan Pajak
Langkah awal untuk arsip data pajak Anda adalah dengan menyimpan segala jenis data yang nantinya akan dibutuhkan, seperti Simpan ID Billing dengan rapi di menu persiapan pajak, setelah itu lakukan penyortiran sesuai jenis dan masa pajak yang diinginkan. Setelah langkah penyortiran selesai, Anda lakukan persiapan untuk pembayaran pajak

Langkah kedua : Lakukan Pelunasan Pajak
Dalam proses pelaporan pajak ada beberapa status yang biasanya muncul, yang harus Anda lakukan adalah menyimpan status tersebut, baik itu status kurang atau lebih bayar hingga nihil di menu Pelunasan Pajak. Dengan begitu Anda dapat langsung melaporkan pajak dengan mudah melalui menu ini tanpa harus repot membuka email notifikasi atau pemberitahuan tentang status pajak

Langkah ketiga : Bukti Laporan SPT Tersimpan Secara Otomatis
Bukti lapor (NTTE) dari pajak yang sudah Anda laporkan akan tersimpan dengan rapi. Lakukan pembetulan dengan mudah jika Anda butuhkan dan langsung terupdate secara otomatis.

fitur arsip pajak

Semua data pajak terdokumentasi dengan baik

Dengan kemanan berstandar setara bank, semua data dan dokumen pajak akan tersimpan dengan baik di sistem berbasis cloud. Data juga mudah untuk dicari dan diakses dengan sistem filtering.

WhatsApp sales

BAMBANG SUGIYANTO

Apa itu aplikasi arsip pajak?

Aplikasi arsip pajak adalah aplikasi yang memudahkan Anda untuk mengarsipkan data dan aktivitas pajak, dan dapat melihat data arsip dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Dengan menggunakan Mekari Klikpajak yang merupakan situs pajak online resmi dari DJP, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan perhitungan, bayar dan lapor pajak, karena Klikpajak by Mekari dilengkapi dengan fitur yang telah terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan.

Selain itu, Mekari Klikpajak memfasilitasi pengguna untuk dapat mengarsipkan pajaknya dengan mudah, tanpa proses yang ribet, karena semua sudah terintegrasi melalui sistem.

Sistem pengarsipan adalah pengaturan atau penyimpanan dokumen yang tertata dengan rapi dan aman, sehingga jika membutuhkan data – data sebelumnya dapat diakses secara mudah dengan sistem pengarsipan.

Seiring berjalannya teknologi, sistem pengarsipan sudah memasuki sistem online atau digital, dengan sistem digital pengarsipan menjadi lebih mudah, dan tidak memerlukan effort lebih untuk menemukan data yang diinginkan.

Proses arsip pajak dari Klikpajak memberikan kemudahan bagi penggunanya dari mulai persiapan, pelunasan pajak hingga bukti lapor pajak. Dengan Klikpajak Anda mendapatkan Keamanan yang terjamin sehingga data sudah dipastikan aman, selain itu penggunaannya juga mudah, dan proses aktivitas pajak sudah terintegrasi dengan sistem yang canggih.

Arsip pajak berguna untuk menyimpan arsip perpajakan Anda dengan aman dan rapi. Arsip pajak dari Klikpajak memungkinkan Anda mengetahui dan mengelola pengarsipan pajak dengan cepat secara digital sehingga dapat diakses dengan mudah kapan dan dimana saja.

Selain itu dengan arsip pajak, Anda dapat mengetahui data – data pajak di tahun – tahun sebelumnya dengan mudah menggunakan fitur filter yang ada di Klikpajak tanpa perlu proses manual.

Cara mengarsipkan pajak di Klikpajak sangat mudah, lakukan tiga tahapan sebelum melakukan pengarsipan. Persiapan pajak, siapkan ID billing untuk kebutuhan pelunasan pajak, setelah itu lakukan pelunasan dan dapatkan bukti lapor pajak.

Di klik pajak, prosesnya dapat menjadi lebih singkat dan fleksibel, Anda bisa masukkan pelaporan pajak Anda yang ingin diarsipkan melalui pilihan Menu > Fitur Pajak > Arsip Pajak

Sangat aman karena Klikpajak bersertifikasi ISO 270001 yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data Anda.

Arsip pajak adalah salah satu fitur Klikpajak, sehingga untuk bisa berlangganan Anda bisa mendapatkannya secara lengkap bersama dengan fitur pajak lainnya.

Untuk berlangganan Klikpajak sangat mudah, Anda bisa mencobanya secara gratis terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa hubungi sales Klikpajak untuk berlangganan di https://mekari.com/hubungi-sales/

Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan, yaitu KMK-102/KM.1/2015 tentang Jadwal Retensi Arsip Direktorat Jenderal Pajak dan KMK No. 769 Tahun 2010 tentang Jadwal Retensi Arsip Fasilitatif Kementerian Keuangan, Jangka waktu penyimpanan arsip disesuaikan dengan masa retensi yang sudah diatur keputusan menteri keuangan.

Ketentuan pengelolaan arsip ditetapkan secara berjenjang, yaitu Undang-Undang, Peraturan Menteri Keuangan(PMK)/Keputusan Menteri Keuangan (KMK) dan Surat Edaran (SE), termasuk SE-32/PJ/2012 tentang Pedoman Pengelolaan Arsip di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak. Lihat dasar hukum pengelolaan kearsipan nomor 1.
Di Klikpajak, Anda tidak perlu khawatir tentang mekanisme pengarsipan, sebagai salah satu situs resmi DJP, klik pajak memberikan kemudahan pengelolaan arsip sesuai dengan ketentuan hukum yang sudah berlaku.

Pada dasarnya, kegiatan scanning merupakan kegiatan penunjang yang dapat mempermudah kegiatan arsip, sehingga pada saat membutuhkan data tahun sebelumnya dapat melihat dokumen yang sudah di scan.

Namun, berbeda dengan Klikpajak, proses scanning tidak perlu dilakukan jika memang benar – benar tidak dibutuhkan secara fisik, karena data pada arsip pajak dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui online, baik data yang terbaru maupun data yang sudah lama dari tahun sebelumnya dan hasilnya pun dalam bentuk digital bisa dilihat dimana dan kapan saja

logo klikpajak

Pastikan dokumentasi pajak Anda benar bersama Mekari Klikpajak

Selesaikan lebih banyak tanpa mengkompromikan akurasi dan kecepatan dengan berbagai solusi dari Mekari yang telah digunakan oleh ribuan bisnis.

WhatsApp WhatsApp kami